Select Page

Hay Teman – teman yang suka merawat atau memelihara berbagai jenis rumput hias untuk halaman. Cocok sekali untuk menyimak artikel ini yang mengulas tentang cara menanam dan cara merawat rumput jepang dengan mudah.

Mari langsung saja kita bahas tentang cara menanam dan merawat rumput jepang yang mudah di lakukan. Atau anda juga bisa mempelajari tentang bagaimana cara menanam rumput gajah. Kalian tau nggak sih apa itu Rumput Jepang ?

Rumput jepang adalah jenis rumput hias yang biasanya digunakan untuk mempercantik tanaman di halaman rumah selain jenis rumput gajah mini. Nama lain dari rumput jepang sendiri yaitu rumput jarum karena rumput tersebut memiliki bentuk yang cukup meruncing dan tipis.

Manfaat dari kegunaan rumput jepang ini yaitu untuk penahan tanah. Banyak orang kini menggunakan rumput jepang ini untuk memperindah halaman rumah mereka. Jika kalian ingin mengetahui cara menanam rumput jepang  mari simak cara menanam serta cara merawat rumput jepang ini :

 

Cara Menanam Dan Cara Merawat Rumput Jepang

Cara Menanam Rumput Jepang

Buat kamu yang terobsesi dengan tampilan eksterior untuk rumah. Pastinya tidak ingin membiarkan tamanmu tampil apa adanya ya kan?. Menanam rumput taman bisa membuat tamanmu terlihat cantik dan sempurna.

Tapi, banyak pastinya dari kamu yang tidak menge tahui bagaimana caranya menanam rumput taman. Mungkin kamu sudah pernah mencobanya tapi malah gagal yang kamu dapatkan.

Selain bisa membuat taman tampil menarik dan indah, menanam rumput taman juga dapat membantu proses drainase air di halaman rumahmu.

Untuk itu kamu perlu tahu gimana sih cara menanam rumput taman yang benar dan baik. Agar tampilan tamanmu semakin indah dipandang oleh mata dan tetangga pun pada ingin meniru nya.

Menanam Rumput jepang pada halaman rumah pun dapat bermanfaat. Selain memperindah halaman rumah, dengan menanam rumput jepang dapat di jadikan serapan air untuk tanah agar tidak terjadi genangan banjir.

Eits tapi kalian jangan sampai takut kaarena tidak bisa merawatnya. Kalian jugaa bisa tanya kepada teman, tetangga atau pun kerabat dekat kalian tentang berbagai macam cara merawat rumput jepang ini

Tanaman ini jarang terpengaruh oleh serangga dan penyakit akan tetapi Anda harus terus mengawasi mereka.

Dedaunan yang tinggi kadang-kadang bisa jatuh, terutama di saat dibuahi secara berlebihan atau disimpan di tempat yang teduh atau salju.

Mungkin ada kebutuhan lain untuk mempertaruhkan tanaman jika tidak berhenti jatuh bahkan setelah pemangkasan yang berat. Cara merawat rumput jepang

Di iklim yang lebih hangat, rumput memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih invasif. Untuk menghentikan kecenderungan invasifnya, disarankan agar Anda menumbuhkannya dalam wadah atau memasang penghalang akar.

Ini akan membantu tanaman Anda untuk terlihat kompak dan rapi. Merawat tanaman akan memastikan perkembangan dan pertumbuhannya yang baik.

Rumput adalah tanaman perawatan rendah yang membutuhkan hanya perhatian, karena itulah favorit di antara semua tanaman hias. Selain itu, bagus sebagai tanaman spesimen saat ditanam sebagai pagar tanaman, menambah keindahan kebun.

Inilah cara menanam rumput jepang :

1.Persiapan Lahan Tanam.

Lahan yang akan ditanami rumput jepang sebaiknya diolah terlebih dahulu dengan tanah lahan yang berasal dari bebatuan. Hal tersebut dilakukan agar rumput jepang bisa tumbuh secara rata dan halus tanpa tonjolan sedikitpun di permukaan tanahnya.

Selanjutnya gemburkan tanah lahan agar saat sudah ditanami rumput jepang akan lebih mudah tumbuhnya dan beradaptasi. Penggemburan tanah ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat cangkul ataupun garu tanah.

