Select Page

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang manfaat rumput teki. Setiap orang mungkin pernah mengalami masalah pencernaan seperti diare, disentri, parasit intestinal, gangguan pencernaan, ganguan usus, dan masalah pencernaan lainnya.

Mulai dari anak anak sampai orang dewasa bisa mengalami masalah pencernaan. Memang tidak semua orang sering megalami masalah pencernaan tapi bagi orang orang yang mengalami obesitas pasti sudah sering mengalaminya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada tanaman jenis rumput yang mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga anda, tanaman ini bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan yang salah satunya adalah masalah pencernaan. Itu adalah rumput teki.

Saat mengetahuinya mungkin yang ada dalam benak anda mengenai tanaman ini adalah tanaman penggangu atau gulma yang sering merusak tanaman yang ada di kebun atau ladang anda.

Tapi jangan salah di balik julukan itu ada banyak manfaat yang di hasilkan tanaman ini bagi anda yang tengah megalami masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan.

Akan tetapi sebelum artikel ini mengulas lebih lanjut tentang manfaat yang ada dalam, ijinkan saya untuk memberikan penjelasan mengenai rumput teki dan kandungan yang ada dalamnya.

 

Mengenal Tentang Rumput Teki

Rumput Teki (Cyperus Rotundus) dalam bahasa jawa disebut suket teki adalah tanaman rumput yang berasal dari Afrika, Asia Selatan, Eropa Tengah, dan Selatan. Kata cyperus berasal dari bahasa Yunani yaitu “kyperos” dan rotundus dari bahasa latin yang berarti putaran.

Di negara luar rumput teki di sebut musta, mothan, nagamothan, xiang fu, nut grass, java grass, dan masih banyak lagi. Tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun, lapangan, ladang, dan pinggir jalan. Bahkan di permukaan air laut dapat tumbuh mencapai 1000 meter.

Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 140 cm, daunnya tumbuh dengan tiga jajaran dengan panjang 5-20 cm, batangnya memiliki penampang segitiga yang tumbuh tajam ke atas, bunganya berbulir dengan warna kuning kecoklatan dengan jumlah 2-25 bunga, rimpangnya berwarna putih, rumput teki lebih menyukai tempat kering tapi juga menyukai tempat yang lembab.

 

Manfaat rumput teki

 

Kandungan yang Ada Dalam Rumput Teki

Dari hasil penelitian bahwa umbi teki mengandung alkaloid, glikosida jantung, flavonoid dan minyak menguap sebanyak 0,3-1% yang isinya bervariasi, tergantung daerah asal tumbuhnya. Akar yang berasal dari Jepang berisi cyperol, cyperene I & II, alfacyperone, cyperotundone dan cyperolone, sedangkan yang  dari China berisi patchoulenone dan cyperene.

Minyak essensial yang diperoleh dari umbi rumput teki mengandung sedikitnya 27 senyawa yang terdiri dari seskuiterpen, hidrokarbon, epokside, keton-keton, monoterpen dan alifatik alkohol serta beberapa senyawa lain  yang belum dapat diidentifikasi.

 

Manfaat Dari Rumput Teki

Secara tradisional, masyarakat di berbagai daerah di banyak negara telah lama mengetahui manfaat rumput teki terutama umbinya ( rimpang) yang di gunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan Dan beruntungnya Di Indonesia tanaman ini sangat mudah di jumpai karena tumbuh di mana mana.

manfaat rumput teki

 

1. Memperlancar Ganguan Pencernaan

Dari dulu rumput teki sudah di percaya oleh banyak negara seperti Mesir, India, Cina. Mereka memanfaatkan tanaman ini sebagai obat tradisional yang digunakan untuk mengobati masalah gangguan pencernaan seperti diare, sembelit disentri, parasit intestinal, gangguan pencernaan, ganguan usus, dan masalah pencernaan lainnya.

Penggunaan tanaman ini dapat meemperlancar gangguan masalah pencernaan telah di buktikan secara  tradisional dan ilmiah. Cara membuatnya cukup mudah yaitu ambil umbi teki, kemudian ditumbuk, lalu keringkan, setelah itu seduh dengan air panas, dan minumlah setiap pagi secara teratur.

