Select Page

Halo, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang jenis pakan kambing yang harus di ketahui. Sama halnya dengan pebisnis lainnya, kesuksesan yang di raih peternak dapat di lihat seberapa besar peternakan yang di miliki.

Besar kecilnya peternakan di hitung dari jumlah hewan yang di ternak. kuantitas, dan kualitas produksi. Jika kualitas suatu barang dilihat dari bahan pembuatannya, maka kualitas hasil dari ternak di lihat dari sumber pakan yang di berikan pada ternak.

Dalam beternak kambing atau lainnya, pakan mempunyai peran penting dalam kesuksesan usaha peternakan. Selain itu kesuksesan dapat di lihat dari besar bangunan peternakan, banyaknya hewan yang di ternak, dan mempunyai penghasilan yang besar.

Menjalankan usaha ternak tidaklah semudah yang anda pikirkan, bahkan tidak semua orang dapat melakukannya. Karena dalam beternak di butuhkan ilmu pengetahuan, pengalaman yang cukup, dan ketekunan yang bagus sebagai peternak. Serta anda harus memberikan yang terbaik pada peternakan yang anda miliki.

Karena dalam beternak kita tidak berhubungan dengan benda mati, melainkan dengan makhluk hidup. Untuk itu, ilmu pengetahuan di perlukan untuk menjalankan peternakan anda dengan lebih baik, berkembang pesat. Dan mendaptakan hasil maksimal seperti yang anda harapkan dan peternak lainnya.

Tetapi terlepas dari semua itu, baik untuk peternak senior maupun pemula, ada satu hal yang tidak boleh di nomor duakan yang merupakan pengetahuantentang pakan ternak. Karena pakan ternak mempunyai peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada kambing anda.

Pakan Ternak

jenis pakan kambing

Pakan merupakan hal penting yang berupa makanan dan harus di berikan kepada hewan ternak. Sumber energi dan penting bagi tumbuh kembang hewan ternak adalah pakan. Zat yang paling penting dalam pakan adalah protein. Bahan pakan yang berkualitas mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin yang seimbang.

Hal yang harus diperhatikan dalam mengenai pakan yaitu pakan tidak boleh disimpan dalam 2 minggu, tempat penyimpanan pakan sebaiknya kering (tidak lembap). Apabila pakan yang anda beli merupakan hasil dari pabrik pastikan pabrik tersebut memproduksi pakan yang memliki kualitas yang bagus.

Kualitas pakan dapat menentukan kualitas ternak. Jika pakan disimpan dalam wadah, sebaiknya wadah tersebut ditutup rapat dan tidak ada udara yang masuk. Pakan yang terkontaminasi udara lembap akan berjamur.

Pakan merupakan semua jenis bahan yang secara kesuluruhan atau sebagian dapat di makan dan di cerna oleh ternak tanpa mengganggu kesehatan ternak. Bahan pakan dapat berasal dari tumbuhan maupun bukan tumbuhan. Kualitas dari bahan pakan ternak tergantung pada kandungan nutrisi dan komposisi kimianya, serta kandungan zat anti-nutrisi di dalamnya.

Seorang peternak di wajibkan dapat mengatur komposisi pakan ternak dengan tepat, tidak hanya dari nutrisi yang terkandung, tetapi juga dalam segi biaya. Ada empat kunci penting dalam menyusun komposisi pakan ternak, yaitu bahan baku mudah di dapat, bahan bervariasi, di sukai ternak, dan harganya terjangkau.

Pada umumya, bahan pakan ternak terbagi dalam dua macam, yaitu bajan pakan hijauan dan pakan non hijauan. Bahan pakan hijauan dapat berasal dari rumput rumputan, legume, dan daun daunan. Sedangkan untuk sumber bahan pakan non hijauan bisa anda dapatkan dari biji bijian dan sumber mineral.

Jenis Pakan Kambing

jenis pakan kambing

Kambing merupakan hewan ternak yang tidak rewel dalam hal pemberian pakan, karena pakannya sangat mudah di dapatkan. Akan tetapi, ketersediaan pakan di Indonesia tidak teratur, dalam artian tidak selalu ada setiap saat. Pakan akan melimpah saat musim hujan, namun begitu musim kemarau datang maka pakan akan sulit di dapatkan.

