Select Page

Halo, berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara menghilangkan rumput liar atau gulma. Bagi teman teman yang menggeluti pekerjaan di bidang pertanian dan perkebunan mungkin sudah tidak asing lagi mendengan kata gulma.

Bagi para petani gulma merupakan tanaman pembawa sial, bagaimana tidak, setiap tanaman ini muncul di lahan mereka maka tanaman mereka akan banyak mati karena unsur hara yang ada di tanah habis di serap oleh gulma. Maka dari itu tanaman ini di sebut tanaman pengganggu karena selalu mengganggu pertumbuhan tanaman para petani.

Tidak hanya mengganggu saja tanaman ini juga sangat sulit untuk di basmi. Setiap ladang sudah di bersihkan dari rumput liar, maka beberapa hari kemudian rumput liar akan tumbuh lagi, Ini terjadi karena pembersihan hanya di lakukan hanya dengan di mencabut rumput yang terlihat dan akarnya masih banyak yang tertinggal di dalam tanah.

Cara Menghilangkan Rumput Liar

Nah, untuk itu jika anda masih bingung bagaimana cara mengatisnya. Sebaiknya anda membaca artikel ini, karena artikel ini memberikan solusi atau lebih tepatnya cara untuk menghiangkan rumput liar atau gulma sampai ke akar akarnya. Akan tetapi alangkah leih baiknya kita mengenal tentang gulma terlebih dahulu.

Mengenal Rumput Liar atau Gulma

cara menghilangkan rumput liar

Rumput liar atau gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya selalu tidak diinginkan oleh para petani di lahan pertanian karena dapat menurunkan hasil panen yang harus dicapai oleh tanaman produksi dan pendapatan petani juga akan turut menurun.

Batasan gulma bersifat teknis dan plastis. Teknis, karena berkaitan dengan proses produksi dari suatu tanaman pertanian. Keberadaan gulma dapat menurunkan hasil pertanian karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksi melalui kompetisi dalam menyerap .unsur hara.

Plastis, karena batasan gulma tidak mengikat suatu spesies tumbuhan. Di tingkatan tertentu, tanaman berguna dapat berubah menjadi gulma. Begitu juga sebaliknya, tumbuhan yang biasanya dianggap sebagai gulma juga dapat dianggap tidak mengganggu. Contohnya, kedelai yang tumbuh di sela-sela pertanaman monokultur jagung dapat dianggap sebagai gulma.

Namun pada sistem tumpang sari dua jenis tanaman ini merupakan tanaman utama. Walau begitu, ada juga beberapa jenis tumbuhan dikenal sebagai gulma utama, seperti rumput teki dan alang-alang.

16 Cara Menghilangkan Rumput Liar dengan Mudah

cara menghilangkan rumput liar

1. Air Panas

Cara pertama yang dapat anda cobauntuk membasmi gulma adalah dengan menggunakan air mendidih, karena cara ini di klaim dapat mematikan rumput liar atau gulma. Ketika anda sedang merebus sayuran atau mie instan , air sisa rebusan tadi jangan di buang terlebih dahulu, Tetapi siramlah ke tempat di mana rumput liar biasa tumbuh.

Biasanya rumput liar akan layu dan mati jika terkena siraman air panas, karena air mendidih akan melehkan permukaan gulma dan merusaknya. Tentunya hal ini bukanlah hal yang sulit untuk anda lakukan dan tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini.

2. Garam

Rumput liar yang sering muncu di kebun atau di jalan setapak sekitar rumah anda sulit di hilangkan ?, solusinya anda dapat memanfaatkan garam. Garam adalah bahan alami yang aman dan mudah sekali di dapat baik di rumah (dapur) maupun membelinya di warung.

Selain itu penggunaan garam juga tidak menimbulkan bau menyengat tidak seperti bahan kimia lainnya.Cara penggunaannya juga sangat mudah, anda hanya tinggal menaburkan garam ke tempat rumput liar tumbuh, usahakan jangan sampai mengenai tanaman anda.

Jangan lupa untuk menaburkan air atau jika anda malas anda dapar menunggu hujan turun untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Di sini garam berfungsi menyerap kandungan air pada rumput liar, jadi gulam lama kelaman akan mengering dan mati, begitu juga dengan tanaman anda jika sampai terkena taburan garam tadi.

