Select Page

Orang sih taunya wortel itu Makanan Yang Baik Untuk Kelinci yaa. Tapi kan bosen jika kelinci kesayangan diberi makan wortel terus-menerus. Nah, kalau kamu memelihara kelinci, ada beberapa makanan lain yang baik untuk Kelinci kesayanganmu.

Makanan kelinci diluar terdiri dari berbagai jenis tanaman. Mulai dari rumput-rumputan, sayuran daun, buah serta biji-bijian.

Terkadang juga terlihat memakan kulit kayu dan ranting yang lembut dalam jumlah yang tidak besar. Kelinci budidaya maupun hewan kesayangan tidak jauh berbeda dengan kelinci yang liar, tapi pemberian hijauan seperti sayuran serta buah harus dilakukan secara selektif.

Seperti juga manusia dan hewan lainnya, kelinci mempunyai tingkat toleransi tertentu terhadap makanan. Cara terbaik mengetahuinya dengan cara mencobanya dalam jumlah yang kecil kemudian melihat reaksinya.

Makanan yang baik untuk kelinci sebenarnya adalah dari jenis rumput-rumputan, biji-bijian, sayur-sayuran, serta buah dimana jenisnya sangat banyak tersedia sehingga dapat mencukupi semua kebutuhan gizinya.

Untuk kelinci yang dipelihara maupun diternakkan. Para pemilik atau peternak kelinci tentu saja susah mendapatkan banyak jenis rumput serta sayur-sayuran saat ini dialam liar.

Sehingga pakan utama kelinci muncul sebagai bentuk olahan konsentrat seperti pelet dan butiran dengan komposisi sedemikian rupa sehingga kebutuhan energi, protein, lemak, vitamin, serta mineral penting kelinci terpenuhi.

Akan tetapi kalau hanya mengandalkan konsentrat maupun pelet sebagai makanan kelinci tanpa menyelingi dengan rumput juga tidak bagus.

Selain mengandung beberapa protein, mineral penting seperti kalsium, serta kandungan senyawa yang menyehatkan, rumput-rumputan juga menjadi sumber pasokan serat yang penting buat kelinci.

Tapi tentunya tidak praktis untuk para pembudidaya atau pehobi. Apalagi untuk kepentingan budidaya kelinci intensif.

Silahkan lihat makana yang baik untuk kelinci. Berikut ini saya sajikan jenis-jenis makanan yang baik untuk kelinci serta cara pemberian makan kelinci yang saya rangkum.

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kelinci :

Ada beberapa jenis makanan ransum yang dapat dijadikan makanan kelinci. Yakni air minum, makanan alami (jerami, sayuran, buah, biji-bijian,rerumputan) serta makanan pabrikan (pelet atau konsentrat). Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kelinci dengan pertumbuhan serta kesehatan yang baik, perlu keseimbangan ketika memberikan makan.

1. Air minum Untuk kelinci

 

Sebenarnya kelinci termasuk hewan yang tidak begitu membutuhkan air. Tapi meskipun demikian air mutlak harus tersedia sepanjang waktu. Ada mitos yang besebar, kalau sudah diberikan sayuran, kelinci tidak memerlukan minum. Hal itu tentunya keliru, kelinci tetap perlu minum!

Air untuk kelinci yaitu air tawar yang bersih. Pemberian air dapat menggunakan mangkuk serta botol. Selain bersih dari bibit penyakit, jangan biarkan air yang diberikan sudah ditumbuhi ganggang. Air minum yang disajikan dengan botol kalau jarang dibersihkan terkadang ditumbuhi ganggang. Pastikan air minum tersebut tersedia selama 24 jam.

2.Jerami

 

Makanan Yang baik Untuk Kelinci yang lain yaitu jerami,Jerami segar harus menjadi bagian utama dari diet kelinci Anda dan harus selalu tersedia setiap saat. Kelinci dewasa bisa makan timotius, rumput, dan haver, sementara kelinci yang lebih muda harus diberi makan alfalfa.

Alfalfa tidak boleh diberikan kepada kelinci dewasa karena kandungan protein dan gula yang lebih tinggi.

Jerami penting bagi kelinci karena menyediakan serat esensial yang dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan yang baik dan membantu melemahkan gigi kelinci (yang terus tumbuh) untuk kesehatan gigi yang baik.

Menempatkan jerami di salah satu ujung kotak sampah juga akan mendorong penggunaan kotak sampah, karena kelinci cenderung makan jerami dan kotoran pada saat yang sama. Ketika memilih jerami, pastikan itu terlihat dan berbau segar.

