Select Page

Halo, berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali saya akan membuat artikel yang membahas tentang bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia karena di bumi Nusantara memiliki banyak sekali sumber daya alam, mulai dari laut hingga daratannya.

Hal ini di sebabbkan karena letak geografis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan penghujan atau beriklim tropis. Dan efeknya hampir semua makhluk hidup termasuk hewan ternak dapat hidup di Indonesia dengan ikilm tropis. Serta bukanlah yang sulit untuk melakukan usaha budidaya hewan ternak di Indonesia.

Sektor bisnis hewan ternak jika dijalani dengan serius dan konsisten dan serius maka akan mendapatkan hasil keuntungan yang besar. Terlebih lagi untuk jenis hewan ternak konsumsi yang sangat di butuhkan masyarakat baik untuk konsumsi biasa maupun untuk  di olah kembali ke dalam bentuk yang lain. Dan tak jarang pula hasil ternak masih kekurangan di pasaran.

Salah satu penyebabnya adalah jumlah peternak di negara kita masihlah sedikit peminatnya. Padahal jika di ingat kembali, negara kita mempunyai letak geografis dan ketrsidaan sumber daya alam yang sangat mendukung untuk menjalankan usaha agrobisnis. Maka dari itulah sektor bisnis ini memiliki prospek yang bagus jika kita pilih.

Indonesia sekarangi sedang membutuhkan lebih dari 10.000 pengusaha baru untuk membantu meningkatkan perekonomian masayarakat Indonesia. Karena sampai sekarang pengusaha di indonesia baru mencapai 2% dari seluruh total jumlah penduduk indonesia. Salah satu pengusaha yang dibutuhkan di Indonesia adalah pengusaha ternak.

Potensi untuk mendapatkan keuntungan besar dari usaha ternak sangat menjanjikan. Pasar indonesia saat ini masih mengimpor daging ternak dari berbagai negara guna memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat indonesia, selain itu sedikitnya jumlah pengusaha ternak di indonesia membuat harga daging sapi maupun jenis lainnya menjadi lebih tinggi.

Dan sebgai masukan kepada anda yang tertarik menjalaninya, berikut adalah macam usaha ternak yang mudah di jalani dan cepat menghasilkan.

Mengenal Bisnis di Bidang Agribisnis

bisnis peternakan yang paling menguntungkan

Agribisnis merupakan  bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor bawah maupun di atas. Penyebutan tersebut  mengacu pada pengertian pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).Dengan kata lain Agribisnis merupakan usaha yang bergerak di bidang penyediaan pangan.

Istilah “agribisnis” berasal dari bahasa Inggris yaitu agribusiness, yang merupakan gabungan dari agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai agribisnis dan dalam bahasa baku menrut KBBI adalah agrobisnis.

Objek dari bisnis agribisnis berupa tumbuhan dan hewan, namun dalam artikel ini yang kita tekankan adalah di bidang hewani atau peternakan. Budidaya merupakan inti dari agribisnis.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan

Ternak Lebah Madu

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha ternak ini, anda akan mendapat keuntungan double yaitu selain harga jual madunya yang mahal, lebahnya juga dapat di jual dengan harga yang mahal pula, selain itu sarangnya juga dapat di jadikan olahan masakan bothok.

Untuk melakukan ternak lebah madu harus memperhatikan suhu dilingkungan sekitar. Karena suhu yang ada di lingkungan sangat mempengaruhi madu yang dihasilkan oleh lebah. Selain itu anda juga harus memperhatikan cuaca, karena cucaca yang ekstrim bunga juga jarang di temukan dan produksi lebah akan berkurang dan bahkan lebah juga dapat mati kelapran.

Ternak Burung

Untuk ternak burung, anda hanya perlu memiliki sedikit keahlian saja, yaitu kepekaan terhadap perasaan burung dan rajin untuk memberi pakan. Sampai sekarang ternak burung masih menjadi trend di Indonesia dan harga jual burung juga masih relatif stabil.

Burung yang memiliki harga jual yang cukup mahal yaitu burung murai batu, love bird (burung cinta) dan lainnya. Anda juga bisa beternak burung seperti Beo dan Jalak Bali tetapi anda harus memiliki surat izin pemerintah sebelum mulai ternak burung tersebut.

