Select Page

Hai teman teman, bertemu lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang jenis jenis rumput. Beruntung negara kita adalah negara tropis jadi tanah kita dapat di tumbuhi berbagai macam jenis jenis rumput, seperti rumput jepang, gajah mini, benggala, putri malu, dan lain lain.

Rumput adalah tumbuhan monokotil dengan daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Biasanya sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak. Namun di sisi lain, rumput yang tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga sering disebut sebagai tanaman pengganggu (gulma).

Berbagai macam rumput sangatlah banyak ditemukan di negara kita, mulai dari rumput jepang, gajah, teki, dan lain sebagainya. Akan tetapi jika dikategorikan menurut jenisnya, jenis jenis rumput dibedakan menjadi dua yaitu jenis rumput hias dan jenis rumput liar.

Untuk pengertian sederhananya rumput hias adalah rumput yang biasa digunakan untuk hiasan di taman dan rumput liar adalah rumput biasanya di gunakan untuk pakan hewan ternak.

Jenis Jenis Rumput Hias

 

Jenis rumput hias

Jenis jenis rumput pertama adalah rumput hias yaitu rumput yang sudah biasa kita jumpai di tempat tempat umum seperti sekolah, lapangan, rumah, taman kota, dan masih banyak tempat lainnya. Tanaman ini berfungsi sebagai pelengkap dalam hiasan taman yang berfungsi menambah indah pemandangan menjadi hijau, asri, dan sejuk.

1. Rumput Jepang

Yang satu adalah salah satu jenis jenis rumput yang sudah dikenal sebagai  rumput hias yang yang indah. Tanaman ini sangat populer di masyarakat dan mungkin anda juga menggunakannya untuk mempercantik taman di rumah anda.

Biasanya rumput ini di tanam dengan tujuan untuk menutupi tanah yang kosong tanpa tumbuhan dan juga sebagai penambah keindahan taman agar tampak asri.

Walaupun namanya rumput jepang, tanaman ini bukanlah berasal dari Jepang. Pemberian nama ini di karenakan kebiasan orang indonesia untuk membedakan jenis tanaman berdasarkan ukurannya agar mudah diingat.

Di bandingkan dengan jenis rumput hias lainnya rumput jepang bisa membuat taman menjadi terlihat lebih rapi, selain itu rumput ini sangat baik untuk menyerap genangan air sehingga anda tidak akan menemui genangan air pada taman anda.

Ciri ciri rumput jepang yaitu :

  • memiliki daun yang berwana hijau kecil seperti jarum,
  • tingginya hanya mencapai 3-5 cm,
  • tumbuh bergerombol atau rapat.

Meski tidak memerlukan perawatan yang sulit rumput ini tetap membutuhkan pupuk (urea) yang di berikan tiap dua minggu sekali dan disiram tiap pagi. Karena pertumbuhannya yang lambat jadi tidak perlu sering sering memangkasnya, cukup sebulan sekali.

2. Rumput Peking

Rumput peking adalah tanaman yang tahan terhadap cuaca dingin, nah jika rumah yang anda tempati merupakan daerah yang dingin seperti di Wonosobo. tanaman ini adalah pilihan yang cocok untuk di tanam di taman anda karena rumput ini tahan terhadap cuaca dingin..

Untuk ciri ciri dari rumput peking hampir sama dengan rumput jepang yang membedakan han.

yalah tumbuhnya yang jarang. Biasanya rumput peking akan terlihat menguning bagian bawahnya jika sudah terlalu lebat, hal ini dikarenakan tidak terkena cahaya matahari.

Jadi jika ingin taman anda selalu terlihat indah, anda harus sering sering memangkasnya jika rumput ini sudah mulai tumbuh lebat karena jika tidak warnanya akan berubah menjadi kuning.

3. Rumput Golf

Sesuai dengan namanya dari rumput ini di pakai untuk menutupi tanah yang ada di lapangan golf, akan tetapi dengan seiring dengan berkembangnya zaman sekarang mulai di gunakan untuk hiasan taman di rumah.

Perawatan untuk rumput golf tidaklah mudah, karena memerlukan resapan yang baik berupa tumpukan pasir, ijuk, batu, serta pipa untuk pengairan dari bawah permukaan tanah.