Selain menggemburkan hal ini juga dapat sekaligus menyingkirkan batu yang masih tersisa. Setelah itu, lakukanlah pemupukan dasar pada lahan tanam yaitu berupa jenis pupuk kandang. Pupuk kandang tersebut diberikan secara merata di semua permukaan tanah lahan yang akan ditanami rumput jepang.

Dosis dari takaran pupuk kandang yang diberikan yaitu sekitar 2 : 5 atau sekitar 2,5 kg pupuk per meter persegi. Agar pupuk bisa terserap baik oleh tanah maka diamkan pupuk beberapa saat selama kurang lebih dua hari.

Selama waktu tersebut tanah juga perlu diberikan air yang cukup supaya pupuk pun lebih mudah terserap dan merata dengan tanah.

2.Penanaman Rumput Jepang

Setelah dua hari setelahnya , Maka lakukan penanaman rumput jepang tersebut pada lahan yang telah disiapkan tadi :

1) Buat lah lubang – lubang tanam yang berbentuk kotak – kotak atau blok dengan menggunakan alat cangkul

2) Taburkan pupuk kandang atau bisa juga di gantikan dengan pupuk kompos secara merata

3) Siapkan bibit rumput jepang yang akan di tanam yang diperoleh dari membeli atau pembeerian gratis dari tangga

4) Tanam rumput pada lubang-lubang yang sudah anda siapkan tadi (Penanaman di lakukan sore hari agar teduh tidak terlalu panas)

5) Padatkan dengan cara di injak – injak

6) Tanamlah dengan jarak sekitar 20 cm x 20 cm antar lubang, jangan terlalu renggang ataupun dekat agar dapat bertumbuh

7) Terakhir yaitu penyiraman. ini sangat penting karena bisa mengurangi resiko stres pada rumput dan juga merangsang secara instan rumput jepang.

Cara Merawat Rumput Jepang

1.Penyiraman

Penyiraman dilakukan agar rumput bisa mendapatkan cukup nutrisi untuk pertumbuhannya agar dapat tumbuh dengan baik dan maksimal. Sebaiknya penyiraman rumput jepang dilakukan secara sangat rutin sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Gunakan air yang segar jangan sampai menggunakan air bekas detergen atau sabun lainnya karena dapat menyebabkan rumput kepanasan lalumati. Rumput Jepang lebih memilih tanah yang cukup lembab, sehingga jadwal penyiraman yang teratur akan membantu rumput untuk tumbuh lebih cerah.

Jika Anda mengizinkan rumput Jepang mengering selama masa kekeringan terlalu lama maka tidak akan sembuh. Membiarkan mengering sebentar saja hanya akan mengakibatkan layu rumput. Rumput Jepang membutuhkan musim tanam yang cukup panjang dan juga panas.

Ini mencapai 12 sampai 18 inci tinggi dan gumpalan menyebar lebar 12 sampai 36 inci. Merawat Rumput Jepang Merawat rumput Jepang bukanlah tugas yang sangat menyita bayak waktu. Setelah ditanam, rumput Jepang sangat mudah dirawat untuk hias.

Rumput harus dijaga agar tetap selalu lembab, tapi tidak basah juga. Sebarkan mulsa organik pada sekitar pangkal tanaman untuk membantu melestarikan kelembaban pada rumput.

Rumput jepang tidak terlalu membutuhkan pemupukan tambahan di tanah yang baik. Tetapi jika Anda membuahi, tunggu sampai setelah embusan pertama tumbuh di musim semi ini.

Saat matahari menyentuh mata pisau, mereka cenderung  berwarna cokelat. Bagi mereka yang ditanam di daerah yang lebih muda, memotong jalan buntu sesuai kebutuhan untuk memperbaiki penampilan tanaman tersebut.

Di saat musim dingin, potong pisau bekas sampai mahkota. Tanaman yang lebih tua bisa juga digali dan dipotong setengahnya untuk propagasi dengan cepat. Setelah rumput matang, mudah untuk membagi dan menyebarkan perkembangan tanaman rumput Jepang yang baru.

