Cara Menanam Rumput Gajah yang Baik dan Benar

Bagaimana cara menanam rumput gajah yang benar? Rumput gajah atau Pennisetum purpurium sering dijadikan utuk hijauan sebagai pakan ternak dari jenis rumput-rumputan.

Rumput ini ukurannya cukup besar dan mengandung nutrisi sangat tinggi. Kelebihan rumput ini adalah tingkat produktivitasnya yang tinggi, tahan terhadap panas sehingga tidak mudah layu

Rumput gajah bisa tumbuh dengan tegak lurus. Tinggi maksimal rumputĀ  dapat mencapai 6 m. Batangnya tebal dan keras, daunnya panjang, dan bentuk dari bunganya hampir mirip es lilin.

Kandungan gizi yang tersimpan di rumput gajah antara lain 33.2% serat kasar, 19.7% bahan kering, 10.3% protein kasar, 11.5% abu, dan 1.7% lemak.

Tanaman rumput gajah termasuk tumbuhan yang sangat mudah ditanam karena bisa bertahan hidup di mana saja, termasuk lingkungan yang tandus sekalipun. Tidak ada persyaratan khusus dari lahan yang ideal untuk ditanami dengan tumbuhan ini. Yang terpenting ialah lahan bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh paling tidak sebanyak 40 persen. Beberapa varietas rumput gajah yang biasa dibudidayakan oleh petani yaitu afrika, taiwan, hawai, lampung dan king grass, serta capricorn.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara untuk menanam rumput gajah . Cara penanaman rumput ini jelas sangat berbeda dari cara menanam rumput Jepang. Cara menanam rumput gajah dari ini dapat di bilang sangat mudah baik untuk pemula maupun yang sudah mahir menanam rumput ini dan ingin mencoba cara lain.

Nilai Unggul Dari Rumput Gajah ini memiliki daya tarik yang berbeda bagi para penanamnya. Salah satu nya yaitu efek asri dari rumput cantik ini. Selain itu rumput gajah mempunyai bentuk daun yang bagus sehingga Anda tidak akan kerepotan dan tidak memakan waktu banyak untuk merawatnya.

Hal Yang Di Perhatikan Sebelum Penanaman :

1. Persiapkan Dulu Lahan Sebagai Media Menanam

Lahan yang baik untuk menanam rumput gajah adalah tanah yang tidak tandus maupun gersang. Jika Anda punya tanam yang tandus dan gersang sirami dulu lahan yang ingin dipakai.

Cara ini bertujuan agar tanah memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput gajah setelah masa tanam. Setelah mendapatkan media tanam yang sudah cocok tadi maka selanjutnya lakukan penggemburan dengan cara mencangkul.

Efektifnya penggemburan tanah dapat di lakukan sedalam 6 sampai 10 cm dan jangan lupa ratakan kembali jika sudah selesai di lakukan penggemburan.

Namun jika Anda tidak mempunyai cukup luas lahan sebagai media tanam rumput gajah, Anda bisa menanam rumput ini dengan cara mengurungnya terlebih dahulu dengan tanah yang Anda ambil dari pekarangan atau kebun rumah Anda.

Atau Anda juga dapat membeli tanah yang khusus untuk di gunakan menanam tanaman, salah satunya tanah merah ataupun tanah latosol.

2. Proses Cara Menanam Rumput Gajah

Sesudah mendapatkan media tanam yang sesuai maka kita akan lanjut ke proses penanaman. Proses penanaman rumput gajah baiknya Anda lakukan disaat musim penghujan, mengingat rumput gajah yang membutuhkan banyak air waktu masa pertumbuhan setelah masa tanam.

Untuk bibitnya Anda bisa membeli rumput terlebih dulul seharga Rp13.000,-.Lakukanlah penanaman ketika musim penghujan. Ini bertujuan supaya rumput gajah mini mendapatkan suplay air yang banyak, karena rumput ini merupakan tanaman yang sangat membutuhkan air.

Jangan menanam rumput ini di tanah yang tandus atau gersang. Namun kalau Anda hanya mempunyai tanah tandus dan gersang Anda dapat menyiasatinya dengan menyebarkan pupuk terlebih dulu dan diamkan selama 1 minggu.