Selain itu, rumput jenis ini juga membutuhkan sinar matahari sebanyak 100%. Sebaiknya rumput golf juga tidak terlalu sering diinjak, karena bisa menyebabkan kerusakan. Dan pemangkasan di lakukan setiap dua minggu sekali.

Jenis Jenis Rumput Golf :

  • Bermuda Grass
  • Bent Grass
  • Zoysia Grass
  • Rye Grass

4. Rumput Swiss

Merupakan jenis rumput yang paling halus dan mahal jika dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Namun, tanaman jenis ini memerlukan cahaya matahari yang penuh, minimal 80% agar tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu rumput swiss jangan sampai lembab, karena jika sampai lembab pertumbuhannya tidak akan maksimal. Agar tetap terlihat indah dan bagus, harus dilakukan pemangkasan minimal sebanyak sebulan sekali.

Tanaman ini sebaiknya tidak diberi pupuk kandang melainkan pupuk urea, karena jika diberi pupuk kandang akan menumbuhkan rumput liar yang menyebabkan rumput swiss mati. Untuk pemberian pupuk bisa dilakukan sebulan sekali secara rutin.

5. Rumput Gajah Mini

Adalah salah satu tanaman yang di tanam di taman. Nama latinnya adalah Pennisettum Purperium Schamach. Tanaman ini adalah varian (versi mini) dari rumput gajah. Sesuai namanya   ukurannya lebih kecil dari tanaman asli biasanya, karena digunakan untuk taman.

Kelebihan rumput gajah mini adalah harganya yang murah, selain itu jenis rumput hias ini tahan lama dan tahan injakan, Jadi tanaman ini sangat cocok untuk di gunakan untuk menghiasi taman yang sering di lewati oleh banyak orang.

Ciri khas dari rumput gajah mini adalah pola alur pertumbuhannya. Daunnya malah tumbuh menyamping tidak ke atas. Tetapi rumput ini juga mempunyai kekurangan, yaitu tekstur daunnya yang kasar dan ukuran daunnya yang cukup besar. Juga pertumbuhannya yang sangat cepat.

Perawatannya harus sering sering memotongnya karena pertumbuhannya yang cepat. Penyiaraman tidak harus sering hanya seminggu sekali.

Jenis Jenis Rumput Gajah Mini :

  • Gajah Mini Biasa
  • Mini varigata
  • Besar

6. Jenis Jenis Rumput Hias : Rumput Kentucky

Bluegrass atau juga di sebut poa pratentis adalah rumput musim dingin yang mempunyai ciri khas warna yang hijau kebiru biruan. Tanaman ini berasal dari Eropa, Asia, Aljazair, dan Maroko.

Meskipun tanaman ini tumbuh di seluruh negara Amerika Serikat yang sejuk dan lembab, rumput ini asli bukan dari Amerika Serikat. Bluegrass cocok untuk taman dan kebun di daerah yang beriklim lembab dan dingin.

Poa pratensis yang termasuk jenis jenis rumput ini memiliki tinggi 30-70 cm, daunnya berbentuk perahu dengan panjang 20 cm dan lebar 3-5 mm.

Jenis Jenis Rumput Liar

 

Jenis rumput liar

 

Yang merupakan jenis rumput yang tumbuhnya di mana saja seperti pekarangan, pinggir jalan, lapangan,dan hutan. Kehadiran tanaman ini biasanya tidak diinginkan oleh para petani karena tanaman ini dapat mengganggu / merusak tanaman di kebun atau ladang mereka.

Walaupun begitu rumput liar sering di manfaatkan para petani sebagai pakan hewan ternak mereka, selain sebagai pakan ternak. Tanaman ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Putri Malu

Putri malu yang memiliki nama latin Mimosa Pudica adalah perdu pendek anggota suku polong polongan yang mudah di kenali karena daunnya jika anda sentuh akan menguncup atau layu dengan sendirinya secara cepat.

Jenis rumput ini memiliki ciri ciri batang yang berduri tajam, jika disentuh maka daunnya menutup, batangnya berwarna merah saat masih muda dan hijau saat tua, daun bagian atas berwarna hijau sedangkan bagian bawah berwarna merah kecoklatan.

Rumput ini dapat tumbuh di daerah yang kering dan berpasir. Putri malu dapat kita jumpai di pinggir sungai, pekarangan rumah, pinggir selokan, dan ladang.

