Select Page
Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang rumput makanan kelinci yang mudah didapat,efisien bagi Anda yang tidak mau boros. Kuy simak penjelasanya.
Salah satu faktor terpenting dalam memelihara atau beternak kelinci adalah makanan. Makanan berfungsi sebagai energi yang dapat membantu pertumbuhan kelinci.

Apabila makanan yang diberikan pada kelinci bagus, maka ia akan tumbuh  dengan sehat dan cepat besar. Sebaliknya apabila makanan yang Anda berikan mengandung gizi serta nutrisi buruk, dapat membahayakan kesehatan kelinci Anda.

Oleh sebab itu bagi Anda yang baru saja memelihara kelinci tidak boleh sembarangan memberikan jenis makanan untuknya. Anda harus banyak mencari referensi atau sumber informasi mengenai jenis-jenis makanan kelinci yang bagus buat pertumbuhannya.

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa ada banyak sekali jenis-jenis pakan untuk kelinci. Tapi yang paling kami rekomendasikan adalah rumput makanan kelinci. Mengapa demikian? Sebab kelinci sendiri merupakan binatang herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan.

Sehingga di habitat aslinya, kelinci tidak memakan makanan seperti pelet atau buatan. Melainkan memakan rumput-rumputan, buah-buahan, sayur-sayuran atau tumbuhan lainnya yang alami.

Selain itu rumput juga mengandung protein dan mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Sehingga cocok buat kelinci hamil dan anak kelinci.

Ditambah sumber pasokan serat yang sangat bagus buat memperlancar pencernaan kelinci sehingga kelinci tumbuh dengan sehat. Sebaliknya apabila kelinci kekurangan serat, dia akan mudah terkena penyakit dan gangguan pencernaan.

Pandangan Peternak Tentang Makanan Kelinci

Walaupun demikian ternyata tidak semua jenis rumput boleh dijadikan bahan pakan kelinci. Karena ada sebagian peternak yang beranggapan kalau seluruh hewan herbivora memakan jenis rumput yang sama.

Contohnya, sapi dan kambing memakan jenis rumput yang sama atau sapi dan kerbau. Padahal pendapat tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Perlu Anda ketahui bahwa kambing sapi maupun kerbau memiliki sistem pencernaan yang tidak sama alias berbeda dengan kelinci. Dilihat dari postur tubuhnya saja sudah beda, kelinci lebih kecil dibandingkan sapi. Masa, jenis makanannya mau disamakan?

Maka dari itu ada beberapa jenis rumput yang dilarang untuk dijadikan pakan kelinci. Biasanya rumput-rumput tersebut memiliki tekstur yang kasar dan keras serta rasanya tidak enak. Lalu rumput apa saja yang bisa dimakan kelinci dan bagus buat pertumbuhannya?

Jenis Rumput Makanan Kelinci yang Bagus

rumput-makanan-kelinci

Rumput pakan kelinci yang bagus yaitu yang bertekstur lembut, bergizi dan bernutrisi tinggi. So, pastikan kawan-kawan yang sedang memelihara kelinci memilih jenis rumput yang tepat agar cepat besar dan cepat panen. Di bawah ini rumput-rumput yang kami rekomendasikan untuk anda:

Hijauan

Termasuk pakan kelinci hijauan di antaranya rumput lapangan, daun kacang panjang, daun lamtoro, daun duri, daun kembang sepatu, daun ubi jalar, daun pepaya, daun jakung, dan daun kacang tanah.

Sisa-sisa atau limbah sayuran seperti wortel, selada, kangkung, kol, sawi, caisim, atau daun singkong juga termasuk dalam pakan jenis ini.

Cara pemberiannya yakni pakan hijau segar diberikan secukupnya setelah dilayukan.  Pelayuan ini ditujukan agar supaya kadar air dalam pakan hijau segar berkurang.

Bila hal ini tidak dilakukan, urine kelinci bisa berbau serta menyengat, menyebabkan mencret, perut kelinci gembung, gatal-gatal dan scabies, serta dapat mengakibatkan kematian pada kelinci budi daya karena keracunan.

1. Rumput Odot untuk Pakan Kelinci

rumput-odot

Jenis pertama adalah rumput odot. Di Amerika rumput jenis ini begitu terkenal serta sudah lama digunakan untuk makanan domba atau kambing, karena memang di dalamnya terkandung protein yang cukup baik hingga 12-14%. Sekarang rumput odot sudah banyak ditemukan di Indonesia dan banyak pula yang menanamnya.

