Select Page

Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara menanam rumput gajah mini yang dapat memperindah eksterior rumah Anda. Kuy caranya dibawah.

Belakangan ini dalam dunia interior design begitu ngetrend,yang namanya konsep rumah minimalis,dengan berbagai ornamennya yang serba minimalis. Mungkin hal ini terinspirasi dengan semakin sedikitnya lahan untuk tempat tinggal disekitar Anda.

Saat ini rupanya banyak yang lagi memperbincangkan rumput gajah mini yang lagi ngetrend dan paling disoroti pada dunia interior serta eksterior design.

Rumput gajah mini ini menjadi salah satu inspirasi sebagai hiasan paling cantik untuk model rumah minimalis dan beberapa ornamen yang juga serba minimalis.

Karena biasanya rumah minimalis memiliki lahan atau taman yang terbatas sehingga memilih rumput gajah mini adalah salah satu solusi unik. Banyak orang yang menganggap bahwa menanam rumput gajah mini ini sangat sulit dan harus memerlukan tehnik khusus.

Padahal cara penanaman rumput gajah mini ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, di samping proses yang di gunakan juga sangat sederhana, Anda juga tidak perlu kerepotan dalam merawat rumput gajah mini.

Rumput gajah mini populer dimanfaatkan oleh pemilik rumah-rumah minimalis dengan pekarangan terbatas. Dengan adanya rumput gajah mini, pekarangan sempitpun akan terlihat lebih sejuk dan indah juga bisa dijadikan pakan ternak.

Cara penanaman yang ini sangat mudah ini justru bisa memberikan keuntungan tersendiri. Dilihat dari namanya saja sudah jelas menunjukkan fisik tanaman yang juga mini sehingga membuat banyak orang penasaran dan tentunya Anda pun juga dapat menanamnya sendiri dengan mudah.

Bagi Anda yang sudah penasaran dan ingin tahu lebih jelas tentang rumput gajah mini ini maka langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Nilai Unggul Dari Rumput Gajah Mini

Beragam rumput, seperti rumput gajah biasa, manila, peking, babat, swiss, golf, atau rap bisa dijadikan pilihan tanaman yang bisa menghijaukan hamparan taman di rumahmu.

Salah satunya yaitu rumput gajah mini ukuran daunnya lebih kecil dari rumput gajah biasa. Kelebihan jenis rumput ini, diantaranya, dapat memotong biaya pemangkasan. Tidak heran bila rumput gajah mini kini semakin dijadikan pilihan banyak orang.

Rumput gajah mini mempunyai karakter unik, dilihat dari pola pertumbuhannya. Jenis rumput gajah mini memiliki daya tarik tersendiri bagi para penanamnya. Salah satu nya adalah efek asri yang terlihat di rumah kita ketika menanam rumput cantik tersebut.

Selain itu rumput gajah mini memiliki bentuk daun yang kecil sehingga Anda tidak akan kerepotan dan tidak memakan waktu banyak untuk perawatannya.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Cukup Mudah

Salah satu ornament di dalam rumah minimalis yaitu adanya rumput taman yang menghiasi pekarangan belakang rumah maupun halaman depan rumah minimalis Anda.

Jenis rumput taman yang sedang ngetrend saat ini yaitu rumput gajah mini. Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam rumput gajah mini,berikut gambar jenis rumput gajah mini.

cara-menanam-rumput-gajah-mini

Dari namanya saja sudah jelas kalo rumput ini berbentuk mini,sangat cocok dengan konsep rumah minimalis Kamu bukan ? Kegiatan menanam ini tidaklah sesusah Anda membangun rumah. Cukup luangkan waktu sejenak dan ikuti cara menanam rumput gajah mini dari saya hehehe.

Rumput gajah mini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para designer eksterior rumah untuk menambah kesan asri pada rumah hunian. Daunnya yang kecil meminimalisir perawatan,sehingga tidak merepotkan atau menyita banyak waktu Anda.

Anda bisa mendapatkan rumput gajah mini tersebut dengan merogoh kocek cukup 15.000 hingga 20.000 per meter perseginya. Cukup murah bukan dibandingkan dengan hasilnya yang dapat menjadikan rumah Anda lebih asri dan hijau jauh dari kesan gersang.

Hal Yang Di Perhatikan Sebelum Penanaman

  1. Lakukan penanaman ketika musim penghujan. Ini bertujuan agar rumput gajah mini mendapatkan suplay air yang maksimal, karena rumput ini termasuk jenis tanaman hias yang sangat membutuhkan air.
  2. Jangan melakukan penanaman di tanah yang tandus dan gersang. Namun jika Anda hanya memiliki tanah tandus dan gersang Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan pupuk terlebih dahulu dan diamkan selama seminggu. Hal ini bertujuan agar tanah memiliki cukup nutrisi untuk menjaga pertumbuhan rumput gajah mini. Setelah itu baru gemburkan tanah Anda.
  3. Pastikan mendapatkan cahaya matahari yang cukup tetapi tidak berlebihan. Hal ini bertujuan agar daun rumput gajah mini tumbuh lebat kesamping lalu menjuntai ke bawah. Jika rumput gajah mini tidak begitu mendapat cahaya maka hasil daun nya akan memanjang ke atas serta tidak bisa indah.