 

2. Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur

Memang sudah menjadi rutinitas setiap bulan, namun ada beberapa wanita yang mengalami masalah ketika haid, seperti tidak lancar. Nah, solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan rumput teki agar bisa memperlancar datang bulan anda.

Caranya mudah yaitu : ambil umbi teki secukupnya, lalu iris dengan ukuran sedang, lalu keringkan, kemudian seduhlah 6-9 gram umbi tadi dengan air panas, setelah itu minum airnya setelah dingin. karena ini sudah dibuktikan secara tradisional maupun secara penilitian.

 

3. Sebagai Obat Demam

Sejak dulu rumput teki dianggap sebagai ramuan paling ampuh untuk menurunkan demam, karena mampu menginduksi keringat dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan suhu dalam tubuh.

Untuk membuat ramuannya, caranya mudah yaitu anda hanya cukup menghaluskan umbi teki, campurkan dengan sedikit air  lalu kompreskan ke kepala anggota keluarga yang mengalami demam atau dengan cara memakan rebusan dari umbi teki.

 

4. Untuk Mengatasi Kejang

Kepada siapa saja mulai dari anak anak hingga orang dewasa, hal ini terjadi karena ada ganguan aktivitas listrik pada otak.Kondisi ini ditandai oleh gerakan tubuh yang tidak terkendali dan disertai hilangnya kesadaran. Masalah ini bisa menjadi tanda adanya penyakit pada otak.

Hal biasanya terjadi pada pengidap tumor otak, stroke, meningitis(infeksi selaput otak), ensefalitis (infeksi otak), cedera otak pada bayi sewaktu melewati jalan lahir, cedera kepala yang menyebabkan perdarahan di otak, dan terutama bagi mereka yang mengidap penyakit epilepsi.

Beruntung rumput teki mengandung ekstrak etanol yang memberi perlindungan terhadap kejang sehingga mencegah terjadinya kejang. flavonoid yang ditemukan dalam ekstrak etanol berpengaruh terhadap pengobatan epilepsi. Selain itu, ekstrak etanol menghasilkan relaksasi ileum dan efek spasmolitik terhadap kontraksi karena bahan kimia.

 

5.  Obat Kencing Batu

Kencing batu adalah endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. kencing batu biasanya berukuran sangat kecil . Ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.

Penyakit ini biasanya memiliki gejala dimana saluran kencing tertahan oleh gumpalan atau kristal dari kotoran sehingga penderita kesulitan untuk buang air kecil, sakit luar biasa (urinary colic) yang datang dan pergi, dan biasanya bergerak dari bagian  samping belakang (flank) ke bagian bawah perut (abdomen).

Cara pengobatan dari penyakit ini, yaitu dengan menggunakan rumput teki adalah dengan cara memanfaatkan bagian  umbi dari tanaman ini. Pengolahan ramuan jamu untuk mengobati penyakit kencing batu cukup mudah yaitu :

    • Siapkan umbi rumput teki lalu cuci hingga bersih
    • Haluskan umbi rumput teki dengan cara di parut atau di tumbuk
    • Kemudian rebus umbi yang sudah dihaluskan hingga mendidih.

Aturan pakai, penderita bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari secara teratur.Tujuannya agar gejala kencing batu bisa hilang.

 

6. Sebagai Obat Nyamuk

Anda kesal saat enak enaknya tidur tiba tiba digigit nyamuk ?, Nah jika memang iya, solusinya anda dapat memakai pasta rumput teki dengan membuatnya menjadi pasta atau lotion anti nyamuk.

Caranya juga mudah, anda hanya perlu menghaluskan bagian daun dan umbinya dangan cara ditumbuk atau di parut, setelah itu campur tumbukan atau parutan tadi dengan sedikit air kemudian oleskan pada seluruh badan

 

7. Mempercepat Pembekuan Darah

Misalkan, saat teman atau saudara anda terjatuh pasti akan terluka dan mengalami pendarahan (dalam kategori luka ringan) entah itu sedikit maupun banyak. Nah, rumput teki dapat menjadi andalan umtuk mempercepat pembekuan darah dan penyembuhan luka

Cara membuat ramuannya pun sangat mudah yaitu anda hanya perlu mengambil bagian umbi dari tanaman ini lalu      di tumbuk  hingga halus, kemudian tempelkan pada luka hingga kering setelah itu basuh luka dengan air bersih.

