Select Page

Pada artikel ini saya akan membahas karakteristik Contoh Tumbuhan Monokotil. Jika artikel saya sebelumnya membahas tentang tanaman dicotyledonous, kali ini saya akan membahas lebih lanjut tentang tanaman monocotyledonous.

Dalam biologi, pengelompokan tanaman dapat didasarkan pada daun, batang dan akar. Tapi kali ini saya akan membahas berdasarkan pengelompokan potongan-potongan benih.Tidak lupa juga saya akan memberikan beberapa contoh tumbuhan monokotil untuk anda pahami.

Secara umum, tanaman dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tanaman monokotil dan tanaman dikotil.Biarkan saya tidak terlalu lama pada prolog, gulir ke bawah, apa saja tanaman monokotil?

Pengertian Tumbuhan Monokotil

pemahaman tentang contoh tumbuhan monokotil

Monokotil terdiri dari kata, mono, yang berarti satu dan kotiledon yang berarti lembaga atau potongan atau biji.

Jadi tanaman monokotil dapat diartikan sebagai tanaman yang hanya memiliki satu lembaga.Serta juga tumbohan monokotil ini sering kita jumpai disekitaran pemukiman Anda.

Dalam sistem taksonomi tanaman, potongan tunggal ini ditempatkan di beberapa kelompok besar tanaman seperti Monocotyledodeae.

Pembagian lengkap kelompok besar tanaman monokotil sebagai berikut:

  1. Monocotyledoneae dalam sistem de Candolle dan sistem Engler.
  2. Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
  3. Kelas monokotil dalam sistem APG dan sistem APG II.
  4. Monocotyledones dalam sistem Bentham dan Hooker serta sistem Wettstein.
  5. Anak-anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).

Karakteristik Tumbuhan Monokotil

Untuk mengetahui karakteristik dari satu pabrik chip, kita harus terlebih dahulu memahami secara khusus karakteristik tanaman monokotil. Seperti daun lembaga, akar, batang, karakteristik daun, bentuk daun, bunga dan buah yang dihasilkan dari jenis tanaman ini.

Sebenarnya jika kita peka terhadap lingkungan sekitar, ada banyak contoh satu pabrik chip di sekitar kita.Kalau juga kita sering membaca buku buku referensi kita mudah untuk memahami contoh tumbuhan monokotil.

Contoh Tumbuhan Monokotil umumnya dari satu pandai besi yang ada di sekitar kita seperti biji-bijian atau (graminae), bawang merah (alliaceae) dan banyak lagi.

Fitur khusus tanaman ini dapat dilihat dalam bentuk akar, daun, buah, batang dan bentuk bunga.

Akar monokotil

akar tanaman monokotil

Karakteristik pertama yang mudah diidentifikasi dari akar tanaman monokotil adalah memiliki akar serat. Tidak demikian halnya dengan tanaman dikotil yang memiliki akar tunggang. Pembentukan akar serat terjadi ketika akar primer membentuk banyak cabang.

Cabang akar yang terbentuk tidak perlu membesar, tetapi menumbuhkan akar muda lagi. Padahal akar primer sebelumnya ditetapkan ke ukuran aslinya, tergantung pada spesies tanaman. Mengapa disebut serat karena akar monokotil membentuk rumpun seperti serat, mudah seperti akar pohon kelapa.

Punya Hood Root

Fitur khusus dari akar tanaman tunggal adalah bahwa akarnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptara. Berbeda dengan tanaman dikotil yang tidak memiliki kaliptra pada akarnya. Kaliptra berfungsi sebagai pelindung saat akar memasuki tanah.

Sederhananya mekanisme sel-sel baru di permukaan membentuk sel-sel baru sehingga sel-sel akar di bawahnya membentuk lendir pelindung akar di bagian dalam meristem apikal.

Batang monokotil

batang dicotyledonous

Bagian yang terbentuk dari satu pabrik chip memiliki fitur luas dan tumbuh tidak terlalu besar. Bukan kasus tanaman dikotil yang membentuk batang berdiameter lurus dan besar. Seperti halnya pada batang jagung dan tebu yang terbentuk pada ruas batang.

tumbuhan monokotil tidak memiliki jaringan tenun xilem dan floem, menyebabkan tidak adanya kambium pada batang tanaman. Tidak adanya jaringan transportasi, yang menyebabkan ruas pada batang monokotil. Lihatlah pohon jagung jika Anda bertemu dengannya.