Hal ini bertujuan agar tanah mempunyai cukup nutrisi untuk menjaga pertumbuhan rumput gajah. Setelah itu baru gemburkan tanah yang ingin dipakai.

Pastikan rumput mendapatkan cahaya matahari yang cukup tetapi tidak terlalu lebih. Hal ini bertujuan agar daun rumput gajah tumbuh banyak kesamping dan menjuntai ke bawah. Kalau rumput gajah kurang mendapatkan cahaya maka daun akan tumbuh ke atas

Cara Menanam Rumput Gajah :

  1. Potong bibit rumput gajah menjadi bagian yang lebih kecil. Lakukan pemotongan hingga akar tidak terlihat dan tertutup oleh tanah.
  2. Untuk teknik penanaman rumput gajah, Anda bisa menanam rumput gajah dengan cara zig zag agar mendapatkan hasil yang sempurna.
  3. Lakukan pemukulan secara pelan ke tanah agar jaringan tanah dan akar akan menjadi lebih kuat. Pemukulan ini di lakukan sampai akar benar-benar menempel di tanah.Pakailah balok kayu untuk meratakan bagian rumput gajah.
  4. Setelah rata Anda bisa mengangkat balok kayu tersebut.Setelah semua proses yang ada di atas, langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menancapkan rumput gajah mini ke tanah.Cara ini di lakukan dengan cara menancapkan bagian perakaran ketah rumput gajah mini agar akar bisa terikat erat dengan tanah.
  5. Jarak tanam rumput gajah bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Dan untuk menjaga supaya posisi bibit rumput gajah tidak bergeser maka kurungi sedikit sela-sela tanaman dengan tanah.

3. Cara Merawat Rumput Gajah Mini

Proses selanjutnya adalah merawat bibit rumput gajah yang sudah di tanam. Pertama kali berikan pupuk NPK ke tanaman rumput gajah setelah 2 minggu masa tanam.

Tujuan di berikan pupuk ini supaya merangsang ke jaringan tumbuh rumput gajah sehingga Anda mendapatkan hasil yang bagus.

Selain memberikan pupuk, imbangi dengan penyiraman yang teratur pagi hari dan sore hari. Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi, bahwa rumput gajah adalah tanaman yang sangat berketergantungan pada air.

Jika di perlukan pasang pagar sementara selama masa pertumbuhan rumput gajah, ini bertujuan supaya tidak ada hewan seperti unggas yang memakan rumput gajah mini. Proses pengurungan dengan pagar ini hanya dilakukan sampai 7 hari saja.

Selain air dan cahaya matahari yang mumpuni juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk masa pertumbuhan yang baik untuk rumput gajah. Pantau terus perkembangan dari tumbuh rumput gajah mini, jika Anda menemui ada rumput gajah terserang gulma maka cabutlah sampai ujung akar rumput yang terserang gulma tersebut. pencabutan ini bertujuan agar tidak menjalar ke rumput yang lainnya.

Tips Cara Menanam Rumput Gajah :

Untuk mendapatkan hasil rumput yang sempurna, sebaiknya Anda buat pijakan untuk lewat kaki supaya rumput gajah tidak terinjak kaki.

Berikut tadi adalah Cara Menanam rumput Gajah yang baik,dan masih terdapat rumput yang cantik untuk disandingkan dengan rumput gajah untuk menghias halaman rumah Anda supaya terlihat indah yaitu Rumput Jepang.

Rumput Jepang

Rumput jepang menjadi salah satu jenis tanaman hias yang biasa di tanam di taman atau halaman rumah dan sering disandingkan rumput gajah tentunya.

Fungsinya yaitu selain dari memberikan kesan yang kehijauan dan asri, rumput ini sangatlah baik untuk menyerap genangan air sehingga anda tidak pernah menemui genangan air pada taman anda.

Cara Menanam Rumput Jepang yang baik tidaklah sulit. Pertama kali Anda persiapkan lahan dengan mencangkuli tanah lalu buatlah lubang dan masuki dengan rumput.