Oleh karena itu, suatu petrnakan kambing besar maupun kecil harus mampu untuk mengantisipasi ketika kondisi ini datang dengan cara yang tepat. Adapun pakan kambing yang dapat anda berikan kepada ternak kesayangan anda yang di antaranya  ada di bawah ini :

Hijauan Segar

Pakan hijauan segar adalah pakan yang semuanya ada dalam keadaaan segar ketika akan di berikan kepada hewan ternak. Baik dalam bentuk potong potongan maupun dalam keadaan utuh. Hijauan segar pada umumnya terdiri atas rumput rumputan, biji bijian, daun daunan yang masih segar.
Dalam hijauan segar mempunyai banyak kandungan karbohidrat dalam bentuk pati, gula sederhana, dan fruktosa yang memliki peran penting dalam memberikan energi kepada kambing kambing kesayangan anda.

A. Rerumputan

Pakan yang termasuk dalam akan hijauann segar salah satunya adalah rumput. Rumput yang dapat anda berikan sebagai pakan kambing adalah antara lain rumput benggala (Penicum maximum), gajah (Pennisetum purpureum), brachiaria (Brachiaria decumbens), setaria (Setaria sphacelata), meksiko (Euchiena mexicana), dan rumput liar di lapangan.

Umumnya para peternak biasanya memanfaatkan rumput liar sebagai pakan yang tumbuh di tanah kosong, di pinggir jalan, lereng gunung, sawah, atau di tempat lainnya. Tetapi, jika lebih baik anda menanam rumput sendiri di lahan kosong atau mempersiapkan sebuah lahan untuk di tanami. Contohnya rumput gajah, odot, dan benggala.

B. Kacang kacangan

Jenis kacang kacangan juga dapat kita jadikan sebagai pakan kambing. Hal ini di karenakan karena bungkil kacang mengandung protein yang tinggi yaitu sekitar 46,2% dan serat 5,5%. Kacang kacangan sangat di sukai ternak dan suplemen protein tumbuhan yang berkualitas baik.
Nah, jenis kacang yang biasa di gunakan sebagai pakan kambing di antaranya adalah kacang stylo (Stylosantes guyanensis), centro (Centrocema pubescens), lamtoro (Leucaena leucocephala), kacang tanah (Arachis hypogaea L.) dan masih banyak lagi.

C. Dedaunan

Selain itu pakan hijauan segar untuk kambing juga bisa berasal dari daun daun dari pepohonan yang tumbuh di sekitar rumah anda. Karena kandungan karbohidrat dan protein yang ada dalam daun juga lumayan tinggi. Contoh daun yang dapat anda berikan ke ternak ada adalah daun mahoni, nangka, mandingan, pisang, petai, basiah, tun dan masih banyak lagi.

Hijauan Kering dan Jerami

Pakan hijauan kering atau silase merupakan pakan hijauan kering yang di awetkan dan di simpan dalam kantong plastik yang kedap udara, drum. Dan sudah mengalami proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara atau di sebut dengan anaerob. Silase adalah rumput segar yang langsung di keringkan sampai kandungan air 60%, lalu di simpan dalam keadaan anearob.

Proses silase melibatkan bakteri atau mikroba yang akan membentuk asam susu. Yakni Lactis Acidi dan Streptococcus yang hidup dengan cara anerob dan dalam derajat keasaman 4 (pH 4). Oleh sebab itu proses silase terjadi dalam kantung yang kedap udara, sehingga pakan tidak akan cepat busuk oleh bakteri lain atau jamur.

Hal ini di lakukan agar saat musim kemarau tiba ternak tidak kelaparan saat pakan hijauan segar mulai susah untuk di dapatkan. Caranya cukup mudah pakan pakan ternak hanya di potong potong lalu di keringkan dengan panas matahari, kemudian di simpan ke tempat penyimpanan.

Pakan yang termasuk ke dalam pakan hijauan kering adalah semua dari jenis jerami dan pakan hijauan ternak yang di potong potong lalu di keringkan. Kandungan serat kasar dari pakan hijauan kering adalah lebih dari 18%.

Tujuan Membuat Silase / Hijauan Kering

  • Sebagai pakan cadangan pada saat musim kemarau berkepanjangan, yang menyebabkan langkanya pakan hijauan segar.
  • Guna menyimpan dan menampung pakan hijauan yang berlebihan pada saat musim penghujan. Sehingga dapat di pakai sewaktu waktu pada saat musim kemarau tiba.
  • Memanfaatkan pakan hijauan yang masih segar pada saat kondisinya dengan nilai nutrisi terbaik seperti kandungan protein yang tinggi.
  • Untuk mengefisienkan sumber pakan yang berasal dari sisa limbah pertanian atau dari agroindustri pertanian maupun perkebunan. Yang berupa bekatul, dedak, janggel, bungkil, dan lainnya.