Ternak Jangkrik

Jika pengusaha ternak bertambah banyak, maka semakin banyak pula konsumsi jangkrik yang dibutuhkan. Sekarang bukan  hanya peternak burung saja yang membutuhkan jangkrik, tetapi orang yang  punya hobi  memelihara burung juga membutuhkan jangkrik untuk burung peliharaannya.

Kenapa lebih memilih jangkrik bukan pakan lainnya? Karena protein yang terdapat dalam tubuh jangkrik bagus untuk pertumbuhan burung peliharaan, terlebih bagi burung yang sering di ikutkan lomba.

Ternak Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong gampang dan membutuhkan modal yang tidak banyak. Dan hanya dalam waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat.

Dan yang masih membingungkan adalah masih saja ada daerah yang masih kekurangan pasokan ikan lele padahal cara beternaknya saja mudah, contohnya kota Yogyakarta. Peternak lele lokal jogja belum mampu memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, akhirnya harus membutuhkan pemasok dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lele.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak Keong

Bagi para petani, keong merupakan hama penyakit, akan tapi bagi para ilmuan atau ahli medis, keong merupakan salah satu obat yang sangat baik untuk beberapa penyakit pada manusia mampu mengobati banyak penyakit, seperti diabetes, penyakit kuning, liver, maag, kolesterol, dan penyakit lainnya.

Kini seiring berjalannya waktu, semakin hari keberadaan keong disawah semakin sedikit, Hal ini dapat menjadi peluang bagi anda untuk membudidayakan keong. Selain di gunakan sebagai obat keong anda juga dapat di masak menjadi olahan kuliner. Bahkan pemjualan keong sudah merambah pasar ekspor.

Ternak Kelinci

Para peminat kelinci tidak hanya untuk menggkonsumsinya saja, tetapi juga untuk di jadikan hewan peliharaan kembali bagi orang yang hobi dengan binatang ini, peminatnya pun juga banyak mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Mungkin harga kelinci konsumsi tidak semahal kelinci untuk di pelihara, namun harganya masih lebih mahal dari hewan kecil lainnya.

Harga kelinci lokal di pasaran di patok kurang lebih Rp.120.000 sampai Rp.150.000 sepasang dan Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per ekornya untuk kelinci usia 2-3 bulan. Usia dari kelinci lokal juga terbilang lumayan lama yaitu mencapai 5 hingga 10 tahun.

Ternak marmut

Berbeda dengan ternak kelinci, cara bertenak marmut tergolong lebih gampang dan cepat, akan tetapi harga jualnya juga lebih murah. biasanya marmut di jual untuk peliharaaan dan juga di konsumsi. Salahsatu contoh olahan masakan dari marmut  adalah sate.

Ternak Tokek

Untuk menghasikan tokek dengan kualitas terbaik, biasanya para peternak tokek akan membuat sebuah penangkaran khusus untuk tokek, yang awalnya peternak tokek mencari tokek di hutan, lalu di masukkan ke kandang penangkaran. Setelah itu, sebelum di jual biasanya harus di pilih terlebih dahulu antara yang besar dan yang kecil.

Ternak kroto

Pada jaman dahulu kalu hanya untuk mendapatkan kroto masih tergolong mudah karena alam sudah menyediakan. Namun seiring perkembangan jaman kroto yang ada di alam sudah kian menipis.

Potensi ternak kroto untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat tinggi. Di tandai banyaknya pabrik pakan burung yang membutuhkan kandungan kroto alami untuk pencampuran produk yang ingin dihasilkan.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan :Ternak Cacing

Salah satu usaha ternak yang juga tidak sulit untuk di jalankan dan menguntungkan adalah budidaya cacing Lumbricus. Untuk media perkembangan biaknya adalah berupa tanah yang di campur dengan sampah organik, daun, jerami, dan lainnya.

Hal penting yang harus di perhatikan adalah ada pada penyiapan medianya saja, jika komposisinya sudah seimbang anda hanya tiggal menunggu saja hasilnya.

Ternak Ayam petelur

Beternak ayam petelur sama seperti beternak hewan lain. Konsumsi telur di indonesia semakin hari semakin meningkat, bukan hanya untuk dimakan oleh masyarakat tetapi juga di jadikan produk yang lebih bernilai harganya contohnya mayones .

