Select Page

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan,cara merawat kelinci yang benar supaya berumur panjang dan tidak mudah terserang penyakit.Yuk cari tahu caranya dibawah ini!

Cara merawat kelinci susah-susah gampang. Dulunya kelinci termasuk hewan liar yang hidup di Afrika hingga daratan Eropa. Di Indonesia,kelinci berasal dari bahasa Belanda,yaitu konijntje yang berarti”anak kelinci”. Hal ini menunjukkan bahwa kelinci dibawa ke Indonesia bersama dengan pemerintah kolonial.

Kelinci adalah hewan peliharaan yang unik.Mereka memiliki kebutuhan khusus untuk menjalani hidup yang panjang,bahagia dan sehat. Pada umumnya umur kelinci mencapai 5 hingga 10 tahun bahkan lebih. Seperti hewan peliharaan lainnya,memelihara kelinci membutuhkan persiapan yang cukup.

Berikut cara merawat kelinci sebagai hewan peliharaan dengan baik yang telah saya rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya.

Memilih Kandang

kandang-kelinci

Cara merawat kelinci yang pertama adalah menyiapkan tempat tinggal yang cocok untuknya. Pemilik kelinci harus tahu bahwa tempat paling aman bagi kelinci tinggal adalah di dalam ruangan. Kelinci seharusnya tidak ditaruh diluar.Kelinci domestik berbeda dari kerabat liar mereka.Mereka tidak mentolerir suhu ekstrim dengan baik,terutama dimusim panas.

Jika ingin menaruhnya didalam kandang,kelinci membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dengan mudah. Sangkar atau kandang kelinci harus berukuran minimal lima kali ukuran kelinci. Kelinci anda harus benar-benar berbaring dikandangnya dan berdiri dengan kaki belakangnya tanpa menabrak kepalanya di atas kandang.

Jika anda meletakkan kelinci dikandang kawat,pastikan untuk melapisi lantai dengan kardus atau bahan lainnya. Letakkan kotak kardus di dalam kandang,sehingga kelinci memiliki tempat yang nyaman untuk bersembunyi,dan hormati kebutuhan kelinci akan waktu tenang(kelinci biasanya tidur disiang dan malam hari,serta bermain saat fajar dan senja).

Ketika kelinci ditaruh dikandang,kelinci harus dikeluarkan selama beberapa jam setiap hari untuk berolah raga. Selain berlari dan melompat,kelinci juga senang menjelajahi lingkungan mereka. Ini adalah waktu yang ideal untuk brmain dan berinteraksi dengan kelinci. Pastikan bahwa kelinci memiliki area aman untuk bermain.

Siapkan Kotak Kotor

kandang-kelinci

Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan besar di satu area. Manfaatkan ini dengan menyiapkan kotak kotoran kucing berukuran sedang atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air.

Jika kelinci Anda bebas berkeliaran di beberapa ruangan di rumah Anda,ada baiknya Anda memiliki kotak kotoran dibeberapa tempat. Banyak kelinci menikmati atau menghabiskan waktu bersantai dikotak kotorannya,jadi pastikan ukurannya cukup besar.

Supaya kelinci tidak membuang kotorannya sembarang. Tetapi cara merawat kelinci yang efektif adalah melepaskannya dihalaman rumah agar kelinci dapat menggali lubang untuk menyalurkan insting alami mereka dengan catatan aman akan predator atau pemangsa.

Rutin Membersihkan Kandang

Sebagus dan sebesar apapun kandang,akan sia-sia jika tak pernah dibersihkan. Kasihan kelinci jika tempat tinggalnya kotor dan bau. Akibatnya,tubuhnya ikut bau dan kamu pun enggan bermain-main dan dekat-dekat dengannya.

Cara merawat kelinci yang baik adalah membersihkan kandangnya secara rutin paling tidak seminggu sekali. Supaya tetap bersih dan sehat.Kamu pun tidak akan bosan berlama-lama berdekatan serta makin sayang dengan kelincimu.