Persiapkan Lahan Untuk Media Tanam

taman-rumah

Lahan yang baik untuk penanaman rumput gajah mini adalah tanah yang tidak tandus dan gersang. Jika Anda memiliki media tanam yang tandus dan gersang, sebelum Anda melakukan penanaman maka lakukan pemupukan terlebih dahulu ke tanah dan diamkan selama seminggu.

Ini bertujuan supaya tanah memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput gajah mini setelah masa tanam. Setelah mendapatkan media tanam yang sesuai maka lakukan penggemburan dengan alat cangkul.

Efektifnya penggemburan tanah dapat di lakukan sedalam 5-10 cm dan ratakan kembali jika sudah selesai di lakukan penggemburan.

Namun jika Kamu tidak memiliki cukup luas lahan untuk di jadikan media tanam rumput gajah mini, Anda dapat menanam rumput gajah mini dengan cara mengurungnya terlebih dahulu dengan tanah yang Anda ambil dari pekarangan atau kebun rumah Anda. Atau Anda juga dapat membeli tanah yang khusus di gunakan untuk menanam tanaman, seperti tanah merah dan latosol.

14. Langkah Praktis Cara Menanam Rumput Gajah Mini

eksterior-rumah

Ini adalah sedikit dari langkah-langkah cara menanam rumput gajah mini,berikut akan kami jabarkan caranya dibawah ini. Alat dan bahan yang dipakai,alat dan bahannya adalah rumput gajah mini, pasir, tanah merah, pacul atau sekop semen, dan papan kayu.

1. Gemburkan Tanah

Persiapan tanah ,pertama-tama, kelupaslah tanah dasar yang masih keras dan berumput liar, menggunakan pacul. Ratakan tanah, buatlah agar ketinggian tanah dasar ini semakin rendah ke arah lubang air.

Ini bertujuan agar air yang digunakan untuk menyiram atau air hujan tidak akan menggenang di atas rumput, yang bisa mengakibatkan rumput membusuk.

Gemburkan terlebih dahulu tanah dengan cara dicangkul sedalam kurang lebih 5 hingga 10 cm serta ratakan kembali tanah tersebut. Keluarkan batu di dalam tanah ,ambillah semua akar-akar rumput liar yang masih tertinggal, agar rumput liar tidak tumbuh lagi. Pisahkan juga batu-batu yang ada supaya tak mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini nantinya.

2. Berikan Pupuk Kandang

Jika tanah halaman rumah Anda terlalu gersang serta tandus,sebaiknya berikan dahulu pupuk kandang untuk menjaga nutrisi tanah dan diamkan selama 1 minggu sebelum memulai menanam.

3. Waktu Memulai Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Periode memulai cara menanam rumput gajah mini,sebaiknya di saat musim hujan. Agar rumput yang baru ditanam mendapat suplay air yang cukup banyak.

4. Beli Rumput Gajah Mini di Tukang Taman

Minta atau belilah rumput gajah mini di tukang taman atau penjual bunga disekitar rumah Anda,harganya bervariasi  dari 15.000 hingga 20.000 tergantung tempat Anda membeli.

5. Menyobek Rumput Agar Menjadi Kecil

Cara menanam rumput gajah mini berikutnya yaitu menyobek rumput yang sudah Anda beli agar menjadi kecil dengan ukuran sekitar 3 hingga 5 cm.

6. Menanam Potongan Rumput Gajah Mini

Tanamlah potongan-potongan kecil rumput gajah mini tadi hingga akarnya tertutup tanah,tanamlah dengan pola zig zag agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

7. Memperkuat Jalinan Akar

Untuk memperkuat jalinan akar dengan tanah,dapat dilakukan dengan cara memukul pelan rumput gajah mini agar akar rumput benar-benar melekat di dalam tanah.

8. Meratakan Posisi Rumput

Cara menanam rumput gajah mini selanjutnya adalah meratakan posisi rumput dengan tanah dan dengan cara menindihnya dengan balok kayu,kemudian setelah rata dengan permukaan tanah,balok kayu bisa diangkat kembali.