Tampilan taman anda juga akan membuat taman anda indah dan sejuk.Oleh karena itu, rumput jepang sangat populer dan begitu banyak di gunakan sebagai pilihan utama dalam rumput taman.

Sering kita melihat halaman-halaman rumah yang berwarna kehijauan, segar di pandang dengan mata dan sangat nyaman untuk bermain atau hanya untuk bersantai.

Sesuatu yang berwarna kehijauan lebat tersebut adalah rumput tapi bukan rumput liar yang digunakan.

Rumput Jepang merupakan tanaman hias yang cukup banyak dibudidayakan dan digunakan untuk mempercantik halaman rumah.

Meskipun rumput ini memiliki nama rumput jepang, tanaman ini bukan berasal dari negara Jepang tersebut.

Pemberian nama ini lebih kepada kebiasan dari orang Indonesia dalam membedakan jenis tanaman yang berdasarkan dari ukurannya sehingga tidak susah diingat.

Jika pada umumnya rumput yang lain memiliki ukuran yang panjang-panjang, maka rumput jepang ini berukuran kecil atau pendek dengan tekstur yang kasar.

Julukan Lain Rumput Jepang :

Rumput jepang ini juga sering di kenal dengan sebutan rumput jarum. Hal ini dikarenakan bentuk ujung dari rumput yang meruncing.

Kadang kita sering tidak merasa nyaman kalau duduk diatasnya, karena jika mengenai permukaan kulit akan terasa sedikit gatal seperti tertusuk jarum.

Cara Menanam Rumput Jepang bisa di katakan mudah beda dengan Cara Menanam Rumput Gajah, terdapat beberapa tahapan perawatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Untuk mendapatkan hasil pertumbuhan rumput jepang yang baik, berikut 5 Cara menanam Rumput jepang supaya tumbuh dengan baik, Simak selengkapnya.

Cara Menanam Rumput Jepang :

1. Memilih Bibit Tanaman Rumput Jepang yang Baik :

Hampir seperti pada cara menanam rumput gajah, cara menanam rumput jepang mempunyai tahap pertama yang utama yaitu memilih bibit rumput jepang yang baik.

Biasanya bibit di jual permeter atau berbentuk bongkahan sehingga dalam menanamnya Anda harus memisahkan tanaman sedikit demi sedikit.

Nah,tentunya bibit rumput jepang yang baik harus memiliki kriteria seperti yang di bawah ini :

  1. Pilih bibit rumput jepang yang berwarna kehhijauan segar. Bibit tumbuh prima, tidak terkena hama dan penyakit serta sehat dan kuat. Tekstur rumput harus kuat dan tidak layu.
  2. Kemudian pisahlah rumput menjadi beberapa kelompor kecil-kecil. Pastikan waktu memisahkan, bagian akar tanaman harus ikut terpisah. Rumput jepang ini tidak akan dapat tumbuh tanpa adanya akar, sehingga pastikan kalau akar rumput ikut saat akan ditanam.

2. Mengelola Lahan yang Ingin Anda Gunakan

Pengolahan lahan tanah harus dilakukam minimal 10 hari sebelum penanaman. Tanaman ini membutuhkan lahan tanam yang gembur dan subur lho. Karena dari itu pengolahan lahan dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Gemburkan dulu lahan yang mau ditanami, dengan cara yaitu mencangkulnya dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam atau cukup
  2. Kemudian ratakan permukaan tanah yang di cangkul tadi sampai merata.
  3. Jangan lupa bersihkan sisa-sisa rerumputan dan batu yang masih tertinggal. Kalau masih di rasa kurang gembur Anda dapat menggemburkannya menggunakan alat lain yaitu garpu.
  4. Setelah di rasa gembur tahap selanjutnya yaitu menaburkan pupuk kandang di permukaan lahan yang sudah siap.Rasio perbandingan pupuk kandang yang di gunakan kira-kira 2 banding 5, dimana setiap 1m perseginya di taburi sebanyak 2,5 kg pupuk kandang tadi.
  5. Setelah pupuk kandang tadi di sebar dengan rata, sebaiknya lahan di sirami dengan air agar pupuk meresap dengan baik kedalam tanah.
  6. Kemudian diamkan selama 4 hingga7 hari, baru kemudian dapat di lakukan penanaman.