Kandang yang bersih menjadikan kualitas kelinci dan kesehatannya meningkat,sehingga enak dipandang oleh mata. Pasti Anda tidak suka bila memandang kandang yang kotor bukan?

Membuatkan Mainan

Pada hakikatnya binatang adalah makhluk yang hidup dialam liar, jadi berbeda cara merawat kelinci dikandang dengan di alam liar. Jadi,kelinci akan stres jika dipelihara di kandang yang kosong,begitu juga dengan situasi di luar kandang yang monoton.

Kelinci adalah hewan yang riang beraktivitas. Kelinci suka melompat-lompat dan bermain.Maka,beri kelincimu beberapa mainan agar kelinci semakin bahagia berteman denganmu.

Makanan Seimbang

Cara merawat kelinci yang sangat penting diperhatikan adalah pemberian makanan. Kelinci memiliki sistem pencernaan yang kompleks,sehingga sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan makanan yang tepat.

Banyak masalah kesehatan pada kelinci disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai dengan fisiologi pencernaan kelinci. Makanan dasar kelinci harus terdiri dari makanan berikut:

1.Rumput Jerami

Kelinci membutuhkan jerami yang membantu sistem pencernaan kelinci dan menyediakan serat yang diperlukan untuk membantu mencegah masalah kesehatan seperti bola rambut,diare,dan obesitas.

2.Sayuran

Selain jerami,makanan dasar kelinci dewasa harus terdiri dari sayuran berdaun hijau gelap seperti daun selada,peterseli,daun ketumbar dan lainnya. Varietas ini sangatlah penting,jadi beri kelinci Anda tiga sayuran berbeda sekaligus. Saat memperkenalkan sayuran baru ke pola makan kelinci,coba satu per satu dengan jumlah terbatas.

3.Buah dan Camilan

Sementara jerami dan sayuran adalah dasar dari makanan sehat,kelinci juga menikmati camilan. Kartun dan penggambaran fiksi kelinci lainnya akan membuat kita percaya bahwa wortel adalah dasar dari makanan kelinci yang sehat.

Banyak kelinci menikmati wortel,tetapi mereka adalah sayuran bertepung dan harus diberikan hanya sebagai hadiah. Camilan lain yang mungkin dinikmati kelinci Anda adalah apel,blueberry,pepaya,strowberry,pir,persik,prem,atau melon.Buah-buahan ekstra manis seperti pisang,anggur,dan kismis juga baik,tetapi harus diberikan dalam jumlah sedikit.

4.Pelet

Jika Anda memilih untuk menjadikan pelet sebagai bagian dari makanan kelinci Anda,yang terbaik adalah menggunakannya sebagai suplemen untuk sayuran hijau tua,bukan sebagai pengganti atau makanan utama.

Pelet ini hanya boleh diberikan dalam jumlah kecil (1/8-1/4 cangkir per lima pon berat badan per hari,disebarkan selama dua kali pemberian makan setiap hari).

Juga pastikan untuk membeli pelet berbasis timotius.Banyak merek pakan kelinci yang mengandung biji,jagung,dan makanan lainnya yang terlalu tinggi kalori untuk dijadikan dasar bagi diet kelinci yang sehat.

5.Air

Kelinci harus selalu memiliki persediaan air bersih yang cukup. Pastikan Anda selalu mengganti air kelinci setidaknya sehari sekali.Air dapat disimpan dibotol atau dimangkuk.

Jika anda menggunakan botol sipper,perhatikan kelinci baru untuk memastikan mereka tahu cara menggunakan botol,dan bersihkan botol setiap hari sehingga tabungnya tidak tersumbat. Jika Anda menggunakan mangkuk,pastikan mangkuk itu cukup berat untuk menghindari tumpahnya air.