9. Menancapkan Sedikit Perakaran Ketah

Setelah lahan siap,langkah berikutnya cara menanam rumput gajah mini yaitu dengan menancapkan sedikit perakaran ketah,berikan tekanan agar akar terikat tanah,Anda dapat mengurug sedikit sela sela tanaman dengan tanah supaya tanaman tidak tergeser.

cara-menanam-rumput-gajah-miniTambahkan juga pupuk urea dan juga NPK,jika memangg diperlukan. Pemupukan dapat dimulai 2 minggu sejak rumput gajah mini ditanam. Cara menanam rumput gajah mini ini bertujuan,agar merangsang pertumbuhan rumput lebih pesat.

10. Siram dengan Rutin 

Siramilah dengan rutin sehari 2 kali setiap pagi serta sore hari,untuk mempercepat pertumbuhan rumput gajah mini. Disarankan untuk menyiraminya menggunakan gembor atau semprotan halus.

11. Mengantisipasi Gangguan Hewan

Jika disekitar rumput gajah mini Anda banyak ayam yang berkeliaran, Anda dapat mengantisipasinya dengan menutup rumput gajah mini tersebut dengan daun kelapa atau blarak agar tidak dicakar ayam. Namun setelah umur tanam mencapai 7 hari blarak tersebut dapat diambil kembali.

12. Sistem Pencahayaan

Cara menanam rumput gajah mini juga erat kaitannya dengan sistem pencahayaan yang cukup untuk rumput. Jika rumput kurang mendapat pasokan sinar matahari,maka rumput gajah mini akan tumbuh memanjang dan hal itu tentunya bukanlah yang diharapkan.

13. Pertumbuhan Gulma

Menanam rumput gajah mini adalah dengan memperhatikan pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini Anda. Segera cabut gulma tersebut hingga ke akarnya agar tidak mengganggu.

14. Menghindarkan dari Pejalan Kaki

Cara merawat rumput gajah mini selanjutnya adalah dengan menghindarkan sebisa mungkin dari pejalan kaki penghuni rumah maupun tamu rumah Anda.

Rumput gajah mini yang sering terinjak kaki,akan mempengaruhi pertumbuhan,dan membuat rumput tidak tumbuh seragam,tentu hal ini bukanlah keinginan Anda.

Langkah awal cara menanam rumput gajah mini supaya sempurna adalah hindari pijakan kaki,menunggu perakaran sempurna.

Jika memang lahan rumput gajah mini Anda tidak bisa terhindar dari kases pejalan kaki,antisipasi hal tersebut dengan memberikan pijakan batu sebagai tempat lewat pejalan kaki agar tidak menginjak rumput gajah mini Anda. Cara menanam rumput gajah mini agar terhindar dari pijakan,dapat Anda lihat pada gambar berikut ini :

cara-menanam-rumput-gajah-mini

Bagaimana ? mudah bukan melakukan aktivitas ini sendiri. Umumnya jika Anda menanam 1 meter rumput gajah mini,maka bibit tersebut akan berkembang meluas hingga 2 bahkan 3 meter lahan yang Anda sediakan.

Anda bisa menanam rumput gajah mini bersama keluarga tercinta. Disaat hari libur berkebun bersama anggota keluarga,menjadi cara mudah untuk mempererat hubungan emosional antar anggota keluarga.

Perawatan Rumput Gajah Mini

Proses selanjutnya adalah merawat bibit rumput gajah mini yang telah di tanam. Pertama berikan pupuk NPK ke tanaman rumput gajah mini setelah dua minggu masa tanam.

Tujuan di berikan pupuk ini untuk merangsang jaringan tumbuh rumput gajah mini sehingga Anda mendapatkan hasil yang sempurna nantinya.

Selain memberikan pupuk, imbangi dengan penyiraman yang teratur pagi dan sore. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa rumput gajah mini adalah tanaman yang sangat bergantung pada air.

Jika di butuhkan pasanglah pagar sementara selama masa tumbuh rumput gajah mini, ini bertujuan agar tidak ada hewan seperti ayam yang memakan rumput gajah mini.

Proses pengurungan dengan pagar ini hanya lakukan hingga 7 hari saja setelah itu Anda lepas. Selain air, cahaya matahari yang cukup juga menjadi faktor penting bagi masa tumbuh yang baik bagi rumput gajah mini.

Pantau terus perkembangan tumbuh rumput gajah mini, jika Anda mendapatkan ada rumput gajah mini terserang gulma maka cabut hingga akar rumput yang terserang gulma tersebut. Ini bertujuan agar tidak menular ke rumput yang lain.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya tambahkan pijakan kaki untuk lewat supaya rumput gajah mini tidak terinjak-injak.

Keunggulan Rumput Gajah Mini

Ada daya tarik tersendiri yang di munculkan oleh rumput gajah mini ini dan terlebih bagi para designer yang sering menangani bagian eksterior rumah untuk memberikan kesan yang asri pada rumah hunian tersebut.

Bentuk daunnya yang berukuran kecil sangat meminimalisir perawatannnya sehingga tidak akan membuat Anda kerepotan dalam mengurus rumput jenis ini.