Usaha ternak ayam petelur tergolong mudah, karena anda hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Anda juga tidak perlu repot repot untuk mengeluarkan dan memasukan ayam dari kandang.

Ternak Ayam Potong

Jenis usaha ini masih banyak dilirik pengusaha muda, namun tidak sedikit pula  yang meninggalkan jenis usaha ini, mungkin karena kurangnya ilmu pengetahuan mengenai usaha ini. Negara kita masih membutuhkan daging ayam dengan jumlah yang banyak.

Biasanya daging ayam potong di gunakan untuk menyuplai restoran, hotel ,dan tempat kuliner lainnya. Dan banyak yang mampu bertahan di bisnis ini hingga akhirnya mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

Ternak Ayam Kampung

Beebeda dengan ternak ayam negri atau potong, jika ternak ayam kampung memerlukan waktu yang lebih lama. Banyak orang yang menyukai daging ayam ini. Tetapi orang yang menjualnya hanyalah peternak tertentu saja. Untuk tambahan saja,  sebaiknya anda juga beternak ayam bangkok.

Kenapa ? Karena jika kita memelihara ayam bangkok ruang lingkup pasar kita akan semakin luas. Orang yang hobi ayam bangkok atau petarung biasanya memiliki relasi teman yang sangat banyak dan mudah untuk diajak menjadi partner berbisnis.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak Ikan Nila

Ikan nila bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan bagi anda. Ikan nila  lebih menyukai dan cocok hidup di air yang mengalir. Harga jual ikan nila juga cukup mahal jika sudah sampai di pasar.

Anda tidak perlu takut dari mana pembeli ikan nila yang akan anda kelola, karena sekarang banyak restoran hotel yang membutuhkan jenis ikan ini dengan syarat anda mampu menyuplainya secara kontinyu atau berkelanjutan. Selain itu anda juga bisa menjualnya di pasar.

Ternak Ikan Gabus

Ikan gabus selain dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan vitamin dan protein yang ada dalam ikan gabus juga baik untuk pertumbuhan anak anak. Banyak dari pengusaha kuliner yang membutuhkan ikan jenis gabus untuk di olah menjadi kue, dan produk makanan lainnya yang dapat dimakan langsung ketika sedang ada dalam perjalanan.

Selain itu anda juga dapat menyuplai restoran kuliner, permintaan ikan gabus dipasaran juga masih sangat banyak.guna menyembuhkan berbagai macam penyakit

Ternak Belut

Mungkin peminat belut adalah hanya orang orang tertentu saja, tetapi itulah yang membuat harga belut menjadi sangat mahal. Dan tidak semua orang dapat membudidayakan belut. Namun jika anda merasa mampu untuk membudidayakannya segera lakukan saja. Pasar dari penjualan belut juga menembus pasar ekspor.

Ternak Bebek

Daging bebek sangat di sukai banyak orang, Selain itu anda juga mendapat pendapatan double selain anda beternak bebek anda juga akan dapat memfaatkan telur bebek untuk anda olah kembali menjadi telur asin. Hal ini dapat di ibaratkan Menyelam sambil minum air. Harga daging bebek pun relatif masih mahal yaitu sekitar Rp.42.000.

Jika dilihat kembali, Saat ini sangat jarang orang yang membutuhkan bebek. Namun jika anda sudah terjun di dunia bisnis peternakan bebek, anda tidak akan mengira bahwa ternak bebek juga sangat menguntungkan.

Ternak Sapi

Sapi adalah jenis hewan yang memakan rumput, jenis ternak ini  sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.Saat ini harga jual daging sapi per kilonya mencapai Rp.120.000, untuk mewujudkan harga yang lebih ekonomis jumlah peternak sapi harus di perbanya. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi dampak impor daging dari luar negri.

Ternak Ular Kobra

Ular adalah pilihan yang tepat untuk melakukan usaha peternakan bagi anda pencinta reptil, harga jual ular kobra per ekor cukup mahal yaitu sekitar 600.000 sampai 1.500.000. Bisnis ini masih jarang di lakukan di Indonesia, mungkin karena pasar jual di Indonesia kurang bagus.

