Select Page

Assalamualaikum. wr .wb. halo teman teman kali ini saya akan mengulas tentang macam – macam konsentrat. Bagi kalian yang ingin memperluas pengetahuan tentang macam – macam konsentrat, kalian dapat menyimaknya di sini.

Pakan penguat atau konsentrat adalah pakan ternak yang mempunyai kandungan serat kasar yang rendah, yaitu di bawah 18%.

Dinamakan konsentrat karena bahan pakan ini mengandung nutrisi tertentu yang sangat tinggi. Terdapat macam – macam konsetrat.

Fungsi utamanya adalah peningkat mutu gizi dari berbagai macam bahan makanan yang dijadikan pakan menjadi satu atau yang telah dicampur. Konsumsi pakan tersebut akan lebih baik lagi, serta dapat mempercepat pertumbuhan pada ternak hewan sapi yang berusia muda.

Macam – Macam Konsetrat

Memelihara hewan ternak seperti sapi yang gemuk dan sehat merupakan idaman bagi para peternak sapi karena dapat meningkatkan harga jual. Memiliki ternak sapi yang gemuk dan sehat tidak terlepas dari pemberian pakan pada ternak yang memiliki kualitas yang bagus.

Salah satu pakan yang terbaik untuk sapi adalah pakan ternak sapi konsentrat. Hal ini karena pakan pada ternak memiliki peran yang penting dan paling utama demi mendapatkan hewan ternak sapi yang berkualitas.

Namun seiring dengan perkembangan, daging sapi yang di jual di pasaran mengalami peningkatan harga sehingga membuat pakan ternak sapi ikut meningkat.

Untuk itu, para peternak sapi tersebut memiliki ide membuat pakan ternak yang ekonomis contohnya seperti membuat pakan ternak sapi dengan konsentrat.

Pakan ternak sapi konsentrat merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi dan rendah kadar serat kasarnya.

Untuk para peternak sapi yang menginginkan memiliki hewan ternak sapi yang gemuk dan sehat. Serta memiliki kualitas yang bagus haruslah dapat memilih pakan ternak hewan yang berkualitas pula.

Sehingga para peternak hewan ternak sapi tersebut dapat mencapai keinginannya untuk memiliki hewan ternak yang gemuk dan sehat.

Salah satu pakan ternak hewan sapi yang cukup berkualitas adalah pakan ternak hewan sapi yang berkonsentrat. Kenapa harus pakan konsetrat? Karena pakan ternak hewan sapi yang berkonsentrat mengandung protein dan moneral yang sangat tinggi.

Sehingga pakan ternak hewan sapi yang berkonsentrat tersebut sangat baik jika dikonsumsikan untuk peliharaan  hewan ternak anda.

Penggunaan macam – macam konsentrat agar dapat mencapai sasaran harus memperhatikan 2 (dua) hal berikut :

  • Pemberian konsentrat tidak boleh terlalu berlebihan, namun harus memperhatikan kebutuhan nutrisi ternak
  • Pemberian konsentrat harus selalu sesuai dengan imbangan jumlah produksi (susu atau daging).

Berdasarkan kandungan gizinya, konsentrat digolongkan menjadi 2 macam yaitu konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

Terdapat dua jenis bahan pakan macam – macam konsentrat untuk ternak sapi konsentrat, yaitu sebagai berikut:

1.Bahan Pakan Konsentrat Yang Berasal Dari Tanaman

Macam – macam konsentrat dapat berasal dari bahan pangan atau dari tanaman seperti :

  • Serealia (misalnya jagung, padi atau gandum),
  • Kacang-kacangan (misalnya kacang hijau atau kedelai),
  • Umbi-umbian (misalnya ubi kayu atau ubi jalar), dan
  • Buah-buahan (misalnya kelapa atau kelapa sawit).

Tanaman mengandung kadar atau kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga tanaman sangat umum sekali jika digunakan sebagai pakan ternak sapi konsentrat.

Sumber energi dapat diperoleh juga dari biji – bijian, sorghum, jagung. Sedangkan sumber protein dapat diperoleh dari kacang giling, kedelai, wijen, biji kapas, biji kare.

Konsentrat dengan energi tinggi yang berasal dari tanaman. Macam – macam konsentrat ini meliputi makanan yang mengandung tenaga yang tinggi dan protein tinggi.

