Select Page

Assalamualaikum.wr.wb.- Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membasmi rumput liar dengan baik maka kalian harus simak artikel di bawah ini sampai selesai ya.

Rumput liar adalah salah satu jenis rumput yang tidak mempunyai nilai manfaat satu pun atau bisa juga di sebut sebagai rumput yang  kehadirannya hanya dapat mengganggu pertumbuhan tumbuhan lain yang bermanfaat, atau tumbuhan yang dikarenakan kehadirannya dapat membuat pemandangan menjadi tidak indah lagi.

Rumput liar biasanya sering tumbuh secara alami dan dapat dibasmi dengan berbagai macam cara. Salah satu cara pembasmian rumput liar yaitu dengan cara penyemprotan bahan kimia berupa larutan kimia bernama Roundup.

Rumput liar juga perlu di basmi agar tumbuhan peliharaan anda tumbuh dengan baik. Selain dengan membasmi rumput liar, tanaman peliharaan juga membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya. Mari kita bia simak kegunaan cahaya matahari bagi pertumbuhan  tanama

Cara Membasmi Rumput Liar

Pembasmian rumput liar pada lahan yang di tanami sangat di perlukan agar tumbuhan yang anda pelihara tidak terganggu pertumbuhannya sehingga bertumbuh dengan baik dan bagus. Sebaiknya kita lakukan cara cara membasmi rumput liar secara rutin agar hasilnya maksimal.

Sebenarnya banyak sekali cara membasmi rumput liar, dari yang menggunakan bahan – bahan yang muda di dapatkan maupun bahan – bahan yang sulit untuk di dapatkan.

Akan tetapi di sini saya akan mengulas tentang cara membasmi rumput liar yang caranya cukup mudah dan bahan – bahannya cukup mudah di dapatkan di lingkungan anda.

Ada beberapa cara membasmi rumput liar, yaitu :

1.Cara Membasmi Rumput Liar Dengan Menggunakan Roundup

Roundup adalah herbisida purna tumbuh dengan bahan aktif glifosat yang diproduksi dengan Teknologi Biosorb serta menggunakan surfaktan yang dipatenkan. 3 kali lebih banyak dan lebih cepat masuk kedalam gulma hingga tahan hujan sekitar 1-2 jam setelah semprot.

Usahakan jangan terlalu banyak menggunakan bahan ini, jangan sampai terkena tanaman yang anda pelihara karena jika sampai terkena maka tanaman peliharaan yang terkena Roundup tersebut akan mati.

Gunakan roundup se cukupnya saja untuk membasmi rumput – rumput liar itu agar tidak berlenihan dan mengenai tanaaman peliharaan anda yang jika terkena akan mati juga.

Kunggulan

  • Diserap dan ditranslokasikan ke jaringan gulma tiga kali lebih cepat dan lebih banyak lagi sehingga daya brantas lebih unggul dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Jenis gulma yang dapat dikendalikan lebih banyak, sekalipun gulma yang bandel.
  • Tahan hujan sekitar 1 – 2 jam setelah aplikasi. Ini akan menghilangkan kekhawatiran akan penyemprotan ulang dan resiko karena terkena hujan.
  • Lebih fleksibel pada kondisi lapangan
  • Formulasi menggunakan bahan teknologi Biosorb yang sudah dipatenkan dan tidak bisa ditiru oleh kompetitor lain.
  • Konsisten dalam mutu tinggi
  • Tidak perlu menambahkan bahan surfaktan yang lainnya lagi.

Untuk melakukan cara – cara membasmi rumput liar, Pertama – tama kita harus melakukan persiapan yang matang. Persiapan yang matang ini akan berpengaruh pada hasil yang optimal seperti yang kita inginkan.

Alat dan Bahan Untuk Melakukan Cara – Cara Membasmi Rumput Liar

  • Roundup seukupnya
  • Air secukupnya
  • Botol semprotan 1 pcs saja
  • Corong 1 pcs saja

Selanjutnya setelah kita menyiapkan alat dan bahan, kita juga harus mempersiapkan bahan dan alat untuk kelengkapan keselamatan bekerja, seperti :

    • Penutup rambut: Berfungsi melindungi rambut agar tidak terkena kontak langsung dengan roundup
    • Kaca mata: Berfungsi melindungi mata agar tidak ter kontak langsung dengan roundup
    • Masker: Berfungsi untuk mencegah terhirupnya roundup ke pernapasan
    • Sarung tangan: Berfungsi untuk melindungi tangan agar tidak terkena kontak langsung dengan roundup
    •  Safety boots: Berfungsi melindungi kaki agar tidak terkena kontak langsung dengan roundup

Jika persiapan – persiapan di atas sudah memenuhi syarat, maka selanjutnya yaitu tinggal melakukan langkah – langkah membasmi rumput liar yang berada di pekarangan rumah atau tempat lain yang terganggu olehnya.