3. Cara Menanam Rumput Jepang Di Lahan

Setelah bibit dan lahan taman sudah siap, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan penanaman rumput jepang di lahan. Cara menanam rumput jepang dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

  1. Sebelum di tamani bibit yang telah dipisahkan sebaiknya disiram dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat atau tertinggal.
  2. Waktu penanaman harus di lakukan pada waktu sore hari menjelang malam. Dengan demikian maka rumput akan mempunyai waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.Jika di tanam pada pagi hari maka tanaman akan terbakar dikarenakan panasnya sinar matahari.
  3. Penanaman dimulai dengan membuat lubang tanam dengan jarak brukuran 10x10cm
  4. Tanamkan bibit rumput jepang kedalam lubang tanah, kemudian tutup kembali lubang tanah dan ratakan.
  5. Setelah itu siram menggunakan air bersih secukupnya saja.Sebaiknya penyiraman dilakukan menggunakan gembor ataupun selang saja.Penyiraman dilakukan secara rutin terutama pada waktu awal penanaman.

4. Perawatan dan Pemeliharaan Rumput Jepang

Dalam pemeliharaan rumput jepang ini sama dengan perawatan cara menanam rumput gajah. Karena itu jika tidak dilakukan secara intensif, jangan pernah mengharapkan tanaman yang Anda tanam akan tumbuh indah

Maka dari itu kita harus merawatnya dengan sebaik-baiknya supaya bagus seperti yang kita harapkan.Berikut pemeliharaan dan perawatan yang wajib anda lakukan.

1. Penyiraman Rumput

Penyiraman rumput jepang harus di lakukan dengan seintensif tadisama seperti cara menanam rumput gajah tadi.Terutama pada waktu tanaman masih pada awal tahap penanaman.

Idealnya penyiraman dilakukan sehari dua kali pada pagi hari dan sore hari. Gunakan air bersih dan siram menggunakan selang atau gombor supaya tidak merusak akar dari tanaman.

2. Pemupukan Rumput

Pemupukan dilakukan sebanyak 2 kali yakni pada saat tanaman berumur 2 minggu setelah tanam dan pada saat berumur 1,5 bulan setelah tanam.

Pupuk yang di berikan yaitu berupa pupuk urea dengan dosis 1 atau 2 kg untuk lahan 10m persegi yang di berikan saat berumur 2 mst.

Sedangakan saat berumur 1,5 bulan setelah tanam pupuk yang di berikan yaitu pupuk TSP dengan dosis yang sama dengan pupuk yang di berikan pada pemupukan awal. Sebarlah pupuk secara merata yang di berikan pada lahan tanam.

3. Penyiangan Rumput

Penyiangan dilakukan dengan cara yaitu mencabut gulma, atau rumput liar yang tumbuh di lahan tanah. Hal ini dilakukam supaya tanaman rumput jepang dapat tumbuh bagus.

Selain itu, jangan lupa lakukan juga pengusiran terhadap hama dan serangga yang bisa merusak daun rumput jepang Anda.Cukup dengan menjaga lingkungan dan bersihkan lahan dengan bersih dan terhindar dari gulma

4. Pemangkasan Rumput

Pada saat tanaman berumurkan 2 bulan setelah tanam, sebaiknya Anda perlu di lakukan pemangkasan. Agar akar tanaman tetap dapat terkena pancaran sinar matahari. Sehingga warna daun tanaman akan tetap segar. Jika Anda tidak melakukan pemangkasan, maka tanaman semakin lama akan terlihat kusut, kuning kemudian kecoklatan dan dapat mengalami kematian. Untuk mendapatkan rumput jepang yang tetap berwarna hijau cerah dan segar.

5. Tampilan Rumput Jepang Anda Semakin Asri

Saat waktu berumur 4 bulan setelah tanam, maka rumput jepang akan tumbuh dengan rata dan memenuhi lahan tanam Anda. Setelahnya tidak berhenti sampai dengan disitu saja. Justru perawatan dan pemeliharaan harus di lakukam dengan lebih intensif agar bisa mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimal.

Sekian dari saya semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan silahkan mencobanya:)