Bagi di saat musim semi atau musim gugur untuk memulai tanaman yang terbaik.

2.Pemupukan

Pemupukan rumput jepang ini sebaiknya dilakukan sekitar 2 kali secara rutin. Yaitu pada saat rumput jepang berumur 2 minggu setelah penanaman berlangsung.

Dengan menggunakan pupuk urea dengan yang mempunyai dosis sekitar 0,5 kg/10 meter persegi lahan. Pada saat rumput jepang berumur sekitar 1,5 bulan bisa menggunakan pupuk TSP.

Dengan dosis yang sama dengan pemupukan pertama. Ada beberapa pilihan untuk pemupukan. Pilih salah satu opsi ini untuk hasil yang terbaik:

  • Gunakan pupuk larut dalam air cepat setiap beberapa minggu selama musim tanam berlangsung
  • Gunakan pupuk slow release setiap musim tanam berlangsung. Bekerjalah pupuk slow release ke dalam tanah di sekitar tanaman tersebut.
  • Perbaiki tanah dengan cara mencampur bahan organik seperti emulsi ikan, tepung tulang dan / atau pupuk dari kandang.
  • Jika menggunakan pupuk granul, maka jangan biarkan butiran sampai menyentuh daunnya.

Selain perawatan-perawatan yang ada di atas, jangan lupa lakukan juga  penyiangan secara rutin dan berkala. Pada gulma yang tumbuh diarea atau tempat yang di tanami rumput jepang. Pada saat rumput jepang berumur sekitar 2 sampai 3 bulan, lakukan pula pemangkasan. Jika daun rumput jepang sudah cukup tinggi untuk di lihat.

Jangan terlalu cepat mengira bahwa rumput jepang ini di impor dari Jepang langsung ya. Karena pemberian nama ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan negara Sakura atau negara jepang itu.

Tekstur dan rupanya hampir agak sama dengan jenis rumput Manila, rumput Jepang ini merupakan jenis rumput pilihan. Sering di gunakan untuk di tanam di halaman rumah sebagai perindah halaman atau taman kecil-kecilan yang di buat di rumah.

Bentuknya yang cukup meruncing dan tipis menjadikan jenis rumput Jepang ini tampil lebih rata, rapat, dan juga halus. Bisa di sebut rumput jarum, kalian mungkin akan merasakan kurang nyaman atau merasakan kesakitan saat duduk diatas jenis rumput Jepang.

Jenis Rumut Jepang

Jenis rumput Jepang memang biasanya sangat membutuhkan perawatan rutin seperti pemangkasan minimal sekitar sebulan sekali. Pemupukan yang lebih telaten sekitar dua kali dalam sebulan, dan penyiraman pada saat musim panas saja tidak untuk musim hujan.

Karena disaat musim hujan rumput mendapatkan serapan air dari air hujan tersebut maka tidak perlu di sirami lagi.

Memelihara rumput hias halaman rumah seperti jenis rumput jepang ini memang gampang – gampang sulit. Karena kita juga harus tau tentang cara merawat rumput jepang dengan mudah agar pertumbuhannya terawat sehingga tumbuh secara makssimal .

Dan ternyata rutin jalan dengan tidak memakai alas kaki di atas rumput mempunyai manfaat tersendiri