Selain itu putri malu yang termasuk dalam jenis rumput liar ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu menyembuhkan luka penderita diabetes, batuk, luka, hepatitis, kesehatan hati, insomnia, pendarahan, demam, melancarkan saluran kemih, mencegah disentri, bisa ular dan lain lain

 

2. Alang alang

Alang alang atau ilalang (Imperata Cylindrica Raesuch) dikenal dalam bahasa inggris sebagai bladygrass, congograss, speargrass, dan secara umum satin tail. Adalah sejenis rumput berdaun tajam yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian.

Ilalang memiliki ciri daunnya panjang seperti pita, tumbuh tegak dengan tinggi 0.5 – 1.5 m, berbatang padat, beruas, bertunas panjang, dan bersisik dengan pucuknya yang meruncing seperti duri, serta berumur panjang.

Bunga ilalang merupakan bunga majemuk, yaitu dengan letak bulir bunga bersusun. Dibagian atas terdapat bunga sempurna dan bawah adalah bunga mandul. Panjang anak bulir 3-4 mm dan pangkalnya terdapat rambut halus yang panjang dan padat dengan warna putih.

Akar tanaman ilalang adalah akar rimpang yang menjalar,dan berbuku buku, keras dan liat serta berwarna putih. Selain itu meskipun ilalang sering dianggap gulma tanaman liar ini memliki benyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat ilalang bagi kesehatan tubuh adalah mengobati kencing batu, sariawan, hipertensi akibat ginjal, diare, asma.radang paru paru, prostat, mimisan, keputihan,meluruhkan kencing, demam, panas dalam, dan lain lain.

Jenis Jenis Rumput Alang Alang yang Berkerabat :

  • Imperata brasiliensis
  • brevifolia
  • conferta
  • contracta

3. Rumput Mutiara

Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar herba yang termasuk dalam famili Rubiaceae dan di kenal dengan nama daerah rumput siku siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan. Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang lembab, dikebun, halaman rumah, pinggir jalan dan selokan.

Katepan berpenampakan tegak atau condong, sering bercabang mulai dari pangkal batangnya dengan tinggi 0.05 – 0.6 m. Batang rumput ini bersegi empat, gundul atau dengan sisik yang pendek dengan tebal 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai hjau keabu abuan.

Daunnya relatif kecil dengan panjang 2–5 cm, ujungnya runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik kecil sepanjang tepi daun dengan tangkai yang sangat pendek, dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.

Akar tanaman herba ini merupakan akar tunggang dengan garis tengah rata rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang.

Herba dari tanaman ini memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai antidemam, antiradang, antibakteri, diuretik, peluruh demam dan toksin, pelancar peredaran darah, antikanker, antitukak peptik, antidisentri, obat setelah bersalin, obat ganguan pencernaan.

4. Rumput Teki

Teki ladang atau dengan nama latin Cyperus Rotundus L adalah gulma pertanian yang sering di temui di lahan terbuka. Di luar negeri rumput ini dikenal dengan nama nutgrass. Tanaman ini sangat adaptif dan karena itu menjadi gulma yang sulit untuk di kendalikan.

Rumput teki dapat kita jumpai di pekarangan, pinggir jalan, pinggir sungai, ladang, lapangan dan di banyak tempat lainnya. Nutgrass dapat tumbuh di hampir berbagai jenis kondisi tanah dengan ketinggian 1 – 1000 m di atas permukaan laut.

Daun teki berwarna hijau , daunnya sejajar dan bagian tepi rata, berbentuk bangun pita dan jumlah daunnya 4-10 helai. Permukaan daun teki berwarna hijau mengkilap dengan panjang 10-60 cm, dan lebar 2-6 cm. Tinggi teki 10-75 cm dengan batang berbentuk segitiga.

Umbi teki bebentuk kerucut yang besar di pangkalnya, berwarna cokelat, berambut halus kecoklatan, wangi, panjangnya 5-10 cm dengan diameter 5-10 cm, dan berumpun.

Walaupun dianggap sebagai gulma teki punya banyak manfaat bagi kesehatan yaitu antinaymuk, antikejang, penurun panas, obat kencing batu, pembeku darah saat luka, obat ginjalmenurunkan kolesterol, gangguan pencernaan, melancarkan siklus menstruasi, diabetes, dan lain lain.