Pakan Penguat (Konsentrat)

Konsentrat adalah bahan pakan ternak yang di berikan dengan di campurkan dengan pakan ternak lainnya . Yang bertujuan meningkatkan gizi pakan ternak yang di campurkan sebagai pakan pelengkap. Konsentrat sendiri memiliki kandungan karbohidrat, protein dan mineral yang tinggi sehingga dapat membuat kambing anda cepat gemuk.

Pakan penguat atau yang lebih kita kenal dengan sebutan konsentrat merupakan pakan ternak yang mempunyai kandungan serat kasar yang rendah, yakni di bawah 18%. Nutrisi utama yang terkandung dalam konsentrat adalah berupa energi dan protein. Konsentat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya, mengapa namanya pakan penguat. Karena pemberian dari konsentrat adalah dengan mencampurkan dengan bahan pakan lainnya. Konsentrat dapat meningkatkan kandungan gizi dari pakan ternak tersebut.

Pengertian dari konsentrat sumber energi adalah konsentrat yang mempunyai kandungan kadar protein kurang dari 20%. Begitu juga sebaliknya, konsnetrat protein adalh konsentrat yang mempunyai kandungan kadar protein lebih dari 20%.

Pemakaian pakan penguat sangat membantu dalam peningkatan produksi kambing, baik dalam pertambahan berat badan, anak kambing, maupun susu kambing. Untuk peternakan kambing potong / pedagang. Sebaiknya anda menggunakan konsentrat lokal dan limbah pertanian, seperti dedak padi, jagung giling, bungkul kelapa, singkong, garam, dan mineral.

Bahan pembuatan konsentrat ada dua macam, yaitu konsentrat yang berbahan dasar dari tumbuhan dan yang berbahan dasar hewani. Berikut penjelasannya :

A. Konsentrat yang Berasal Dari Tumbuhan.

Sebagai sumber energi dan protein bagi hewan ternak. Tumbuhan merupakan bahan pakan yang bisa di gunakan untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Nah, untuk mencukupi kebutuhan energi pada ternak maka di perlukan tumbuhan seperti jagung, kedelai, singkong, bekatul, singkong, bungkil, dan sejenisnya.

Tetapi, untuk mencukupi kebutuhan proteinnya anda dapat menggunakan tumbuh tumbuhan seperti, kacang giling, wijen, biji kapas, dan karet.

B. Konsentrat yang Berasal Dari Hewan

Konsentrat yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak tidak hanya dari tumbuhan saja, tetapi juga dapat menggunakan bahan yang berasal dari hewani. Bahan yang di gunakan dapat berupa tepung ikan, tepung tulang, dan sejenisnya. Bahan tadi berguna untuk menunjang kebutuhan protein dan karbohidrat dalam konsentrat.

Jenis Pakan Kambing : Suase

Suase adalah pakan ternak hijauan yang di simpan dalam bentuk segar. Berbeda dengan silase yang di simpan dalam keadaan kering untuk jangka waktu panjang, maka suase di simpan hanya untuk jangka waktu pendek. Yaitu hanya untuk beberapa hari saja yang dengan tujuan untuk efisiensi tenaga, karena peternak tidak perlu mencari hijauan setiap hari.
Biasanya pakan suase berasal dari tanaman seperti padi padian, dan rerumputan. Dengan adanya suase dapat membuat ketersediaan pakan kambing bertambah dan dapat di berikan kapan saja.

Vitamin

Peran vitamin sangat penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan untuk menjaga fungsi alami dari sistem tubuh pada hewan ternak anda.

Berdasarkan kebutuhn hewan ternak vitamin terbagi menjadi dua kelompok. Untuk kelompok pertama yaitu vitamin yang larut dalam air di antaranya vitamin B kompleks, B6, B12, C. kholin, biotin, inondol, dan niacin. Sedangkan kelompok yang kedua adalah vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin A, D, E, dan K.

Memang vitamin yang di butuhkan hanya sedikit, tetapi hal ini sama sekali tidak boleh di abaikan karena tidak semua bahan pakan ternak mengandung vitamin yang lengkap. Mengingat resiko dari hewan ternak yang jika kekurangan vitamin maka dapat mengakibatkan tubuh hewan ternak lemah, sakit – sakitan, dan bahkan dapat meneyebabkan kematian.