  • Mampu menyeimbangkan temperatur pada tubuh. Berjalan tanpa alas kaki di atas rerumputan pada pagi hari dapat menimbulkan sensasi yang sejuk pada dalam tubuh. Saat kaki menyentuh embun saat pagi hari, temperatur tubuh akan lebih stabil lagi.
  • Melancarkan sirkulasi pada darah. Telapak kaki merupakan titik – titik akupuntur yang sangat sensitif. Tekanan pada titik – titiknya akan melancarkan sirkulasi darah menuju ke organ pada jantung.
  • Bisa membantu mengatasi pandangan yang sudah rabun. Memandang pemandangan yang warnanya kehijauan di percaya dapat menyembuhkan pandangan yang telah rabun. Warna hijau yang cukup segar mampu memberikan rasa yang nyaman pada saraf mata.
  • Bisa mendapatkan energi lebih pada organ tubuh dalam. Berjalan tanpa alas kaki di atas rerumputan juga  dapat meremajakan otot-otot serta pembuluh darah di tubuh. Dampaknya, energi dan sistem imun tubuh pun dapat meningkat juga sehingga tubuh bisa cukup lebih sehat.
  • Bisa membuat tulang menjadi lebih kuat lagi. Saat kamu berjalan kaki di atas rerumputan pada pagi hari. Kamu akan mendapatkan paparan cahaya dari sinar matahari yang mengandung vitamin D. Vitamin D cukup baik untuk menguatkan tulang serta mencegah arthtritis pada tubuh.
  • Mampu membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa berjalan kaki di atas rerumputan tanpa memakai alas kaki. Tubuh kita akan terhubung langsung dengan magnet pada bumi.
  • Hal ini tentunya sangat baik untuk tubuh karena akan menetralisir efek negatif yang ada dalam tubuh. Yang dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang dapat bersarang pada tubuh.
  • Mampu menenangkan pikiran. Menyatukan diri dengan alam akan membuat pikiran anda menjadi lebih tenang lagi. Suasana yang tenang dan indah di saat pagi hari. Sentuhan langsung dengan rumput dan juga embun. Udara yang segar dan sinar matahari yang hangat dapat menyuntikkan energi yang membuat kalian bersemangat lagi di sepanjang hari.

Saran

Anda mempunyai lahan kosong di halaman rumah yang kurrang menarik ? Saatnya untuk dimanfaatkan dengan baik, misalnya dengan membuat taman kecil – kecilan.

Jika kamu tidak mau ribet, menambahkan jenis rumput tertentu juga bisa loh untuk menambah kecantikan dan keindahan penampilan rumah.

Jenis – Jenis Rumput Hias

Ada berbagai jenis rumput alami yang dapat kamu gunakan sebagai rumput taman atau hias, seperti :

Rumput Gajah Mini

rumput gajah mini

Rumput gajah mini menjadi salah satu jenis rumput yang paling banyak dipilih untuk taman anda. Selain harganya yang cukup terjangkau, perawatannya juga relatif mudah. Yang membedakannya dengan rumput gajah biasa adalah teksturnya yang lebih bagus dan lebih kecil.

Rumput Jepang

rumput jepang

Rumput jepang adalah salah satu jenis rumput hias yang cocok sekali ditanam di halaman rumah untuk memperindah taman. Nama lain Rumput Jepang ini di daerah lain sering di kenal Rumput Jarum atau Rumput Babi dan juga Rumput Peking

Rumput Peking

Rumput Peking

Jenis rumput yang satu ini hampir sekali mirip dengan jenis rumput Jepang. Yang berbeda adalah helai daunnya tumbuh lebih jarang dan teksturnya yang jauh lebih lembut. Tampilannya yang cukup rapi dan terkesan cukup mewah membuat harganya relatif cukup mahal.

Setiap rumput taman memiliki ketahanan yang berbeda – beda terhadap sinar matahari dan juga curah hujan. Untuk tumbuh, rumput Jepang sangat memerlukan cahaya matahari lebih banyak dari pada rumput gajah.

Ada juga rumput Swiss yang tidak tahan dengan curah hujan yang cukup tinggi dan pijakkan orang. Jenis rumput hias yang dapat dipilih cukup banyak dan cukup cocok untuk digunakan perumahan yang berada di negara kita.

Selain itu, cara menumbuhkan dan merawat rumput taman juga tidak begitu susah yaitu dengan cara memangkas dan memupuknya secara rutin.

Jika kamu tertarik memiliki taman di halaman rumah anda, kalian juga harus tau bagaimana cara merawat rumput jepang dengan benar.

Ya selamat membaca dan mempelajari tentang cara menanam dan cara merawat rumput jepang dengan baik. Dan kalian juga bisa mempraktikan atau mengaplikasikan cara menanam dan cara merawat rumput jepang di rumah dengan mudah sesuai dengan prosedur di atas.

Demikian artikel yang dapat saya tulis yang mengulas atau menjelaskan tentang cara menanam dan cara merawat rumput jepang. Semoga kalian dapat memahami apa yang saya ulas di artikel ini dan terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Wassalamualaikum .Wr .Wb.