Select Page

Assalamualaikum. wr. wb. Hay untuk anda yang ingin mengetahui tentang pupuk penyubur rumput gajah mini apa saja yang cocok untuk tanaman rumput gajah mini anda dan juga cara penanaman atau cara perawatannya kalian bisa simak di sini juga.

Mari kita bahas dan belajar menambah ilmu pengetahuan atau wawasan kita tentang pupuk penyubur rumput gajah mini.

Pupuk Penyubur Rumput Gajah Mini

Jika anda mempunyai atau sedang memelihara rumput gajah mini, pasti pemberian pupuk penyubur rumput gajah mini  anda sangat di perlukan untuk pertumbuhannya agar hasil pertumbuhannya  baik dan subur.

Rumput gajah mini sering di sebut juga dengan tanaman ground cover alias penutup tanah, jadi rumput ini ditanam untuk menutupi area taman yang kosong supaya tertutup rapi oleh tanaman.

Rumput gajah mini (Pennisetum Purpureum cv . Mott) adalah salah satu jenis rumput gajah yang baru – baru ini sedang berkembang. Ukurannya lebih kecil dari rumput gajah, membuatnya sering di sebut dengan julukan rumput gajah kerdil. Rumput ini dapat tumbuh pada berbagai macam tanah apa saja, sampai liat alkalis, dan sangat responsif sekali terhadap pemupukan.
Kekurangan secara umum yang di miliki oleh rumput gajah mini ialah cepat menua sehingga kandungan nutrisi cepat sekali menurun, dan boros dalam menghabiskan unsur hara yang ada di dalam tanah .
Oleh karena, itu untuk mengatasi kekurangan yang di miliki oleh rumput gajah mini inii maka dianjurkan untuk dilakukannya penanaman campuran dengan menggunakan legum.dn juga memperhatikan pupuk penyubur gajah mini dengan selektif. Penanaman campuran antara rumput-rumputan dengan legum merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produksi, mutu pertumbuhan dan memperbaiki kesuburan dari tanah.
Rumput gajah sebenarnya berasal dari Afrika tropika, kemudian menyebar luas dan diperkenalkan ke daerah daerah tropika di dunia, dan tumbuh alami di berbagai tempat di seluruh Asia Tenggara yang bercurah hujan melebihi 1.000 mm dan tidak terdapat musim panas yang terlalu panjang.
Dikembangkan terus menerus dengan berbagai silangan sehingga menghasilkan cukup banyak kultivar, terutama di daerah Amerika, Philippine dan India.  Di Indonesia sendiri, rumput gajah merupakan tanaman hijauan utama untuk pakan ternak. Penanaman dan introduksinya dianjurkan oleh banyak pihak.

Definisi Rumputt Gajah Mini

Rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv.Mott) merupakan jenis rumput unggul yang mempunyai produktivitas dan kandungan zat gizi yang sangat tinggi serta memiliki palatabilitas yang saangat tinggi bagi ternak ruminansia. Tanaman ini merupakan salah satu jenis hijauan pakan ternak yang berkualitas dan disukai oleh ternak.
Rumput ini dapat hidup diberbagai tempat, tahan lindungan, respon terhadap pemupukan, serta menghendaki tingkat kesuburan tanah yang cukup tinggi. Rumput gajah mini tumbuh merumpun dengan perakaran serabut yang kompak, dan terus menghasilkan anakan apabila dipangkas secara teratur setiap minggunya. Morfologi rumput gajah mini yang rimbun, bisa mencapai tinggi lebih dari 1 meter sehingga dapat berperan penting sebagai penangkal angin (wind break) terhadap tanaman utama.
Rumput ini secara umum merupakan tanaman tahunan yang berdiri tegak, berakar yang cukup dalam, dan tinggi dengan rimpang yang pendek. Tinggi batang dapat mencapai sekitar 2 – 3 m, dengan diameter batang dapat mencapai lebih dari 3 cm dan terdiri sampai 20 ruas atau buku. Tumbuh berbentuk rumpun dengan lebar rumpun hingga mencapai 1 meter. Pelepah daunnya gundul hingga berbulu pendek, helai daunnya bergaris dengan dasar yang lebar, dan ujungnya runcing.
Rumput gajah mini biasanya dibudidayakan dengan potongan batang (stek) atau sobekan rumpun (pols) sebagai bibit. Bahan stek berasal dari batang yang sehat dan sudah tua, dengan panjang stek sekitar 20 – 25 cm ( 2 – 3 ruas atau paling sedikit 2 buku atau mata ).
Waktu yang tepat untuk memotong tanaman yang akan dibuat silase adalah pada fase vegetatif, sebelum pembentukan bunga ( Reksohadiprodjo, 1994 dan Regan, 1997 ). Fase pertumbuhan tanaman pada waktu pembuatan silase besar ini berpengaruh sekali pada kecernaan dan komposisi kimia silase .