Yang terbanyak adalah dari biji – bijian beras, jagung, sorghum dan “millet”. SE dan TDN nya tinggi, kandungan potein kasar menengah dan serat kasar yang rendah, kandungan mineral bervariasi.

Konsentrat yang berasal dari tumbuhan, kandungan proteinnya dibawah 47%. Mineral Ca dibawah 1% dan P dibawah 1,5% dan serat kasarnya lebih dari 2,5.

Contohnya : bungkil wijen, tepung kedelai, tepung biji kapuk, tepung bunga matahari, bungkil kedelai, bungkil kelapa,dll.

Konsentrat yang mengandung protein tinggi yang berasal dari tanaman. Konsentrat ini meliputi kacang giling, kedelai, wijen, biji kapas, dan juga biji karet. Dan kelapa mempunyai kandungan SE dan TDN yang cukup tinggi .

2.Bahan Pakan Konsentrat Yang Berasal Dari Hewan

Konsentrat ada juga yang berasal dari hewan seperti tepung daging dan tepung ikan. Disamping itu juga dapat berasal dari industri kimia misalnya protein sel tunggal. Limbah atau hasil ikutan dari produksi pada bahan pangan seperti dedak padi dan pollard.

Hasil proses ekstraksi misalnya bungkil kelapa dan bungkil kedelai. Limbah dari pemotongan hewan seperti tepung darah dan tepung bulu, dan limbah proses fermentasi seperti ampas bir.

Bahan pakan ternak konsentrat tersebut bisa diperoleh dari tepung tulang, tepung daging, tepung darah. Hasil samping dari pengolahan ikan yaitu contohnya seperti tepung ikan.

Kandungan protein yang berasal dari hewani memiliki kandungan yang mempunyai kualitas tinggi serta memiliki kualitas mineral yang tinggi juga.

Konsentrat ini biasanya terdiri dari tepung daging, tepung tulang dan daging, tepung darah, tepung ikan dan ikan kecil. Hasil sampingan dari pengolahan susu seperti bubuk susu skim, “whey” dan lemak susu.

Bahan-bahan ini dapat ditandai dengan protein kualitas tinggi yang relatif banyak jumlah yang dikandungnya dan kandungan mineral yang tinggi.

Konsentrat yang berasal dari hewan mengandung protein lebih dari 47%. Mineral Ca lebih dari 1% serta P lebih dari 1,5%. Serta kandungan serat kasar dibawah 2,5%. Contohnya: tepung ikan, tepung susu, tepung daging, tepung darah, tepung bulu dan juga tepung cacing.

Dari bahan – bahan tersebut , maka dapat dipertimbangkan bahan – bahan yang mudah tersedia, mudah untuk didapatkan dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

Dalam pembuatan pakan ternak sapi konsentrat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya cukup sempurna. Yaitu sebagai berikut:

  • Ukurlah berat badan pada hewan ternak sapi terlebih dahulu.
  • Gunakan bahan yang mudah untuk didapatkan dan memiliki harga yang cukup  terjangkau.
  • Perhatikan tujuan dari pembudidayaan (pembibitan atau penggemukan) terhadap hewan peliharaan ternak.

Cara Memberikan Konsetrat

  • Pemberian konsentrat dapat diberikan dalam bentuk yang kering ataupun yang basah.
  • Jika ingin menggemukkan hewan ternak sapi, pemberian konsentrat tersebut diberikan sebanyak 2 – 2,5 % dari berat badan sapi perharinya.
  • Berikan pakan konsentrat 2 – 3 jam sebelum pakan hijau diberikan kepada hewan ternak sapi.

Dengan mengetahui berbagai macam informasi seputar pakan ternak hewan sapi yang berkonsentrat. Diharapkan para peternak hewan sapi dapat menggunakan pakan yang memiliki kualitas bagus. Seperti halnya pakan berkonsentrat tersebut.

Jika anda kesulitan dalam membuat pakan ternak sendiri, kami bisa memberikan solusinya dengan memberikan pakan ternak instan sebagai kapan komplit. Keunggulan pakan ternak instan adalah sudah diteliti secara klinis di Laboratoriaum Institut Pertanian Bogor.

Mampu meningkatkan bobot sebanyak kurang lebih 120/gr, umur simpan sampai 1 tahun sehingga sangat aman untuk stok pakan. Sangat praktis karena pakan sudah tersusun seluruh komposisi nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak.