Akan tetapi di luar negeri jenis usaha ternak seperti ini sudah banyak di kembangkan. Jika anda tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba, selain di jual di pasar lokal anda dapat merambah pasar internasional.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak kambing

Kambing adalah hewan yang juga termasuk dalam hewan herbivora atau pemakan tumbuhan, usaha ternak kambing ini juga menjadi salah satu alternatif usaha setelah ternak sapi, usaha ternak kambing tidaklah sulit hampir sama dengan memelihara sapi. Tetapi keuntungan yang didapatkan juga lebih sedikit dari ternak sapi.

Ternak Udang

Udang sendiri biasanya dibudidayakan oleh peternak yang berdomisili atau hidup di pinggiran pesisir pantai. Udang sampai saat ini masih menjadi kebutuhan yang sangat di manati oleh masyarakat luas. Untuk memulai ternak udang juga membutuhkan modal yang lumayan besar, namun keuntungan yang akan dapatkan juga sepadan dengan yang anda keluarkan.

Bahkan saat ini harga penjualan udang mecapai Rp.80.000 per kg, dan untuk satu petak tambak jika memang berhasil maka akan menghasilkan udang sebanyak 3,5 ton udang. Dan anda kalikan sendiri uang yang di dapatkan, fantastis bukan.

Ternak Ikan Arwana

Siapa yang akan menduga selain harga jualnya yang selangit, ikan arwana juga di percaya sebagai ikan pembawa rejeki yang melimpah. Harga ikan arwana yang tidak memiliki cacat dan mempunyai standar tertentu bisa sampai 1 milyar rupiah. Namun jangan memikirkan harga segitu, ikan arwana juga dipercaya membawa rejeki bagi orang yang membudidayakannya.

Ternak Ikan Kakap

Ikan kakap mempunyai potensi pasar yang bagus, kebanyakan peminatnya adalah masnyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke atas. Hal ini karena harga semangkuk kepala ikan kakap dapat mencapai Rp.75.000 hingga Rp.150.000.

Akan tetapi jangan hanya di lihat dari harganya saja, karena sampai saat ini kebutuhan ikan kakap untuk memenuhi permintaan pasar masih sangat kurang. Jika anda serius ingin beternak , anda dapat berkonsultasi dengan hotel atau restoran terdekat untuk memasarakan jenis bisnis ini juga utuk menambah relasi.

Ternak Burung Puyuh dan Di Ambil Telurnya

Untuk mebudidayakan burung puyuh sebaiknya anda lakukan di daerah yang jauh dari pemukiman warga, karena polusi yang di hasilkan dari hewan ternak ini sangat menyengat. Selain telur burung puyuh yang di jual, anda juga dapat membudidayakan burung puyuh untuk dijual kembali. Karena permintaan bibit burung puyuh sampai saat ini masih sangat banyak.

Ternak Ulat Sutra

Pada umumnya jenis ternak ini di budidayakan pada daerah dataran tinggi yang mempunyai suhu udara yang dingin. Harga jual dari sutra yang dihasilkan cukup mahal. Pasar dari hasil budidaya ulat sutra sangat luas sekali mulai dari pasar lokal hingga menjangkau pasar internasional.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak Belatung

Belatung merupaka salah satu obat mujarab untuk penyandang penyakit diabetes. Untuk mengkonsumsinya biasanya akan  di kombinasikan menjadi sebuah pil oleh para pakar obat. Selain menjadi obat diabetes, belatung juga di manfaatkan menjadi pakan burung dan ikan yang permintaanya masih sangat banyak di negara kita.

Ternak Burung Walet

Ternak paling gampang adalah ternak burung walet, anda hanya perlu menyiapkan gedung dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan seperti alat khusus untuk memanggil burung walet. Setelah itu anda hanya tinggal menunggu sampai air liur dari burung walet siap untuk di panen.

Untuk informasi saja harga jual sarang walet per kilo mencapai Rp.14.000.000 juta, tetapi modal dari bisnis ternak walet juga sangat besar. Tantangan memulai usaha ini tidak hanya pada modal uang saja namun juga terhadap lengkungan warga sekitar. Perlu dilakukan perjanjian perjanjian tertentu agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar.


Itulah 27 jenis hewan ternak yang menguntungkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya memerlukan kerja keras dan cerdas, serta tak lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekian dari saya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.