Di jagung phon, ada bagian batang, tetapi jika kita memotongnya tidak ada kayu atau di mana jaringan transportasi tumbuh.

Daun Monocot

Daun Monocot

Untuk memahami karakteristik tanaman benih berdaun tunggal, lihatlah daun pohon pisang. Struktur daun pisang terdiri atas godaan dan lengkungan dari daun ke ujung yang menempel sejajar dengan kedua sisi tulang.

Secara umum, jika kita menemukan struktur seperti itu, makan tanaman, termasuk contoh monokotil.

Bunga monokotil

Bunga monokotil

Selanjutnya dari tanaman monokotil berasal dari struktur bunga. Kelopak bunga satu kelopak memiliki jumlah kelipatan 3, seperti 6.9, dan seterusnya. Tidak didukung dengan tanaman dikotil yang memiliki kelipatan 2, 4 dan 5.

Bunga pada tanaman monokotilon memiliki karakteristik bunga yang kecil tetapi sangat beragam dalam satu pohon. Misalnya, bunga pada tanaman jagung, kompilasi telah berbunga, jumlah bunga tidak dapat dihitung.

Biji monokotil

biji monokotil

Kata monocot diambil karena tanaman ini adalah satu potong atau bukan alisa tunggal. Tanaman monokotil tidak meningkatkan pembagian benih dalam proses perkecambahan.

Untuk melakukan perkecambahan inti lembaga pada benih meningkatkan pengembangan langsung. Namun, ada tanaman monokotil yang tidak memprovokasi benih, alias pengembangan melalui pucuk dari pohon induk.

Agar kita membahas tanaman monokotil, ada beberapa jenis tanaman yang ada di sekitar kita, termasuk satu tanaman.

Beberapa Contoh Tumbuhan Monokotil :

Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan monokotil di sekitar kita dengan klasifikasi

1.Sawit (Elais Guinensis)

telapak tangan contoh monokotil

Minyak kelapa sawit atau minyak kelapa sawit adalah salah satu contoh pohon monokotil yang dapat kita temukan, terutama mereka yang tinggal dekat dengan perkebunan kelapa sawit.

Kita dapat mengidentifikasi struktur daun kelapa secara langsung dengan karakteristik daun majemuk dan kemudian daun bertulang dengan daun sejajar.

Selain itu, karakteristik akar serat dari kelapa sawit jelas membuktikan bahwa monokotil adalah jenis minyak sawit. morfologi buah yang kita bagi bukan bagian yang terpisah dari lembaga, jadi jelas bahwa kelapa sawit adalah contoh tumbuhan monokotil.

2.Singkong atau singkong (Manihot Utilissima)

contoh tumbuhan monokotil.Pohon singkong atau pohon singkong adalah jenis tanaman yang banyak tumbuh di sekitar kita. Manihot Utilissima memiliki struktur batang tersegmentasi dan daunnya sejajar dengan kelipatan 6 dan akar serat.

Di mana pun akar singkong menyimpan sumber makanan sehingga akar serat membesar sehingga membentuk umbi yang bisa dimanfaatkan. Kandungan karbohidrat dari singkong saat digunakan bisa berfungsi sebagai makanan alternatif

3.Tanaman Pisang (Musa paradisiaca)

Buahnya enak untuk diolah jadi makanan ini ternyata jenis monocot, mengapa pisang salah satunya? Karena jika dilihat dari strukturnya, baik akar, daun maupun batangnya, termasuk dalam karakteristik tanaman monokotil.Serta merupakan contoh tumbuhan monokotil.

struktur daun pisang sejajar dengan tulang daun, batang dengan ruas dan sistem akar rooting jelas membuktikan bahwa pisang termasuk koleksi monokotil.

4.Pohon Kelapa (Cocos nucifera)

contoh tumbuhan monokotil

Seperti halnya kelapa sawit, kelapa adalah jenis kelapa sawit. Dilihat dari struktur pohon ini, pohon kelapa diklasifikasikan sebagai tanaman tunggal.

Akar kelapa pohoh adalah akar serat, kemudian batang dengan daun tersegmentasi, daun yang sejajar dengan tulang daun melengkung panjang.

Buah kelapa jelas tidak memiliki satu keping atau keping, jika kita membelahnya tidak ada keping di dalamnya. Dalam proses perkecambahan, inti sel dalam buah kelapa berkembang menjadi kuncup pohon kelapa.