Langkah – langkah

  1. Pertama – tama siapkan semua alat dan bahan seperti botol semprot, corong, roundup, dan air. Pastikan botol semprot dapat bekerja sesuai kegunaannya, dikarenakan apabila botol semprot dalam keadaan rusak atau bocor maka penyemprotan tidak akan tercapai optimal dan juga akan membuat volume pemakaian roundup lebih tinggi.
  2. Tuang roundup secukupnya saja kedalam botol semprot yang sudah di sediakan secara perlahan-lahan, agar tidak terjadi tumpah maka gunakan corong sebagai alat bantu dalam menuang roundup kedalam botol semprot tadi.
  3. Encerkan roundup dengan air didalam botol semprot dengan cara tuangkan air kedalam botol semprot yang sudah terisi roundup tersebut.
  4. Setelah encer, tutup botol semprot dengan rapat, pastikan tertutup rapat sehingga tidak membuat larutan keluar melalui celah penutup saat proses penyemprotan berlangsung.
  5. Kocok larutan yang ada didalam botol semprot tersebut untuk memastikan larutan roundup telah tercampur rata dengan air
  6. Gunakan larutan roundup yang telah dibuat tadi untuk di semprotkan ke seluruh rumput liar yang ada dipekarangan rumah. Pastikan seluruh rumput terkena rata oleh semprotan agar tidak ada rumput yang keliwatan.

2. Cara Membasmi Rumput Liar Dengan Menggunakan Cuka

Cuka adalah salah satu zat yang sangat asam karena memiliki banyak mengandung asam asetat yang dapat digunakan untuk membunuh gulma. Asam cuka merupakan salah satu zat yang dapat membunuh rumput. Idealnya, pakailah cuka putih karena paling disarankan dan harganya cukup terjangkau. Namun, Anda juga bisa memakai cuka apel sider sebagai penggantinya.

Alat dan Bahan

  • Cuka putih secukupnya
  • Sabun cuci secukupnya
  • Sendok teh
  • Botol Penyemprot tanaman

Setelah bahan dan alatnya sudah di siapkan semuanya, maka tahap selanjutnya adalah melakukan langkah atau cara membasmi rumput liar tersebut.

Langkah – langkah

  1. Siapkan alat dan bahan yang sudah di sediakan tadi Mungkin sebaiknya Anda hanya membeli sebanyak satu galon saja jika rumputnya hanya sedikit. Anda bisa membeli lebih banyak apabila rumput yang dibasmi lebih banyak, tetapi satu galon seharusnya sudah cukup untuk mencakup area yang besar besar)
  2. Campurkan cuka dengan 2 sendok teh sabun cuci dengan rata. Sabun cuci akan membantu cuka untuk menempel lebih lama pada rumput. Sebaiknya Anda menambahkan 2 sendok teh sabun cuci saja per 4 liter cuka. Aduk keduanya di dalam mangkuk atau ember hingga rata.
  3. Tuangkan campuran cuka dengan sabun cuci tadi ke dalam botol semprotan tanaman yang kosong. Pilihlah pompa penyemprot dengan slang panjang untuk mempermudah penyemprotan area besar. Isi penyemprot dengan campuran cuka dan sabun cuci piring tadi, lalu masukkan ke penyemprot sesuai dengan kebutuhan.
  4. Semprotkan larutan cuka pada saat hari yang cerah pada pagi atau siang hari. Asam asetik dalam cuka dapat mengeringkan rerumputan sehingga semprotkan cuka ketika rumput mendapatkan sinar matahari setidaknya selama beberapa jam untuk meningkatkan daya kering cuka. Semprotkan di pagi hari hingga rumput bisa mendapatkan banyak cahaya sinar matahari.
    • Apabila hujan turun tanpa di duga tidak lama setelah menyemprotkan cuka, kemungkinan Anda harus melakukannya kembali.
    • Dalam kasus ini, suhu cuaca bagus yang ideal adalah sekitar 21 derajat Celsius.
  5. Semprotkan secara merata larutan cuka tersebut secara langsng. Semprotkan cairan ke tumbuhan liar yang ingin anda basmi
  6. tapi jangan smpaai mengenai tanaman peliharaan anda karena  dapat mengakibatkan kematian bagi tumbuhan peliharaan anda.
  7. Usahakan larutan cukanyaa jangan sampai mengenai tanaman peliharaan anda
  8. Jika sudah selesai bersihkan botol penyemprot tanaman yang habis di pakai tadi agar bersih