Untuk perawatannya pun di perlukan pupuk penyubur rumput gajah mini agar pertumbuhannya baik. Saya sarankan sebelum menanamnya, tanah yang masih kosong itu sebaiknya di pupuk tipis – tipis terlebih dahulu.

Cara Perawatan Rumput Gajah Mini

  • Rutin Menyirami Rumput. Pemahaman yang beredar secara awam adalah penanaman rumput yang di pekarangan tidak perlu penyiraman secara rutin, karena ia akan tumbuh dengan sendirinya. Padahal, jika tidak disirami secara rutin maka rumput bisa mengering lalu mati. Tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan ?
  • Gunakan Pupuk penyubur gajah mini yang Alami pada Awal Penanaman. Pada awal penanaman, dianjurkan untuk menggunakan pupuk alami contohnya seperti pupuk kandang atau pupuk kompos, tidak baik jika terlalu banyak menggunakan pupuk kimiawi. Hal ini karena kondisi tanah lebih mudah menyerap zat hara yang terdapat pada pupuk alami. Setelah beberapa minggu, barulah bisa menggunakan pupuk urea. pupuk penyubur rumput gajah mini
  • Tidak Menimpa Rumput Lama. Pemilik rumah biasanya tak mau ambil pusing jika rumput di pekarangan rumah mereka mengering lalu mati. Cukup membeli rumput baru, dan langsung ditimpa di rumput yang sudah mati tersebut. Padahal, perbuatan ini dapat menyebabkan lapisan rumput baru tidak mau menempel pada tanah, serta akarnya pun tidak  bisa merekat dengan erat. pupuk penyubur rumput gajah mini Baiknya, ketika sebuah lapisan rumput di pekarangan sudah mengering lalu mati, kupaslah terlebih dahulu lapisan rumput yang sudah mati tersebut, gemburkan tanah yang telah dikupas tadi, lalu lapisi dengan rumput yang baru. Atau, lapisi rumput yang telah mati dengan lapisan tanah yang gembur hingga tertutup rata semuanya, baru dilapisi rumput yang baru.
  • Satu Area, Satu Jenis Rumput. Ada kalanya, karena menginginkan pekarangan rumah yang terlihat lebihbaik dan menarik, rumput yang ditanam berasal dari jenis yang berbeda-beda. contohnya :  Rumput gajah mini, rumput jepang, dan rumput gajah dicampur menjadi satu.

Tak lupa pula, rerumputan liar yang tumbuh di sudut – sudut tertentu. Padahal seharusnya pada pekarangan tidaklah diperlakukan demikian. Agar pekarangan tetap menjadi area yang hijau dan segar, baiknya tanamlah satu jenis rumput saja yang ditanam di area pekarangan.

Cara Memupuk Rumput Pada Halaman

1.Kenali jenis rumput peliharaan Anda.

Jenis rumput akan menentukan jenis pupuk yang akann digunakan, dan berapa sering Anda akan perlu melakukan pemupukan. Beberapa wilayah yang sesuai untuk pertumbuhan rumput jenis warm season grass  yang tahan dengan sedikit air dan cuaca panas. Sementara, wilayah lain cocok untuk jenis rumput cool season grasses yang tahan musim dingin ataupun panas ekstrem. Jika Anda tidak mengetahui jenis rumput di halaman Anda, bertanyalah pada tetangga yang memiliki jenis rumput sama dengan kita, atau cabutlah sedikit rumput tersebut dan tanyakan ke tetangga terdekat yang mengetahuinya.