 

8. Untuk Mengatasi Ketombe

Masalah ini dapat dijumpai pada lebih dari 50% populasi penduduk di dunia. Ketombe berbentuk butiran atau serpihan putih halus di rambut. Banyak mitos yang menyebutkan kemunculannya karena tidak menjaga kebersihan diri atau jarang keramas. Padahal ketombe bisa menimpa siapa saja, meskipun anda yang rajin keramas setiap hari.

Ketombe dapat terjadi karena keringat, panas, polusi.Ketombe disebabkan oleh Malassezia globosa, sejenis mikroba alami yang terdapat di kulit kepala setiap orang, yang bereaksi menjadi iritasi sehingga kulit kepala terasa kering, gatal dan kemerahandan memicu pergantian kulit secara paksa dan serpihan kulit tadi yang menjadi ketombe.

Solusinya, anda dapat menggunakan ramuan dari rumput teki. Caranya sangat mudah, anda hanya harus menyiapkan daun dan batangnya, lalu ditumbuk, kemudian campurkan dengan minyak kelapa, setelah itu gunakan ramuan tadi sebagai shampo.

 

9. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Masalah penyakit kulit terkait seperti kudis, eksim, kutu air hingga panu, dapat diatasi dengan penggunaan rumput teki. Tanaman ini bekerja dengan membantu mengurangi rasa gatal. Anda cukup merajang atau melumatkan daun teki dan aplikasian pada daerah yang terkena penyakit kulit.

Minyak esensial yang dihasilkan dipercaya dapat merawat kecantikan kulit. Extrapone adalah formula khusus yang berasal dari rumput teki yang digunakan untuk mencerahkan kulit dan suadah banyak digunakan pada produk kecantikan.

Akar dari tanaman ini juga telah ditemukan memiliki sifat anti-penuaan untuk kulit. Selain itu, ekstrak akarnya juga mampu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

 

10.Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah yang tidak lancar bisa di atasi dengan menggunakan rumput teki, karena mengandung ekstrak alkohol yang berdampak pada penurunan tekanan darah secara lambat dan terus menerus. Maka tak heran bila pengobatan tradisional menggunakan rumput ini untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan alkohol juga bisa menurunkan kolesterol total, kadar LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. Dan, ekstrak tanaman ini juga bisa menurunkan kadar gula darah dan mempercepat proses pembekuan darah sehingga membantu menyembuhkan luka baru. Semua itu tentu berpengaruh terhadap aliran darah di dalam tubuh.

 

11. Dapat Mencegah Kanker

Penyakit kanker terdapat beberapa jenis mulai dari paru paru, usus, payudara, hati, prostat, hingga darah (leukimia). Jika kerabat anda ada yang menderita kanker bisa mencoba ramuan rumput teki, karena kandungan antioksidan pada tanaman ini  bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

 

12. Memperkuat Tulang dan Kerangka

Penggunaan rumput teki juga bisa dirasakan untuk menambah kepadatan dan memperkuat tulang maupun kerangka. Ini berkat kandungan silika yang ada dalam tanaman ini yang meningkatkan penyerapan dan penggunaan kalsium untuk tulang, sendi dan kerangka.

 

13. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kandungan pada ekstrak suket teki dapat bertindak secara efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dengan mengambil manfaat rumput teki, bisa mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dan tingkat trigliserida.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif yang ditemukan di Cyperus rotundus memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol.

 

14. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Selain sebagai penghilang ketombe rumput teki juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Sedangkan cara memakainya hampir sama dengan cara menghillangkan ketombe di atas.

Yaitu dengan penggunaan teh suket teki yang sudah di dinginkan sebagai sampo pada rambut secara rutin, bisa membantu memanjangkan rambut. Bahkan bagus pula untuk membantu pertumbuhan rambut pada bayi.