Sudah tidak memerlukan tambahan pakan lagi, efisien biaya  pakan dan biaya operasional dan masih banyak lagi keunggulan dari pakan kami.

Pakan ternak sapi konsentrat yang akan kita berikan pada ternak akan sangat berpengaruh terhadap biaya pakan yang harus dikeluarkan.

Makin besar jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi biaya konsentrat, maka pendapatan para peternak juga akan semakin berkurang. Apabila biaya pakan konsentrat dapat ditekan maka pendapatam peternak juga dapat ditingkatkan.

Salah satu pakan yang sudah mengandung konsentrat, serat, vitamin dengan lengkap adalah pakan ternak instan. Pakan ini sudah mengandung nutris lengkap tanpa repot untuk mengolahnya lagi.

Keunggulan pakan ini adalah dapat meningkatkan bobot ternak dan meningkatkan produktifitas ternak dengan cepat dan baik.

Pemberian pakan konsentrat yang memiliki kualias tinggi dapat meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ternak. Hal ini akan semakin membuat bobot / berat badan  dapat menigkat dalam waktu yang singkat.

Tetapi pemberian pakan konsentat dnegan jumlah besar akan kurang baik karena bisa menyebabkan pH didalam rumen menjadi menurun.

Manfaat Pakan Ternak Sapi Konsentrat Untuk Penggemukan

Pakan ternak sapi konsentrat adalah jenis bahan yang digunakan bersama bahan pakan lain. Sehingga bisa meningkatkan keserasian antara gizi yang dicampur dengan pakan pelengkap.

Konsentrat atau pakan penguat ini nantinya dapat disusun dari jenis biji – bijian. Dan juga limbah dari hasil proses industri bahan pangan. Seperti : tepung kedelai, jangung giling, menir, dedak, bungkil kelapa, bekatul, tetes danb juga umbi.

Peran tersendiri yang bisa didapatkan dari jenis bahan pakan konsentrat karena mempunyai fungsi dapat meningkatkan nilai nutrien yang rendah. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan normal dari hewan untuk tumbuh dan bisa berkembang secara sehat.

Penambahan jenis konsentrat yang akan kita berikan sebagai ransum ternak menjadi sebuah usaha yang bisa memenuhi kebutuhan zat–zat makanan. Untuk mendapatkan jumlah produksi yang tinggi.

Manfaat yang bisa kita berikan untuk pakan dengan bahan konsentrat sebagai ransum untuk ternak akan bisa meningkatkan :

  1. Daya cerna bahan kering untuk ransum
  2. Pertambahan bobot badan ternak
  3. Dalam penggunaan ransum bisa lebih efisien

Pakan ternak sapi konsentrat yang akan kita berikan kepada hewan ternak dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi fisik dan kimiawi. Bisa diketahui melalui cara sebagai berikut :

  1. Bau yang wangi
  2. Perubahan bentuk yang terlihat lebih segar
  3. Adanya perubahan pada rasa
  4. Tekstur pakan yang menunjukkan daya tarik sehingga semua perubahan yang ada akan merangsang dan memiliki daya tarik sehingga ternak akan benambah nafsu makan dalam mengkonsumsinya.

Untuk penambahan pakan dari jenis konsentrat pada ransum untuk ternak apabila dilihat dari segi ekonomi akan sangat tidak efisien.

Hal ini dikarenakan besarnya biaya sekitar 70 – 90 % dari total keseluruhan biaya pakan.

Jenis – Jenis

  • Konsentrat sumber energi

Merupakan konsentrat dengan kandungan energi tinggi, sementara proteinnya rendah dengan kisaran protein < 20 %, serat kasar < 18 %, dan dinding sel < 35 %.

Kegunaan konsentrat sumber energi bisa menaikkan jumlah konsumsi energi, atau bisa untuk menaikkan densitas energi didalam ransum. Bahan konsentart energi bisa didapatkan dari :

  1. Bahan pakan berupa butiran seperti : padi sebagai hasil sampingnya
  2. Macam umbi – umbian
  3. Jenis tetes maupun sejenisnya
  4. Macam minyak dan lemak yang terdapat didalamnya
  • Konsentrat sumber protein

Merupakan konsentrat yang mengandung jumlah protein tinggi dengan protein kasar > 20 %. Penggunaan protein akan lebih baik digunakan untuk ternak muda, sehingga ternak akan cepat tumbuh dan menjadikan ternak produksi tinggi. Adapun macam – macam konsentrat protein bisa didapat dari :

