Select Page

Ada banyak jenis makanan kambing selain rumput yang bisa kamu coba sebagai variasi makanan dan sumber nutrisi.

Beternak kambing memang sangat menguntungkan karena kebutuhan pasar akan hewan yang satu ini masih sangat tinggi. Sebagai hewan Qurban, Aqiqah, memenuhi permintaan restoran gulai dan sate kambing adalah contoh kebutuhan akan hewan yang satu ini.

Merupakan jenis hewan mamalia yang bereproduksi dengan melahirkan menyusui. Hewan ini dapat melahirkan anakan sebanyak 1 sampai 3 ekor dalam satu kali melahirkan. Kambing merupakan hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan atau disebut dengan herbivora. Kambing mengkonsumsi hampir 100% hijauan atau tumbuh-tumbuhan setiap harinya. Hewan kambing juga memakan jenis makanan kambing selain rumput seperti buah-buahan.

Makanan Kambing

Merupakan daftar makanan yang aman dan memiliki kandungan gizi yang melimpah. Sehingga menunjang pertumbuhan kambing. Disebut hewan pemakan tumbuhan atau herbivora, otomatis kambing hanya mau makan makanan yang berbasis tumbuhan. Seperti rumput-rumputan dan dedaunan. Tapi tak menutup kemungkinan juga doyan makan buah-buahan. Meskipun kambing dianggap sebagai daging hewan yang lakunya situasional, hanya pada moment-momont hari raya seperti Idul Adha.

Namun sebenarnya binatang ternak ini bisa laku di hari-hari biasa. Banyak permintaannya untuk memenuhi kebutuhan pasar kuliner. Seperti sate kambing dan gulai kambing adalah masakan yang sangat laris di Indonesia. Dan daging kambing juga sering dibutuhkan untuk acara hajatan akikah, pernikahan maupun moment-moment pesta para pecinta kambing.Jadi tidak ada salahnya jika ingin memelihara kambing. Asalkan paham betul mengenai makanan kambing. Bagaimanapun itu juga, kunci kesuksesan dari beternak kambing ada pada pengaturan pakannya yang tepat.

Jenis Makanan Kambing

Meskipun kambing merupakan hewan herbivora, namun ia tak selamanya hanya makan rumput saja. Sebagai peternak, Anda harus memberikan variasi makanan yang lain supaya ternak mendapatkan gizi, nutrisi dan zat pertumbuhan lainnya.

Alaminya, kambing ini merupakan hewan herbivora, artinya kambing adalah hewan yang mengkonsumsi makanan berupa hijauan atau tumbuh-tumbuhan. Makanan utama kambing sebenarnya adalah hijauan seperti rerumputan. Hewan kambing juga memakan jenis makanan kambing selain rumput seperti konsentrat. Merupakan makanan kambing yang diracik untuk menambah mineral yang dibutuhkan oleh kambing. Selain jenis makanan kambing selain rumput ada banyak seperti buah-buahan, umbia-umbian dan lain sebagainya.

Umumnya jenis makanan kambing adalah berupa tumbuhan atau hijauan. Banyak diketahui orang yang tahu bahwa makanan kambing adalah rerumputan. Memang ada perbedaan beberapa jenis tumbuhan yang termasuk rerumputan dan bukan rerumputan. Makanan hijauan ini sebenarnya bukanlah makanan utama yang paling kambing sukai.

Jenis-jenis makanan kambing selain rumput yang bisa peternak sediakan jikalau jumlah rumput menipis di daerah peternak. Ada beberapa makanan kambing ada yang berasal dari jenis rerumputan, semak, dedaunan dan buah-buahan.

Pengolahan Daging Kambing

Dari hasil penyembelihan kambing dengan melalui pemberian pakan fermentasi, lemak pada daging ternyata hanya sedikit sekali. Lemak yang ada hanya pada area ekor saja. Untuk pembuatan jenis pakan alternatif bisa dilakukan dengan membuat pakan dalam jumlah banyak sekalian saja, hal ini untuk menjaga ketersediaan pakan dalam waktu beberapa minggu.

Jenis pakan kambing selain rumput melalui cara fermentasi dengan memilih tehnologi dan bahan dasarnya akan menjadi syarat utama. Dengan hasil ini akan aman dan baik untuk dikonsumsi kambing, apabila tidak terkeca sinar matari secara langsung dan terkena hujan.