3. Cara Membasmi Rumput Liar Dengan Menggunakan Herbisida Kimia

  1. Identifikasikan dan cari herbisida untuk rumput liar di halaman rumah Anda.
  2. Aplikasikan herbisida dengan wadah atau botol semprot yang sudah di sediakan.
  3. Tangani semua bagian halaman yang di tumbuhi oleh tumbuhan liar dan basmi rumput-rumput liar yang tumbuh di sekeliling halaman anda.
  4. Pasang penyemprot pada selang kebun jika Anda memiliki halaman berumput yang di luar kendali atau tidak diperhatikan dalam waktu yang cukup lama.

4. Cara Membasmi Rumput Liar Denga Menggunakan Garam

Lakukan cara ini jika Anda hanya ingin membasmi rumput liar di tempat yang tidak akan ditanami tanaman apa pun dalam beberapa tahun, mungkin di sekitar batu pijakan atau celah-celah hamparan paving atau di halaman, patio, dll. Garam dapat mematikan rumput liar dan terserap ke dalam tanah sehingga menghalangi pertumbuhan semua jenis tanaman. Maka dari itu saya sarankan jangan mengasih larutan garam kepada lahan tanah yang masih mau di tanami tanaman, agar tanaman yang anda tanam tidak terhambat pertumbuhannya.

Langkah – langkah

  1. Larutkan 1/2 cangkir (120 ml) garam ke dalam air panas atau air yang sedikit hangat untuk mengisi botol semprot Anda. Garam jenis apa saja biasanya dapat digunakan. Beberapa orang biasanya menggunakan garam meja biasa, dan beberapa orang lain menyarankan penggunaan garam batu ( garam yang berasal dari pegunungan ).
  2. Gunakan garam kering. Alih – alih melarutkan garam dalam air, siramlah rumput liar dengan air campuran garam secara bersamaan. Siram rumput liar dengan air hingga basah semua, taburkan garam sedikit demi sedikit, dan kemudian basahi lagi rumput tersebut dengan air.

5. Cara Membasmi Rumput Liar Menggunakan Air Mendidih

Air mendidih juga bisa berguna untuk membasmi rumput liar dengan mudah, caranya hanya baasahi area rumput liar dengan air yang sudah di didihkan hinggaa mendidih menggunakan wadah panci besar jika di dekatnya tidak ada tanaman lain yang tidak ingin Anda basmi.

Untuk membasmi semua rumput liar tersebut mungkin Anda harus mengulangi penyiraman hingga beberapa kali selama beberapa hari secara rutin agar misi pembasmian rumput liarnya berhasil.

6.Cara Membasmi Rumput Liar Menggunakan Rebusan Telur Dalam Air

Dengan menggunakan air rebusan telur, kita dapat membasmi rumput liar dengan mudah dan bahannya pun mudah di dapatkan. Beberapa orang telah menemukan penemuan bahwa air bekas rebusan telur bisa membunuh rumput liar lebih cepat daripada air biasanya.

Caranya mudah yaitu rebus telur keetika sudah mendidih ambil telurnya lalu tuangkan air bekas rebusan telur tersebut ke permukaan rumput liar yang akan anda basmi tersebut ke atas permukaan rumput liar dengan segera setelah Anda mengeluarkan telur dari air. Lakukan itu secara merata pada rumput liar dan juga dengan rutin setiap hari agar b.

7.Cara Membasmi Rumput Liar Dengan Cara Megebuang

Di dalam pertanian di daerah Bali, ada beberapa bahasa yang khas dalam penyebutan kegiatannya seperti yang dilakukan oleh Pekak Agus ini yaitu “Megebuang”. Megebuang merupakan kata dimana jika di praktekan berarti membersihkan rumput liar di sekitar tanaman pertanian.

Kata ini sudah dikenal para petani Bali dan biasa dilakukan oleh para petani jika melakukan pembersihan sekitar tanaman yang dimana alat yang biasa digunakan adalah cangkul dan juga sabit. Pekak Agus yang berasal dari Banjar Kauripan sudah bertani dari kecil dan hal ini beliau lakukan setiap kali tanaman yang ditanamnya di tumbuhi parasit contohnya seperti rumput liar.