Makanan yang Harus Dihindari

Dengan sistem pencernaan sensitif,ada sejumlah makanan yang harus dihindari kelinci. Ini termasuk tomat,kacang polong,kol,jagung,kacang-kacangan,kentang,bawang merah,biji-bijian,dan masih banyak lagi lainnya.

karena kelinci suka mengunyah,pastikan semua kabel listrik berada diluar jangkauannya. Mengunyah kabel yang tersambung dapat menyebabkan cidera parah bahkan kematian. Jauhkan juga kelinci dari benda-benda beracun seperti insektisida,rodentisida,dan bahan pembersih.

Selain itu perlu diketahui ilmu cara merawat kelinci dengan belajar mengenai makanannya. Bahwa tanaman umum seperti lidah buaya,azalea,calla lily,lily of the valley,philodendron,dan berbagai macam umbi tanaman dapat beracun bagi kelinci.

Cara Memegang Kelinci

Kelinci adalah hewan rapuh yang harus dipegang dengan hati-hati,inilah gunanya cara merawat kelinci agar kelinci berusia panajang. Akibatnya,jika tidak dipegang dengan baik,kelinci yang memberontak dapat mematahkan tulang mereka sendiri. Cara merawat kelinci dengan baik juga berkaitan dengan cara memegangnya.

Banyak orang yang mengangkat dan menggendong kelinci dengan memegang telingannya. Namun hal ini adalah kesalahan besar. untuk mengambil kelinci,letakkan satu tangan dibawah bagian depan kelinci dan tangan lainnya dibawah punggungnya.

Angkat dengan hati-hati dengan kedua tangan dan bawa ketubuh anda. Jangan biarkan tubuh kelinci menggantung bebas,jangan pernah mengangkat perut,dan jangan pernah mengangkat kelinci ditelinganya.

Kelinci suka merawat sekitar mata,telinga,bagian atas hidung,bagian atas kepala,dan bagian belakang. Jika Anda membelainya dikepala.seperti hewan peliharaan lainnya,setiap kelinci akan memiliki preferensi individu tentang dimana ia suka disentuh.

Pelihara Lebih dari Satu Kelinci

Cara merawat kelinci dengan baik agar berumur panjang adalah tidak membiarkannya hidup sendirian. Kelinci adalah hewan sosisal dan sebagian besar akan jauh lebih bahagia sebagai bagian dari pasangan atau trio daripada hidup sendiri.

Jika anda belum memilki kelinci,pertimbangkan untuk mengadopsi kelinci sepasang. Kelinci adalah makhluk yang komplek sosial,psikologis,dan fisiologis. Mereka membutuhkan banyak perhatian dan pengawasan khusus.

Tips Mengawinkan Kelinci

Mungkin setelah menginjak usia dewasa kira-kira 4-5 bulan,dia sudah bisa dikawinkan. Sobat tinggal melihat tanda-tandanya. Umumnya kelinci jantan yang sudah birahi(siap kawin)akan terlihat agresif,tapi sebaliknya kelinci betina malah jadi pendiam saat didekati sijantan.

Bagaimana cara beternak kelinci? cukup satukan saja di satu tempat nanti juga akan kawin sendiri. tapi Sobat perlu melihat apakah mereka berdua bertengkar atau tidak,jika bertengkar segera pisahkan sebentar laulu pasangkan lagi.

Ciri-ciri kelinci hamil akan terlihat apabila sudah memasuki 17 hari dari perkawinan,dan muali membuat lubang pada hari ke 25.Sebaiknya sediakan box dan hay kering yang banyak supaya persalinan di hari 30-33 akan lancar.

Perhatian:Saat kelinci hamil nafsu makannya meningkat jadi siapkan rumput dan hay yang banyak,kalau tidak bisa jadi sibetina akan menjadi kanibal dan akan memakan anak sendiri ketika sudah lahir.