5.Tanaman Tebu (Saccharum sp)

Tebu adalah contoh tumbuhan monokotil.Tabrakan penghasil gula ini, jika kita melihat ruas-ruasnya seperti pohon jagung dan daunnya memanjang dari ujung pohon ini.Bahan dasar dari gula juga berasal dari tanaman ini.

Batang tebu, yang tersegmentasi, menunjukkan bahwa tanaman ini adalah contoh tumbuhan monokotil, karena di batang pohon berdaun tidak ada jaringan transportasi seperti tanaman dikotil.

Tebu tumbuh subur di daerah tropis terutama di daerah dengan kelembaban rendah. Proses pengembangbiakan tebu cukup mudah. Pertama-tama, ambil saja bagian batang yang sudah tua lalu tanam, dari mana tunas baru akan muncul di bagian bawah pohon tebu.

6.Bunga Anggrek (Orchidacae)

Siapa yang tidak kenal anggrek? Anggrek adalah salah satu contoh tumbuhan monokotil. Tanaman bunga yang memiliki keindahan dan keindahan sehingga banyak orang tertarik mengoleksinya.

Bunga anggrek sering juga dijadikan tanaman hias untuk rumah supaya terlihat cantik.Ada begitu banyak jenis anggrek, dan Indonesia adalah tempat banyak jenis anggrek ditemukan.

Jenis tanaman epifit memiliki karakteristik serat akar, tumbuh melekat pada inangnya, memiliki bunga dengan kelipatan 3,6 dan 9. Tetapi ada beberapa yang memiliki kelipatan 5. Dari karakteristik ini dapat disimpulkan bahwa anggrek termasuk dalam satu tanaman keripik.

7.Tanaman Bawang Merah (Allium ascolonicum)

Akar bawang merah  merupakan contoh tumbuhan monokotil.Umbi ini sering digunakan sebagai bahan untuk memasak di semua jenis masakan, bahkan sebagai makanan ringan.

Jika kita anggap struktur umbi bawang merah jelas tidak memiliki tanaman ganda alias tanaman ini termasuk jenis monokotil.

Jika kurang jelas di bawah umbi, ada akar dan jika kita melihat struktur akar bawang merah, serat akarnya kecil. Dan banyak kita jumpai di pasar kalau kurang jelasnya.

8.Kurma(Phoenix dactylifera)

tanggal monokotil

Kurma adalah buah yang dihasilkan dari pohon yang dapat menahan sedikit air, bahkan di padang pasir. Pohon kurma termasuk dalam pohon palem, mirip dengan kelapa dan kelapa. Sehingga dalam mengidentifikasikannya sangat mudah.

Baik struktur akar, batang dan daun, tanggal persis seperti jenis pohon palem dan termasuk dalam satu spesies tanaman. Buah yang kaya akan manfaat ini diperkirakan telah ada sejak awal 4000 SM di wilayah pesisir Teluk Persia.

9.Buah Nanas (Ananas comocus)

tongkat nanas monokotil

Nanas adalah tanaman yang berasal dari wilayah Amerika Selatan seperti Bolivia, Paraguay dan Brasil. Di Indonesia, nanas banyak dibudidayakan di Kabupaten Subang, Jawa Barat. jika dilihat dari struktur batang dan akar daun buah, nanas tidak seperti tanaman monokotil.

Pengelompokan nanas sebagai monokotil berdasarkan sistem kelas monokotil dalam sistem APG dan sistem APG II. Tanaman ini juga mengandung banyak vitamin c didalamnya.Untuk lebih jelasnya tentang morfologi nanas sebagai berikut.

Akar membentuk akar samping dan tengah
Daunnya lurus tetapi tidak memiliki tulang daun
Posisi batang berada di bawah daun, sehingga tidak terlihat

10.Buah Naga (Hylocereus undatus)

bunga monokotil

Buah naga atau buah naga adalah buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Pada akhir 2000-an banyak ahli agronomi mengembangkan buah ini. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, termasuk tanaman monokotil.

Struktur tanaman ini seperti tidak memiliki daun, dengan batang yang merambat. Kemudian akar serat dan bunga dalam kelipatan 6, membuat pohon buah naga milik spesies chip tunggal.