Jika kawan-kawan sedang memelihara kelinci, tidak ada salahnya mencoba pakan rumput odot. Karena urat daunnya halus, tekstur lembut, tidak berbulu dan tidak kasar. Selain itu pertumbuhan rumputnya juga cepat, biar mudah mencarinya kalian bisa memelihara sendiri di samping rumah.

Ciri-cirinya tinggi maksimal hanya 1 meter, batangnya tetap pendek meskipun sudah besar. Lalu jarak antara ruas cuma 2 sampai 4 cm. Ada bulunya tapi halus, jadi seperti tidak berbulu. Lihat gambar di atas, biar lebih jelas.

2. Pakan Rumput Timothy untuk Kelinci

Kata orang-orang rumput Timothy adalah pakan terbaik untuk kelinci dibandingkan rumput hijau lainnya. Timothy ini sejenis rumput lapangan yang di bagian atasnya ada ekor kucing di saat berbunga.

Keunggulan dari rumput Timothy yaitu berserat cukup, protein dan mineral tinggi. Sehingga tidak menimbulkan masalah pada pencernaan kelinci. Selain itu teksturnya juga lembut tidak merusak sistem pencernaannya.

3. Rumput Pakan Kelinci Sintrong

Jenis yang ketiga adalah rumput sintrong. Juga biasa dipakai untuk bahan makanan pokok kelinci, meskipun oleh masyarakat sering dianggap pengganggu.

Padahal sangat bagus buat pekan kelinci, rumput ini tumbuh liar di wilayah terbuka bersama rumput-rumput lainnya.
Namun jika kalian ingin menjadikan rumput ini sebagai pakan kelinci, sebaiknya dilayukan dahulu karena di dalamnya terkandung kadar air dan getah yang tinggi. Jika tertarik, silahkan cari di daerah sawah, pekarangan, kebun atau area sekitar rumah Anda.

4. Rumput Legetan

Rumput legetan atau dalam bahasa Jawa rumput wedusan adalah makanan kesukaan kelinci. Sama seperti rumput sintrong, dia tumbuh di alam bebas seperti di kebun atau di sawah.

makanan-kelinci

Menurut pengalaman di sini, kalau kelinci diberikan rumput ini, maka sedikit menemukan masalah pada air kencing, ginjal serta pencernaannya. Yang jelas baik bagi pembentukan pertumbuhan gigi kelinci serta kesehatannya.

5. Jenis Rumput Alfalfa Makanan Kelinci

Rumput Alfalfa memiliki nama latin Medicago sativa L. Maaf bukan bermaksud SARA, kalau kalian orang Islam tentu kenal dengan tanaman ini. Karena ada di Quran surat an-naba.

Ya, tanaman Ini mengandung protein 18,9% dan zat alkalin yang dapat menetralkan keasaman tubuh. Tentu saja rumput paling tua di dunia ini dapat dijadikan pakan untuk kelinci. Bahkan kata orang-orang dapat meningkatkan produksi susu induk kelinci.

6. Jenis Rumput Bandotan

Rumput bandotan juga bisa diberikan pada kelinci. Namun sebagian  kelinci tidak menyukai rumput ini bila diberi terlalu banyak. Jadi saya sarankan kalian mencampurkan dengan jenis rumput lainnya, entah dengan rumput odot maupun timothy.

Untuk mencarinya cukup mudah, biasanya rumput bandotan tumbuh di sekitar rumah rumah Kamu. Memiliki bunga yang kecil-kecil. Kalau orang dahulu memanfaatkan rumput bandotan sebagai herbal.

7. Rumput Gulma Tegalan

Rumput gulma banyak dijumpai di kebun atau pinggiran sawah. Sama seperti jenis sintrong, rumput gulma atau sering disebut tegalan ini mengandung banyak serat yang sangat bagus untuk kelinci. Tanpa ragu-ragu kalian dapat langsung mencari rumput jenis gulma di sekitar Anda dan diberikan pada kelinci.

8. Rumput Hay atau Rumput Kering untuk kelinci

jenis-makanan-kelinci

Kawan-kawan kami menaruh rumput Hay ke daftar yang paling akhir bukan berarti jenis yang paling buruk. Tapi justru malah sebaliknya, rumput hay mempunyai makna rumput kering. Jadi sebenarnya ini bukan jenis rumput kayak di atas melainkan rumput-rumput yang sudah dikeringkan.

Terkadang rumput Hay terbuat dari rumput jerami, Alfalfa atau Timothy. Rumput Hay cocok bagi semua jenis kelinci baik kelinci pedaging maupun kelinci hias berbulu lebat.