Banyaknya permintaan daging kambing yang terjual setiap hari untuk diolah menjadi berbagai masakan bercitra rasa tinggi. Aneka masakan dari mulai gulai kambing, dan sate kambing menjadi salah satu masakan yang sangat laris dipasaran dengan dimasak sate dengan resep bumbu sate kambing yang enak.  Untuk acara – acara seperti pernikahan, aqiqah kelahiran, beberapa acara keagamaan, dll juga membuat daging kambing laku dijual setiap hari.

Harga kambing akan melambung tinggi terutama saat mendekati Hari Raya Idul Adha atau hari raya qurban. Di perayaan hari raya ini biasanya peternak menikmati keuntungan yang berlipat-lipat dibandingkan dengan jual harian.

Solusi Teknologi Fermentasi Untuk Menyediakan Pakan Yang Bermutu

Pilihan yang paling mudah adalah menggunakan teknologi fermentasi pakan. Alasannya karena bahan baku yang digunakan bisa dari berbagai daun, dan jenis rumput kering, atau semacam limbah pengolahan kedelai untuk tahu dan tempe. Pemilihan bahan-bahan pakan bisa menggunakan gedebog pisang yang ditambahkan dnegan bekatul atau dedak.

Jenis dari bahan tersebut kemudian dicampur lalu difermentasikan selama 3 x 24 jam. Hasilnya adalah makanan ternak fermentasi yang lebih awet dengan bau yang khas dan juga kandungan karbohidrat, vitamin, dan juga protein yang cukup stabil. Memberikan makanan secara teratur dengan jumah yang seimbang antara berat pakan dan juga berat hewan akan membuat ternak tumbuh dan terpelihara dengan lebih baik.

Jenis pakan kambing selain rumput dari hasil fermentasi bisa diberikan untuk pakan ternak sebanyak dua kali untuk pagi dan sore hari. Apabila pertama kali ternak kurang suka bisa diberi sedikit demi sedikit sampai akhirnya ternak mau makan dengan lahap. Selain itu ternak juga perlu diberi makan lain seperti katul konsentrat dan juga air minum yang selalu tersedia.

Pakan Kambing Yang Bermutu

Untuk makanan kambing rumput perlu dipikirkan oleh peternak domba, kambing, sapi karena jika tergantung pakan dengan rumput makaketika padamasa kemarau akan kesulitan mendapatkan pakan yang cukup alhasil ternak akan lebih kurus dibandingkan pada masa penghujan. Secara perhitungan kondisi tersebut sangat merugikan peternak karena kenaikan bobot badan ternak tidak terlalu signifikan sehingga secara waktu dan biaya tidak mendapatkan keuntungan maksimal.

Dilihat dari tersebut kami membuat inovasi pakan yang tidak tergantung dengan kondisi alam. Hanya modal pengethauan kami tentang nutrisi pakan kami membuat formulasi pakan yang sudah lengkap nutrisinya dengan memanfaatkan hasil sampingan indutri yang persediaan bahannya dapat dijamin stoknya. Maka dari itu kami membuat pakan dengan menggunakan beberapa jenis bahan pakan yang sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan pakan ternak.

Pakan ini kami beri nama pakan ternak instan karena pakan ini sudah lengkap nutrisinya  tinggal diberikan saja ke ternak tanpa ribet, tanpa bingung kompisisinya lagi. Dan sudah pasti pertumbuhan badannya akan terus meningkat tanpamembutuhkan waktu yang lama lagi.

Makanan Kambing Selain Rumput Yang disukai

Makanan Kambing

Kenyataannya masih memiliki sedikit kesalahan persepsi selama ini untuk menentukan jenis makanan utama yang disukai oleh kambing. Normalnya, masyarakat menganggap bahwa rerumputan adalah makanan yang paling disukai kambing. Karena dengan menggunakan mesin chopper rumput perajang rumput memudahkan dalam pemotongan rumput menggunakan mesin pencacah rumput. Sementara itu persepsi tersebut belum sepenuhnya benar karena berdasarkan pengamatan dan beberapa buku menjelaskan bahwa kambing lebih menyukai dedaunan daripada rerumputan.