 

15. Perawatan kuku

Jika ingin memiliki kuku yang bagus, anda dapat mengambil khasiat rumput teki. Dengan adanya silika di dalam teh tanaman ini bisa menghilangkan kotoran, mencerahkan, dan memperkuat kuku.

 

16. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan masalah besar pada wajah, saat sudah bisa dihilangkan maka akan muncul bekasnya. Bekas jerawat ini sulit sekali dihilangkan bahkan bisa menimbulkan noda hitam. Anda dapat menggunakan tanaman ini untuk menghilangkannya.

Caranya  anda menghaluskan umbi teki yang sudah dikeringkan, lalu di tumbuk, dan oleskan pada bagian bekas jerawat. Alternatif lainnya adalah dengan masker wajah yaitu tambahkan 2 sendok tepung umbi  + 1 sendok madu + perasan buah lemon secukupnya kedalam mangkuk. Dengan perawatan rutin, kulit wajah menjadi lebih halus.

 

17. Memberikan Efek Anti Penuaan Pada Kulit

Tidak hanya di gunakan untuk mencerahkan warna kulit, manfaat rumput teki juga dapat memberikan efek anti penuaan. Itu dilakukan dengan mengeluarkan racun serta membasmi radikal bebas penyebab penuaan.

 

18. Kista Ovarium dan Mioma

Kista ovarium kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam indung telur. wanita mempunyai dua ovarium, satu di bagian kanan dan satu lagi di kiri rahim. penyakit yang tergolong umum ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Dua penyakit ini dikabarkan dapat diobati dengan bantuan teh rumput teki.

 

19. Mengobati Diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang lebih tinggi dan di atas nilai normal. Bagi anda atau kerabat maupun keluarga yang mengidap penyakit ini anda bisa menggunakan rumput teki, karena mengandung khasiat antidiabetes dengan cara mengkonsumsi tehnya secara teratur.

 

20. Melawan Parasit

Kabarnya tanaman ini bisa untuk megeluarkan parasit yang ada dalam tubuh karena tanaman ini mengandung pencahar yang dapat melawan parasit dalam tubuh.

 

21.  Menyembuhkan Asma

Asma adalah kondisi ketika saluran udara meradang, sempit dan membengkak, dan menghasilkan lendir berlebih sehingga menyulitkan bernapas. Dan rumput teki memiliki kemampuan untuk menyembuhkan masalah kesehatan seperti penyakit asma

 

22. Dapat Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Hal ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Jika  keluarga atau kerabat anda ada yang memiliki penyakit darah tinggi, anda bisa menyarankan untuk meminum air rebusan dari daun dan batang teki karena bisa membantu menyeimbangkan dan menurunkan resiko hipertensi.

 

23. Menambah Produksi ASI

Bagi anda seorang ibu yang sedang menyusui, rumput teki dan juga umbinya memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu merangsang produksi ASI. Tanaman ini akan membantu memperbanyak jumlah ASI, sehingga sang buah hati tidak akan mengalami kekurangan nutrisi.

 

 

Efek Samping Dari Penggunaan Tanaman Ini

Di balik manfaat yang hebat pasti tetap ada efek sampingnya, hal ini juga berlaku pada pemanfaatan rumput teki. Efek samping ini muncul di karenakan penggunaan yang berlebihan.

Sebaiknya ibu hamil, menyusui, anak-anak, penderita batu ginja, penyakit jantung, serta orang yang kekurangan tiamin (vitamin B1), sebaiknya konsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi teh suket teki. Adapun efek samping yang dirasakan oleh tubuh adalah :

  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Mengalami Demam
  • Kekurangan tiamin (vitamin B1)
  • Masalah kulit
  • Gangguan denyut nadi
  • Kelemahan otot

 


Itulah 23 manfaat rumput teki untuk kesehatan dan pengobatan. Ternyata,walaupun sering dipandang sebelah mata sebagai gulma yang sangat mengganggu, nyatanya rumput ini sangatlah berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga artikel ini dapat membantu dan  menambah wawasan anda sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.