  1. Hewan darat
  2. Tanaman
  3. Limbah dari ikan laut
  4. Asam amino sintetik.

Perbedaan Konsentrat dan Pakan Komplit

Perbedaan konsentrat dan pakan komplit yang akan digunakan untuk pakan sebagai asupan / makanan yang akan kita berikan pada hewan ternak yang kita pelihara. Kedua macam jenis pakan konsentrat dan juga pakan komplit yang diberikan pada ternak sapi didalam campurannya paling kompleks apabila dibandingkan dengan jenis pakan ternak sapi yang lainnya.

Harga daging sapi yang semakin terus bergerak meningkat telah membuat peluang untuk orang mulai terjun dalam bisnis usaha ternak sapi. Memulai usaha ternak sapi dapat dilakukan secara mudah mulai dari skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar. Pelaku usaha ternak sapi bisa untuk semua orang.

Pakan yang berbentuk konsentrat memiliki nutrisi yang sangat tinggi, sehingga ternak akan sehat secara alami. Terlebih dahulu akan kami jelaskan apa yang dimaksud dengan pakan konsentrat.

Perbedaan konsentrat dan pakan komplit yang akan diberikan sebagai ransum pakan ternak. Pakan yang baik untuk ransum yang kita berikan pada sapi tentu tidak menggangu kesehatan pada saat memakannya, yang diberikan sesuai kebutuhan. Unsur kebutuhan untuk ternak sapi harus memenuhi asupan : karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan juga mineral.

Energy dan BETN tinggi, serta mudah untuk dicerna oleh ternak. Kandungan yang terdapat pada pakan konsentrat mengandung < 18% serat kasar (SK), > 60% kandungan zat pembentuk energy (TDN), > 60% protein kering tinggi. Konsentrat dibedakan berdasarkan kandungan gizinya yaitu :

  1. Konsentrat sebagai sumber energy / Carbonaseous dengan kandungan < 18% protein, 60% total digestible nutrision (TDN), > 10% serat kasar. Terdapat pada polar, dedak, empok, ampas tahu, bungkil sawit, dan juga jagung.
  2. Konsentrat sebagai sumber protein / Proteinaseous dengan kandungan > 18% protein, 60% total digestible nutrision (TDN)

Macam – Macam Konsentrat

  1. Dari hewan contohnya : tepung susu, tepung ikan, tepung daging, tepung darah, tepung cacing, dan tepung bulu.
  2. Dari tumbuhan contohnya : tepung kedelai, tepung bunga matahari, bungkil kedelai, bungkil wijen, bungkil kelapa, dan juga bungkil kelapa sawit.

Complete Feed adalah sebuah teknologi formulasi dalam proses pembuatan pakan ternak yang didalamnya telah mencampur semua bahan pakan yang terdiri dari limbah pertanian ( hijauan ) dan konsentrat yang akan diolah dan dicampur menjadi satu yang bisa atau tidak  ditambahkan dengan rumput segar.

Pakan komplit ini merupakan ransum sebagai pakan berimbang yang sudah lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ternak, baik untuk perawatan jaringan, untuk pertumbuhan, dan untuk produksi.

Manfaat pemakaian complete feed pada sapi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dengan complete feed pra peternak tidak perlu tergantung pada hijauan.
  2. Pakan siap pakai sudah memiliki kandungan zat dengan nutrisi yang sudah lengkap.
  3. Pakan komplit dapat memberikan peningkatan pada bobot badan secara optimal.
  4. Dengan pakan komplit peternak tidak membutuhkan lahan yang luas untuk tanamana HMT
  5. Dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk membeli pakan dalam usaha peternakan, sehingga pendapatan peternak bisa lebih maksimal.

Perbedaan konsentrat dan pakan komplit bisa dilakukan cara mengetahui seberapa banyak kandungan nutrisi dan gizi yang harus dibutuhkan oleh hewan ternak selama 24 jam.

Pakan ternak komplit atau biasa disebut dengan Complete feed yaitu pakan ternak yang lengkap yang bisa melengkapi nutrisi dan gizi pada hewan ternak tersebut.

Sebelum anda memberikan pakan konsetrat untuk ternak anda sebaiknya anda harus mengetahui tentang kebutuhan pakan kambing perharinya.