Jangan memilih jerami yang terlihat cokelat atau berjamur atau tidak lagi berbau seperti rumput segar. Simpan jerami di tempat kering dalam wadah yang memungkinkan aliran udara agar tidak berjamur.

Membeli jerami dalam jumlah besar dari petani lokal cenderung jauh lebih ekonomis daripada membeli tas dari toko hewan peliharaan.

3.Pelet

Ini harus dibeli sehingga kelinci segar, karena kelinci akan mengubah hidungnya menjadi pelet basi. Cari pelet yang tinggi serat dan rendah protein. Anda perlu membatasi asupan pelet kelinci saat dia bertambah tua.

Pelet yang tinggi protein dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya pada kelinci. Jangan memberikan pelet yang memiliki “camilan” yang dicampur (jagung kering, dll.). Aditif ini tidak pernah sehat untuk kelinci dan dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4.Sayuran dan Buah-Buahan

 

Makanan Yang Baik untuk Kelinci adalah buah dan sayur.Anda harus memberi makan setidaknya tiga sayuran berbeda setiap hari – kombinasi selada dianggap sebagai satu sayuran untuk hari itu.

Ini bukan makanan alami untuk kelinci dan bisa sangat berbahaya untuk fungsi usus. Sayuran yang harus dipertimbangkan sebagai bagian dari diet kelinci Anda.

Seperti contoh:Alfalfa, lobak, dan kecambah semanggi Asparagus Kemangi Bit hijau Paprika (hijau, merah, kuning dll).

Bok Choy Brokoli Beberapa kelinci mungkin menganggap ini sayuran yang “gassy”. Jika diare terjadi, keluarkan dari diet Kubis Brussel Atasan wortel (organik)Chard Ketumbar Semanggi Dandelion Greens (Bebas Pestisida).

Terong  Andewi Escarole Rumput Baru dipotong dari halaman belakang Anda saja. Jika Anda yakin tidak ada bahan kimia, pupuk, atau racun (rumput taman biasanya memiliki satu atau semua ini).

Daun mint Sawi hijau Okra pergi Peterseli Kacang polong (AKA Chinese pea pods).

Daun peppermint Daun labu Radicchio Atasan lobak Daun raspberry Squash: Zucchini, Yellow, Butternut, Pumpkin.

Berbagai selada Romaine, mentega, daun hijau, Boston, bibb, arugula, dll. Hindari hati yang sangat ringan Tidak ada gunung es Selada air Rumput gandum.

Sayuran yang mengandung kalsium lebih tinggi harus digunakan dengan hemat (sekali atau dua kali seminggu).

Untuk roti yang lebih tua, atau roti yang memiliki masalah kandung kemih atau ginjal, hindari ini, kecuali jika diarahkan oleh dokter hewan kelinci Anda.

Sejenis sawi kubis Tinggi dalam oksalat atau goitrogen, yang dapat menyebabkan atau memperburuk lumpur kandung kemih, dan masalah kalsium / ginjal lainnya gunakan dengan hemat.

Lobak hijau Buah-buahan Anda hanya perlu memberi makan buah sekali atau dua kali seminggu dalam jumlah kecil. TIDAK ADA BENIH ATAU PIT.

Buah-buahan manis, seperti pisang dan anggur harus diberi makan hanya sebagai suguhan sesekali. Lalu buah harus diberikan kepada kelinci yang kelebihan berat badan. Apel Blackberry Blueberry,nanas,Melon, Pepaya,dan yang lain-lain.

5.Rerumputan

Jenis makanan yang baik untuk kelinci yaitu rumput yang dapat digunakan dalam usaha ternak. Memang, makanan yang paling cocok untuk hewan ternak adalah rumput.

Jika Anda mencari pakan ternak alternatif, maka sebaiknya pilihlah rumput untuk pakan ternak Anda. Sebab, rumput itu mempunyai berbagai jenis.

Secara luas jika kita mendengar kata rumput, yang terpikirkan oleh kita yaitu gulma atau tanaman liar bisa mengganggu tanaman pokok tanam ataupun budidayakan.

Akan tetapi dalam dunia peternakan, adalah salah satu hijauan makanan ternak yang paling penting terutama untuk hewan ternak ruminansia seperti kelinci

Diperkirakan di dunia terdapat sekitar 10.000 spesies rumput. Dari sekian banyaknya kisaran biomassa yang dihasilkan sangatlah beragam.

Demikian juga kandungan nnutrisi didalamnya. Rumput merupakan makanan yang baik untuk kelinci dan lain lain.

Rumput dengan kandungan serat kasarnya sangatlah berperan untuk menjaga kesehatan dan fungsi rumen.Keberadaan serat didalam hijauan pakan (selulosa dan hemiselulosa) menjadikan sumber energi bagi mikroba rumen.

Sama halnya dengan mineral dan protein (terutama dari legumnya) merupakan sumber N bagi bakteri serta protein dalam produk.

Terdapat berbagai jenis-jenis rumput pakan ternak yang sering digunakan untuk hijauan makanan ternak, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Rumput Gajah

 

Rumput gajah atau sering di sebut(Pennisetum purpureum)adalah salah satu jenis rumput tahunan beraasal dari afrika yang bisa tumbuh tinggi dan tegak.

Rumput ini mempunyai perakaran yang dalam serta menyebar sehingga bisa menahan erosi dan berkembang dengan rhizoma untuk membentuk rumpun.Rumput ini bisa memliki hasil yang baik jika dengan cara menanam rumput gajah yang benar

Tanaman ini memiliki sifat perennial serta dapat tumbuh setinggi 3 sampai 4,5. Kalau dibiarkan tumbuh bebas, dapat setinggi 6 m, akar dapat sedalam 4,7 m. Panjang daun 17 sampai 91 cm dan lebar 7 sampai 36 mm.

Adaptasi rumput gajah bisa toleran terhadap berbagai jenis tanah, tidak tahan dengan genangan, namun responsif dengan irigasi

Suka dengan tanah lempung yang subur, tumbuh dari dataran rendah hingga pegunungan, tahan dengan lingkungan sedang dan berada dalam curah hujan cukup, sekitar 900 mm/tahun atau lebih.

Kultur teknis rumput gajah ini yaitu bahan tanam berupa pols dan stek, interval pemotongan 41 – 59 hari, responsif dengan pupuk nitrogen, campuran menggunakan legum seperti Centro dan Kudzu, produksinya 99– 200 ton/ha/th (segar), 15 ton/ha/th (BK), renovasi 4 – 7 tahun.

Rumput Gajah ini toleran dengan berbagai jenis tanah, tidak tahan genangan, tetapi respon terhadap irigasi, suka tanah lempung yang subur.

Ttumbuh dari dataran rendah sampai pegunungan, tahan terhadap lingkungan sedang dengan curah hujan yang cukup, 990 mm/th ataupun lebih.

2.Rumput Raja atau King Grass (Pennisetum purpupoides)

 

Rumput raja atau yang sering dalam bahasa latin di sebut Pennisetum purpupoides adalah salah satu jenis rumput hasil persilangan antara P. purpureum dan P. thypoides dan berasalkan dari Afrika selatan.

Rumput ini mempunyai ciri-ciri tumbuh membentuk rumpun dan warna daun hijau tua dengan bagian dalam permukaan daun kasar, tulang daun lebih putih daripada rumput gajah.

Adaptasinya dapat tumbuh pada struktur tanah yang sedang maupun berat, tidak tahan dengan genangan air serta permukaan air tanah yang tinggi, tahan naungan, tidak tahan terhadap penggembalaan berat serta pemotongan dilakukan pada tahun ke 2.

Siklus hidup perenial, tumbuh berbentuk rumpun dengan tinggi mencapai 6 m, daya adaptasi bagus pada daerah tropis dengan irigasi yang cukup (Amara et al., 2000). Rumput raja bisa dikembangbiakkan menggunakan cara stek batang atau sobekan rumpun (pols). Stek dipotong sepanjang 26-30 cm atau 2 (dua) ruas batang.

Batang pols bisa diambil dari tanaman muda. Rumput raja memiliki karakteristik tumbuh tegak berumpun-rumpun, ketinggian bisa mencapai kurang lebih 5 m, batang tebal dan keras, daun lebar agak tegak, serta terdapat bulu agak panjang pada daun helaian dekat liguna.

Permukaan daun luas dan tidak berbunga kecuali kalau di tanam di daerah yang dingin.Rumput raja bisa di tanam di daeah yang subur di dataran rendah sampai dataran tinggi, dengan curah hujan tahunan yang lebih dari 990 mm.

Produksi hijauan rumput raja 2 kali lipat dari produksi rumput gajah, yaitu dapat mencapai 35ton rumput segar atau hektar sekali panen atau setara 200-240 ton rumput segar per hektar dalam setahun.

Rumput raja bisa berfungsi untuk mencegah kerusakan tanah akibat erosi yang melanda permukaan tanah akibat dari sapuan air pada musim penghujan.