8. Cara Membuat Racun Rumput Racikan Dari Pengalaman Petani

Memperbanyak herbisida sendiri Pada musim hujan para petani sering sekali kewalahan dalam mengatasi gulma(rumput liar), Karena gulma sangat menganggu tanaman peliharaan, sehinga petani mengunakan herbisida untuk mengatasi gulma.
Tetapi sekarang harga herbisida cukup tinggi, membuat petani jadi tambah keberatan biaya untuk tanamnya. Untuk petani harus bisa mengakalinya itu. Berikut ini akan saya uraikan bagaimana cara membuat herbisida sendiri, sehingga biaya produksi bisa di turunkan lagi. Tetapi keampuahanya masih sama dengan herbisida yang masih asli. Anda juga bisa menggunakan alat potong rumput untuk memotong rumput dengan mudah.

Bahan bahan

1. 1 liter herbisida bermerk gramazon atau rundap
2. 2 liter air kelapa
3. 60 gram derterjen merk apa saja
4. 25 butir ragi tape
5. 1/2 kg pupuk za

Cara membuat

1. Ambil ember atau wadah apa saja untuk wadah mencampur
2. Masukan air kelapa dalam ember
3. Masukan ragi dan pupuk zat lalu aduk sampai tercampur rata
4. Masukan juga detergen sambil diaduk terus
5. Terakhir masukan herbisida sambil di aduk terus
6. Bila sudah tercampur rata trus langsung dimasukan ke dalam botol dan siap digunakan Dengan catatan: tidak boleh di campur dua merk herbisida jadi satu Cara mengunakanya sama seperti pemakaian herbisida biasanya.
Tips cara membuat pestisida organik sendiri Ini pengalamanku dalam membuat pestisida organik sendiri di rumah. Berawal dari harga pupuk dan pestisida yang semakin hari semakin mahal, membuat kami sekelompok petani merasa berat dan penat mengadakan modal untuk berusaha tani ini.
 
Nah, akhirnya dengan kondisi yang “kepepet” itulah kita mencoba membuat pestisida organik sendiri. Bahan-bahan untuk membuat pestisida ini kami cari dari bahan-bahan yang murah dan mudah kami temukan di lingkungan kami.
Bahan-bahan tersebut adalah :
1. kulit jengkol
2. umbi gadung
3. akar tuba
4. daun pepaya
5. daun sengon
6. umbi temu ireng
7. daun mindri

 Langkah pembuatan 

1. semua bahan-bahan diatas masing-masing berjumlah sekitar 1 – 2 kg kemudian ditumbuk sedikit demi sedikit dan kemudian dicampur.
2. setelah ditumbuk hingga cukup halus, kemudian dicampur dengan air bersih kira-kira 5 liter. Ada juga yang menyarankan agar campuran ini kemudian ditambahi 1 sdm rinso atau sabun detergen lain (tapi saya tidak melakukan hal ini).
3. campuran diatas kemudian diperam dalam sebuah wadah yang cukup tertutup kira-kira 2 – 3 hari sehingga proses fermentasi berlangsung sempurna.
4. setelah 2-3 hari berlalu, jadilah biang obat. Kemudian peras lalu saring. Biang obat sudah jadi.
5. untuk mengaplikasikan : campurkan 1 liter biang obat kedalam 4-5 liter air yang bersih, kemudian semprotkan ke tanaman yang terkena hama , pestisida organik ini efektif untuk mengusir belalang, semut, ulat dan serangga-serangga kecil lain. Untuk aplikasi yang cukup efektif, penyemprotan bisa dilakukan sekitar 3 hari sekali. Pada waktu musim hujan, sewaktu mencampur obat bisa ditambahkan sedikit perekat. pestisida organik ini menurut saya juga sekaligus di gunakan sebagai pupuk organik cair.

Demikian atikel yang dapat saya tulis tentang bagaimana cara membasmi rumput liar dengan mudah dan bahannya mudah untuk di dapatkan di sekeliling anda. jadi bagi kalian yang ingin membasmi rumput – rumput liar yang sekiranya mengganggu tanaman lainny anda bisa melakukan cara – cara di atas sesuai prosedur. Dan jika anda ingin menghaluskan rumput anda bisa memakai mesin pencacah rumput agar rumput terpotong halus sempurna.

× Whatsapp Kami!