Cara Merawat Anak Kelinci

Dalam masalah cara merawat kelinci di rumah,setelah dikawinkan otomatis akan melahirkan beberapa anak kelinci,makanya perlunya kita mengetahui cara merawat anak kelinci yang benar:

  • Anak kelinci baru lahir gampang stres jadi jangan sering-sering memegang atau mengangkatnya.
  • Untuk masalah makanan,anda tidak perlu repot-repot memberinya.Cukup berikan saja induknys,biarkan si induk yang memberinya makan dengan cara disusui oleh induknya.
  • Jangan dikasih susu kepada anak kelinci kecuali Anda punya pengalaman yang memadai mengenai perawatan kelinci tanpa induk.Hal ini juga masih dihindari oleh para peternak profesional.
  • Anak kelinci akan mulai makan rumput di usia 14 hari namun bukan berarti dia tidak memerlukan lagi susu dari induknya.
  • Jika Anda ingin memberikan kelinci pada orang lain,pastikan anak kelinci sudah berusia lebih dari 2 bulan karena usia tersebut batas rentang mati mendadak dari kelinci Anda.

Bahaya yang Perlu di Perhatikan

Bahaya langsung untuk kelinci ketika diluar rumah adalah serangan dari predator atau pemangsa. Kandang yang berada dipekarangan rumah belum tentu bisa menjamin keamanan kelinci aman dari serangan pemangsa.

Misalkan saja serangan dari anjing,rakun,kucing liar,coyote.Terkadang juga ada burung hantu,possum,elang dan weasel (sejenis musang).

karena banyaknya pemangsa yang berburu ketika malam hari,jadi sangat dianjurkan untuk membawa kelinci msuk kedalam rumah ketika sore hari. Kandang yang kuat dan penutup dalam tanah biasanya cukup menghindari serangan siang hari khususnya jika ada orang disekitarnya.

Jenis-Jenis Kelinci yang Lucu untuk di Pelihara

Keunikan kelinci berikut ini membuat para pecinta satwa tertarik untuk memeliharanya. Paduan warna bulunya memberi kesan bersih pada binatang yang sering dikaitkan dengan wortel ini.

Anda bisa pilih salah satu atau bahkan semua kelinci dibawah ini untuk dipelihara. Akan sangat cocok pula untuk dijadikan kado ulang tahun yang manis untuk pacar atau gebetan bahkan doi. Semoga penjelasan berikut dapat membantu dalam memilih binatang peliharaan yang terbaik.

1.Kelinci Anggora

cara-merawat-kelinci

Anggora merupakan jenis kelinci yang berasal ari Ankara,Turki. Bulunya lebat dan lembut hampir memenuhi seluruh tubuhnya. Pertama kali,ditemukan oleh pelaut Inggris,lalu anggora tersebut dibawa ke Perancis pada tahun 1723.

Persebaran anggora merata ke negara-negara di Eropa dan Asia,bahkan mencapai Amerika pada tahun 1900-an. Pada saat dulu,Perancis menjadi pusat peternakan anggora terbesar yang menghasilkan wol.

Kiranya,jenis ini sangat diminati orang-orang untuk dipelihara. Sangat cocok bagi kamu yang gemar menyisir bulu binatang kesayangan. Cara merawat kelinci ini,kamu harus rajin mencukur dan merawat bulunya karena cepat sekali tumbuhnya.

2.Lion Head

cara-merawat-kelinci

Jenis kelinci lucu satu ini memiliki bentuk yang khas,yaitu bulu di sekitar kepalnya yang menyerupai rambut singa jantan. Keunikan inilah yang membuat penyuka hewan lucu mencarinya untuk dijadikan binatang peliharaan kesayangan.

Lion Head ini pada awal mulanya adalah jenis kelinci Anggora Inggris yang gagal disilangkan. Beberapa orang menyebutnya dengan nama anggora jadi-jadian. Meskipun begitu,hewan ini tetap lucu dan membuat gemas para penyayang binatang.

3.Dutch Rabbit

cara-merawat-kelinci

Bagi anda yang bosan dengan warna kelinci yang putih saja,mungkin kamu akan tertarik dengan jenis kelinci berikut ini. Kombinasi warnanya adalah putih dengan bercak hitam,cokelat,atau abu-abu.Warna-warna tersebut terkadang membentuk pola yang membuat hewan ini semakin menggemaskan.