3. Campuran Air Kelapa dan Ragi Tape

Cara ke tiga menghilangkan rumput liar adalah dengan mencampurkan air kelapa dan ragi tape. Cairan ini di klaim lebih manjur dan cocok untuk gulma yang tipe besar dan sulit untuk di basmi seperti alng alang.

Bahan bahan yang perlu anda siapkan adalah :

  • 2 liter air kelapa,
  • 60 gram detergen,
  • 25 butir ragi tape
  • 1,5 kg pupuk urea dan 1/4 kg garam.

Langkah pembuatan :

  1. Pertama tama masukan air kelapa terlebih dahulu ke dalam ember atau wadah lainnya, masukan ragi dan pupuk urea ke dalam ember untuk di campur dengan air kelapa.
  2. Aduk hingga rata dan menyatu, terakhir masukan garam garam dan detergen secara sedikit demi sedikit secara perlahan lahan.
  3. Jangan lupa untuk terus mengas=duk sampai tercampur semua, kemudian air campuran di masukkan ke dalam tempat tertutup seperti jerigen atau lainya. Simpan selama kurang lebih selama 12 jam.

4. Boraks

Gulma yang tumbuh di celah celah beton di luar rumah amda dapat di atasi dengan menggunakan boraks, caranya dengan mencapur boraks dengan sedikit air lalu menaburkan boraks ke semua tempat atau celah di mana rumput liar tersebut tumbuh. Cara ini akan membunuh mereka dan tidak akan memiliki celah untuk berkembang bika lagi.

Penggunaan ini sudah terbukti. Selain itu tidak hanya rumput liar saja yang akan pergi, para serangga sperti semut dan rayap juga akan menjauhi rumah anda dan tidak akan memasukinya. Tetapi anda juga harus berhati-hati, ketika menabur boraks jangan sampai terkena tanaman anda, karena mereka juga dapat maracuni bagi tanaman lainnya

5. Bahan Kimia

Jika anda ingin membasmi rumput liar dengan cara cepat dan sampai tuntas hingga ke akar-akarnya. cobalah untuk menggunakan herbisida. Untuk informasi, herbisida merupakan produk yang brguna memberantas gulma yang sering di gunakan untuk kebutuhan pertanian. Produk herbisida banyak dijual di toko tanaman dan pertanian.

Cara kerja dari herbisida adalah meracuni rumput liar dengan masuk melewati daun dan meresap hingga akar rumput liar. Rumput liar yang sudah terkontaminasi herbisida akan mati dengan sendirinya. Biasanya, rumput liar tidak akan tumbuh lagi jika anda menggunakan herbisida ini. Kalau pun tumbuh kembali,butuh waktu yang lama pasca terkena herbisida.

6. Cuka

Selain itu, cuka yang bisa ditemukan di dapur juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi rumput liar di rumah. Asam asetat yang terkandung dalam cuka 5% merupakan zat yang menyebalkan bagi daun tanaman. Zat ini dapat merusak tanaman muda dengan akar yang belum dewasa, meskipun hanya menggulung gulma dengan kekeringan.

Cukup campurkan cuka dengan sabun cuci piring secara merata dan semprotkan pada gulma yang menggangu. Kandungan aetic acid pada cuka akan mematikan gulma secara perlahan tapi pasti dan sabun cuci akan membuat cuka melekat pada dedaunan.

Pastikan Anda menutupi tanaman lain sebelum melakukan penyemprotan, karena cuka adalah pembasmi gulma yang efektif. Jauhkan semprotan Anda pada target dengan melepas bagian bawah botol soda plastik 2 liter, dan letakkan di atas rumput liar. Semprotkan cuka ke dalam mulut botol, yang akan mencegahnya memercik pada sayuran Anda.

7. Herbisida Buatan Sendiri

Cara lain yang patut di coba untuk mengatasi serangan gulma adalah dengan cara membuat herbisida sendiri. Bahan bahan yang perlu anda siapkan.