Terdapat perbedaan antara kambing dan domba dalam memilih makanan. Domba lebih menyukai makan rerumputan, sedangkan kambing lebih suka untuk memakan dedaunan. Dan kemudian dapat disimpulkan bahwa makanan kambing selain rumput yang disukai adalah daun-daunan. Melainkan, apa saja jenis makanan kambing selain rumput yang disukai oleh kambing? Berikut ini kita akan mengulasnya satu persatu.

Daun daunan

Memang, daun-daunan adalah jenis makanan kambing selain rumput yang paling disukai. Apabila terdapat ada dua pilihan, seringkali kambing lebih memilih makanan jenis daun-daunan karena memiliki tekstur yang lebih halus daripada rumput-rumputan.

Daun-daunan  juga tidak terdapat bulu-bulu runcing seperti pada rumput-rumputan. Macam daun-daunan yang biasa dikonsumsi oleh kambing adalah daun nangka, daun jambu biji, daun waru,daun akasiah, daun mahoni, daun albasiah, daun lamtoro, daun singkong, dan daun kakao. Dari macam daun-daunan tersebut, masih banyak jenis-jenis daun-daunan yang lainnya.

Konsentrat

Zat ini sebenarnya adalah campuran beberapa bahan yang dijadikan satu untuk memenuhi kebutuhan mineral yang tidak terdapat pada rumput. Dan zat ini dibuat juga bertujuan untuj mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak terutama pada ternak kambing penggemukan.

Ampas Tahu

Merupakan hasil sisa atau limbah hasil dari pengolahan kedelain menjadi tahu ataupun susu kedelai. Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Maka dari itu, ampas tahu juga baik untuk mendukung pertumbuhan kambing pada penggemukkan.

Ampas Kelapa

Sudah sering dijadikan pakan ternak, bagaimana dengan ampas kelapa? Ampas kelapa yang banyak menjadi sampah rumah tangga ternyata masih memiliki kandungan protein sebesar 20%-25%. Oleh sebab itu sangat direkomendasikan untuk diolah menjadi makanan ternak kambing. Ampas kelapa sebaiknya dikukus kembali untuk menurunkan kadar lemak dan membuat teksturnya menjadi lebih kering.

Ampas Singkong

Limbah dari hasil pengolahan singkong untuk diambil sarinya dan dijadikan tepung kanji ataupun bioetanol. Limbah singkong memiliki kandungan energi yang cukup banyak.

Jerami Fermentasi

Kebanyakan jerami fermentasi merupakan makanan yang diberikan pada sapi sebagai pengganti rumput. Jumlah zat serat cukup sebagai pengganti rumput namun sedikit energi dan zat mineral yang lain sehingga penggunaannya harus tetap dicampurkan dengan jenis makanan yang lain.

Gedebok Fermentasi

Jenis pakan kambing selain rumput yang bertujuan untuk mengatasi ketergantungan rumput dan daun-daunan yang lain. Gedebok bisa diberikan sebagai pakan kambing. Melainkan, dalam penggunaannya harus diperhatikan karena gedebok tidak memiliki semua unsur mineral yang dibutuhkan kambing.

Kulit Kacang

Merupakan limbah pertanian yang masih memiliki kandungan protein cukup tinggi dan juga lemak. Biasanya digiling dan dicampurkan pada konsentrat kambing.

Tongkol Jagung

Makanan kambing selain tumput selanjutnya adalah tongkol jagung dipilih sebagai pakan alternatif karena menyediakan komposisi mineral dan energi yang dibutuhkan kambing seperti karbohidrat, lemak dan juga protein. Saat akan memberikan pada ternak, tongkol jagung digiling sampai halus setelah itu dicampur dengan bahan lain menjadi konsentrat.

Kulit Jagung

Kulit jagung merupakan salah satu pakan alternatif ternak yang paling ideal terutama untuk kambing. Makanan ini mengandung tinggi serat dan kadar gulanya juga cukup tinggi terutama kulit jagung manis.

Kulit Pisang

Banyak didapatkan pada industri pengolahan keripik pisang atau sale pisang. Diberikan langsung kepada kambing ataupun diawetkan terlebih dahulu dengan difermentasi dan dikeringkan. Memberi makanan dengan kulit pisang sebaiknya dikombinasikan dengan pakan lainnya.

Daun dan Pelapa Kelapa Sawit

Kebanyakan dari sebagian besar perkebunan kelapa sawit terletak di Sumatera dan Kalimantan. Kelapa sawit diambil limbahnya seperti pelepahnya sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing.