Bahkan 80% itu makanan utamanya yaitu rumput Hay dan sisanya 20% makanan tambahan semisal pelet, buah dan sayur. Khasiatnya sangat banyak, yang jelas mengandung serat yang cukup bagus, dapat menyehatkan bulu kelinci dan pertumbuhannya.

Dari kedelapan rumput di atas sebenarnya masih banyak lagi rumput-rumput lapangan yang bisa dijadikan pakan kelinci. Ada jenis rumput patikan kebo, jombang, dandelion.

Bagi daun daunan, biasa memakai daun pohon indigofera, kelor, gamal, turi, daun pepaya dan lain lain. Kemudian makanan apa saja yang tidak boleh diberikan kepada kelinci?

Baiklah sebelum saya close saya ingin menyebutkan beberapa daftar makanan yang tidak boleh diberikan kepada kelinci. Ialah rumput alang-alang, rumput gajah, rumput setria atau jenis rumput lainnya yang bertekstur kasar berbulu lebat. Tidak cocok untuk  sistem pencernaan kelinci.

Salah satu hal wajib bagi peternak jika ingin menekuni usaha ternak kelinci yakni mengetahui pakan kelinci terbaik dan cara pemberiannya.  Hal ini sangat diperlukan supaya pertumbuhan kelinci normal serta hasil budi daya lebih optimal.

Pakan di habitat aslinya, kelinci mengonsumsi biji-bijian, rumput-rumputan, serta daun-daunan sehingga kelinci yang dipelihara perlu mendapatkan pakan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dalam pakannya, kelinci memerlukan zat-zat makanan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Di sini kami akan mengulas pakan yang disenangi kelinci, bahan utamanya mudah ditemukan, bernilai ekonomis rendah, serta mengandung zat makanan yang dibutuhkan oleh kelinci.

9. Air Susu Induk

Air susu induk merupakan pakan alami terbaik karena memiliki zat paling lengkap serta cocok dan tepat untuk anak kelinci yang masih menyusu.

Nutrisi air susu induk lebih bagus jika dibandingkan dengan susu sapi, air susu induk memiliki kandungan bahan kering lebih banyak dua kali lipat, lemak dan protein empat kali lebih besar, abu / mineral lebih banyak tiga kali lipat. Selain itu, laktosa cuma satu per enam (1/6) dari air susu sapi.

10. Biji-Bijian

biji-bijian

Pakan kelinci yang berbentuk biji-bijian kayak jagung, padi, gandum, kedelai, kacang tanah, serta kacang hijau. Pakan biji-bijian ini termasuk dalam salah satu pakan terbaik kelinci karena pakan jenis ini mempunyai protein tinggi.

Jika harga cukup mahal, kita dapat menggantinya dengan pakan alternatif seperti bungkil kelapa, dedak, bekatul, bungkil tahu, atau bungkil kacang tanah.

Cara pemberian jenis pakan ini sebaiknya ditumbuk terlebih dahulu, setelah itu baru diberikan ke kelinci sebanyak 150-250 gram per ekor dalam satu hari.

11. Jerami Kering

Jerami kering adalah salah satu pakan serat kasar yang dapat mencegah gigi kelinci tumbuh lebih cepat. Pakan jenis ini dapat menjadi pilihan baik untuk kelinci.

Beberapa Jenis Tanaman yang Bisa di Gunakan Sebagai Pakan Kelinci (Bay):

Bahan Protein (%) Lemak (%)
Daun Lamtoro 12 6,5
Rumput Kalamenta 10,26 1,46
Daun Kacang Tanah 16,59 2,90
Daun Pisang 16,81 5,90
Daun Dadap 27,15 2,91
Daun Turi Merah 31,68 7,05
Daun Duri Putih 40,62 5,65
Jerami Jagung 5,57 1,25
Rumput Jampang 8,29 1,01
Rumput Cakar Ayam 8,44 1,47
Rumput Ginting 8,67 1,22
Jerami Padi 9,83 2,15

 

12. Umbi-Umbian

Selain itu, umbi-umbian adalah salah satu alternatif pakan kelinci terbaik. Jenis pakan ini termasuk di antaranya talas, ubi jalar, singkong rebus, serta jenis umbi-umbian lainnya. Pakan jenis umbi-umbian juga oleh peternak kelinci sebagai pakan tambahan.

13. Konsentrat

Pakan konsentrat berguna untuk meningkatkan nilai gizi dan penguat pakan pokok kelinci yang berupa hijauan. Keuntungan jenis pakan ini yakni mudah didapatkan di pasaran.