3.Rumput Setaria atau Setaria spachelata

setaria

Rumput setaria atau sering dijuluki dalam bahasa latin di sebut Setaria sphacelata adalah jenis rumput yang berasal dari Afrika tropik.

Rumput ini bisa dikembangbiakkan dengan cara pols dan biji. Jenis rumput ini tumbuh tegak, berumpun lebat, kuat, tinggi dapat mencapai 3 m, berdaun halus pada bagian permukaannya

Daunnya lebar berwarna hijau gelap, berbatang lunak dengan warna merah agak ungu, pelepah daun pada pangkal batang tersusun seperti kipas.

Rumput setaria sesuai untuk daerah tropik lembab, tumbuh berbentuk rumpun lebat dan kuat, tumbuh pada ketinggian 1000-2900 m di atas permukaan air laut.

Tahan dengan naungan dan genangan, rumput setaria bisa mencapai tinggi 1,4 m, responsif terhadap pupuk N dan produksinya berkisar antara 70 sampai 100 ton/ha/th.

Rumput setaria sangatlah cocok untuk di tanam di tanah yang mempunyai ketinggian 1300 mdpl, dengan curah hujan yang tahunan 740 mm ataupun lebih, bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, serta tahan terhadap genangan air.

Pembiakan bisa di lakukan dengan cara memisahkan rumpun dan menanamnya dengan jarak 50 x 50 cm.

Pemupukan di lakukan saat tanaman berumur kurang lebih 2 minggu, dengan pupuk urea 990 kg/hektar lahan, dan 1 bulan sekali di tambah dengan 110 kg urea/hekt (AAK. 2002).Produksi hijauan rumput setaria bisa mencapai 990 ton rumput segar/hektar/tahun.

Komposisi rumput setaria (dasar bahan kering) terdiri atas. Abu 11,6%, ekstrak eter (EE) 2,7%, serat kasar (SK) 33,5%, bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) 45,8%, protein ksar (PK) 8,3% dan total digestible nutrients (TDN) 52,88%.

4.Rumput Brachiaria (Bhachria Brizantha)

brachiara

Rumput Brachiaria  dalam bahasa latinnya disebutkan Brachiaria brizantha yaitu jenis rumput yang berasal dari Afrika dan bisa dikembangbiakkan menggunakan pols.Rumput ini merupakan makanan yang baik untuk kelinci.

Rumput ini bisa hidup dan tumbuh didataran rendah sampai dataran tinggi, ketinggian 0 -1100 m, curah hujan lebih dari 1600 mm per tahun dan pada struktur tanah yang ringan, sedang hingga berat.

Tanaman ini termasuk rumput yang berumur panjang, mempunyai sifat pernial. Pertumbuhannya membentuk hamparan vertikal serta horizontal yang biasanya mencapai tinggi 70 sampai 150 cm.

Batang dan daunnya kaku serta kasar, sangat cocok digunakan untuk rumput hay karena batangnya yang kecil sehingga mudah menjadi kering.

5.Rumput Benggala (Panicum maximum)

benggala

Rumput Benggala atau dalam bahasa latinnya di sebut Panicum Maximum adalah salah satu makan yang baik untuk kelinci yang berasal dari Afrika tropik.Rumput ini juga cocok sebagai makanan yang baik untuk kelinci

Tinggi dapat mencapai 1 sampai 1,7 m, daun lebih halus daripada rumput gajah, buku serta lidah daun berbuku, banyak memiliki anakan. Rumput jenis ini dapat berfungsi untuk penutup tanah, penggembalaan.

Sifat hidup dari rumput Benggala yaitu perennial, tumbuh baik pada daerah dataran rendah sampai 1960 dari permukaan laut.

Curah hujan yang sesuai untuk rumput jenis ini yaitu 1000 hingga 1990 mm per thn. Rumput jenis ini tahan dengan tanah kering tetapi tumbuh baik jika cukup air meskipun tidak tahan genangan.

Panicum maximum juga bisa tahan naungan, responsif terhadap pupuk nitrogen, serta juga tahan penggembalaan sehingga bisa dijadikan rumput potong pastura.

Pengelolaan tanaman ini dapat dilakukan dengan budidaya total. Agar perbanyakan tanaman ini dapat menggunakan biji 12 kg/ha atau dengan menggunakan sobekan rumput. Jarak tanam yang sesuai yaitu 60 x 50 cm.

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai makanan yang baik untuk kelinci dan beberapa rumput yang juga baik jika dikonsumsi oleh kelinci.Sekian dari saya terimakasih:)