  • Bensin 1 liter
  • Solar 1 liter,
  • Garam 1 liter,
  • Pupuk Urea 1 kg, dan
  • sabun colek 1 kg

Cara pembuatan :

  1. Pertama tama campurkan terlebih dahulu bensin. Solar dalam satu wadah,
  2. Lalu campurkan garam, pupuk urea dan sabun colek wadah lain.
  3. Campurkan kedua cairan itu secara perlahan di wadah yang berisikan bensin dan solar tambahkan sedikit demi sedikit cairan garam , pupuk dan sabun jangan lupa aduk hingga tercampur rata semua nya.

Anda dapat menggunakannya dengan cara menyemprotkan herbisida ke gulma. Cara penggunaannya, siapkan air dan alat semprot , tambahkan cairan herbisida yang telah di buat tadi dengan perbandingan air dan herbisida 2:1 . Semprotkan herbisida dengan hati hati pada rumput yang telah tumbuh besar dan tua.

8. Koran

Koran juga dapat di gunakan untuk membasmi gulma, karena koran dapat menghalangi sinar matahari dan oksigen untuk mencapai tanah, cara ini akan menyiksa dan melumpuhkan gulma yang telah tumbuh, serta mencegah pertumbuhan baru.

Caranya yaitu simpan koran dalam 10 lembar lapisan lalu basahi koran untuk menahannya dan tutup dengan satu atau dua inci mulsa. Jika gulma mulai tumbuh di mulsa, tambahkan lebih banyak lapisan yang pada akhirnya akan membusuk dan menyuburkan tanah.

9. Botol

Ketika anda menggunakan herbisida untuk membunuh gulma di kebun Anda, Anda perlu berhati-hati untuk tidak menyemprot dan membunuh tanaman anda sendiri.

Untuk mengisolasi rumput yang ingin anda bunuh, potonglah botol minuman soda ukuran 2 liter menjadi dua bagian dan letakkan potongan bagian atas  ke gulma yang ingin anda semprot. Kemudian arahkan tongkat penyemprot pompa Anda melalui bukaan biasa di bagian atas botol dan semprotkan.

Setelah semprotan selesai, ambil botol dan lanjutkan ke target gulma Anda berikutnya. Selalu kenakan kacamata dan sarung tangan saat menyemprotkan bahan kimia di kebun.

10. Sabun Mandi

Sabun mandi yang setiap hari kita pakai ternyata dapat di gunakan untuk menghilangkan rumput liar, tapi tahukah kalian selain dapat untuk membersihkan kotoran dan mencuci piring, sabun juga dapat membasmi gulma.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat mencampurnya dengan dengan air cuka secukupnya, untuk memudahkan pengaplikasiannya anda dapat menggunakan alat penyemprot, lalu semprotkan sabun ke rumput liar yang mengganggu.

Rumput liar atau gulma yang sudah terkena semprotabn tadi biasanya akan terlihat mengkilap, jadi anda dengan mudah untuk membedakan mana yang sudah dan mana yang belum di semprot.

11. Pemutih

Apakah rumput liar tumbuh subur di sekitar rumah anda, celah celah jalan setapak, dan tembok Anda? Maka cobalah menuangkan sedikit pemutih murni di atasnya. Selang satu atau dua hari, Anda dapat menariknya dengan mudah dan tentu saja pemutih akan mencegahtanaman liar tersebut datang kembali.

Berhati-hatilah agar tidak menggunakan pemutih sembarangan.

12. Corn Gluten Meal

Produk sampingan dari jagung ini dapat menghentikan benih dari tumbuhan yang akan menjadi gulma. Karena mereka dapat mencegah perkecambahan pada gulma. Caranya : sebarkan corn gluten meal ke sekitar tanaman liar yang tumbuh atau setelah Anda menanam bibit dan pencangkokan ditanam di tanah.

13. Vodka

Selain untuk di minum ternyata vodka juga dapat di gunakan sebagai pembasmi rumput liar atau gulma dengan cepat dan mudah. Caranya: campurkan 1 ons (30 mililiter) vodka, beberapa tetes sabun cuci piring, dan 2 gelas air ke dalam botol semprot.

Pengaplikasiannya adalah semprotkan vodka pada daun gulma sampai campurannya habis. Oleskan pada siang hari yang cerah untuk rumput liar yang tumbuh di bawah sinar matahari langsung, karena alkohol dapat memecah kutikula yang menutupi daun, membuat mereka rentan terhadap dehidrasi di bawah sinar matahari.