Jenis Jenis Rumput Golongan Teki :

  • Cyperus difformis L
  • Fimbristylis miliacea
  • Bolboschoenus maritimusCyperus iria L
  • Cyperus rotundus L
  • Fimbristylis dichotoma ( L.) Vahl

5. Sambiloto

Sambiloto (Andrographis Paniculata ) merupakan salah satu rumput liar banyak tumbuh di Indonesia. Di berbagai daerah tamanan ini mempunyai banyak nama yaitu sambilata, ampadu tanah, sambiloto, ki pait, bidara, andiloto, ki oray, dan pepaitan.

Andiloto di duga berasal dari Asia Tropika, penyebarannya dari india meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung malaya, kemudian di temukan di Jawa. Tanaman ini tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 m dari permukaan laut.

Rumput pepaitan tumbuh baik dengan curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat celcius. Sambiloto adalah tanaman perdu yang biasa hidup di sawah, kebun, atau hutan. Akar rumput ini adalah akar tunggang, mempunyai batang berkayu dan bentuknya bulat atau segi empat.

Daunnya adalah daun tunggal dan letaknya saling berhadapan. Bentuknya seperti pedang (lanset) sampai bentuk lidah tombak dengan bagian tepi daun merata dan permukaanya halus. Bunga tanaman ini adalah majemuk dan tumbunya dari ketiak daun.

Tanaman sambiloto dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, malaria, kencing manis, gejala hepatitis, diare, tifoid, radang paru, sakit gigi, diabetes, bronkhitis, menurunkan tekanan darah, tifus, dan lain sebagainya. Sesuai namanya (pepaitan) sambiloto saat di jadikan obat rasanya sangat pahit.

6. Jenis Jenis Rumput Liar : Rumput Gajah

Elephant grass (dalam bahasa inggris) dengan nama ilmiah Pennisetum Purpureum adalah jenis jenis rumput liar yang berukuran besar bernutrisi tinggi yang biasanya sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing, dan gajah, di bahasa Jawa tanaman ini disebut “Kolonjono”.

Batang dari rumput gajah juga bisa di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan fiber serat. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan lebih menyukai tanah basah. Kolonjono banyak di budidayakan di Afrika karena tahan cuaca panas. Di Jawa  banyak di tanam untuk pakan ternak.

Karakteristik dari rumput gajah adalah tumbuh tegak lurus, merumpun lebat, tinggi mencapai 7 m, berbatang tebal dan keras, daun panjang, dan berbunga seperti es lilin. Tanaman ini tumbuh subur di permukaan tanah dengan ketinggian 2000 m di atas permukaan laut.

Kolonjono di budidayakan untuk pakan ternak. Untuk penggemukan sapi dengan diperlukan rumput sebanyak 1,5-0,8 % bahan kering dari bobot sapi yang di gemukkan.

Jadi jika sapinya 200 kg maka rumput segar yang di butuhkan mengandung 21 bahan kering. Yaitu 200 x 0.5 / 100 x 1kg = 1 kg bahan kering atau 4.8 kg rumput gajah segar. Namun karena selalu ada bagian yang tidak dimakan maka di tambah 5% atau menjadi 5.05 kg rumput gajah segar.

Jenis Jenis Rumput Gajah Untuk Pakan Ternak :

  • Gajah Taiwan
  • Afrika
  • Odol

7. Jenis Jenis Rumput Liar : Rumput Benggala

Rumput Benggala (Megathyrsus Maximus) adalah salah satu dari jenis jenis rumput yang biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakan hewan ternak. Tanaman yang biasa di panggil suket londo dalam bahasa jawa ini berasal dari Afrika Tropik.

Suket londo merupakan rumput liar yang kini sudah banyak dibudidayakan karena nilai jualnya sangat tinggi sebagai makanan hewan ternak. Tanaman ini dapat di budidayakan di semua daerah tropis maupun daerah subtropis.

Tinggi dari rumput ini mencapai 2,5 m, akarnya berrimpang dan daunnya memiliki bulu. Bulu yang terdapat pada daun bisa terlihat jarang, lebat, bahkan tidak ada. Bentuk daun benggala lurus lancip dan memita, bunganya berbentuk malai, piramid dengan lebar 45 cm. Benggala tumbuh lurus dan tegak.


Demikian yang dapat saya sampaikan tentang jenis jenis rumput, semoga dengan membaca artikel ini akan menambah ilmu dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.