Untuk mendapatkan rumput mini sekilas memang terlihat murah adalah dibanderol dengan harga yang hanya Rp. 15.000,- sampai Rp.20.000,- saja namun harga itu hanya untuk setiap meter perseginya. Jadi jika dikalikan dengan beberapa meter persegi lagi tentunya sangat mahal sekali bukan?

Tentunya akan lebih hemat jika Anda membuatnya sendiri. Proses penanaman rumput gajah mini ini memang sangat mudah sekali serta Anda juga dapat mengerjakannya sendiri.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana langkah langkah penanaman rumput gajah ini maka dapat langsung saja menyimak ulasan dibawah ini.

10. Manfaat Rumput Gajah Untuk Kesehatan Manusia

Rumput gajah merupakan sejenis rumput yang banyak tumbuh subur di tanah – tanah lapang. Bahkan rumput ini bisa tumbuh tanpa ditanam. Sebagaimana rumput banyak yang mengangap keberadaan rumput ini hanya sebagai penganggu saja.

Namun sejak ada beberapa artikel yang membahas tentang manfaat tersembunyi dibalik rumput gajah maka perlahan banyak yang menjadikan rumput ini untuk di budidayakan. Ciri – ciri dari rumput gajah adalah ukurannya yang besar dan memiliki daun yang panjang.

Rumput gajah banyak di manfaatkan di bidang kesehatan karena kandungan didalam rumput gajah diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kalium senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, otot tubuh serta sistem pencernaan.
  • Kalsium didalam tubuh berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Beta karotin baik untuk melawan radika bebas karena mengandung banyak antioksidan didalamnya.

Itulah beberapa senyawa yang terkandung didalam rumput gajah. Adapun kegunaan rumput gajah di bidang kesehatan dapat mengatasi penyakit seperti :

1.Paru – paru

Penyakit paru – paru berhubungan dengan sistem pernafasan. Dimana ciri – ciri dari penyakit paru – paru ini ditandai dengan sulit untuk bernafas serta sebagian merasakan sakit saat mengambil nafas dan mengeluarkannya. Banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit paru – paru beberapa diantaranya merokok, mandi malam dan virus.

Untuk menyembuhkan penyakit paru – paru dapat di obati dengan obat tradisional yang berasal dari rumput gajah. Anda tinggal memeras daun rumput gajah dengan air lalu diminum airnya secara rutin.

2. Kandung kemih

Infeksi saluran kandung kemih bisa terjadi karena kebiasaan menahan buang air kecil dan membersihkan bagian intim dari belakang ke depan. Cara yang baik untuk membersihkan organ intim yaitu dari depan ke belakang begitu seterusnya jangan di bolak balik.

Menggobati infeksi saluran kandung kemih bisa dilakukan dengan cara herbal. Pengobatan herbal memang lebih di pilih karena aman dari efek samping.

Salah satu pengobatan herbal yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit kandung kemih adalah dengan minum rebusan sari rumput gajah secara teratur.

3. Sakit perut saat datang bulan

Masa datang bulan hanya dialami oleh wanita yang normalnya terjadi setiap satu bulan sekali. Datang bulan ditandai dengan luruhnya sel telur didalam rahim sebab tidak terjadinya pembuahan.

Kadang selama masa datang bulan beberapa wanita mengalami gangguan seperti emosi yang naik turun, sakit perut yang hebat dan jerawat. Namun yang paling menjadi perhatian adalah sakit perut yang terjadi selama datang bulan berlansung.

Ada beberapa sebab terjadinya kram di perut dan ini bisa diatasi secara alami dengan ramuan herbal dari rumput gajah. Jadi Anda bisa meminum ramuan ini untuk mengatasi sakit perut saat datang bulan.

4. Insomnia

Manfaat dari rumput gajah selanjutnya yaitu untuk mengatasi gangguan sulit tidur pada malam hari yang disebut insomnia. Insomnia dapat terjadi pada siapa saja dan ini erat kaitannya dengan keadaan psikolois seseorang.

Selain mengatasi insomnia dengan minum rebusan dari rumput gajah Anda juga perlu menenangkan pikiran dan membebaskan diri dari keterikatan yang terasa.

5. Stres

Stres dapat terjadi akibat beban pikiran secara lahir dan batin. penyakit stres sebenarnya hanyalah masalah pengendalian diri. Karena bagaimanapun juga tubuh yang terserang stres terus menerus justru akan membahayakan kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.

Serta stres membuat sebagai fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Adapun jika Anda masih kesulitan untuk mengatasi stres yang dialami maka cobalah untuk minum rebusan daun rumput gajah.

Demikian Artikel tentang cara menanam rumput gajah mini,semoga membantu Anda yang ingin memperindah rumah. Sekian dan Terima kasih.