11.Tanaman Mentimun Monokot (Timonius sericcus)

mentimun contoh mentimun

Mentimun atau timun adalah jenis tanaman merambat yang termasuk dalam jenis monokotil. Tanaman merambat ini banyak ditanam oleh petani kami karena mudah dipelihara.

Struktur akar pohon mentimun adalah dalam bentuk serat akar sedangkan jika kita menabur benih, biji mentimun tidak dibagi menjadi dua bagian.

Pemupukan mentimun terjadi dalam satu kelopak bunga lengkap yang terdiri dari putik dan benang sari. Ini adalah karakteristik dari satu pabrik chip.

12.Tanaman Padi

Definisi dan Definisi Beras – Variasi tanaman yang menghasilkan beras, termasuk jenis Oryza (Oryza sativa L.) adalah salah satu tanaman budidaya yang paling penting dalam peradaban manusia.

Meskipun sebagian besar merujuk pada tanaman yang dibudidayakan, beras juga digunakan untuk merujuk pada beberapa spesies dari genus yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar.

Beras diduga berasal dari India atau Indocina dan masuk ke Indonesia dibawa oleh leluhur yang bermigrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM.

Padi adalah salah satu tanaman terpenting dalam peradaban. Meskipun sebagian besar merujuk pada tanaman yang dibudidayakan, beras juga digunakan untuk merujuk pada beberapa spesies dari genus yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar.

Produksi beras dunia menempati urutan ketiga dalam semua sereal, setelah jagung dan gandum. Namun, beras adalah sumber karbohidrat utama bagi sebagian besar populasi dunia.Juga merupakan contoh tumbuhan monokotil.

Karakteristik umum:

Padi sedang diambil dari persemaiannya untuk ditanam di sawah. Beras termasuk dalam suku biji-bijian atau Poaceae (Sinonim: Gramina atau Glumiflorae).

Musim terna, berakar pada serat; batangnya sangat pendek, struktur seperti batang terbentuk dari serangkaian pelepah daun yang saling menopang. Daun sempurna dengan pelepah tebal, daun lanset, hijau muda sampai hijau tua, daun berurat sejajar.

Ditutupi dengan rambut pendek dan langka; bunga majemuk, jenis malai bercabang, unit bunga yang disebut floret, yang terletak di satu bengkok yang duduk di panicula; jenis buah gabah atau kariopsis yang tidak dapat dibedakan dari mana buah dan bijinya.

Bentuknya hampir bulat hingga lonjong, ukuran 3 mm hingga 15 mm, ditutupi oleh palea dan lemma yang dalam bahasa sehari-hari disebut sekam, struktur yang dominan adalah endospremium yang dimakan oleh orang.

Masih banyak contoh tanaman atau tanaman yang termasuk jenis ini. Berikut adalah contoh  tumbuhan monokotil yang bisa dijadikan referensi atau pengetahuan Anda:

Hibiscus (Hibiscus rosasinensis)
Vanilla (Vannili planifolia)
Bawang Merah (Allium ascolonicum)
Srikaya (Annona squamosa)
Malaka (Phylantus emblica)
Bunga Matahari (Helianthus annus)
Salak (Salacca edulis)
Enau (Arenga pinnata)
Noni (Morinda citrifolia
Sawo (Manilkara kauki)
Hangkang (Palaquium leiocarpum)
Kemenyan (Styra sp)
Strwaberry (Fragaria daltoniana)
Melon (Cucumis melo)
Ceremai (Phyllanthus acidus)
Kiwi (Actinidia deliciosa)
Persik (Prunus persica)
Siwalan (Borassus sp)
Kedondong (dulcis conditioner)
Anggur (Vitis vinivera)
Bacang (Magnifera foetida)
Blueberry (Vaccinium corymbosum)

Banyak dari mereka yang juga tumbuh dengan baik, di sekitar kita yang termasuk contoh tumbuhan monokotil. Juga dapat dijadikan referensi saat Anda mengerjakan tugas sekolah.

Terima kasih setelah membaca artikel pertama tentang tanaman di kotil maka membaca artikel ini sudah dapat membedakan contoh tumbuhan monokotil.

Cukup dengan mengulas pemahaman, karakteristik dan jenis tanaman monokotil. Harapannya adalah bahwa setelah membaca Anda bisa membedakan dari contoh tanaman monokotil. semoga bermanfaat. Sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf selebihnya saya ucapkan kasih.

× Whatsapp Kami!