Sebab dikarenakan pengolahannya yang sangat sulit karena banyaknya duri, maka sedikit orang yang memanfaatkannya.  Biasanya perusahaan kelapa sawit yang sering memanfaatkan limbah sawit sebagai pakan sapi.

Daun Pepaya

Daun pepaya juga bisa menjadi makanan kambing. Cara mengolahnya mudah saja, tinggal potong agak kecil daun pepaya. Kemudian ranting batangnya dibuang saja karena kambing biasanya tidak mau makan ini.

Daun Nangka

Pada dasarnya kambing doyan makan apapun dedaunan. Termasuk daun nangka ini sangat suka. Pilih daun nangka yang  masih hijau saja. Jangan yang sudah kering dan jatuh dari pohon.

Daun Singkong

Jenis pakan dari macam-macam daun singkong bisa dipilih sebagai jalan mengupayakan kesehatan kambing. Zat gizi yang tinggi pada daun singkong dapat menghasilkan kambing jadi cepat gemuk. Memanfaatkan daun singkong sebagai pakan ternak telah diteliti oleh Fakultas Peternakan IPB dan hasilnya menunjukkan bahwa memberikan daun singkong sebagai makanan kambing dapat meningkatkan bobot tubuh kambing tersebut.

Semangka

Jenis buah ini yang kaya dengan air juga bisa menjadi pakan alternatif kambing. Untuk jenis pakan kambing ini dari buah semangka ini sebaiknya pilih yang kualitasnya terbaik. Dalam arti, hanya gunakan semangka yang masih segar.

Nangka Muda

Nangka muda kalau dalam bahasa Jawa biasanya disebut Ketewel. Menjadi bahan baku kuliner terkenal asal Yogyakarta, Gudeg. Jika ingin memiliki kambing yang gemuk-gemuk, coba saja beri makanan kambing berupa nangka muda ini.

Melon

Buah melon sangat baik untuk kesehatan kambing. Kaya dengan vitamin dan air. Membuat kambing selalu perkasa. Untuk jenis pakan kambing dari melon bisa diberikan sesekali saja, mengingat budgetnya akan tinggi pasti kalau pakai buah ini. Soalnya harganya kan mahal.

Jambu

Buah jambu bisa untuk makanan kambing ini bisa pilih jambu biji maupun jambu air. Tapi usahakan kondisinya masih bagus. Tidak busuk. Karena buah-buahan yang sudah membusuk sekali biasanya menganggu pencernaan kambing.

Kobis

Kobis juga baik sebagai pakan alternatif kambing. Bisa pakai kobis yang sudah layu. Hasil sisa dari pedagang sayuran yang tidak terjual kepada manusia.

Sawi

Sawi juga bisa banget jadi makanan kambing. Cara untuk mendapatkan sawi ini sebaiknya kerjasama dengan supplier atau petani sawi langsung. Jadi bisa dapat stok melimpah.

Jerami Padi

Jerami padi ini bisa banget jadi pakan alternatif kambing. Mudah didapatkan di area sawah yang habis panen dan melakukan penggilingan padi.

Bekatul

Bekatul memiliki nama lain dedak. Memang bekatul sangat terkenal sebagai pakan binatang. Termasuk kambing juga suka banget.

Nasi

Kadang-kadang manusia sering menyisakan nasi dari dapurnya. Daripada nasinya dibuang, bisa banget diberikan pada kambing.

Pelepah Pisang

Selain kulit pisang, pelepah pisang juga seringkali diolah jadi makanan kambing loh. Memberi makan kambing dengan pelepah pisang tidak berbahaya karena tidak mengandung racun. Proteinnya pun mencukupi. Saat ini peternak kambing justru mengolah pelepah pisang dengan mencampurkannya dengan beberapa bahan seperti ampas tahu dan dedak menjadi pakan yang lebih bergizi dan disukai kambing.

Nah diatas beberapa jenis makanan kambing selain rumput yang bisa diberikan. Alangkah baiknya, pemberian pakan ini bukan hanya karena kehabisan stok rumput namun karena memang ingin memberikan variasi makanan. Pemberian gizi dan nutrisi untuk ternak tidak cukup hanya dengan rumput saja. Hal ini wajib diketahui oleh peternak.

Demikian untuk artikel makanan kambing selain rumput, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

× Whatsapp Kami!