  • Termasuk rumput yang jenis warm season grass, antara lain adalah St. Augustine, Bahia, Carpetgrass, Centipede, Bermuda, dan Buffalo. Di wilayah Amerika Serikat, misalnya, jenis ini terutama tumbuh di bagian yang selatan. Rumput jenis ini berubah warna cokelat pada musim gugur setelah embun beku pertama setiap tahun.
  • Termasuk rumput jenis cool season grasses, antara lain Fine Fescue, Bluegrass, Bentgrass, dan juga Ryegrass. Di wilayah Amerika Serikat, jenis ini terutama tumbuh di bagian yang utara. Jenis rumput ini tetap hijau sepanjang tahunnya.
  • Baik jenis warm season grass maupun cool season grass dapat tumbuh di wilayah bagian tengah Amerika Serikat.

2.Lakukan pengujian pH pada tanah.

Pengukuran tingkat kebasaan ataupun keasaman pada tanah akan membantu menentukan pH pupuk yang harus Anda siapkan. Anda dapat membeli alat pengukur pH pada tanah di toko perlengkapan pertamanan ataupun secara daring atau online. Ikutilah petunjuk untuk menentukan ukuran pH pada tanah. Jika tanah memiliki tingkat keasaman atau kebasaan yang cukup tinggi, Anda memerlukan jenis pupuk yang akan menyeimbangkan pH pada tanah yang sesuai untuk pertumbuhan rumput yang optimal.

3.Ukur luas halaman rumput.

Anda perlu mengetahui berapa ukuran luas pada halaman rumput Anda untuk menentukan jumlah pupuk yang harus disiapkan. Kalikan ukuran panjang dan lebar halaman untuk mengetahui berapa luasnya dalam satuan meter persegi. Pastikan Anda mengurangi luasan area yang tidak perlu untuk dipupuk, seperti rumah dan area lansekap tertentu.
Belilah pupuk. Setelah Anda mengetahui jenis rumput anda, pH tanah, dan ukuran luas halaman pilihlah jenis pupuk yang sesuai dengan kebutuhan rumput yang berada pada halaman Anda. Ada beragam jenis pupuk yang bisa anda pilih, dan sebaiknya Anda perlu melakukan riset kecil sebelum memilihnya.  Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan, sebaiknya Anda berkonsultasi atau meminta bantuan dari pengelola toko pertamanan. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pikirkan:
  • Anda dapat membeli pupuk yang bentuknya dapat berbentuk cair ataupun butiran. Pupuk cair dapat bekerja dengan cepat, namun juga terserap dengan cepat sehingga perlu dilakukanbya pemupukan ulang setiap beberapa minggu sesekali. Sementara, pupuk berbentuk butiran yang disebarkan di halaman akan diserap lebih lambat lagi.
  • Pilihlah pupuk berbentuk butiran yang bereaksi cepat atau pun yang bereaksi lambat. Pupuk yang bereaksi lambat hanya perlu ditaburkan satu atau dua kali saja dalam musim pertumbuhan rumput.
  • Pilihlah antara pupuk kimia atau pupuk organik. Anda bisa menggunakan pupuk yang juga bisa mematikan rumput liar. Namun penggunaan pupuk organik relatif lebih baik untuk kesehatan pada rumput Anda dalam jangka waktu panjang.

1.Sediakan peralatan yang memadai.

Peralatan yang akan Anda gunakan akan memberikan hasil yang cukup berbeda pada kegiatan pemupukan rumput tersebut. Jika Anda memiliki halaman rumput yang cukup luas, sebaiknya Anda menyewa peralatan yang dirancang untuk me
nyebarkan pupuk secara merata ke seluruh halaman Anda itu.
  • Pilihlah alat penyebar pupuk dengan sistem putaran (rotary spreader) untuk halaman yang  cukup luas.
  • Pilihlah alat penyebar pupuk dengan sistem dijatuhkannya (drop spreader) untuk halaman yang kecil atau pada rumput yang memerlukan pemupukan dengan cara saksama, misalnya rerumputan yang berada di sekitar bedeng bunga atau pun lansekap. pupuk penyubur rumput gajah mini

2.Lakukan pemupukan pada waktu yang tepat.