Cara ini tidak akan berhasil jika di gunakan di tempat yang teduh.

14. Cara Menghilangkan Rumput Liar : Belerang

Bagi anda yang tinggal di dekat gunung yang menghasilkan belerang bersenanglah karena anda dapat memanfaatkan belerang untuk membasmi rumput liar, karena belerang dapat di gunakan sebagai salah satu campuran utama untuk ramuan pembasmi rumput liar.

Bahan bahan yang di perlukan :

  • siapkan 4 liter air,
  • garam 2 kg ,
  • cuka 2 botol kecil dan
  • belerang 3 ons.

Cara membuat nya adalah dengan merebus semua bahan kecuali cuka, aduk hingga merata , jika sudah mendidih angkat lalu masukan cuka nya dan masukan ke dalam jerigen atau botol ukuran besar , biarkan selama 12 jam agar herbisida alami  dapat bekerja dengan maksimal untuk membasmi gula.

15. Bensin

Salah satu cara membasmi rumput liar di kebun adalah dengan memanfaatkan bensin. Campurkan bensin dengan garam, pupuk urea, serta sabun cuci secara merata kedalam botol semprot dan semprotkan pada gulma yang hendak dibasmi.

Satu hal yang perlu anda ingat ketika menggunakan metode ini yaitu sifat bensin yang keras bisa merusak tanaman lain dan mencemari tanah.

16. Mulsa

Cara terakhir untuk menjaga halaman Anda dari tanaman liar adalah dengan menutupi tanah Anda dengan mulsa organik atau sintetis yang dapat menghalangi sinar matahari. Mulsa organik dalam beberapa bulan dapat memperbaiki struktur tanah dan menambah nutrisi.

Mulsa sintetis berbahan kertas atau plastik dapat bertahan beberapa musim, tetapi tidak akan membantu membangun kembali kondisi tanah kalau terjadi kekeringan. Perhatikan membuat mulsa dibawah ini:

  • Basahi tanah sebelum Anda meletakkan lapisan-lapisan kertas, yang akan mencegah kertas terlepas saat anda bekerja.
  • Tutupi tanah yang terkena sinar matahari untuk mencegah gulma.
  • Sebarkan mulsa 2 hingga 4 inci untuk membasmi gulma (tanaman liar) dan mempertahankan kelembapan.

Cara Menghilangkan Rumput Liar : Contoh Rumput Liar

cara menghilangkan rumput liar

Anting Anting

Rumput ini memiliki ciri ciri daun berbentuk bulat dan lonjong. Letaknya berseling dengan ujung pada pangkal yang lancip, juga memiliki ujung yang bergerigi. Daun anting anting memilki panjang mencapai 8 cm dan lebar mencapai 3,5 cm. Rumput ating anting sering muncul di sekitar rumah maupun di sawah atau kebun.

Alang Alang

Alang alang atau ilalang (Imperata Cylindrica Raesuch) dikenal dalam bahasa inggris sebagai bladygrass, congograss, speargrass, dan secara umum satin tail. Adalah jenis rumput yang memiliki daun tajam yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian maupun pekarangan.

Ilalang memiliki ciri daunnya panjang seperti pita, tumbuh tegak dengan tinggi 0.5 – 1.5 m, berbatang padat, beruas, bertunas panjang, dan bersisik dengan pucuknya yang meruncing seperti duri, serta berumur panjang.

Putri Malu

Putri malu memiliki nama latin Mimosa Pudica adalah rumput liar yang termasuk anggota anggota suku polong polongan yang mudah di kenali karena daunnya yang jika anda sentuh akan menguncup atau layu dengan sendirinya secara cepat.

Jenis rumput ini memiliki ciri ciri batang yang berduri tajam, jika disentuh maka daunnya menutup, batangnya berwarna merah saat masih muda dan hijau saat tua, daun bagian atas berwarna hijau sedangkan bagian bawah berwarna merah kecoklatan.


Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai artikel yang membahas tentang cara menghilangkan rumput liar dengan mudah yang terjamin 100% bekerja. Semoga dengan membacanya ilmu dan wawasan anda dapat bertambah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

× Whatsapp Kami!