Berbeda dengan anggora,Dutch Rabbit tidak mempunyai bulu yang lebat. Bulunya lebih pendek,rapi,dan kelihatan bersih. Kombinasi warna tubuhnya seolah-olah seperti panda dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

4.English Spot

Keunikan english spot tidak jauh berbeda dengan dutch rabbit,yaitu terdapat pada warna bulunya. Berwarna dasar putih,lalu ada corak berupa bintik hitam. Sebenarnya tidak hitam saja,melainkan ada juga warna-warna gelap lainnya seperti cokelat atau abu-abu.

English Spot juga dikenal dengan nama English Rabbit.Sesuai namanya,dia berasal dari Inggris dan telah dibudidayakan sejak lebih dari 100 tahun yang lalu.

5.Himalayan

cara-merawat-kelinci

Himalayan hampir mirip dengan english spot. Bedanya adalah jumlah bercak hitam yang lebih sedikit.Pada himalayan,bercak hitam biasanya hanya di bagian telinga,hidung,dan kaki saja.

Sangat susah cara merawat kelinci jenis ini,apalagi untuk mengawinkan himalayan. Sekalinya berhasil,paling hanya mampu melahirkan sebanyak 2 sampai 6 ekor saja.Oleh karena inilah harga himalayan lebih mahal dibandingkan kelinci biasa. Uniknya lagi,warna matanya pink kemerahan. Mungkin mata himalayan adalah mata terunik dari jenis kelinci lainnya.

6.Netherland Dwarf

cara-merawat-kelinci

Netherland Dwarf Rabbit Breed

Netherland Dwarf adalah salah satu jenis kelinci yang terkenal dari Belanda yang berukuran mini. Ukuran tubuh dewasanya lebih kecil dibandingkan dengan kelinci pada umumnya. Berat badannya hanya sekitar 1,25 kg untuk ukuran dewasa,sedangkan berat badan anakannya hanya 500 gram.

Telinganya kecil dan tegak keatas. Wajahnya bulat dan pesek. Hal ini membuatnya terlihat seperti masih junior meski sebenarnya sudah dewasa.

7.Rex Rabbit

Rex rabbit bersal dari Perancis. Habitatnya alaminya adalah dialam yang dingin,kira-kira antara suhu 15 derajat celcius. Hal ini tentu membuatnya jarang ditemukan didaerah tropis seperti Indonesia. Pada awalnya,jenis-jenis kelinci dengan ukuran besar ini sengaja dibudidayakan supaya bisa menghasilkan daging dan bulu yang lebih banyak.

Bulunya sangat eksotis sehingga sering digunakan sebagai bahan baku pakaian. Namun tidak sedikit pula orang yang menjadikannya peliharaan lucu.

8.Flemish Giant

Jika Anda mencari peliharaan yang berukuran besar,jenis kelinci pedaging ini mungkin adalah pilihan yang tepat. Namun,jangan khawatir,hewan bertelinga panjang ini akan tetap lucu sekalipun berukuran besar,cara merawat kelinci flemish giant juga terbilang mudah.

Kelinci jumbo ini berasal dari Belgia dan mulai dibudidayakan sejak awal abad ke-16. Flemish giant adalah nama yang digunakan karena tubuh hewan yang satu ini sangat besar dan melampaui jenis-jenis kelinci lainnya. Beratnya bisa mencapai 15 kg bahkan lebih.

Seperti halnya rex,flemish giant pada mulanya dimanfaatkan untuk dikonsumsi dagingnya. Alasannya adalah karena ukurannya yang super jumbo. Bahkan pada tahun 2010,flemish giant terpanjang tercatat dalam The Guinness Book Of Records dengan panjang 129 cm dan bobot 22,2 kg.

Demikian, Artikel tentang cara merawat kelinci yang bisa saya bagikan kepada Anda,mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang ingin sukses denganĀ  cara ternak kambing. TERIMA KASIH

 

× Whatsapp Kami!