Agar pemupukan memberikan hasil yang terbaik, maka sebaiknya Anda lakukan pada awal musim pertumbuhannya. Meski demikian, setiap jenis rumput memberikan reaksi yang berbeda – beda.
  • Pupuklah rumput jenis warm season grass ini ketika mulai berwarna hijau, yaitu pada saat awal musim semi. Lakukan pemupukan lagi di saat periode terpanas musim panas yang telah berlalu.
  • Pupuklah rumput jenis cool season grasses ketika sedang panas matahari musim panas sudah berlalu, karena masa pertumbuhannya terjadi pada awal musim gugur saja. Untuk itu Anda dapat menggunakan pupuk yang akan melindungi rumput selama musim gugur dan jugaa musim dingin, yang diberikan saat menjelang akhir musim panas. Lakukan lagi pemupukan itu pada awal sebelum musim semi, pastikan pupuk diberikan tepat waktu sebelum panas ekstrem.

3.Siapkan alat penyebar pupuk (spreader).

Buka – tutup spreader Anda saat pada keadaan yang kosong untuk memastikan alat tersebut  dapat bekerja dengan baik. Isilah spreader dengan pupuk yang sesuai dengan waktu pemupukan dan kebutuhan pada rumput anda. Baca petunjuk pada kemasan untuk mengetahui jumlah yang telah direkomendasikan. Sesuaikan pengesetan speader agar bisa menyebarkan pupuk sesuai dengan dosis yang direkomendasikan tersebut. Anda bisa memakai mesin pencacah rumput agar rumput menjadi lebih lembut.

4.Mulai melakukan pemupukan.

Pilihlah suatu lokasi di halaman untuk memulai dan mengaktifkan spreader. Berjalanlah dengan kecepatan yang normal sementara spreader menyebarkan pupuk. Lakukan sekonstan mungkin tanpa harus berhenti, memperlambat atau mempercepat langkah ataupun mematikan spreader.
  • Taburkan pupuk ke seluruh halaman ddengan secara merata. Berhati – hatilah,  jangan sampai tumpang tindih atau justru ada sedikit area yang terlewati.
  • Pastikan Anda tidak menaburkan pupuk terlalu banyak ke rumput. Jika Anda tidak berhati – hati, maka halaman rumput Anda akan bisa saja ‘ terbakar ’ oleh bahan kimia.
  • Bersihkan spreader setelah Anda selesai melakukan penyebaran pupuk tadi. Semprotkan ke bagian dalam dan juga luarnya menggunakan selang berpenyemprot.

5.Siramilah halaman rumput Anda.

Penyiraman membantu tanah menyerap pupuk dengan baik sehingga rumput akan dapat mulai mendapatkan manfaat pemupukan.
Peringatan
  • Berhati – hatilah ketika memilih lokasi untuk membersihkan spreader yang akan Anda gunakan. Anda tentu tidak ingin mencuci kelebihan pupuk di atas halaman rumput anda. Pilihlah jalan kendaraan, zona yang dilapis batuan, beton atau pun  perkerasan lain sebagai area untuk melakukan pencucian spreader tersebut.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Penyebar pupuk (spreader)
  • Pupuk
  • Selang air atau penyemprot
  • Air

Pupuk Penyubur Rumput Gajah Mini

GDM adalah Pupuk Bio Organik Cair yang di hasilkan oleh bahan – bahan organik dan juga bakteri yang diperlukan oleh tanaman pangan, sayuran, buah termasuk tanaman perkebunan ( misal kelapa sawit )

Bahan-bahan GDM :

GDM terbuat dari bahan – bahan alami dari alam dan diproses melalui teknologi proses bioteknologi ramah lingkungan daeraahnya. Selain itu GDM juga mempunyai keunggulan dimana bakteri yang digunakan di dalam proses pembuatan GDM adalah bakteri hasil penemuan seorang professor dari China yang sudah melewati penelitian selama bertahun – tahun lamanya. Anda bisa menggunakan mesin pencacah rumput untuk pakan ternak.

Demikian artikel yang daapat saya tulis dan saya ulas tentang pupuk penyubur rumput gajah mini yang dapat membantu pertumbuhannya agar tumbuh dengan subur. Terimakasih untuk anda yang sudah menyempatkan diri untuk menyimak artikel ini yang beriii tentang cara merawat dan mengenai beberapa penjelasan tentang pupuk penyuburan gajah mini , semoga bermanfaat. wassalamualaikum.wr.wb.

× Whatsapp Kami!