Pakan konsentrat ini terdiri dari komposisi pelet atau pakan pabrikan, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioca, dan bungkil kacang tanah. Bila nutrisi dalam pelet sudah mencukupi kebutuhan kelinci, pakan hijauan tidak perlu lagi diberikan.

Cara membuat makanan konsentrat kelinci begitu mudah,bahkan kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Bahan-Bahan Pembuatan Makanan Alternatif Kelinci:

  • Bungkil yang terdapat pada kelapa
  • Sama seperti diatas yaitu bungkil dari kedelai
  • Tepung mineral
  • Dedak (Dedak kalo orang Jawa bilang) bekatul atau bisa juga dengan dedak yang sudah halus

Jika semua bahan sudah siap maka proses membuatnya seperti dibawah ini

  1. Untuk takarannya kamu bisa mengukur sesuai kebutuhan kamu yah! Contohnya 1 kilogram pakan alternatif akan membutuhkan 500 gram dedak,200 gram bungkil kelapa,200 gram bungkil kedelai,dan 100 gram tepung mineralnya.
  2. Bila bahan-bahan tersebut sudah didapatkan,maka kamu bisa langsung mencampurkannya dalam satu wadah dan berikan sedikit tambahan air agar lebih mudah disatukan bahannya.
  3. Aduk-aduk campuran dari bahan-bahan yang sudah dimasukkan sampai merata yah!
  4. Jika bahan-bahannya sudah diaduk hingga menyatu dengan merata,kamu bisa langsung memberikannya pada kelinci pedaging dan kelinci hias. Tidak hanya kelinci hias dan kelinci pedaging saja lho! Tetapi bisa diberikan ke kelinci lainnya.

Bahan lainnya bisa menggunakan dengan:

  • Bahan bekatul
  • Biji-bijian
  • Tepung jagung
  • Serta bahan lainnya yang mengandung serat tinggi

Untuk banyak sedikitnya pakan kelinci,sudah dibahas diatas bahwa ini tergantung dari jumlah kelinci kamu,makan sesuaikan saja sesuai porsinya. Biasanya untuk kelinci yamh umurnya dewasa bisa berikan pakan sekitar 100-140 gram,untuk kelinci yang sedang hamil bisa berikan 160-200 gram.

Tetapi jika kelinci masih berumur 2-4 bulan. Kamu bisa mengurangi porsi dari 70 gram,lebih baik dalam pemberian pakan pada kelinci,kamu menyesuaikan dengan jadwal pemberian makannya per harinya.

Alat-alatnya cukup sederhana kok,kamu bisa membuatnya dengan bak plastik untuk mencampurkan adonannya,untuk alat lainnya bisa gunakan sendok,panci,kompor.

Cara Pembuatannya

  1. Mencampurkan semua bahan yang sudah siap
  2. Gunakan aitr agar dalm pencampurannya merata dan menyatu pada bak plastik
  3. Jika sudah merata,kamu bisa mengukus adonan dengan panci selama kuarang lebih 30 menit atau bisa dilihat dengan perubahan warnanya.
  4. Jika warnanya sudah berubah dan suhunya masih panas,tinggal melakukan pencetakan adonan dengan menggunakan penggilingan mie hingga membentuk adonan yang memanjang.
  5. Lalu gunakan oven untuk mengeringkan adonannya yang sudah dibentuk-bentuk tadi,kalau tidak ada oven kamu bisa menjemurnya dalam beberapa hari,untuk penjemurannya lebih baik di alas yang bersih agar benar-benar kering adonannya.
  6. Pakan alternatif siap diberikan pada kelinci.

Nahh,itulah beberapa cara dalam pembuatan pakan alternatif untuk kelinci hias,kelinci pedaging,dan kelinci jenis lainnya. Gunakan cara itu jika dalam kondisi darurat,tidak baik diberikan secara berlebihan. Karena semua yang berlebih itu tidak baik

 Kesimpulan

Ada beberapa jenis pakan kelinci terbaik, bisa sebagai pakan pokok seperti hijauan, pakan tambahan ataupun sebagai makanan alternatif. Beberapa pakan sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Demikian artikel kali ini tentang rumput makanan kelinci yang mudah-mudahan dapat menambah wawasan Anda. Sekian yang dapat saya sampaikan,semoga artikel rumput makanan kelinci ini dapat membantu Anda dalam merawat kelinci. Terima kasih dan sampai jumpa.