Mineral

Mineral atau zat – zat garam sangat dibutuhkan untuk hewat ternak perah. Zat anorganik yang di butuhkan oleh tubuh ternak bermacam macam. Kandungan Mineral yang di butuhkan pada ternak ada dua macam yaitu mineral makro dan mineral mikro. Fungsi dari mineral makro adalah untuk pembentukan organ tubuh pada hewan ternak dan di butuhkan dalam jumlah besar.

Mineral mikro yang di butuhkan hewan ternak tidak banyak dan umumnya terdapat dalam jaringan dengan konsentrasi yang kecil. Berikut mineral mikro yang di butuhkan hewan ternak :

  • Kalsium,
  • Kalium,
  • Zat bes,
  • Fosfat,
  • Natrium,
  • Magnesium,
  • Mangaan,
  • Seng,
  • Dan besi.

Mineral memang di butuhkan sebagai tambahan pada pakan ternak, akan tetapi tidak semua pakan harus di berikan tambahan mineral. Karena sebagian besar mineral tersebut dapat di peroleh dari bahan makanan ternak yang anda berikan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para peternak untuk mengetahui kandungan mineral pada pakan yang di berikan kepada hewan ternak. Berikut adalah ciri ciri ternak yang kekurangan mineral :

  • Bobot menurun,
  • Produksi air susu menurun,
  • Kram pada urat daging,
  • Menjilat jilat apa yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan garam,
  • Rambut kasar,
  • dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Jenis Pakan Kambing : Pakan Tambahan

Adalah pakan yang digunakan hanya sebagai tambahan dan bukanlah untuk konsumsi pokok bagi hewan ternak. Pakan tambahan yang di maksud merupakan produk yang tidak mengandung nutrisi, tetapi berguna untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit, serta menyembuhkan hewan ternak.

Pakan tambahan yang di butuhkan di antaranya adalah :

  • Antibiotik,
  • Anti toksin,
  • Obat cacing,
  • Hormon,
  • Dan yang lain sebagainya.

Dalam pemberian antibiotik, berfungsi untuk memodifikasi keseimbangan bakteri yang ada dalam saluran pencernaan hewan ternak. Keseimbangan yang timbul antara bakteri menguntungkan dan merugikan akan mencegah terjadinya penurunan produksi ternak.


Kebutuhan Pakan Kambing

jenis pakan kambing

Pakan merupakan hal penting dalam usaha ternak kambing , karena pakan memliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, tumbuh, dan kembang ternak.

Karena kambing merupakan hewan ruminansia jadi memiliki sistem pencernaan yang komplek (poligastrik). Sistem pencernaan ini dapat mengubah pakan berserat tinggi (rumput, jerami, dll.) menjadi sumber utama energi dan mengubah senyawa nitrogen yang bukan protein. Contohnya pengubahan urea menjadi protein bilogis tinggi untuk kebutuhan produksinya.

Pakan yang di berikan ke kambing dapat berupa pakan hijauan, fermentasi atau silase, dan konsentrat. Kombinasi pakan kambing yang baik adalah kombinasi antara pakan fermentasi kambing dengan konsentrat. Sedangkan pakan hijauan adalah pakan yang berupa daun atau rumput merupakan makanan pokok.

Fermentasi atau silase dan konsentrat di berikan untuk memenuhi kebutuhan protein dan serat kasar dalam proses penggemukan kambing. Fermentasi  berguna untuk mengurangi pengeluaran yang tinggi dari pakan konsentrat. Hal ini dikarenakan pakan fermentasi adalah pakan yang bisa didapatkan dengan harga murah maupun membuat sendiri.

Dalam sehari  satu ekor kambing membutuhkan 4-6 kg hijauan. Pemberian pakan di lakukan 2 kali dalam sehari, yaitu pagi hari pukul 08.00 dan sore hari pukul 15.00. Hijauan harus terus di berikan karena makanan pokok, sedangkan konsentrat dan silase sebagai pakan tambahan.

Jangan lupa untuk memberikan komboran pada kambing yaitu berupa bekatul di campur air, pemberiannya pada sore hari. Serta vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dan mengurangi bau kotorannya

Pengelolaan pakan kambing bisa dicapai dengan pengelolaan pakan yang tepat. Antara lain pengelolaan jumlah pakan yang optimal, formulasi konsentrat yang pas, pemilihan bahan baku yang seimbang secara nutrisi dan ekonomis serta penentuan waktu dan frekuensi pemberian pakan yang efisien.


Itulah jenis pakan kambing yang perlu anda ketahui baik untuk para peternak kambing dan terutama untuk para pemula. semoga dengan artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pakan kambing dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain.