Mesin Pencacah Rumput https://mesinpencacahrumput.com Jual Mesin Pencacah Rumput - Alat Cacah Rumput Terlengkap dan Terbaru 2019 Fri, 05 Jul 2019 09:46:17 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.2 Inilah Cara Mudah Agar Sapi Anda Cepat Gemuk https://mesinpencacahrumput.com/cara-penggemukan-sapi/ Wed, 03 Jul 2019 14:43:24 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1021 Halo berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara penggemukan sapi dalam kurun waktu cepat. Sekarang kebutuhan daging sapi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan tersebut di picu oleh pertumbuhan penduduk dan ekonomi, sehingga daya beli masyarakat juga semakin tinggi. Kini, untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, sebagian di tutupi […]

The post Inilah Cara Mudah Agar Sapi Anda Cepat Gemuk appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara penggemukan sapi dalam kurun waktu cepat. Sekarang kebutuhan daging sapi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan tersebut di picu oleh pertumbuhan penduduk dan ekonomi, sehingga daya beli masyarakat juga semakin tinggi.

Kini, untuk memenuhi kebutuhan daging nasional, sebagian di tutupi oleh daging impor. Karena peternak lokal masih belum mampu untuk mencukupi kebutuhan daging nasional. Tentu hal ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk mengembangkan peternakan sapi.

Kebanyakan sapi di pelihara hanya untuk usaha sampingan, tidak secara intensif. Bahkan rata rata hanya memlihara 1-3 ekor. Mayoritas sistem pemeliharaan sapi potong di Indonesia dilakukan hanya sebagai usaha sampingan, tidak secara intensif. Bahkan, rata-rata kepemilikan sapi potong hanya sekitar 2—5 ekor.

Keadaan ini memang beda jauh dengan peternak luar negeri yang memelihara secara intensif dengan jumlah yang besar. Nah, anda dapat mengambil peluang ini untuk membuat peternakan secara intensif.

Sedangkan dari segi ekonomi, harga jual sapi dalam satu tahun terakhir relatif stabil, dengan rerata mencapai Rp67.273 per kilogram. Untuk harga bobot hidup di tingkat peternak rerata Rp26.500 per kilogram pada hari biasa. Harganya akan naik tajam pada bulan-bulan perayaan agama, seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Mengenal Sapi

cara penggemukan sapi

Sapi merupakan hewan ternak dari anggota suku Bovidae dan anak suku Bovinae. Hewan ini biasanya digunakan untuk membajak sawah dan dinamakan “Lembu”. Di pelihara untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia. Hasil sampingannya seperti kulit, jeroan, tanduk, dan kotorannya juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia.

Di beberapa tempat, sapi di manfaatkan sebagai penggerak alat transportasi, mengolah lahan tanam (bajak sawah), dan alat industri lain (seperti peremas tebu). Karena banyak kegunaannya ini, hewan ini telah menjadi bagian dari berbagai kebudayaan manusia sejak lama.

Sapi ternak merupakan keturunan dari jenis liar yang dikenal sebagai Auerochse atau Urochse, yang dalam bahasa Jerman berarti “sapi kuno”, nama ilmiah : Bos primigenius. Di Eropa sejak tahun 1627 Sapi liar sudah punah. Namun, terdapat beberapa spesies sapi liar lain yang keturunannya di domestikasi, termasuk sapi bali yang juga di ternakkan di Indonesia.

Jenis Pakan Utama dalam Cara Penggemukan Sapi

cara penggemukan sapi

1.  Pakan hijauan

Pakan hijauan adalah pakan yang berasal dari tanaman, mulai dari ujung akar hingga pucuk daun. Hijauan merupakan jenis pakan yang penting dalam usaha peternakan sapi potong sebab menjadi sumber selulosa dan hemiselulosa (serat kasar) yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada rumen (lambung hewan pemamah biak).

Hijauan harus diberikan sesuai dengan kebutuhan. Ketiadaan selulosa dan hemiselulosa bisa mengakibatkan pH rumen menjadi asam dan menimbulkan kematian. Sebaliknya, kelebihan hijauan membuat sapi tidak cepat gemuk karena laju kecernaan dari dua senyawa itu dapat dikategorikan lemah.

Jenis hijauan yang direkomendasikan sebagai pakan sapi potong berasal dari bagian tumbuhan yang muda (sebelum berbunga), terutama daun dan batang tanaman rumput dan kacang-kacangan. Tanaman muda yang belum berbunga punya nilai gizi yang lebih baik, entah dari kandungan karbohidrat, protein, maupun vitaminnya sebab semua kandungan gizinya belum dialokasikan untuk perkembangan bunga.

Hijauan yang umum diberikan pada ternak sapi potong diantaranya yaitu: rumput gajah, rumput benggala, rumput setaria, rumput ilalang, jerami padi, dan jerami kacang tanah. Jerami padi diberikan ke sapi potong bukan karena nilai gizinya, melainkan sebab harganya yang murah dan ketersediaannya yang stabil sepanjang tahun.

2.  Pakan penguat (konsentrat)

Pakan penguat adalah bahan dengan kadar serat kasar yang rendah (<18%) sehingga relatif lebih mudah dicerna dibandingkan hijauan. Bahan pakan konsentrat dapat dikelompokkan menjadi konsentrat sumber karbohidrat dan konsentrat sumber protein. Keduanya jenis konsentrat itu penting untuk usaha penggemukan sapi potong.

Pakan konsentrat inilah yang bisa mempercepat penggemukan sapi potong, tetapi, peternak tak bisa memberikan pakan konsentrat sebanyak 100%. Harga yang  relatif tinggi dibandingkan hijauan dan kemungkinan kelainan metabolisme pada tubuh ternak adalah dua hal yang dijadikan pertimbangan mengapa pakan konsentrat harus dicampurkan dengan pakan hijauan.

Limbah pertanian merupakan sumber pakan konsentrat yang umum digunakan  untuk peternakan sapi potong. Harganya yang relatif murah serta nilai gizi yang masih tinggi menjadi alasan mengapa limbah pertanian menjadi primadona di kalangan peternak rakyat maupun perusahaan besar.

Pakan konsentrat yang umum digunakan untuk usaha sapi potong yaitu: bekatul, dedak, ampas singgkong, ampas tahu, DDGS, bungkil kelapa, polard, dan tepung ikan.

3.  Pakan tambahan

Pakan tambahan adalah pakan yang diberikan pada ternak dalam jumlah yang sedikit. Sapi potong yang dipelihara secara intensif membutuhkan pakan penguat untuk meingkatkan performanya. Pakan tambahan dapat berupa vitamin, mineral, urea, dan mikroorganisme.

Vitamin yang biasa diberikan pada sapi potong adalah vitamin A dan vitamin D. Vitamin A berfungsi untuk fungsi penglihatan dan antioksidan sementara vitamin D berguna dalam menjaga kekokohan tulang.

Mineral Ca dan P umum diberikan pada sapi potong guna menjaga agar tulangnya tetap kuat. Tulang yang kuat dibutuhkan sapi demi menjaga tubuhnya yang berat agar tidak rubuh.

Urea adalah sumber protein yang baik untuk sapi potong. Urea dapat tercerna seluruhnya dalam tubuh sapi potong. Sayangnya, urea bisa membahayakan karena laju kecernaannya yang tinggi. Laju kecernaan yang tinggi itu dapat membuat pH rumen menjadi basa. Maka dari itu pemberian urea dibatasi maksimal 2% saja dari jumlah total pakan yang diberikan.

Mikroorganisme sering dicampurkan ke pakan untuk meningkatkan nilai kecernaannya. Mikroorganisme yang ditambahkan tersebut akan bekerja sama dengan mikroorganisme yang ada di rumen sapi untuk merombak nutrien-nutrien yang ada pada pakan. Hasil rombakan itu akan dimanfaatkan oleh sapi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Proses Cara Penggemukan Sapi

cara penggemukan sapi

Sebelum memulai usaha beternak sapi potong, sebaiknya peternak atau calon peternak menggali informasi dan wawasan bagaimana beternak sapi potong yang baik. Anda dapat mempelajarinya dari internet, buku, dan cara lainnya.

Selain itu, anda dapat bertukar pikiran dengan peternak sekitar. Jika tidak, anda bisa mencari informasi mengenai peternak sapi yang ada di daerah lain. Kemampuan teknis beternak yang baik merupakan kunci keberhasilan peternak sapi potong, terutama dalam pemberian pakan.

Potensi kenaikan bobot badan harian sapi impor mencapai 1.5—1.8 kg/hari. Namun, pertambahan tersebut susah tercapai di Indonesia, karena belum mengoptimalkan sistem pemeliharaan dan jumlah pakan yang kurang, baik dari segi kuantitas maupun kualitas gizinya.

Pemilihan Bibit Sapi

Dalam pemilihan bibit sapi, sapi harus di pilih dengan benar dan tepat. Jika sampai salah dalam memilih bibit sapi atau bibit yang di pilih tidak baik. Maka anda akan mengeleuarkan biaya perawatan dan lain lain lebih banyak. Nah, cara untuk menghindari kerugian tersebut adalah dengan pemilihan bibit sapi yang baik dan benar, berikut caranya :

  • Sapi harus mempunyai produktivitas tinggi, baik lokal/persilangan. Salah satu jenis sapi yang biasa di ternak adalah peranakan ongole (PO) dan Madura.
  • Di utamakan sapi yang di pilih adalah jantan karena pertumbuhan lebih cepat.
  • Pilih sapi muda yang berumur antara 1 hingga 2,5 tahun dengan bobot ±200 kg karena mempuyai tekstur daging yang lebih halus, kandungan lemak rendah dan warna lemaknya muda sehingga menghasilkan keempukan daging yang lebih baik.
  • Asal usul dari sapi harus jelas.
  • Ciri ciri umum sapi yang sehat adalah :
      • Sapi tidak terlalu kurus tetapi sehat.
      • Sapi yang sehat memiliki punggung yang rapi, jadi pilihlah sapi yang mempunyai punggung yang rapi.
      •  Dan juga pilihlah sapi yang semok, karena sapi ini akan menghasilkan karkas yang bagus.

Sistem dalam Penggemukan Sapi

Dalam cara penggemukan sapi ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Di mulai dari cara pemberian pakan, luas kandang, umur, hingga kondisi sapi dan lama dari penggemukan sapi.

Di Indonesia sendiri, untuk cara penggemukan sapi yang paling efisien adalah dengan sistem kereman atau di kandangngkan.  Dan banyak di aplikasikan di daerah Magetan, Wonogiri, Wonosobo, Lamongan, Bondowoso, Banyuwangi, Sulawesi Selatan, dan Aceh.

Dengan penggunaan cara ini sapi akan cepat gemuk, karena gerak sapi terbatas dan makanan menjadi daging tidak banyak yang menjadi energi. Selain itu harga jual akan meningkat dan nilai tambah dari kotoran ternak yang di hasilkan.

Umumnya, sapi yang biasa di gunakan sebagai sapi pedaging (penggemukan) dengan sistem kereman adalah sapi yang berumur 1 hingga 2 tahun dengan kondisi kurus tapi sehat. Dengan lama penggemukan 3 sampai 6 bulan. Pertambahan bobot badan yang dicapai dengan sistem ini berbeda beda setiap ekornya tergantung pada pakan (ransum) yang diberikan.

Jika ransum yang diberikan hanya rumput (hijauan) tanpa ditambahkan konsentrat pertumbuhan bobot badan yang ingin dicapai tidak akan maksimal. Oleh karena itu pemberian hijauan harus diimbangi dengan pemberian konsentrat.

Cara Penggemukan Sapi Dengan Kereman :

  • Sapi di kandangkan.
  • Pemberian pakan dan air minum tidak di batasi.
  • Pakan berupa hijauan dan konsentrat.
  • Dalam sistem sapi hanya di kandang dan tidak di pekerjakan.
  • Dalam pemberian obat, yaitu obat cacing dan suplement yang berguna meningkatkan nafsu makan serta daya tahan tubuh ternak.
  • Lama penggemukan dapat berlangsung 3 bulan atau lebih.

Pakan Ternak Sapi dan Cara Pemberiannya

Pakan merupakan sumber protein yang diubah menjadi energi untuk menunjang pertumbuhan. Mutu dan jumlah pakan ternak sapi yang diberikan harus mencukupi, sehingga energi dapat diubah dalam bentuk daging dan lemak.

Dalam memilih bahan pakan ternak sapi, ada beberapa hal yang harus diketahui:

  • Pakan ternak sapi harus mudah diperoleh
  • Mengandung zat gizi
  • Harus ada setiap waktu, harga layak
  • Pakan ternak sapi dapat diganti dengan yang lain dengan kandungan gizi yang sama
  • Pakan ternak sapi tidak beracun, tidak di palsukan, dan tidak rusak

Hijauan merupakan bahan pokok utama untuk ternak yang pada umumnya terdiri dari daun daunan, ruput, atau kacang kacangan. Setiap hari seekor sapi membutuhkan 10 hingga 12% pakan hijauan dan pakan tambahan 1 hingga 2% dari bobot sapi.

Pemberian pakan hijauan dilakukan sebanyak 3 kali sehari. Selain pakan ternak sapi juga membutuhkan suplemen untuk menunjang pertambahan berat badan. Suplement yang baik adalah suplement yang bebahan dasar organik atau suplement organik cair. Dan usahakan suplement mengandung 5 jenis bakteri yang baik.

Hal yang harus di perhatikan dalam pemberian pakan sebaiknya yang pertama di berikan adalah konsentrat dan baru pakan hijauan di berikan. Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan mikroba rumen, melalui organ pencernaan sapi. Sehingga nutrisi yang terdapat dalam pakan dapat di cerna dengan baik dan bisa mendorong pembentukan daging secara tepat.

Pengelolaan Kandang

Kandang yang di gunakan dalam penggemukan sapi  adalah kandag sapi yang bertipe individu. Mengapa ? Karena dengan kandang tipe ini penggemukan sapi lebih cepat, hal ini dapat terjadi karena sapi tidak rebutan pakan dan mempunyai ruang gerak terbatas.

Sehingga dengan begitu energi sapi yang di gunakan hanyalah sedikit, karena hanya bergerak di dalam kandang yang sempit. Dan terfokus dalam produksi daging, karena tidak banyak energi yang ke luar. Jika menggunakan kandang tipe kelompok, maka penggemukan dapat tidak merata.

Kandang sapi potong berfungsi sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan, serta membatasi ruang gerak sapi agar terjadi penimbunan daging dan lemak. Pesyaratan kandang sapi potong meliputi sebagai berikut :

  • Lokasi kandang sapi harus jauh dari pemukiman warga.
  • Usahakan tinnggi tanah kandang sapi lebih tinggi dari jalan guna mencegah terjadinya genangan air.
  • Ada tempat pembuangan limbah, mendapat sinar matahari yang cukup, dan ventilasi cukup.
  • Sumber air mudah di dapat.
  • Kandang sapi harus memiliki konstruksi yang kuat dan kokoh.

Tipe kandang sapi potong  individu yang efektif adalah kandang ganda. Yang terdiri dari 2 baris kandang dan sapi saling berhadapan, diantaranya di buat gang untuk memudahkan pemberian pakan dengan jarak 1,5 meter.

Perawatan Kesehatan Sapi

Upaya untuk mencegah dan menjaga kesehatan ternak sapi merupakan hal yang penting untuk di lakukan. Hal ini berguna agar proses penggemukan sapi mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu upaya yang dapat di lakukan adalah dengan cara menjaga sanitasi serta kebersihan kandang.

Ketika waktu pertama kali ternak datang di peternakan, hal yang harus di lakukan adalah dengan memberikan vaksinasi. Tahapan yang harus di lakukan yaitu memasukan sapi potong ke dalam kandang karantina dahulu, mandikan sapi hingga bersih, dan jemur hingga sapi kering. Dalam proses ini sapi tidak beri makan atau puasa.

Kemudian berikan vaksinasi anthraks dan obat cacing. Selama sapi potong di karantina amati terus pekembangan sapi, jika sapi sudah siap atau sehat barulah sapi di masukan ke dalam kandang penggemukan yang sudah anda siapkan.

Contoh Penyakit yang Biasa di Alami Sapi 

A. Kudis

Kudia merupakan penyakit zoonosis yang dapat menular ke manusia. Umumnya sapi yang terkena akan terlihat kegatalan dan menggigit bagian tubuhnya, menggosok gosok tubuh, bulunya rontok. Dan timbul bercak berwarna abu abu pada tubuh, hal yang harus di lakukan adalah melakukan karantina dan sanitasi kandang sapi.

Cara pengobatan :

  • Cukur bulu yang terkena kudis.
  • Kemudian kerok kulit dan bersihkan dengan air hangat.
  • GUnakan oli bekas dan belerang, lalu oleskan pada bagian yang terkena kudis.
B. Cacingan

Ciri ciri sapi yang cacingan akan terlihat kurus, nafsu makan akan berkurang, mata sayu, hidung dan mulut kering, diare, serta bulu kusut. Untuk mecegahnya kandang sapi jangan terlalu lembab dan jika ada sisa makanan jangan di biarkan lama di kandanng, segera buang.

Cara mengobati sapi yang cacingan adalah dengan memberikan obat cacing secara rutin, biasanya Albendazol (harus dilakukan oleh petugas).

Sapi Potong / Pedaging yang Terkenal di Indonesia

1. Sapi Limousin

Sapi yang nama aslinya Diamond Limousine adalah sapi unggulan dari jenis sapi pedaging. Dan sudah lama menjadi daging andalan kualitas terbaik di kalangan masayarakat Indonesia. Juga termasuk dalam gen jenis sapi terbesar. Jenis sapi ini berasal dari Perancis.

2. Sapi Peranakan Ongle

Peranakan ongole merupakan hasil perkawinan silang antara sapi ongole dari India dan sapi jawa. Sapi ini banyak di temukan di Sumbawa, jenis sapi ini terkenal karena dagingnya yang banyak.

3. Sapi Metal

Berasal dari daerah Simme, salah satu wilayah di negara Swiss. Juga termasuk dalam jenis sapi perah pedaging. Di Indonesia banyak di ternak karena sifatnya yang cenderung jinak.

4. Sapi Bali

Sapi bali adalah jenis sapi dari hasil penjinakan banteng liar yang sudah di mulai sejak tahun 1900-an di Bali. Karena masih memiliki keturunan banteng, jadi sapi ini memiliki warna dan bentuk yang sama dengan banteng.

5. Sapi Brahman

Sapi ini berasal dari India. Di negara kita sapi brahman di sebut sebagai sapi super oleh para peternak lokal karena prawakannya yang gagah, besar, dan tinggi.

6. Sapi Madura

Sapi ini banyak ditemukan di Madura dan sapi potong khas Indonesia. Jenis sapi ini banyak di temukan di Jawa Timur.


Itulah cara penggemukan sapi yang cepat yaitu 3 bulan dan paling lama 6 bulan. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan wawasan dan ilmu pegetahuan pada anda. Sampai jumpa di artikel lain.

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil

The post Inilah Cara Mudah Agar Sapi Anda Cepat Gemuk appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
15 Ternak Hewan Paling Gampang dan Menguntungkan https://mesinpencacahrumput.com/ternak-hewan-paling-menguntungkan/ Tue, 02 Jul 2019 10:00:17 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=982 Halo, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membuat artikel yang akan mengulas 15 ternak hewan yang paling menguntungkan dan cepat menghasilkan. Bersyukurlah kalian hidup di Indonesia, karena negara kita kaya akan sumber daya alam hayati, mulai dari berbagai jenis hewan sampai banyak tumbuhan yang hidup di Nusantara ini. Pada artikel kali ini kita […]

The post 15 Ternak Hewan Paling Gampang dan Menguntungkan appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membuat artikel yang akan mengulas 15 ternak hewan yang paling menguntungkan dan cepat menghasilkan. Bersyukurlah kalian hidup di Indonesia, karena negara kita kaya akan sumber daya alam hayati, mulai dari berbagai jenis hewan sampai banyak tumbuhan yang hidup di Nusantara ini.

Pada artikel kali ini kita akan berfokus pada sumber daya alam yang berasal dari hewani, yang lebih tepatnya adalah beternak. Saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia yang lebih memilih bekerja di perkantoran maupun menjadi buruh dari berbagai pabrik. Bahkan orang dari kampung juga banyak yang merantau ke kota daripada untuk beternak hewan.

Hal ini di karenakan, masyarakat Indonesia masih memandang sebelah mata terhadap bisnis ternak hewan. Karena bagi mereka yang belum paham menganggap bahwa bisnis ini bekerja di tampat yang kotor dan tidak higienis. Kebanyakan orang orang lebih suka bekerja di kantor duduk seharian dengan ruangan ber-AC yang nyaman.

Padahal usaha ternak bisa menjadi ladang pengjasil uang dengan peluang yang bagus, lho. Hal ini di sebabkan, masih minimnya peminat untuk menjadi pebisnis di bidang hewan ternak ini dan minat pasar yang besar. Dengan begitu besar kemungkinan anda akan mendapat keuntungan yang banyak. Jadi sangat di sayangkan jika anda melewatkannya.

Saat ini jumlah pengusaha yang di seluruh Indonesia masih sebesar 3,1% dari jumlah seluruh rakyat Indonesia, sedangkan negara lain sudah menembus angka 14%. Jadi bisa di bilang kita masih tertinggal jauh dalam hal berwirausaha. Sekarang negara kita membutuhkan lebih dari 10.000 baru guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Dan salah satu dari sekian banyaknya pengusaha yang di butuhkan tadi adalah pengusaha di bidang peternakan. Kenapa peternakan ? Karena pasar indonesia saat ini masih banyak mengimpor daging ternak dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat Indonesia.

Eits, tapi sebelum itu kita pahami dulu apa itu usaha di bidang peternakan.

Usaha di Bidang Peternakan

ternak hewan yang paling menguntungkan

Peternakan adalah kegiatan budidaya dan mengembangbiakan hewan ternak yang bertujuan untuk mengambil manfaat dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak hanya pada pemeliharaan saja,peternakan dan pemeliharaan juga memliki tujuan yang berbeda sesuai dengan yang ditetapkan.

Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal (Rasyaf, 1994). Dalam kenyataan di masyarakat umum, banyak yang memelihara ternak tetapi bukan merupakan usaha peternakan.

Yang diharapkan dari pemeliharaan ternak yang mereka lakukan adalah sekedar hobi, atau mengharapkan telur itik tetapi sesungguhnya biaya pemeliharaannya lebih tinggi karena produksi telurnya di bawah standar.

Akan tetapi mereka tidak mempermasalahkan hal tersebut karena sesungguhnya mereka tidak mencari keuntungan materi dalam memelihara hewan ternak. Pemeliharaan ternak tersebut tidak tergolong dalam kegiatan peternakan.

Kegiatan pada bidang peternakan terbagi atas dua golongan, kedua golongan itu adalah peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau, dan kuda. Sedangkan golongan satunya yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, itik, burung puyuh, kambing, dan lain lain.

Sejarah Peternakan

Peternakan di dunia sudah dimulai sejarahnya dalam waktu yang sudah sangat lama hamper sama dengan sejarah peradaban manusia. Sistem ini sudah ada sejak tahun 9000 SM yang di awali dengan domestikasi kambing, domba, dan anjing.

Semakin berkembang ketika peternakan pada masa Neolitikum, yaitu ketika manusia purba mulai tinggal menetap dalam sebuah perkampungan. Di masa ini juga, domba dan kambing yang awalnya hanya di ambil dagingnya, mulai memanfaatkan juga hasil susu dan bulunya atau yang kita kenal dengan wol.

Setelah memelihara kambing dan domba, manusia mulai memelihara sapi dan kerbau untuk di manfaatkan kulit dan susunnya, serta memanfaatkan tenaga untuk membajak sawah. Selain itu manusia juga mengembangkan peternakan kuda, babi, unta, dan lainnya.

Sekarang Ilmu pengetahuan tentang peternakan saat ini sudah di ajarkan di berbagai unsiversitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia. Para mahasiswa harus belajar disiplin ilmu seperti ilmu gizi, genetika, da budidaya, atau ilmu reproduksi. Lulusan dari perguruan tinggi aktif sebagai dokter hewan, farmasi ternak, peternak, dan pendiri industri makanan.

Dengan berbagai keterbasan yang ada pada peternak, perlu di kembangkan sebuah sistem peternakan yang ekonomis, ekologis, dan berkelanjutan. Sehingga industri peternakan dan peternakan rakyat bisa mewujudkan ketahanan pangan dan dapat mengatasi kemiskinan.

Ternak Hewan Yang Paling Menguntungkan

ternak hewan yang paling menguntungkan

Potensi untuk mendapatkan keuntungan besar dari usaha peternakan juga besar dan menjanjikan. Selain itu, hal ini juga di pegaruhi oleh masi sedikitnya jumlah pengusaha peternakan di Indonesia yang berefek pada harga jual dagng menjadi lebih tinggi.

Jika kamu memiliki lahan tak terpakai di rumah, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ini. Jika kamu masih amatir, banyak sekali jenis hewan yang tergolong mudah untuk dibudidayakan. Inilah beberapa jenis hewan ternak yang cocok untuk pemula.

1. Ternak Lebah Madu

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha ternak ini, anda akan mendapat keuntungan double yaitu selain harga jual madunya yang mahal, lebahnya juga dapat di jual dengan harga yang mahal pula, selain itu sarangnya juga dapat di jadikan olahan masakan bothok.

Untuk melakukan ternak lebah madu harus memperhatikan suhu dilingkungan sekitar. Karena suhu yang ada di lingkungan sangat mempengaruhi madu yang dihasilkan oleh lebah. Selain itu anda juga harus memperhatikan cuaca, karena cucaca yang ekstrim bunga juga jarang di temukan dan produksi lebah akan berkurang dan bahkan lebah juga dapat mati kelapran.

2. Ternak Burung

Untuk ternak burung, anda hanya perlu memiliki sedikit keahlian saja, yaitu kepekaan terhadap perasaan burung dan rajin untuk memberi pakan. Sampai sekarang ternak burung masih menjadi trend di Indonesia dan harga jual burung juga masih relatif stabil.

Burung yang memiliki harga jual yang cukup mahal yaitu burung murai batu, love bird (burung cinta) dan lainnya. Anda juga bisa beternak burung seperti Beo dan Jalak Bali tetapi anda harus memiliki surat izin pemerintah sebelum mulai ternak burung tersebut.

3. Ternak Jangkrik

Jika pengusaha ternak bertambah banyak, maka semakin banyak pula konsumsi jangkrik yang dibutuhkan. Sekarang bukan  hanya peternak burung saja yang membutuhkan jangkrik, tetapi orang yang  punya hobi  memelihara burung juga membutuhkan jangkrik untuk burung peliharaannya.

Kenapa lebih memilih jangkrik bukan pakan lainnya? Karena protein yang terdapat dalam tubuh jangkrik bagus untuk pertumbuhan burung peliharaan, terlebih bagi burung yang sering di ikutkan lomba.

4. Ternak Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong gampang dan membutuhkan modal yang tidak banyak. Dan hanya dalam waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat.

Dan yang masih membingungkan adalah masih saja ada daerah yang masih kekurangan pasokan ikan lele padahal cara beternaknya saja mudah, contohnya kota Yogyakarta. Peternak lele lokal jogja belum mampu memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, akhirnya harus membutuhkan pemasok dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lele.

5. Ternak Kelinci

Para peminat kelinci tidak hanya untuk menggkonsumsinya saja, tetapi juga untuk di jadikan hewan peliharaan kembali bagi orang yang hobi dengan binatang ini, peminatnya pun juga banyak mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Mungkin harga kelinci konsumsi tidak semahal kelinci untuk di pelihara, namun harganya masih lebih mahal dari hewan kecil lainnya.

Harga kelinci lokal di pasaran di patok kurang lebih Rp.120.000 sampai Rp.150.000 sepasang dan Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per ekornya untuk kelinci usia 2-3 bulan. Usia dari kelinci lokal juga terbilang lumayan lama yaitu mencapai 5 hingga 10 tahun.

6. Ternak Hewan Yang Paling Menguntungkan : Ternak Marmut

Berbeda dengan ternak kelinci, cara bertenak marmut tergolong lebih gampang dan cepat, akan tetapi harga jualnya juga lebih murah. biasanya marmut di jual untuk peliharaaan dan juga di konsumsi. Salahsatu contoh olahan masakan dari marmut  adalah sate.

7. Ternak kroto

Pada jaman dahulu kalu hanya untuk mendapatkan kroto masih tergolong mudah karena alam sudah menyediakan. Namun seiring perkembangan jaman kroto yang ada di alam sudah kian menipis.

Potensi ternak kroto untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat tinggi. Di tandai banyaknya pabrik pakan burung yang membutuhkan kandungan kroto alami untuk pencampuran produk yang ingin dihasilkan.

8. Ternak Ayam petelur

Beternak ayam petelur sama seperti beternak hewan lain. Konsumsi telur di indonesia semakin hari semakin meningkat, bukan hanya untuk dimakan oleh masyarakat tetapi juga di jadikan produk yang lebih bernilai harganya contohnya mayones .

Usaha ternak ayam petelur tergolong mudah, karena anda hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Anda juga tidak perlu repot repot untuk mengeluarkan dan memasukan ayam dari kandang.

9. Ternak Ayam Kampung

Beebeda dengan ternak ayam negri atau potong, jika ternak ayam kampung memerlukan waktu yang lebih lama. Banyak orang yang menyukai daging ayam ini. Tetapi orang yang menjualnya hanyalah peternak tertentu saja. Untuk tambahan saja,  sebaiknya anda juga beternak ayam bangkok.

Kenapa ? Karena jika kita memelihara ayam bangkok ruang lingkup pasar kita akan semakin luas. Orang yang hobi ayam bangkok atau petarung biasanya memiliki relasi teman yang sangat banyak dan mudah untuk diajak menjadi partner berbisnis.

10. Ternak Bebek

Daging bebek sangat di sukai banyak orang, Selain itu anda juga mendapat pendapatan double selain anda beternak bebek anda juga akan dapat memfaatkan telur bebek untuk anda olah kembali menjadi telur asin. Hal ini dapat di ibaratkan Menyelam sambil minum air. Harga daging bebek pun relatif masih mahal yaitu sekitar Rp.42.000.

Jika dilihat kembali, Saat ini sangat jarang orang yang membutuhkan bebek. Namun jika anda sudah terjun di dunia bisnis peternakan bebek, anda tidak akan mengira bahwa ternak bebek juga sangat menguntungkan.

11. Ternak Hewan Yang Paling Menguntungkan : Ternak Sapi

Sapi adalah jenis hewan yang memakan rumput, jenis ternak ini  sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.Saat ini harga jual daging sapi per kilonya mencapai Rp.120.000, untuk mewujudkan harga yang lebih ekonomis jumlah peternak sapi harus di perbanya. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi dampak impor daging dari luar negri.

12. Ternak kambing

Kambing adalah hewan yang juga termasuk dalam hewan herbivora atau pemakan tumbuhan, usaha ternak kambing ini juga menjadi salah satu alternatif usaha setelah ternak sapi, usaha ternak kambing tidaklah sulit hampir sama dengan memelihara sapi. Tetapi keuntungan yang didapatkan juga lebih sedikit dari ternak sapi.

13. Ternak Kucing Ras Persia

Tidak dapat di pungkiri bahwa kucing sudah menjadi primadona bagi para pecinta hewan peliharaan. Karena bentuknya yang imut dan tingkahya yang menggemaskan, terlebih lagi jika ya g di pelihara adalah kucing ras seperti Persia. Selain imut dan lucu harga jualnya juga tinggi, untuk anakan umur 2 bulan saja harganya mulai Rp700.000 hingga jutaan rupiah.

14. Ternak Cacing

Walaupun terlihat menjijikan teteapi beternak cacing sangatlah menguntungkan, sudah banyak peternak cacing yang sudah sukses dan mendapat banyak keuntungan hingga jutan rupiah. Terlebih cacinng biasa digunakan untuk makanan ikan dan umpan untuk memancing, dan tentunya banyak peminatnya.

Ternak cacing sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, ada cacing sutra dan ada pula cacing tanah. Yang perlu di persiapkan adalah media dan bibit cacing. Setelah itu kalian tinggal menunggu panen dan menerima hasilnya.

15. Ternak Burung Puyuh

Untuk mebudidayakan burung puyuh sebaiknya anda lakukan di daerah yang jauh dari pemukiman warga, karena polusi yang di hasilkan dari hewan ternak ini sangat menyengat. Selain telur burung puyuh yang di jual, anda juga dapat membudidayakan burung puyuh untuk dijual kembali. Karena permintaan bibit burung puyuh sampai saat ini masih sangat banyak.

Ternak Hewan yang Paling Menguntungkan : Hal yang Harus di Perhatikan Saat Akan Beternak

ternak hewan yang paling menguntungkan

Bibit Harus Unggul

Saat anda sudah memutuskan untuk beternak, bibit yang akan di gunakan harus unggulwalaupun harganya mahal. Bibit yang unggul adalah jaminan dari kualitas yang akan di hasilakn nanti. Apapun jenis ternaknya dari ayam sampai sapi, pemilihan bibit unggul marupakan hal yang wajib.

Jika anda tidak tahu menahu ternak yang akan anda jalankan, anda dapat salah memilih bibit. Contohnya, anda ingin beternak kambing tetntunya anda juga harus tahu jenis kambing yang termasuk bibit unggul bukan. Saya sarankan untuk membeli bibit dari pihak yang terpercaya agar lebih mudah kedepannya dan anda tidak mengalami kerugian.

Bibit unggul hanya di kembangkan dengan yang unggul juga, walaupun berbeda karena dapat di kawin silang.

Lokasi dan kebersihan kandang

Ini adalah hal penting yang harus di perhatikan, lokasi kandang di haruskan jauh dari pemukiman padat penduduk. Yakni guna menghindari polusi yang di hasikan dari ternak ternak anda, yaitu bau, tersebarnya penyakit terntentu karena limbah ternak anda.

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kandang guna menjaga kesehatan ternak dan menghindari polusi tak sedap. Jangan sembarangan membuang limbah kotoran sperti di sungai, atau tempat yang sering di kujungi oleh masyarakat. Karena kandang yang bersih adlah cerminan ternak yang sehat.

Makanan dan Vitamin Ternak

Dalam beternak sudah menjadi kewajiban intuk memberikan pakan yang unggul dan vtamin yang cukup. Kualitas pakan akan menentikan kualitas ternak juga. Pilih pakan yang berkualitas unggul, sehingga ternak tidak hanya sehat dan berbobot, tetapi juga kebal penyakit.

Saya sarankan untuk memebeli pakan ke produsen yang sudah terdaftar dan terpercaya. Sedangkan Vitamin ternak pilihlah yang tepat dan bermanfaat untuk kesehatan dan kualitas ternak anda. Ternak juga akan terhindar dari penyakit, tapi anda juga perlu memperhatiakan dosis vitamin yang di berikan ke ternak, untuk itu sebaiknya di lakukan oleh ahlinya.

Strategi Pemasaran

Jika anda sudah melakuakn hal hal di atas, maka jangan lupa untuk mempersiapkan strategi pemasaran. Ketika ternak sudah siap jual (siap kesehatan, umur, dan kualitas). maka dapat segera di pasarkan ke tempat yang tepat seperti di supermarket, hotel, restaurant, atau lainnya.

Penanganan ternak yang profesional tentunya akan memberikan rasa aman kepada para konsumen baik dalam segi kesehatan maupun kehalalannya. Jika anda mengikuti semua hal di atas maka anda tidak perlu khawatir tentang pemasukan anda.

Perlu di ingat agar bisnis anda dapat berjalan seperti yang di harapkan hal pertama yang harus anda lakukan adalah membangun relasi kepada para calon pembeli agar usaha anda dapat bekesinambungan.


Itulah daftar ternak hewan yang paling menguntungkan yang dapat di jadikan sebagai mesukan kepada teman teman sekalian yang masih bingung mau tenak apa. Mungkin dengan di tulisnya artikel ini dapat membantu teman teman sekalian. Sampai jumpa di artkiel lainnya.

Semoga Berhasil

The post 15 Ternak Hewan Paling Gampang dan Menguntungkan appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Jenis Pakan Kambing yang Harus di Ketahui https://mesinpencacahrumput.com/jenis-pakan-kambing/ Tue, 02 Jul 2019 09:59:32 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=992 Halo, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang jenis pakan kambing yang harus di ketahui. Sama halnya dengan pebisnis lainnya, kesuksesan yang di raih peternak dapat di lihat seberapa besar peternakan yang di miliki. Besar kecilnya peternakan di hitung dari jumlah hewan yang di ternak. kuantitas, dan kualitas produksi. […]

The post Jenis Pakan Kambing yang Harus di Ketahui appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang jenis pakan kambing yang harus di ketahui. Sama halnya dengan pebisnis lainnya, kesuksesan yang di raih peternak dapat di lihat seberapa besar peternakan yang di miliki.

Besar kecilnya peternakan di hitung dari jumlah hewan yang di ternak. kuantitas, dan kualitas produksi. Jika kualitas suatu barang dilihat dari bahan pembuatannya, maka kualitas hasil dari ternak di lihat dari sumber pakan yang di berikan pada ternak.

Dalam beternak kambing atau lainnya, pakan mempunyai peran penting dalam kesuksesan usaha peternakan. Selain itu kesuksesan dapat di lihat dari besar bangunan peternakan, banyaknya hewan yang di ternak, dan mempunyai penghasilan yang besar.

Menjalankan usaha ternak tidaklah semudah yang anda pikirkan, bahkan tidak semua orang dapat melakukannya. Karena dalam beternak di butuhkan ilmu pengetahuan, pengalaman yang cukup, dan ketekunan yang bagus sebagai peternak. Serta anda harus memberikan yang terbaik pada peternakan yang anda miliki.

Karena dalam beternak kita tidak berhubungan dengan benda mati, melainkan dengan makhluk hidup. Untuk itu, ilmu pengetahuan di perlukan untuk menjalankan peternakan anda dengan lebih baik, berkembang pesat. Dan mendaptakan hasil maksimal seperti yang anda harapkan dan peternak lainnya.

Tetapi terlepas dari semua itu, baik untuk peternak senior maupun pemula, ada satu hal yang tidak boleh di nomor duakan yang merupakan pengetahuantentang pakan ternak. Karena pakan ternak mempunyai peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pada kambing anda.

Pakan Ternak

jenis pakan kambing

Pakan merupakan hal penting yang berupa makanan dan harus di berikan kepada hewan ternak. Sumber energi dan penting bagi tumbuh kembang hewan ternak adalah pakan. Zat yang paling penting dalam pakan adalah protein. Bahan pakan yang berkualitas mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin yang seimbang.

Hal yang harus diperhatikan dalam mengenai pakan yaitu pakan tidak boleh disimpan dalam 2 minggu, tempat penyimpanan pakan sebaiknya kering (tidak lembap). Apabila pakan yang anda beli merupakan hasil dari pabrik pastikan pabrik tersebut memproduksi pakan yang memliki kualitas yang bagus.

Kualitas pakan dapat menentukan kualitas ternak. Jika pakan disimpan dalam wadah, sebaiknya wadah tersebut ditutup rapat dan tidak ada udara yang masuk. Pakan yang terkontaminasi udara lembap akan berjamur.

Pakan merupakan semua jenis bahan yang secara kesuluruhan atau sebagian dapat di makan dan di cerna oleh ternak tanpa mengganggu kesehatan ternak. Bahan pakan dapat berasal dari tumbuhan maupun bukan tumbuhan. Kualitas dari bahan pakan ternak tergantung pada kandungan nutrisi dan komposisi kimianya, serta kandungan zat anti-nutrisi di dalamnya.

Seorang peternak di wajibkan dapat mengatur komposisi pakan ternak dengan tepat, tidak hanya dari nutrisi yang terkandung, tetapi juga dalam segi biaya. Ada empat kunci penting dalam menyusun komposisi pakan ternak, yaitu bahan baku mudah di dapat, bahan bervariasi, di sukai ternak, dan harganya terjangkau.

Pada umumya, bahan pakan ternak terbagi dalam dua macam, yaitu bajan pakan hijauan dan pakan non hijauan. Bahan pakan hijauan dapat berasal dari rumput rumputan, legume, dan daun daunan. Sedangkan untuk sumber bahan pakan non hijauan bisa anda dapatkan dari biji bijian dan sumber mineral.

Jenis Pakan Kambing

jenis pakan kambing

Kambing merupakan hewan ternak yang tidak rewel dalam hal pemberian pakan, karena pakannya sangat mudah di dapatkan. Akan tetapi, ketersediaan pakan di Indonesia tidak teratur, dalam artian tidak selalu ada setiap saat. Pakan akan melimpah saat musim hujan, namun begitu musim kemarau datang maka pakan akan sulit di dapatkan.

Oleh karena itu, suatu petrnakan kambing besar maupun kecil harus mampu untuk mengantisipasi ketika kondisi ini datang dengan cara yang tepat. Adapun pakan kambing yang dapat anda berikan kepada ternak kesayangan anda yang di antaranya  ada di bawah ini :

Hijauan Segar

Pakan hijauan segar adalah pakan yang semuanya ada dalam keadaaan segar ketika akan di berikan kepada hewan ternak. Baik dalam bentuk potong potongan maupun dalam keadaan utuh. Hijauan segar pada umumnya terdiri atas rumput rumputan, biji bijian, daun daunan yang masih segar.
Dalam hijauan segar mempunyai banyak kandungan karbohidrat dalam bentuk pati, gula sederhana, dan fruktosa yang memliki peran penting dalam memberikan energi kepada kambing kambing kesayangan anda.

A. Rerumputan

Pakan yang termasuk dalam akan hijauann segar salah satunya adalah rumput. Rumput yang dapat anda berikan sebagai pakan kambing adalah antara lain rumput benggala (Penicum maximum), gajah (Pennisetum purpureum), brachiaria (Brachiaria decumbens), setaria (Setaria sphacelata), meksiko (Euchiena mexicana), dan rumput liar di lapangan.

Umumnya para peternak biasanya memanfaatkan rumput liar sebagai pakan yang tumbuh di tanah kosong, di pinggir jalan, lereng gunung, sawah, atau di tempat lainnya. Tetapi, jika lebih baik anda menanam rumput sendiri di lahan kosong atau mempersiapkan sebuah lahan untuk di tanami. Contohnya rumput gajah, odot, dan benggala.

B. Kacang kacangan

Jenis kacang kacangan juga dapat kita jadikan sebagai pakan kambing. Hal ini di karenakan karena bungkil kacang mengandung protein yang tinggi yaitu sekitar 46,2% dan serat 5,5%. Kacang kacangan sangat di sukai ternak dan suplemen protein tumbuhan yang berkualitas baik.
Nah, jenis kacang yang biasa di gunakan sebagai pakan kambing di antaranya adalah kacang stylo (Stylosantes guyanensis), centro (Centrocema pubescens), lamtoro (Leucaena leucocephala), kacang tanah (Arachis hypogaea L.) dan masih banyak lagi.

C. Dedaunan

Selain itu pakan hijauan segar untuk kambing juga bisa berasal dari daun daun dari pepohonan yang tumbuh di sekitar rumah anda. Karena kandungan karbohidrat dan protein yang ada dalam daun juga lumayan tinggi. Contoh daun yang dapat anda berikan ke ternak ada adalah daun mahoni, nangka, mandingan, pisang, petai, basiah, tun dan masih banyak lagi.

Hijauan Kering dan Jerami

Pakan hijauan kering atau silase merupakan pakan hijauan kering yang di awetkan dan di simpan dalam kantong plastik yang kedap udara, drum. Dan sudah mengalami proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara atau di sebut dengan anaerob. Silase adalah rumput segar yang langsung di keringkan sampai kandungan air 60%, lalu di simpan dalam keadaan anearob.

Proses silase melibatkan bakteri atau mikroba yang akan membentuk asam susu. Yakni Lactis Acidi dan Streptococcus yang hidup dengan cara anerob dan dalam derajat keasaman 4 (pH 4). Oleh sebab itu proses silase terjadi dalam kantung yang kedap udara, sehingga pakan tidak akan cepat busuk oleh bakteri lain atau jamur.

Hal ini di lakukan agar saat musim kemarau tiba ternak tidak kelaparan saat pakan hijauan segar mulai susah untuk di dapatkan. Caranya cukup mudah pakan pakan ternak hanya di potong potong lalu di keringkan dengan panas matahari, kemudian di simpan ke tempat penyimpanan.

Pakan yang termasuk ke dalam pakan hijauan kering adalah semua dari jenis jerami dan pakan hijauan ternak yang di potong potong lalu di keringkan. Kandungan serat kasar dari pakan hijauan kering adalah lebih dari 18%.

Tujuan Membuat Silase / Hijauan Kering

  • Sebagai pakan cadangan pada saat musim kemarau berkepanjangan, yang menyebabkan langkanya pakan hijauan segar.
  • Guna menyimpan dan menampung pakan hijauan yang berlebihan pada saat musim penghujan. Sehingga dapat di pakai sewaktu waktu pada saat musim kemarau tiba.
  • Memanfaatkan pakan hijauan yang masih segar pada saat kondisinya dengan nilai nutrisi terbaik seperti kandungan protein yang tinggi.
  • Untuk mengefisienkan sumber pakan yang berasal dari sisa limbah pertanian atau dari agroindustri pertanian maupun perkebunan. Yang berupa bekatul, dedak, janggel, bungkil, dan lainnya.

Pakan Penguat (Konsentrat)

Konsentrat adalah bahan pakan ternak yang di berikan dengan di campurkan dengan pakan ternak lainnya . Yang bertujuan meningkatkan gizi pakan ternak yang di campurkan sebagai pakan pelengkap. Konsentrat sendiri memiliki kandungan karbohidrat, protein dan mineral yang tinggi sehingga dapat membuat kambing anda cepat gemuk.

Pakan penguat atau yang lebih kita kenal dengan sebutan konsentrat merupakan pakan ternak yang mempunyai kandungan serat kasar yang rendah, yakni di bawah 18%. Nutrisi utama yang terkandung dalam konsentrat adalah berupa energi dan protein. Konsentat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu konsentrat sebagai sumber energi dan sebagai sumber protein.

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya, mengapa namanya pakan penguat. Karena pemberian dari konsentrat adalah dengan mencampurkan dengan bahan pakan lainnya. Konsentrat dapat meningkatkan kandungan gizi dari pakan ternak tersebut.

Pengertian dari konsentrat sumber energi adalah konsentrat yang mempunyai kandungan kadar protein kurang dari 20%. Begitu juga sebaliknya, konsnetrat protein adalh konsentrat yang mempunyai kandungan kadar protein lebih dari 20%.

Pemakaian pakan penguat sangat membantu dalam peningkatan produksi kambing, baik dalam pertambahan berat badan, anak kambing, maupun susu kambing. Untuk peternakan kambing potong / pedagang. Sebaiknya anda menggunakan konsentrat lokal dan limbah pertanian, seperti dedak padi, jagung giling, bungkul kelapa, singkong, garam, dan mineral.

Bahan pembuatan konsentrat ada dua macam, yaitu konsentrat yang berbahan dasar dari tumbuhan dan yang berbahan dasar hewani. Berikut penjelasannya :

A. Konsentrat yang Berasal Dari Tumbuhan.

Sebagai sumber energi dan protein bagi hewan ternak. Tumbuhan merupakan bahan pakan yang bisa di gunakan untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Nah, untuk mencukupi kebutuhan energi pada ternak maka di perlukan tumbuhan seperti jagung, kedelai, singkong, bekatul, singkong, bungkil, dan sejenisnya.

Tetapi, untuk mencukupi kebutuhan proteinnya anda dapat menggunakan tumbuh tumbuhan seperti, kacang giling, wijen, biji kapas, dan karet.

B. Konsentrat yang Berasal Dari Hewan

Konsentrat yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak tidak hanya dari tumbuhan saja, tetapi juga dapat menggunakan bahan yang berasal dari hewani. Bahan yang di gunakan dapat berupa tepung ikan, tepung tulang, dan sejenisnya. Bahan tadi berguna untuk menunjang kebutuhan protein dan karbohidrat dalam konsentrat.

Jenis Pakan Kambing : Suase

Suase adalah pakan ternak hijauan yang di simpan dalam bentuk segar. Berbeda dengan silase yang di simpan dalam keadaan kering untuk jangka waktu panjang, maka suase di simpan hanya untuk jangka waktu pendek. Yaitu hanya untuk beberapa hari saja yang dengan tujuan untuk efisiensi tenaga, karena peternak tidak perlu mencari hijauan setiap hari.
Biasanya pakan suase berasal dari tanaman seperti padi padian, dan rerumputan. Dengan adanya suase dapat membuat ketersediaan pakan kambing bertambah dan dapat di berikan kapan saja.

Vitamin

Peran vitamin sangat penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan untuk menjaga fungsi alami dari sistem tubuh pada hewan ternak anda.

Berdasarkan kebutuhn hewan ternak vitamin terbagi menjadi dua kelompok. Untuk kelompok pertama yaitu vitamin yang larut dalam air di antaranya vitamin B kompleks, B6, B12, C. kholin, biotin, inondol, dan niacin. Sedangkan kelompok yang kedua adalah vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin A, D, E, dan K.

Memang vitamin yang di butuhkan hanya sedikit, tetapi hal ini sama sekali tidak boleh di abaikan karena tidak semua bahan pakan ternak mengandung vitamin yang lengkap. Mengingat resiko dari hewan ternak yang jika kekurangan vitamin maka dapat mengakibatkan tubuh hewan ternak lemah, sakit – sakitan, dan bahkan dapat meneyebabkan kematian.

Mineral

Mineral atau zat – zat garam sangat dibutuhkan untuk hewat ternak perah. Zat anorganik yang di butuhkan oleh tubuh ternak bermacam macam. Kandungan Mineral yang di butuhkan pada ternak ada dua macam yaitu mineral makro dan mineral mikro. Fungsi dari mineral makro adalah untuk pembentukan organ tubuh pada hewan ternak dan di butuhkan dalam jumlah besar.

Mineral mikro yang di butuhkan hewan ternak tidak banyak dan umumnya terdapat dalam jaringan dengan konsentrasi yang kecil. Berikut mineral mikro yang di butuhkan hewan ternak :

  • Kalsium,
  • Kalium,
  • Zat bes,
  • Fosfat,
  • Natrium,
  • Magnesium,
  • Mangaan,
  • Seng,
  • Dan besi.

Mineral memang di butuhkan sebagai tambahan pada pakan ternak, akan tetapi tidak semua pakan harus di berikan tambahan mineral. Karena sebagian besar mineral tersebut dapat di peroleh dari bahan makanan ternak yang anda berikan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para peternak untuk mengetahui kandungan mineral pada pakan yang di berikan kepada hewan ternak. Berikut adalah ciri ciri ternak yang kekurangan mineral :

  • Bobot menurun,
  • Produksi air susu menurun,
  • Kram pada urat daging,
  • Menjilat jilat apa yang ada di sekitarnya untuk mendapatkan garam,
  • Rambut kasar,
  • dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Jenis Pakan Kambing : Pakan Tambahan

Adalah pakan yang digunakan hanya sebagai tambahan dan bukanlah untuk konsumsi pokok bagi hewan ternak. Pakan tambahan yang di maksud merupakan produk yang tidak mengandung nutrisi, tetapi berguna untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit, serta menyembuhkan hewan ternak.

Pakan tambahan yang di butuhkan di antaranya adalah :

  • Antibiotik,
  • Anti toksin,
  • Obat cacing,
  • Hormon,
  • Dan yang lain sebagainya.

Dalam pemberian antibiotik, berfungsi untuk memodifikasi keseimbangan bakteri yang ada dalam saluran pencernaan hewan ternak. Keseimbangan yang timbul antara bakteri menguntungkan dan merugikan akan mencegah terjadinya penurunan produksi ternak.


Kebutuhan Pakan Kambing

jenis pakan kambing

Pakan merupakan hal penting dalam usaha ternak kambing , karena pakan memliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, tumbuh, dan kembang ternak.

Karena kambing merupakan hewan ruminansia jadi memiliki sistem pencernaan yang komplek (poligastrik). Sistem pencernaan ini dapat mengubah pakan berserat tinggi (rumput, jerami, dll.) menjadi sumber utama energi dan mengubah senyawa nitrogen yang bukan protein. Contohnya pengubahan urea menjadi protein bilogis tinggi untuk kebutuhan produksinya.

Pakan yang di berikan ke kambing dapat berupa pakan hijauan, fermentasi atau silase, dan konsentrat. Kombinasi pakan kambing yang baik adalah kombinasi antara pakan fermentasi kambing dengan konsentrat. Sedangkan pakan hijauan adalah pakan yang berupa daun atau rumput merupakan makanan pokok.

Fermentasi atau silase dan konsentrat di berikan untuk memenuhi kebutuhan protein dan serat kasar dalam proses penggemukan kambing. Fermentasi  berguna untuk mengurangi pengeluaran yang tinggi dari pakan konsentrat. Hal ini dikarenakan pakan fermentasi adalah pakan yang bisa didapatkan dengan harga murah maupun membuat sendiri.

Dalam sehari  satu ekor kambing membutuhkan 4-6 kg hijauan. Pemberian pakan di lakukan 2 kali dalam sehari, yaitu pagi hari pukul 08.00 dan sore hari pukul 15.00. Hijauan harus terus di berikan karena makanan pokok, sedangkan konsentrat dan silase sebagai pakan tambahan.

Jangan lupa untuk memberikan komboran pada kambing yaitu berupa bekatul di campur air, pemberiannya pada sore hari. Serta vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dan mengurangi bau kotorannya

Pengelolaan pakan kambing bisa dicapai dengan pengelolaan pakan yang tepat. Antara lain pengelolaan jumlah pakan yang optimal, formulasi konsentrat yang pas, pemilihan bahan baku yang seimbang secara nutrisi dan ekonomis serta penentuan waktu dan frekuensi pemberian pakan yang efisien.


Itulah jenis pakan kambing yang perlu anda ketahui baik untuk para peternak kambing dan terutama untuk para pemula. semoga dengan artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pakan kambing dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain.

The post Jenis Pakan Kambing yang Harus di Ketahui appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Lengkap Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri https://mesinpencacahrumput.com/cara-membuat-pupuk-organik-cair/ Mon, 01 Jul 2019 14:51:10 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=958 Halo ketemu lagi dengan saya, jika sebelumnya kita pernah membahas tentang cara membuat pupuk organik dari daun. Kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang cara membuat pupuk organik cair. Yang dapat anda buat anda sendiri di rumah dengan cara yang lengkap dari awal hingga akhir. Kita semua tahu bahwa budidaya tanaman yang baik […]

The post Cara Lengkap Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo ketemu lagi dengan saya, jika sebelumnya kita pernah membahas tentang cara membuat pupuk organik dari daun. Kali ini saya akan membuat artikel yang membahas tentang cara membuat pupuk organik cair. Yang dapat anda buat anda sendiri di rumah dengan cara yang lengkap dari awal hingga akhir.

Kita semua tahu bahwa budidaya tanaman yang baik tak akan lepas dari yang namanya pupuk. Untuk pupuk sendiri ada yang merupakan pupuk organik dan ada pula yang merupakan pupuk kimia.

Walaupun pupuk kimia bisa memberikan unsur hara dengan kadar yang lebih tinggi di bandingkan pupuk organik. Tetapi belakangan ini terbukti bahwa dengan pemakaian pupuk kimia juga memberikan dampak yang buruk bagi tanah. Yaitu tanah akan mengeras serta kesuburan tanah berkurang, ha ini di sebabkan karena penumpukan residu kimia.

Penumpukan residu dalam tanah akan menimbulkan defisiensi unsur hara yang ada dalam tanah. Hal ini akan menghambat pertumbuhan pada tanaman dan tentunya akan membuat produksi tanamn juga berkurang. Oleh sebab itu, para petani kini berangsur angsur mulai tidak mebggunakan pupuk kimia dan kembali menggunakan pupuk organik.

Namun ternyata penggunaan pupuk organik juga tak memberikan pengaruh yang besar karena bahan organik tersebut sulit diuraikan oleh tanah jika sudah terlanjur mengeras. Maka dari itu solusinya adalah dengan membuat pupuk bokashi yang merupakan hasil fermentasi bahan organik.

Sehingga bahan organik yang sudah terurai menjadi bokashi akan dengan mudah diserap akar tanaman. Pupuk bokashi berbentuk padat sehingga penggunaanya hanya sebatas pada area perakaran. Padahal untuk memacu perkembangan tanaman maka diperlukan juga nutrisi yang disemprotkan lewat daun.

Untuk mengatasi permasalahan ini maka di buat juga pupuk organik dalam bentuk cair, yang merupakan versi cair dari pupuk organik padat. Pupuk organik cair memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta mudah diserap oleh daun tanaman. Berikut ini adalah cara membuat pupuk organik cair, tetapi sebelumya kita mengenal dulu apa itu pupuk organik cair.

Pupuk Organik Cair

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari bagian bagian makhlk hidup, seperti pelapukan sisa tanaman, kotoran hewan, dedaunan, rumput, dan masih banyak lagi. Selain itu, pupuk organik dapat berupa padat maupun cair yang di gunakan untuk memperbaiki sifat fiska, kimia, dan biologi pada tanah.

Pada pupuk organik lebih banyak mengandung bahan organik daripada kadar unsur haranya. Sumber bahan unuk pupuk organik dapat berupa kompos, pupuk hijauan, kandang, jerami, tongkol jagung, tebu, sabut kelapa, limbah pasar dan kota ( kategori pertanian).

Sifat dan Karakteristik Pupuk Organik Cair

Pupuk organik cair tidak dapat di jadikan sebagai pupuk utama dalam bercocok tanam. Sebaiknya anda juga gunakan pupuk organik padat sebagai pupuk dasar atau utama. Di karenakan pupuk organik padat akan tersimpan terlebih dahulu dan akan bertahan lama dalam media tanam. Selain itu pupuk akan menyediakan hara untuk jangka waktu yang panjang.

Sedangkan nutrisi yang terdapat pada pupuk cair juga lebih rentan terbawa erosi. Tetapi, di sisi lain pupuk cair lebih mudah unruk di cerna oleh tanaman. Jenis pupuk cair lebih efisien dan efektif untuk di aplikasikan terhadap daun, bunga, batang jika di bandingkan ke media tanam. Namun, hal ini tidak berlaku pada metode hidroponik.

Pupuk organik cair juga bisa berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan pada tanaman. Terutama pada saat tanaman mulai bertunas atau saat perubahan dari fase vegetatif ke generatif guna merangsang pertumbuhan buah dan biji. Daun dan  batang dapat menyerap langsung pupuk yang di berikan melewati stomata yang ada pada permukaannya.

Dalam pemberian pupuk organik cair lewat daun harus berhati hati. Jangan sampai berlebihan atau overdosis, Hal ini di karenakan dapat membunuh tanaman anda. Selain itu juga akan mengundang hama dan penyakit pada tanaman. Jadi, ketepatan takaran atau dosis haruslah benar benar seimbang agar hasil yang di dapat maksimal.

Setiap tanaman memiliki kapasita sendiri dalam menyerap nutrisi sebagai makanannya. Secara teori, tanaman hanya dapat menyerap unsur hara dalam tanah <2% per hari. Pada daun, meskipun itu belum pasti, tapi dapat di perkiraan kurang dari 2%. Maka dari itu pemberian pupuk organik cair harus di buat encer dahulu.

Di karenakan sifatnya hanya sebagai pupuk tambahan, pupuk organik cair sebaiknya kaya akan unsur hara mikro. Sementara unsur hara yang makro dapat di penuhi oleh pupuk organik padat melewati tanah, pupuk organik cair harus memberi unsur hara lebih banyak. Untuk mendapatkannya bisa di buat lewat pemilihan dari bahan baku pupuk cair.

Manfaat Pupuk Organik Cair

  1. Dapat meningkatkan, mempercepat, dan mendorong proses pembentukan klorofil pada daun. Dan juga meningkatkan pembentukan bintil akar pada tanaman leguminosae. Maka dengan begitu kemampuan fotosintesis tanaman dan penyerapan nitrogen bertambah.
  2. Meningkatkan vigor pada tanaman yang akan membuat tanaman menjadi kokoh dan kuat. Serta menambah daya tahan tanaman terhadap kekeringan, cekaman cuaca dan serangan patogen penyebab penyakit.
  3. Merangsang pertumbuhan cabang produksi.
  4. Mempercepat waktu pembentukan bunga dan bakal buah, serta
  5. Mengurangi gugurnya daun, bunga dan bakal buah, sehingga tingkat kegagalan berkurang.

Pupuk organik cair akan lebih baik jika langsung anda semprotkan langsung pada daun, bunga, buah, dan batang. Cara ini tentunya sangat berbeda dengan cara penggunaan pupuk organik padat yang langsung di benamkan ke dalam tanah yang langsung bertemu dengan akar tanaman.

Penggunaan pupuk organik cair juga di gunakan sebagai alteratif dan penghematan biaya pengeluaran dari mahalnya pupuk non organik atau pupuk kimia. Tanaman sayuran yang menggunakan pupuk organik cair akan menghasilkan sayuran yang sangat sehat dan baik untuk di konsumsi. Hal ini bebeda jika kita menggunakan pupuk kimia.

Saat ini harga pupuk organik cair kira kira Rp.15.000 hingga Rp.60.000 per liternya (tergantung bahan pembuatannya, bahkan ada yang lebih). Walaupun masih tergolong murah, sebaiknya kita membuat pupuk cair sendiri daripada harus membeli, karena uangnya dapat kita gunakan untuk keperluan yang lain.

Nah, jika anda benar benar yakin untuk membuat sendiri pupuk organik cair guna menghemaat pengeluaran biaya anda. Maka anda telah memilih artikel yang tepat, karena dengan di sini anda akan di ajari tentang cara membuat pupuk organik cair secara urut dan lengkap.

Berikut ini adalah cara membuat pupuk cair yang lengkap dan tentunya dengan biaya yang murah, serta menghasilkan pupuk yang berkualitas.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair

cara membuat pupuk organik cair

Persiapan Peralatan Untuk Membuat Pupuk Organik Cair

Langkah pertama yang wajib anda persiapkan dalam membuat pupuk organik cair adalah mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Karena tanpa peralatan yang memadahi maka pembuatan pupuk tidak akan berjalan dengan lancar. Berikut merupakan peralatan yang anda butuhkan :

  • Tong air ukuran 100 liter.
  • Botol ukuran 1000 ml.
  • Bak atau wadah lainnya untuk mencuci bahan dasar.
  • Ember besar untuk mengaktifkan bakeri EM4.
  • Blender atau mesin crusher untuk menghancurkan / mencincang bahan dasar.
  • Selang.
  • Gunting, pisau.
  • Alat pengaduk.
  • Karung goni atau kaos yang sudah tidak terpakai.
  • Batu, untuk di jadikan pemberat.
  • Bor, untuk membuat lubang pada tong untuk di pasangi selang yang terhubung dengan botol yang berisi air.

Persiapan Dasar Membuat Pupuk Organik Cair

Bahan dasar untuk membuat pupuk organik cair hampir sama dengan bahan dasar pupuk organik padat. Tetapi sebaiknya anda memilih bahan bahan dasar yang benar benar memiliki kandungan unsur hara makro yang tinggi. Sehingga pupuk yang di hasilkan dapat mengandung kadar nutrisi yang tinggi juga.

Berikut ini adalah daftar bahan bahan yang dapat anda gunakan untuk membuat pupuk organik cair :

  • Sisa sisa sayuran.
  • Ampas dari kelapa.
  • Air sisa cucian beras.
  • Batang pohon pisang (batang bagian dalam).
  • Kotoran Ternak (bisa campuran).
  • Urine dari hewan herbivora (bisa di dapatkan dari ternak anda).
  • Tepung gandum / tepung beras / nasi basi.
  • Dedak atau bekatul.
  • Bungkil.
  • Ampas sisa pembuatan tahu atau tempe.

Bahan bahan yang ada di atas adalah bahan yang dapat di gunakan untuk membuat pupuk organik. Jadi anda dapat mencari bahan yang paling gampang dan sebanyak mungkin jenisnya. Lalu di bawah ini adalah beberapa bahan yang wajib ada yaitu sebagai berikut :

  • Susu (bisa cair maupun bubuk)
  • Telur dan madu
  • Air kelapa muda
  • EM4 dan gula / tetes tebu

Nah, anda bisa memilih bahan dasar pembuatan pupuk organik cair yang mana bisa dengan mudah anda dapatkan. Namun untuk bahan wajib anda harus memilikinya karena itu adalah kunci pelengkap nutrisi. Memang untuk bahan dasar pupuk sebaikya tidak digunakan bahan organik sembarangan dengan nutrisi seadanya sebagaimana pembuatan bokashi padat.

Kuncinya adalah semakin banyak jenis jenis bahan dasar yang anda campurkan maka akan semakin lengkap kandungan nutrisi dalam pupuk organik cair.

Pencucian Bahan

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya terlebih dahulu mencuci bahan yang sudah kita kumpulkan. Kenapa perlu dicuci ? Karena agar terhindar dari tercampurnya bahan-bahan utama dengan zat berbahaya.

Jika sampai bahan tadi terkena zat  yang ada dalam limbah rumah tangga tadi maka dapat mengambat proses fermentasi. Gunakan air bersih untuk membersihkannya. Bersihkan dari besi berkarat dan sejenisnya.

Penghalusan Bahan Dasar

Agar nantinya bahan yang di kupulkan tadi bisa dengan cepat terurai maka sebaiknya di lakukan penghalusan bahan dasar. Yaitu dengan mencincang cincang (mencacah) bahan menjadi ukuran yang lebih kecil terutama bagi bahan kasar seperti sayuran dan batang pisang.

Intinya semakin kecil potongannya maka akan semakin cepat proses penguraiannya. Jika ingin hasilnya bagus anda bisa menguakan blender atau mesin penghancur atau crusher hingga bahan hampir seperti bubur. Pisahkan antara bahan padat dengan bahan cair pada tempat yang berbeda sebelum dilakukan pencampuran.

Persiapan Mikroorganisme Pengurai (Dekomposer)

Mikroorganisme pengurai yang di gunakan bisa dari jenis bakteri ataupun jamur. Namun saya sarankan pada cara membuat pupuk organik cair sebaiknya menggunakan jenis bakteri yang baik saja. Yaitu bakteri yang bersifat decomposer serta antagonis (melawan bakteri pathogen penyebab penyakit tanaman).

Keuntungan dari menggunakan bakteri antagonis selain dapat mempercepat proses penguraian bahan dasar pembuatan pupuk organik cair. Juga mampu membebaskan pupuk organik cair dari kontaminasi bakteri pathogen (jahat) yang bisa membahayakan tanaman.

Pada umumnya bakteri yang biasa di gunakan oleh para petani adalah EM4 karena isinya sudah sangat lengkap yang tertidiri dari berbagai macam bakteri pengurai. Bakteri ini tidak bisa langsung di gunakan karena harus di aktivkan terlebih dahulu. Di bawah ini adalah cara untuk mengaktivkan bakteri EM4 :

  • Pertama larutkan gula (tetes tebu) dalam 10 Liter air sumur
  • Kedua tambahkan 200-500 CC Larutan EM4 (minimal 20 tutup botolnya)
  • Ketiga aduk rata dan diamkan 1 sampai 2 hari pada tempat yang teduh

Tujuan di lakukannya persiapan ini adalah guna untuk mengaktifkan bakteri serta membiakkannya trlebih dahulu sehingga akan lebih cepat menguraikan bahan dasar pupuk organik cair.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC)

Setelah anda  melewati berbagai proses di atas, sekarang kita memasuki langkah atau cara yang paling inti yaitu proses pembuatam pupuk organik. Pembuatan pupuk ini sangat gampang dan tentunya akan menjadi sulit jika anda tidak mengikutinya dengan benar. maka berikut adalah tahapan pembuatan pupuk organik cair yang benar :

  • Pertama campurkan secara merata semua bahan dasar jenis padat yang sudah di haluskan tadi, kemudian masukkan dalam karung berpori atau kain bekas berpori seperti kaos.
  • Kedua campurkan bahan cair seperti air cucian beras, susu, madu, telur, air kelapa dan EM4 lalu aduk merata dan masukkan dalam tong atau wadah lainnya.
  • Ketiga, setelah itu masukkan bungkusan bahan padat tadi kedalam tong yang anda siapkan. Pastikan seluruh bagian kantong tenggelam (anda dapat menambahkan batu dalam bungkusan untuk di jadikan pemberat agar tengelam)
  • Keempat tutup tong tersebut dan beri satu lubang kecil dan masukkan selang kecil pada lubang tersebut.
  • Kelima ujung selang yang berada diluar dimasukkan kedalam botol bekas berisi air tujuannya adalah untuk menstabilkan suhu didalam tong selama proses fermentasi (penguraian) terjadi.
  • Keenam penguraian model ini terjadi secara anaerob (tanpa udara) dan akan memakan waktu lebih lama yakni minimal 1 bulan
  • Ketujuh jika anda menghendaki waktu 2 kali lebih cepat maka anda bisa menggunakan metode aerob (dengan oksigen). Namun anda harus memompakan udara secara teratur melalui selang sehingga perlu dibuat 2 selang. Akan tetapi cara ini tentu membutuhkan biaya yang lebih banyak dan menyita lebih banyak waktu.
  • Dan terakhir anda bisa membuka tong setelah 1 bulan lalu mengambil bungkusan didalam tong setelah diperas terlebih dahulu agar sisa nutrisi keluar

Air dalam tong tersebut kemudian di saring dan di masukkan ke dalam botol ukuran satu liter sehingga anda akan memperoleh beberapa botol pupuk organik cair.

Ciri Ciri Pupuk Organik Cair Yang Sudah Matang (Siap Pakai)

Pupuk cair yang sudah siap pakai memiliki ciri ciri tidak berbau busuk dan justru berbau fermentasi (sepeti bau tape). Jika tercium bau busuk maka dapat di pastikan fermentasi yang anda buat gagal. Sehingga airnya justru malah berisi bakteri jahat dan senyawa kimia berbahaya yang akan membuat tanaman anda bisa mati.

Ciri yang lainnya ialah dengan melakukan percobaan pada tanaman dengan cara di campur air dengan dosis 5 sampai 10cc per liter. Lalu semprotkan ke daun tanaman serta di siramkan ke akar tanaman dengan dosis yang sama.

Jika setelah dua atau tiga hari daun tanaman tampak berubah menjadi lebih hijau dan segar serta tumbuh pesat. Maka sudah dapat di pastikan pupuk cair anda itu mengandung nutrisi yang baik untuk tanaman.

Sebenarnya anda juga bisa melakukan uji kandungan dengan meminta bantuan ke dinas pertanian atau di laboratorium terdekat. Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kandungan yang terdapat dalam pupuk lebih lengkapnya.

Pada umumnya dengan bahan dasar yang sudah kita gunakan seprti yang ada di atas maka pupuk cair sudah mengandung unsur hara lengkap seperti N, P, K, Mg, S, Ca. Lalu di tambah unsur hara mikro seperti B, Fe, Zn, Cu, Cl, Mo dan ZPT seperti Auxin, Giberilin dan Sitokinin serta bakteri baik yang bisa menyehatkan dan melindungi tanaman.

Cara Penggunaan Pupuk Organik Cair

cara membuat pupuk organik cair

Pupuk organik cair dapat anda aplikasikan dengan cara di semprotkan ke daun, atau dengan cara lain yaitu di siramkan ke akar tanaman. Aturan dosis yang di gunakan adalah 5 – 10 cc per liter atau 100 cc untuk tiap tangki ukuran 14 hingga 16 liter. Untuk pengocoran sama saja, tetapi jika di tambah NPK maka anda bisa mengambil dosis kecil kira kira 5 cc per liter.

Pupuk cair ini bisa anda gunakan bersama dengan insektisida ataupun fungisida kimia hanya saja sebaiknya tidak bersama bakterisida karena dikhawatirkan meski nutrisi tetap terserap tanaman namun kandungan bakteri baiknya bisa mati akibat terkena bakterisida.


Itulah cara membuat pupuk organik cair sendiri dengan langkah yang jelas dan lengap. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain.

Semoga Berhasil

The post Cara Lengkap Membuat Pupuk Organik Cair Sendiri appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Budidaya Kambing Etawa yang Gampang Bagi Pemula https://mesinpencacahrumput.com/budidaya-kambing-etawa/ Mon, 01 Jul 2019 14:44:53 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=895 Halo, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara budidaya kambing etawa yang mudah bagi pemula. Memulai usaha pada bidang peternakan merupakan salah satu cara yang tepat dalam meraup keuntungan yang banyak. Hal ini karena permintaan pasar dan industri kuliner makin hari makin meningkat. Bagi para peternak kambing pasti […]

The post Cara Budidaya Kambing Etawa yang Gampang Bagi Pemula appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara budidaya kambing etawa yang mudah bagi pemula. Memulai usaha pada bidang peternakan merupakan salah satu cara yang tepat dalam meraup keuntungan yang banyak. Hal ini karena permintaan pasar dan industri kuliner makin hari makin meningkat.

Bagi para peternak kambing pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kambing etawa. Kambing etawa sudah banyak di pelihara atau di budidayakan masyarakat karena kambing ini dapat di manfaatkan sebagai penghasil susu, sebagai kambing pedaging, dan bahkan untuk di ikutkan kontes, karena memiliki perawakan yang bagus dan gagah.

Oleh karena itu, kini banyak para peternak kambing jawa yang beralih untuk beternak kambing etawa. Selain punya banyak keunggulan kambing etawa juga mempunyai harga jual yang tinggi. Kebanyakan para peternak kambing etawa berasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta (Kulon Progo).

Langkah Budidaya Kambing Etawa

budidaya kambing etawa

Nah, jika anda sudah benar benar mantap dan serius untuk memulai atau menjalankan usaha budidaya kambing etawa. Ada beberapa langkah yang harus anda ikuti agar usaha anda mendapatkan hasil yang sesuai dan memuaskan. Berikut langkah langkah cara budidaya kambing etawa.

1. Mengenal dan Jenis Kambing Etawa

Kambing etawa merupakan hewan ternak yang berasal dari negara India dan memiliki nama asli kambing Jamnapari. Etawa jantan memiliki tinggi sekitar 90 sampai 127 cm, sedangkan betina hanya dapat mencapai 92 cm. Berat badan kambing etawa jantan adalah kira kira 91 kg dan kambing betina mencapai 63 kg.

Jenis ini memiliki bentuk kepala cembung, telinganya panjang dan terkulai ke bawah. Kambing jantan maupun betina memiliki tanduk yang pendek, dan mempunyai postur tubuh yang gagah dan tegap.

Jenis kambing etawa sebenarnya hanya ada satu. Tetapi jika di bedakan berdasarka kelasnya, hasil keturunan kawin silang, dan ciri ciri fisiknya. Maka kambing etawa terbagi menjadi tiga golongan yaitu kambing etawa senduro, kaligesing, dan super.

a. Kambing Etawa Senduro

Pada awalnya Presiden Sukarno membawa kambing Jamnapari atau yang kita kenal dengan kambing etawa dari India ke Indonesia. Hanya untuk keperluan pengembangan kawin silang pada tahun 1947.

Hewan ternak kambing jenis ini disilangkan dengan kambing lokal dari Lumajang (Kambing Menggolo). Kambing Menggolo memiliki ukuran lebih besar dari kambing kacang. Hasil dari persilangan ini di sebut dengan Kambing Etawa Ras Senduro.

Di beri nama kambing etawa senduro karena merupakan hasil pengembangbiakan ternak yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Tepatnya berada di kecamatan Senduro, kawasan dekat dengan lereng gunung Merapi. Nama Senduro di dapatkan tidak terlepas dari peristiwa bencana alam gunung berapi yang melanda di Desa Lumajang.

Pada saat itu telah terjadi keajaiban di mana semua para peternak kambing etawa selamat. Lalu pada akhirnya kambing ini mendapatkan tempat di hati masyarakat dan masih terus di budidayakan hingga sekarang. Ciri khusus yang paling menonjol adalah terdapat bulu berwarna putih penuh yang ada pada seluruh bagian kepala dan kaki.

b. Kambing Etawa Kaligesing

Dulu pada sekitar tahun 1930-an. Pemerintahan kolonial Belanda membawa kambing jamnapari atau etawa yang berasal dari India ke daerah Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Kambing etawa ini kemudian di kawin silangkan dengan kambing lokal (kambing jawa randu) . Keturunan hasil dari persilangan ini dikenal dengan nama Kambing Etawa ras Kaligesing.

Nama kambing ini diambil dari daerah sentranya, yakni Kaligesing – Purworejo. Kambing etawa jenis ini memiliki ciri khas pada tekstur kepalanya seperti ikan lohan dan kuping yang panjang terlipat, bulunya lebat dengan warna coklat, hitam, dan belang. Awalnya hewan ternak ini di kembangkan hanya untuk peranakan dan memproduksi susu.

Kambing etawa kaligesing adalah salah satu dari 3 kambing etawa berkualitas tinggi, serta sering di jadikan hewan ternak kontes dan penghasil susu yang baik.

c. Kambing Etawa Super

Kambing etawa jenis golongan sudah menjadi primadona dari kalangan pecinta etawa dan masyarakat yang hobi mengikuti kontes kambing. Ciri dari kambing ini adalah memiliki tubuh yang besar, gampang beradaptasi, mudah di pelihara, dan tentunya juga memiliki harga jual maupun beli yang mahal.

2. Pemilihan Indukan Bibit Unggul

Pada tahap awal yang harus anda perhatikan ketika budidaya kambing etawa adalah dalam pemilihan bibit dengan kualitas yang terbaik. Dalam hal ini, anda dalam pembelian bibit ada baiknya membeli ke kelompok atau para peternak kambing  yang sudah terpercaya, dan memiliki indukan atau anakan kambing yang berkualitas super.

Karena dengan melakukan itu kita bisa mengetahui asal usul dari kambing yang akan kita budidaya tersebut. Kambing etawa yang bagus untuk di jadikan induk pejantan adalah yang mempunyai postur punggung yang lurus, besar, kaki kokoh,bersih dari penyakit maupun cacat fisik, serta sudah berumur lebih dari 1,5 tahun.

Sedangkan kambing indukan betina yang bagus memiliki ciri berkaki lurus, bentuk tubuh proporsioal, bersikap jinak, mempunyai jumlah puting ada dua dan jika diraba terasa kenyal, serta kambing bebas dari penyakit.

3. Persiapan Lokasi dan Kandang Ternak

Untuk melakukan usaha ternak kambing etawa ada satu persyaratan wajib yang perlu anda ketahui dan pertimbangkan yaitu lingkungan. Dalam beternak kambing usahakan lokasi kandang anda jauh dari pemukiman warga, jangan sampai anda mambangun kandang di daerah padat penduduk, karena akan menimbulkan polusi udara yang cukup menyengat.

Dengan begitu, lokasi kandang peternakan sebaiknya jauh dari area perumahan, atau jika anda memiliki tempat yang luas tempatkanlah di situ, sebab peternakan kambing memutuhkan sirkulasi udara yang cukup dan matahari.

Dalam membangun kandang untuk kambing etawa pada dasarnya tak jauh beda dengan kambing lainnya. Kandang sebaiknya dibuat dari bahan yang kuat serta murah, yaitu dengan ventilasi cukup, wadah makanan mudah di jangkau, memiliki tempat penampungan kotoran dan mendapat sinar matahari untuk mengurangi kondisi kandang yang lembab.

Syarat Pembuatan Kandang Kambing

Ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan dalam membangun dan lokasi kandang, di antaranya :

  • Jarak kandang dengan rumah minimal 10 m (jauh dari pemukiman warga).
  • Kandang di bangun dengan desain pangggung / modern (minimal 0,5 m) agar terhindar dari genangan air dan memudahkan dalam mengambil kotoran.
  • Beri terpal di bawah kandang untuk mempermudah dalam pengambilan kotoran.
  • Tempat wadah pakan setinggi bahu kambing.
  • Pisahkan antara kambing jantan dan betina, kecuali jika mau di kawinkan.
  • Mendapatkan cukup sinar matahari.
  • Melindungi dari tiupan angin langsung (terutama pada malam hari).

Lalu berapa ukuran kandang kambing yang efektif ? Ukuran kandang kambing yang di butuhkan dalam beternak kambing tidaklah harus besar, yaitu untuk ukuran sepuluh ekor kambing hanya memerlukan kandang ukuran 15 m². Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

budidaya kambing etawa

Material yang perlu di pakaipun juga simpel anda dapat mengunakan bambu sebagai tembok pinggir, dan kayu sebagai tiang tiang dan wadah pakan, serta kaki panggung kandang menggunakan semen agar tidak mudah rapuh tergerus air.

Kandang kambing modern tidak perlu ruang yang besar, hal ini di karenakan untuk menghemat ruang. Selain ukurannya yang minimalis, pemeliharan kebersihan kandang kambingpun menjadi lebih mudah. Membersihkan kandang kambing mudah karena bentuk kandang yang kecil dengan lantai panggung.

Berikut ukuran kandang ideal yang dapat anda terapkan dalam budidaya kambing etawa :

  • Kambing beranak: 120 cm x 150 cm
  • Indukan: 100 cm x 150 cm
  • Anakan: 100 cm x 125 cm
  • Pejantan: 120 cm x 150 cm
  • Dewasa: 120 cm x 150 cm

4. Pemberian Pakan

Hal penting lainnya yang harus anda lakukan adalah pemberian pakan kepada ternak. Karena pakan memiliki andil besar dalam tumbuh kembang kambing anda, lebih tepatnya wajib karena tanpa pakan ternak anda akan mati kelaparan.

Pada umumnya pakan ternak kambing terbagi menjadi dua yaitu pakan hijauan (berupa dedauan / rerumputan) dan pakan tambahan (berupa konsentrat), serta ada tambahan lainnya yaitu silase yang merupakan pakan fermentasi dari rumput. Pemberian pakan kambing etawa tidak bisa disamakan. Harus kita sesuai dengan kebutuhan gizi kambing pada usia tertentu.

Untuk anda yang baru ternak kambing etawa dapat membuat pakan tambahan bernutrisi dengan mencampurkan konsentrat dan bekatul dengan perbandingan 3:1, mudahnya bekatul 50%, bungkil kelapa 25%, dan bugkil kacang kacangan 25%. Pakan di berkan sebanyak 2 kali yaitu pada pagi hari dan sore.

Untuk pakan hijauan anda dapat memberinya dedaunan seperti daun lamtoro, mahoni, ketela karet, mahoni, pepaya, nangka dan lainnya, serta untuk rumput anda dapat memberinya rumput odot (di sarankan) maupun lainnya. Hijauan yang di berikan memiliki berat10% dari bobot kambing.

Jangan lupa untuk memberi minum sebanyak 1,5 – 2,5 liter tiap ternak per hari, dengan campuran garam beryodium secukupnya sebagai kebutuhan. Sementara itu, untuk kambing hamil, menyusui, dan pejantan yang sering dikawinkan perlu makanan penguat dalam bentuk bubur sebanyak 0,5 – 1 kg/ekor/hari. Waktu yang baik adalah 08-09.00 dan 15-16.00 .

Jangan lupa untuk memberikan komboran pada kambing yaitu berupa bekatul di campur air, pemberiannya pada sore hari. Serta vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dan mengurangi bau kotorannya.

5. Perawatan Ternak

Perawatan untuk kambing etawa tentu tak jauh berbeda dengan cara merawat hewan ternak kambing jenis lainnya.

A. Perawatan Kandang 

Demi kenyamanan dan tumbuh kembang etawa sebaiknya kandang di buat kuat dan mempunyai ventilasi cukup. Anda juga harus selalu menjaga kebersihan kandang, antara lain dengan cara membersihkan kotoran kambing supaya kandang tidak terlihat kumuh dan jorok. Kandang juga harus selalu terkena sinar matahari untuk mencegah timbulnya kelembaban.

Usahakan untuk selalu membersihkan kandang kambing anda, minimal seminggu sekali.

B. Perawatan Kambing 

Agar menjamin keberhasilan usaha anda, anda perlu memperhatikan kambing anda. Caranya selalu menjaga pola makan ternak anda teratus. Jangan anda memberi makan terus menerus secara banyak karena kambing termasuk pemamah biak, jadi jika terlalu banyak makan nutrisi tidak masuk semua dan anda malah membuat kambing menjadi buncit bukannya gendut.

Perawatan lainnya berupa memmandikan kambing dengan tujuan menghidari tumbuhnya penyakit yang di sebabkan bakteri dan jamur, serta bulunya terlihat bersih. Dan untuk selalu memotong kuku kambing jika sudah panjang.

Dalam pemeliharaan dan perawatan kambing etawa, hal yang juga perlu anda pahami adalah pengertian beragam penyakit yang sering menyerang hewan ternak. Penyakit yang biasa menyerang kambing adalah cacingan, kudis, perut kembung, paru paru, orf, dan koksidiosis.

Jika salah satu atau beberapa kambing anda ada yang terserang penyakit tersebut, maka sebaiknya segera lakukan pemisahan dengan yang lain dan melakukan tindakan pengobatan untuk mencegah penularan.

6. Peranakan Kambing Etawa

Jika anda ingin memelihara kambing etawa betina untuk memproduksi anakan baru dan juga produksi susu, maka anda harus mempelajari tentang masa reproduksi ternak ini. Pada dasarnya, kambing etawa disebut mamalia yang mempunyai reproduksi tinggi.

Kambing etawa melahirkan dua sampai tiga kali dalam waktu dua tahun dimana sekali masa kehamilan rata-rata melahirkan 1-3 anak kambing. Ketika kambing mulai memasuki masa reproduksi atau musim kawin, kambing etawa betina bisa di kategorikan cukup dewasa setelah berumur 6 bulan, dan siap dikawinkan ketika telah berumur 10-12 bulan.

Umumnya lama waktu birahi kambing etawa sekitar  1 – 2 hari, dengan siklus birahi yang berselang selama 2-3 minggu. Untuk ciri-ciri kambing yang sedang memasuki musim kawin dapat dilihat dari tingkah lakunya, yaitu terlihat  gelisah, menurunnya nafsu makan dan minum, selalu mengibaskan ekornya, sering kencing, serta organ kemaluannya akan bengkak dan basah.

Jika tanda – tanda di atas terlihat, maka anda  harus segera mengawinkan kambing betina, baik dengan cara langsung maupun dengan suntik kawin atau inseminasi buatan (IB).

Lama waktu atau periode bunting (kehamilan) dari indukan kambing betina adalah kurang lebih 5 bulan. Dan setelah melahirkan, induk kambing memerlukan masa istirahat selama 2 bulan. Pada masa itu, anda harus selalu menjaga pola makan kambing dan kebersihan kandang guna mengantisipasi terjangkitnya penyakit cacingan dan kudisan.

7. Masa Panen

budidaya kambing etawa

Masa pemanenan di kelompokkan dalam 2 jenis, tetapi juga tergantung jenis kambing yang anda pelihara, yaitu kambing pedaging dan kambing susu perah. Namun masa panen dalam peternakan kambing etawa tergantung dari target pasar yang ingin di tuju.

Jika anda ingin memasarkan kambing pedaging untuk kebutuhan masyarakat dan pedagang tongseng atau lainnya, maka anda dapat menjualnya saat kambing  berumur antara 8-12 bulan. Sedangkan anda ingin menjual bobot kambing yang maksimal atau untuk di ikutkan kontes lomba, maka umur 1,5 tahun adalah yang paling ideal.

Karena setelah diatas 1,5 tahun biasanya bobot kambing sudah optimal dan sulit di naikkan lagi. Nah, jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar adalah pada saat menjelang hari raya keagamaan, seperti Lebaran dan Idul Adha dimana permintaan daging untuk konsumsi dan qurban sangat banyak dan harganya juga menjadi mahal.

Sama seperti hewan ternak lainnya, harga kambing etawa juga berbeda beda pada tiap daerah. Hal ini di pengaruhi oleh situasi dan kondisi. Misal pada saat hari raya jumlah, jumlah suplai di pasar, kualitas ternak, dan sebagainya.

Untuk harga jual anak kambing etawa betina berumur 6 bulan di hargai pada kisaran Rp.1,5 – 2.000.000 tiap ekor, dan pejantan yang sudah siap kawin dengan tinggi 90 cm ke atas di banderol dengan harga Rp.4 – 6.000.000 tiap ekor .

Selain memperoleh keuntungan dari penjualan kambing anda juga dapat menambah penghasilan dari bisnis yang kita jalani, yakni meliputi daging, susu, kulit, tanduk,dan kotoran yang dapat anda olah kembali menjadi pupuk dan di jual sebagai pupuk organik.


Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai pembahasan cara budidaya kambing etawa. Semoga dapat memberi manfaat baik berupa ilmu maupun wawasan kepada kalian,. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

The post Cara Budidaya Kambing Etawa yang Gampang Bagi Pemula appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Gampang Membuat Pupuk Organik dari Daun https://mesinpencacahrumput.com/cara-membuat-pupuk-dari-daun/ Tue, 25 Jun 2019 12:13:00 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=945 Halo, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang akan membahas tenyang tutorial cara membuat pupuk dari daun. Yang lebih tepatnya adalah cara membuat pupuk organik atau kompos dari daun dan rerumputan. Di sekitar tempat tinggal kita pasti ada banyak daun daun kering yang berserakan dan jumlahnya tidak bisa di hitung dengan […]

The post Cara Gampang Membuat Pupuk Organik dari Daun appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo, ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menulis artikel yang akan membahas tenyang tutorial cara membuat pupuk dari daun. Yang lebih tepatnya adalah cara membuat pupuk organik atau kompos dari daun dan rerumputan.

Di sekitar tempat tinggal kita pasti ada banyak daun daun kering yang berserakan dan jumlahnya tidak bisa di hitung dengan jari kita. Yang setiap hari akan di sapu untuk di masukan tempat sampah maupun di bakar. Tapi, tahukah kamu ? Kalau daun daun kering tadi jika di olah juga dapat mengasilkan pundi pundi uang.

Ya, benar jika kita memang pandai dalam mencari celah untuk menghasilkan pundi pundi uang. Daun daun tak berguna tadi dapat kita olah kembali menjadi pupuk kompos, lalu kita jual atau dapat di gunakan sendiri. Apalagi saat musim gugur tiba maka akan semakin banyak daun yang berjatuhan dan anda dapat membuat lebih banyak pupuk kompos.

Karena saat ini para petani mulai melirik kembali pupuk kompos setelah sekian lama menggunakan pupuk kimia. Hal ini di sebabkan kompos yang sebagai pupuk organik sudah terbukti keampuhannya dalam memberi kesuburan tanah dalam jangka panjang.

Kompos mempunyai peran penting dalam membangun kesuburan tanah. Kompos mempertahankan dan memperbaiki tanah yang rusak tidak merusak struktur. Hal ini di karenakan pupuk yang di berikan ke dalam tanah akan membuat produktivitas tanah menjadi lebih baik.

Lebih jelasnya, dengan pemberian kompos atau pupuk dari daun ke dalam tanah akan memperbaiki sifat kima, biologi, dan fisika tanah.

Cara Membuat Pupuk Dari Daun

cara membuat pupuk dari daun

Memberi pupuk organik daun ke tanaman menjadi pilihan terbaik karena memiliki sifat yang alami. Sehingga tanaman yang di hasilkan tidak mengandung bahan kimia berbahaya nantinya. Terlebih lagi, daun yang selama ini menjadi sampah di sekitar kita seperti daun, rumput, dan sampah dapur.  Dapat kita manfaatkan untuk di jadikan sebagai pupuk untun tanaman kita.

Lalu, apa itu pupuk kompos ?. Kompos adalah hasil penguraian dari campuran bahan-bahan organik, yang dapat di percepat dengan cara buatan. Yaitu oleh berbagai macam mikroba pada kondisi lingkungan yang hangat, lembap, dan aerobik atau anaerobik1.

Sedangkan pengomposan merupakan proses penguraian bahan organik dengan cara biologis, yaitu oleh mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi. Proses ini meliputi pemilihan bahan, pencampuran bahan, memilih lokasi, menambah nitrogen, dan membalikan kompos.

Langkah Langkah Membuat Pupuk Dari Daun

1. Persiapan Membuat Pupuk Organik dari Daun

Langkah pertama yang harus anda persiapkan dalam membuat pupuk organik dari daun adalah mempersiapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu. Berikut uraiannya :

  • Persiapkan alat alat kebun seperti sekop, cangkul, dan penyemprot air. Peralatan tersebut adalah alat yang wajib di siapkan karena untuk mempermudah anda dalam membuat pupuk.
  • Jangan lupa untuk menyiapan wadah seperti ember, kantung kompos yang berupa mulsa plastik hitam atau plastik hitam, dan tali.
  • Alat lainnya yang anda persiapkan untuk di gunakan adalah paku, martil, dan gergaji.
  • Selain itu ada bahan yang paling berpengaruh dalam pembuatan pupuk yaitu air, dan larutan EM4.
  • Untuk mendapatkan larutan EM4 anda bisa membelinyadi tiko pertanian terdekat. Larutan ini memliki peran penting guna membantu dan mempercepat proses pembuatan pupuk kompos.
  • Masih ada lagi, yaitu menyediakan kayu atau bambu, dan terpal sebagai bahan untuk membuat media pembuatan pupuk kompos.

2. Membuat Media Pupuk Kompos

Sebelum kita memulai pembuatan pupuk dari daun kita harus membuat media untuk membuat pupuk terlebih dahulu. Dalam pembuatan media pengomposan anda harus membuatnya sesuai dengan standar yang sudah di tentukan. Berikut langkah langkahnya :

  • Langkah pertama, lahan atau ruang yang di gunakan sebagai tempat media pengomposan. Lokasi untuk pengomposan, sebaiknya anda pilih tempat yang tidak terkena sinar matahari atau lebih tepatnya lembab.
  • Kedua usahakan tempat atau lokasi mudah di jangkau dan cukup luas. Hal ini berguna untuk mempermudah anda untuk mengontrol pengomposan nantinya.
  • Untuk pembuatan media, tempat berupa kotak persegi maupun persegi panjang dengan penutup di atasnya. Anda daoat menggunakan kayu atau bambu dengan ukuran ideal 1 x 2 x 1 m.
  • Setelah selesai membuat, sekarang buatlah kantung pengomposan dari mulsa plastik berwarna hitam dengan ukuran yang menyesuaikan dengan media pengomposan.
  • Pada bagian bawah plastik lubangilah kecil kecil, yang berguna untuk penyaringan air. Lubangi juga pada bagian samping kantong yang nantinya di gunakan sebagi sirkulasi udara.
  • Jika tidak mempunyai plastik, anda dapat menggunakan terpal yang berukuran kecil. Ikatlah pada setiap ujung terpal agar kuat dan tidak jatuh.

3. Penyortiran Daun untuk Membuat Pupuk Kompos

cara membuat pupuk dari daun

Setelah selesai pembuatan media pengomposan, langkah selanjutnya adalah pemilihan daun daun yang akan di gunakan untuk membuat pupuk organik. Untuk bahan utama pembuatannya ada 2 jenis, yaitu daun basah dan kering. Berikut langkah langkahnya :

  • Daun yang harus anda siapkan ada dua macam yaitu daun basah dan kering, untuk daun basah yang harus di siapkan anda bisa menggunakan jenis daun apapun.
  • Pastikan jenis daun yang basah merupakan jenis daun yang masih segar yang sudah tua namun belum berwarna kuning.
  • Selain daun basah, anda juga perlu menyiapkan daun yang kering. Untuk daun kering bisa anda dapatkan dari berbagai tempat. Pastikan jenis daun yang anda kumpulkan merupakan daun bersih yang belum tercemar atau belum terkena residu dari kendaraan .
  • Untuk perbandingan jenis daun yang anda butuhkan yaitu sebanyak 1 : 3 antara daun basah dan daun kering.
  • Setelah semuanya sudah terkumpul, masukkan dalam ember untuk melakukan penghancuran daun.

4. Penghancuran Daun

Jika semua daun sudah terkumpul semua dan di masukkan ke dalam wadah seperti ember untuk melakukan proses penghancuran daun. Berikut arahannya :

  • Hancurkan daun-daunan pada hari yang sama saat anda telah mengumpulkan semua daun yang terdiri dari 2 jenis yaitu basah dan kering.
  • Dalam penhancuran anda dapat menggunakan gunting, sabit, atau mesin penghancur daun. Anda dapat memberikan bahan tambahan yang berupa potongan potongan rumput guna menghemat waktu ketika menambahkan nitrogen nanti.
  • Campurkan kedua jenis daun dan potongan rumput tadi pada satu tempat atau wadah, lalu mulailah untuk menghancurkan bahan tadi.
  • Setelah semua bahan sudah di hancurkan, masukkan bahan kedalam media pengomposan.

5. Pengomposan

Daun daun yang sudah di hancurkan sekarang di masukkan kedalam media pengomposan untuk memulai pengomposan daun agar menjadi pupuk organik. Berikut langkahnya :

  • Siapkan tanah gembur atau humus yang akan digunakan sebagai pelapis nantinya.
  • Sebelum daun daun di masukan ke dalam media pengomposan, masukan sedikit tanah sebagai pelapis pada media pengomposan.
  • Setelah itu masukkan daun yang sudah dicincang dan lapisi atas daun dengan sedikit tanah.
  • Ulangi tahapan tersebut hingga daun yang anda kumpulkan habis tak bersisa, padatkan daun dan tanah menggunakan sekop dan siramkan cairan EM4 yang sudah dilarutkan dengan air.
  • Langkah selanjutnya yaitu tutup bagian atas menggunakan plastik ataupun terpal dan tutup menggunakan penutup media dengan rapat lalu biarkan selama 6 minggu.

6. Penambahan Nitrogen

Sesudah di masukkan kedalam media pengomposan, jangan lupa untuk menambahkan nitrogen pada pupuk. Nitrogen sendiri memliki manfaat bagi tumbuhan agar terlihat lebih hijau, mempercepat pertumbuhan, dan menambah kandungan protein hasil panen. Berikut langkahnya :

  • Campurkanlah kurang lebih 20 hingga 25 persen bahan yang kaya akan nitrogen ke dalam pupuk kompos anda. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan beberapa kantong potongan rumput yang diambil dari dari mesin penghancur rumput anda.
  • Jika anda tidak memilikinya anda bisa membelinya atau menggunakan pupuk kandang.
  • Campurkan makanan sisa dari dapur, seperti sisa sayur sayuran, ampas teh, dan kopi.Hindari produk susu, dan juga daging ataupun roti yang padat.
  • Tumpuklah secara berlapis antara daun daunan dan tambahan nitrogen tadi. Anda juga harus menaruh beberapa kantong (3 atau 5) daun mrnjai satu tumpukan, kemudian tambahkan sekantong pupuk kandang atau potongan rumput, atau sisa sayur-mayur.

7. Pengadukan Pupuk Kompos

Pengadukan pupuk di lakukan supaya bakteri atau mikroorganisme bisa merata dan menyeluruh dan bisa menguraikan untuk proses dalam pembuatan pupuk. Hal ini di karenakan bakteri atau mikroorganisme mempunyai peran penting dalam penguraian daun menjadi pupuk.

Yang perlu di perhartikan juga adalah untuk selalu menjaga kelembapan pupuk saat masa pengomposan. Maka, saat cuaca kering siramlah pupuk dengan air bisa lagsung atau menggunakan selang. Dan jangan lupa untuk tidak membuat genangan air agar jamur tidak tumbuh.

Untuk memastikan kompos tetap selalu lembab, anda dapat mengambilnya segenggam lalu meremasnya. Jika memang lembab maka pada kompos hanya akan mengeluarkan sedikit tetesan air.

Untuk proses pengadukan pupuk kompos yang pertama kali anda harus menunggu sekitar 1 – 2 minggu. Panas yang muncul di dalam gundukan daun dan potongan rumput yang lembap merupakan serangkaian dari proses pengomposan. Atau yang sering kali disebut dengan “sedang memasak. Untuk pengadukannya lihat cara di bawah ini :

  • Gunakan sekop atau garpu rumput untuk menggali ke dalam bagian dasar di tengah-tengah gundukan kompos dan membalikkannya. Lapisan teratas haruslah dipendam dan kompos daun harus tampak segar dan basah pada bagian atas.
  • Pengadukan kompos di lakuka 3 kali per minggu, atau minimal dua kali setiap dua minggu. Hal tersebut jika di lakukan berkali-kali akan membuat kompos lebih cepat saat pengomposan atau memasak..
  • Jangan lupa untuk menutup media pengomposan dengan terpal atau plastik untuk menjaga panas di dalam gundukan kompos tidak keluar. Serta sesekali anda perlu menambahkan sedikit air, tetapi jangan banyak banyak karena dapat menyebabkan timbulnya jamur.
  • Campurlah kompos dengan tanah setelah 4 sampai 9 bulan.  Ketika warna kompos telah berubah menjadi cokelat tua yang seragam, ketahuilah bahwa saat ini adalah waktu untuk menggunakannya.

8. Penggunaan Pupuk Kompos

cara membuat pupuk dari daun

Hasil pupuk organik dari daun yang anda buat sangatlah mudah untuk di gunakan, selain itu pupuk kompos juga lebih praktis. Adapun cara menggunakannya ke tanaman dan di bawah ini penjelasannya :

  • Seperti halnya pupuk pada umumnya untuk menggunakan pupuk organik dari daun, anda hanya perlu mencampurnya dengan tanah pada media tanam.
  • Pupuk organik dapat digunakan untuk berbagai macam tanaman, mulai dari tanaman pertanian, tanaman hias, dan buah.
  • Adapun ciri ciri dari pupuk kompos yang sudah siap di pakai yaitu ketika anda membuka tutup media pengomposan maka tidak akan tercium bau busuk. Begitupun dengan tekstur pupuk yang menyerupai tanah.
  • Sebelum menggunakannya, anda harus menyaringnya terlebih dahulu untuk memisahkannya dari kotoran ataupun pupuk yang menggumpal.

Cara Membuat Pupuk dari Daun : Ciri Pupuk Kompos yang Sudah Matang

Mungkin bagi anda yang baru mencoba atau pertama membuat pupuk kompos masih ragu untuk memastikan bahwa kopos sudah siap pakai atau belum. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya ? Secara fisik cara sangat gampang untuk di raba dan di lihat.

Akan tetapi secara kimia tentu berbeda caranya, karena harus melewati uji laboratorium terlebih dahulu. Berikut adalah ciri ciri fisik dari pupuk yang sudah siap pakai :

  • Pupuk yang sudah siap pakai memliki warna gelap kehitam hitaman atau dengan warna seperti tanah.
  • Suhu dari pupuk mendekati suhu ruangan atau kamar (rendah).
  • Seluruh daun daun dan bahan tambahan lainnya sudah hancur menjadi satu, serta sudah tidak dapat di bedakan kembali.
  • Tidak menimbulkan polusi yang menyengat atau bau yang busuk seperti sampah.
  • Kompos tidak menggumpal, hampir seperti tanah.
  • Memiliki kadar air yang rendah, jadi beratnya lebh ringan.
  • Jika kita pegang maka rasanya tidak lengket atau remah.
  • Saat kita taruh ke air maka pupuk kompos awalnya akan mengapung dan sulit untuk larut.

Manfaat Pupuk Kompos dari Daun :

Pupuk kompos lebih unggul dari pupuk kimia, hal ini karena harganya juga lebih murah dari pupuk non organik. Selain itu pupuk kompos juga mempunyai banyak manfaat, berikut manfaatnya :

  • Menambah tingkat kesuburan tanah.
  • Memperbaiki struktur dan kerusakan tanah.
  • Dapat meningkatkan kapasitas daya serap air tanah.
  • Meningkatkan aktivitas mikroba tanah.
  • Meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi, dan jumlah panen).
  • Menyediakan hormon dan vitamin bagi tanaman.
  • Menekan pertumbuhan/serangan penyakit tanaman.
  • Meningkatkan retensi/ketersediaan hara di dalam tanah.

Kandungan Unsur Hara Pada Pupuk Organik dari Daun

Nitrogen

Unsur nitrogen atau N merupakan unsur hara di dalam tanah yang sangat berperan bagi pertumbuhan tanaman. Lebih dari 98% unsur N di dalam tanah tidak tersedia untuk tanaman akibat terakumulasi di dalam bahan organik. Oleh karena itu, penggunaan bahan organik yang sudah ditransformasi menjadi pupuk dapat membantu menyediakan N bagi tanaman.

Suplai unsur N melalui pemupukan sangat diperlukan karena N merupakan unsur yang paling banyak hilang dari lahan setelah dipanen. Pasalnya, tanaman yang kekurangan N akan terus mengecil. Bahkan dengan cepat daun akan berubah menjadi kuning karena N yang tersedia tidak cukup untuk membentuk protein dan klorofil.

Selain itu, kekurangan klorofil akan menyebabkan berkurangnya kemampuan tanaman untuk memproduksi karbohidrat. Sementara itu, kekurangan protein dapat mempengaruhi pertumbuhan sel vegetatif. Padahal, protein berperan penting sebagai katalisator dan pengatur metabolisme.

Fosfor

Selain unsur N, bahan organik juga membantu menyediakan unsur fosfor atau P. Unsur P merupakan zat yang penting, tetapi biasanya selalu dalam keadaan kurang di dalam tanah. Unsur P sangat penting sebagai sumber energi. Karena itu, kekurangan unsur P dapat menghambat pertumbuhan maupun reaksi metabolisme tanaman.

Sementara itu, kandungan fosfor pada tanaman membantu dalam pertumbuhan bunga, buah dan biji, serta mempercepat pematangan buah. Jika tanaman kekurangan unsur ini biasanya menyebabkan mengecilnya daun dan batang, perubahan warna daun menjadi hijau tua keabu-abuan, mengilat, dan terlihat pigmen merah di daun bagian bawah.

Selain itu, pembentukan bunga terhambat dan produksi buah atau bijinya kecil. Kondisi tersebut lama- kelamaan menyebabkan tanaman mati.

Kalsium

Penyerapan air sangat dibantu oleh kalsium. Kalsium juga memiliki peran dalam mengaktifkan pembentukan bulu-bulu akar dan biji serta menguatkan batang. Kalsium juga dapat di pakai untuk menetralkan kondisi senyawa dan kondisi tanah yang rusak.

Jika sampai kekurangan unsur ini, maka dapat menghambat pertumbuhan pucuk, ranting, dan batang tanaman. Bahkan, jika kekurangannya parah, ujung akar dan akar rambut akan mati sehingga pada akhirnya tanaman mati.

Kalium

Kalium berfungsi dalam pembentukan protein dan karbohidrat. Selain itu, unsur ini juga berperan penting dalam pembentukan antibodi tanaman untuk melawan penyakit. Ciri fisik tanaman yang kekurangan kalium yaitu daun tampak keriting dan mengilap. Lama lama, daun yang kurang kalium akan menguning di bagian pucuk dan pinggirnya.

Bagian antara jari-jari daun juga menguning. Sementara itu, jari- jarinya tetap hijau. Ciri fisik lain kekurangan unsur ini adalah tangkai daun menjadi lemah sehingga mudah terkulai dan kulit biji keriput.

Belerang

Belerang merupakan unsur penting kedua setelah nitrogen dalam pembentukan asam amino. Unsur ini juga membantu proses pertumbuhan lainnya, seperti pembentukan bintil akar, pertumbuhan tunas, dan pembentukan hijau daun (klorofil).

Tanaman yang kekurangan unsur ini akan memiliki ciri seperti daun mudanya mengilap agak keputihan, selanjutnya akan berubah menjadi kuning hijau. Pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Bahkan, tanaman akan kerdil, kurus, dan batangnya pendek.


Itulah cara membuat pupuk dari daun yang gampang di lakukan dan langkah yang lengkap dari awal hingga akhir. Semoga saja dengan anda membaca artikel di atas tadi, anda jadi bisa membuat pupuk sendiri dari daun yang ada di sekitar anda. Semoga berhasil

The post Cara Gampang Membuat Pupuk Organik dari Daun appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Usaha Ternak yang Paling Menguntungkan https://mesinpencacahrumput.com/bisnis-peternakan-yang-paling-menguntungkan/ Fri, 21 Jun 2019 12:55:20 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=882 Halo, berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali saya akan membuat artikel yang membahas tentang bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia karena di bumi Nusantara memiliki banyak sekali sumber daya alam, mulai dari laut hingga daratannya. Hal ini di sebabbkan karena letak geografis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau […]

The post Usaha Ternak yang Paling Menguntungkan appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo, berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali saya akan membuat artikel yang membahas tentang bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia karena di bumi Nusantara memiliki banyak sekali sumber daya alam, mulai dari laut hingga daratannya.

Hal ini di sebabbkan karena letak geografis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan penghujan atau beriklim tropis. Dan efeknya hampir semua makhluk hidup termasuk hewan ternak dapat hidup di Indonesia dengan ikilm tropis. Serta bukanlah yang sulit untuk melakukan usaha budidaya hewan ternak di Indonesia.

Sektor bisnis hewan ternak jika dijalani dengan serius dan konsisten dan serius maka akan mendapatkan hasil keuntungan yang besar. Terlebih lagi untuk jenis hewan ternak konsumsi yang sangat di butuhkan masyarakat baik untuk konsumsi biasa maupun untuk  di olah kembali ke dalam bentuk yang lain. Dan tak jarang pula hasil ternak masih kekurangan di pasaran.

Salah satu penyebabnya adalah jumlah peternak di negara kita masihlah sedikit peminatnya. Padahal jika di ingat kembali, negara kita mempunyai letak geografis dan ketrsidaan sumber daya alam yang sangat mendukung untuk menjalankan usaha agrobisnis. Maka dari itulah sektor bisnis ini memiliki prospek yang bagus jika kita pilih.

Indonesia sekarangi sedang membutuhkan lebih dari 10.000 pengusaha baru untuk membantu meningkatkan perekonomian masayarakat Indonesia. Karena sampai sekarang pengusaha di indonesia baru mencapai 2% dari seluruh total jumlah penduduk indonesia. Salah satu pengusaha yang dibutuhkan di Indonesia adalah pengusaha ternak.

Potensi untuk mendapatkan keuntungan besar dari usaha ternak sangat menjanjikan. Pasar indonesia saat ini masih mengimpor daging ternak dari berbagai negara guna memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat indonesia, selain itu sedikitnya jumlah pengusaha ternak di indonesia membuat harga daging sapi maupun jenis lainnya menjadi lebih tinggi.

Dan sebgai masukan kepada anda yang tertarik menjalaninya, berikut adalah macam usaha ternak yang mudah di jalani dan cepat menghasilkan.

Mengenal Bisnis di Bidang Agribisnis

bisnis peternakan yang paling menguntungkan

Agribisnis merupakan  bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor bawah maupun di atas. Penyebutan tersebut  mengacu pada pengertian pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).Dengan kata lain Agribisnis merupakan usaha yang bergerak di bidang penyediaan pangan.

Istilah “agribisnis” berasal dari bahasa Inggris yaitu agribusiness, yang merupakan gabungan dari agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai agribisnis dan dalam bahasa baku menrut KBBI adalah agrobisnis.

Objek dari bisnis agribisnis berupa tumbuhan dan hewan, namun dalam artikel ini yang kita tekankan adalah di bidang hewani atau peternakan. Budidaya merupakan inti dari agribisnis.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan

Ternak Lebah Madu

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha ternak ini, anda akan mendapat keuntungan double yaitu selain harga jual madunya yang mahal, lebahnya juga dapat di jual dengan harga yang mahal pula, selain itu sarangnya juga dapat di jadikan olahan masakan bothok.

Untuk melakukan ternak lebah madu harus memperhatikan suhu dilingkungan sekitar. Karena suhu yang ada di lingkungan sangat mempengaruhi madu yang dihasilkan oleh lebah. Selain itu anda juga harus memperhatikan cuaca, karena cucaca yang ekstrim bunga juga jarang di temukan dan produksi lebah akan berkurang dan bahkan lebah juga dapat mati kelapran.

Ternak Burung

Untuk ternak burung, anda hanya perlu memiliki sedikit keahlian saja, yaitu kepekaan terhadap perasaan burung dan rajin untuk memberi pakan. Sampai sekarang ternak burung masih menjadi trend di Indonesia dan harga jual burung juga masih relatif stabil.

Burung yang memiliki harga jual yang cukup mahal yaitu burung murai batu, love bird (burung cinta) dan lainnya. Anda juga bisa beternak burung seperti Beo dan Jalak Bali tetapi anda harus memiliki surat izin pemerintah sebelum mulai ternak burung tersebut.

Ternak Jangkrik

Jika pengusaha ternak bertambah banyak, maka semakin banyak pula konsumsi jangkrik yang dibutuhkan. Sekarang bukan  hanya peternak burung saja yang membutuhkan jangkrik, tetapi orang yang  punya hobi  memelihara burung juga membutuhkan jangkrik untuk burung peliharaannya.

Kenapa lebih memilih jangkrik bukan pakan lainnya? Karena protein yang terdapat dalam tubuh jangkrik bagus untuk pertumbuhan burung peliharaan, terlebih bagi burung yang sering di ikutkan lomba.

Ternak Lele

Ternak lele juga menjadi andalan pengusaha pemula. Karena bisnis ini tergolong gampang dan membutuhkan modal yang tidak banyak. Dan hanya dalam waktu tidak kurang dari 3 bulan lele sudah siap untuk dipanen. Jika proses budidayanya dilakukan dengan cara yang modern waktu yang dibutuhkan untuk panen akan lebih cepat.

Dan yang masih membingungkan adalah masih saja ada daerah yang masih kekurangan pasokan ikan lele padahal cara beternaknya saja mudah, contohnya kota Yogyakarta. Peternak lele lokal jogja belum mampu memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, akhirnya harus membutuhkan pemasok dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lele.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak Keong

Bagi para petani, keong merupakan hama penyakit, akan tapi bagi para ilmuan atau ahli medis, keong merupakan salah satu obat yang sangat baik untuk beberapa penyakit pada manusia mampu mengobati banyak penyakit, seperti diabetes, penyakit kuning, liver, maag, kolesterol, dan penyakit lainnya.

Kini seiring berjalannya waktu, semakin hari keberadaan keong disawah semakin sedikit, Hal ini dapat menjadi peluang bagi anda untuk membudidayakan keong. Selain di gunakan sebagai obat keong anda juga dapat di masak menjadi olahan kuliner. Bahkan pemjualan keong sudah merambah pasar ekspor.

Ternak Kelinci

Para peminat kelinci tidak hanya untuk menggkonsumsinya saja, tetapi juga untuk di jadikan hewan peliharaan kembali bagi orang yang hobi dengan binatang ini, peminatnya pun juga banyak mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Mungkin harga kelinci konsumsi tidak semahal kelinci untuk di pelihara, namun harganya masih lebih mahal dari hewan kecil lainnya.

Harga kelinci lokal di pasaran di patok kurang lebih Rp.120.000 sampai Rp.150.000 sepasang dan Rp.25.000 sampai Rp.35.000 per ekornya untuk kelinci usia 2-3 bulan. Usia dari kelinci lokal juga terbilang lumayan lama yaitu mencapai 5 hingga 10 tahun.

Ternak marmut

Berbeda dengan ternak kelinci, cara bertenak marmut tergolong lebih gampang dan cepat, akan tetapi harga jualnya juga lebih murah. biasanya marmut di jual untuk peliharaaan dan juga di konsumsi. Salahsatu contoh olahan masakan dari marmut  adalah sate.

Ternak Tokek

Untuk menghasikan tokek dengan kualitas terbaik, biasanya para peternak tokek akan membuat sebuah penangkaran khusus untuk tokek, yang awalnya peternak tokek mencari tokek di hutan, lalu di masukkan ke kandang penangkaran. Setelah itu, sebelum di jual biasanya harus di pilih terlebih dahulu antara yang besar dan yang kecil.

Ternak kroto

Pada jaman dahulu kalu hanya untuk mendapatkan kroto masih tergolong mudah karena alam sudah menyediakan. Namun seiring perkembangan jaman kroto yang ada di alam sudah kian menipis.

Potensi ternak kroto untuk mendapatkan keuntungan yang besar sangat tinggi. Di tandai banyaknya pabrik pakan burung yang membutuhkan kandungan kroto alami untuk pencampuran produk yang ingin dihasilkan.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan :Ternak Cacing

Salah satu usaha ternak yang juga tidak sulit untuk di jalankan dan menguntungkan adalah budidaya cacing Lumbricus. Untuk media perkembangan biaknya adalah berupa tanah yang di campur dengan sampah organik, daun, jerami, dan lainnya.

Hal penting yang harus di perhatikan adalah ada pada penyiapan medianya saja, jika komposisinya sudah seimbang anda hanya tiggal menunggu saja hasilnya.

Ternak Ayam petelur

Beternak ayam petelur sama seperti beternak hewan lain. Konsumsi telur di indonesia semakin hari semakin meningkat, bukan hanya untuk dimakan oleh masyarakat tetapi juga di jadikan produk yang lebih bernilai harganya contohnya mayones .

Usaha ternak ayam petelur tergolong mudah, karena anda hanya memberikan makan dan perawatan sederhana. Anda juga tidak perlu repot repot untuk mengeluarkan dan memasukan ayam dari kandang.

Ternak Ayam Potong

Jenis usaha ini masih banyak dilirik pengusaha muda, namun tidak sedikit pula  yang meninggalkan jenis usaha ini, mungkin karena kurangnya ilmu pengetahuan mengenai usaha ini. Negara kita masih membutuhkan daging ayam dengan jumlah yang banyak.

Biasanya daging ayam potong di gunakan untuk menyuplai restoran, hotel ,dan tempat kuliner lainnya. Dan banyak yang mampu bertahan di bisnis ini hingga akhirnya mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

Ternak Ayam Kampung

Beebeda dengan ternak ayam negri atau potong, jika ternak ayam kampung memerlukan waktu yang lebih lama. Banyak orang yang menyukai daging ayam ini. Tetapi orang yang menjualnya hanyalah peternak tertentu saja. Untuk tambahan saja,  sebaiknya anda juga beternak ayam bangkok.

Kenapa ? Karena jika kita memelihara ayam bangkok ruang lingkup pasar kita akan semakin luas. Orang yang hobi ayam bangkok atau petarung biasanya memiliki relasi teman yang sangat banyak dan mudah untuk diajak menjadi partner berbisnis.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak Ikan Nila

Ikan nila bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan bagi anda. Ikan nila  lebih menyukai dan cocok hidup di air yang mengalir. Harga jual ikan nila juga cukup mahal jika sudah sampai di pasar.

Anda tidak perlu takut dari mana pembeli ikan nila yang akan anda kelola, karena sekarang banyak restoran hotel yang membutuhkan jenis ikan ini dengan syarat anda mampu menyuplainya secara kontinyu atau berkelanjutan. Selain itu anda juga bisa menjualnya di pasar.

Ternak Ikan Gabus

Ikan gabus selain dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan vitamin dan protein yang ada dalam ikan gabus juga baik untuk pertumbuhan anak anak. Banyak dari pengusaha kuliner yang membutuhkan ikan jenis gabus untuk di olah menjadi kue, dan produk makanan lainnya yang dapat dimakan langsung ketika sedang ada dalam perjalanan.

Selain itu anda juga dapat menyuplai restoran kuliner, permintaan ikan gabus dipasaran juga masih sangat banyak.guna menyembuhkan berbagai macam penyakit

Ternak Belut

Mungkin peminat belut adalah hanya orang orang tertentu saja, tetapi itulah yang membuat harga belut menjadi sangat mahal. Dan tidak semua orang dapat membudidayakan belut. Namun jika anda merasa mampu untuk membudidayakannya segera lakukan saja. Pasar dari penjualan belut juga menembus pasar ekspor.

Ternak Bebek

Daging bebek sangat di sukai banyak orang, Selain itu anda juga mendapat pendapatan double selain anda beternak bebek anda juga akan dapat memfaatkan telur bebek untuk anda olah kembali menjadi telur asin. Hal ini dapat di ibaratkan Menyelam sambil minum air. Harga daging bebek pun relatif masih mahal yaitu sekitar Rp.42.000.

Jika dilihat kembali, Saat ini sangat jarang orang yang membutuhkan bebek. Namun jika anda sudah terjun di dunia bisnis peternakan bebek, anda tidak akan mengira bahwa ternak bebek juga sangat menguntungkan.

Ternak Sapi

Sapi adalah jenis hewan yang memakan rumput, jenis ternak ini  sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.Saat ini harga jual daging sapi per kilonya mencapai Rp.120.000, untuk mewujudkan harga yang lebih ekonomis jumlah peternak sapi harus di perbanya. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi dampak impor daging dari luar negri.

Ternak Ular Kobra

Ular adalah pilihan yang tepat untuk melakukan usaha peternakan bagi anda pencinta reptil, harga jual ular kobra per ekor cukup mahal yaitu sekitar 600.000 sampai 1.500.000. Bisnis ini masih jarang di lakukan di Indonesia, mungkin karena pasar jual di Indonesia kurang bagus.

Akan tetapi di luar negeri jenis usaha ternak seperti ini sudah banyak di kembangkan. Jika anda tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba, selain di jual di pasar lokal anda dapat merambah pasar internasional.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak kambing

Kambing adalah hewan yang juga termasuk dalam hewan herbivora atau pemakan tumbuhan, usaha ternak kambing ini juga menjadi salah satu alternatif usaha setelah ternak sapi, usaha ternak kambing tidaklah sulit hampir sama dengan memelihara sapi. Tetapi keuntungan yang didapatkan juga lebih sedikit dari ternak sapi.

Ternak Udang

Udang sendiri biasanya dibudidayakan oleh peternak yang berdomisili atau hidup di pinggiran pesisir pantai. Udang sampai saat ini masih menjadi kebutuhan yang sangat di manati oleh masyarakat luas. Untuk memulai ternak udang juga membutuhkan modal yang lumayan besar, namun keuntungan yang akan dapatkan juga sepadan dengan yang anda keluarkan.

Bahkan saat ini harga penjualan udang mecapai Rp.80.000 per kg, dan untuk satu petak tambak jika memang berhasil maka akan menghasilkan udang sebanyak 3,5 ton udang. Dan anda kalikan sendiri uang yang di dapatkan, fantastis bukan.

Ternak Ikan Arwana

Siapa yang akan menduga selain harga jualnya yang selangit, ikan arwana juga di percaya sebagai ikan pembawa rejeki yang melimpah. Harga ikan arwana yang tidak memiliki cacat dan mempunyai standar tertentu bisa sampai 1 milyar rupiah. Namun jangan memikirkan harga segitu, ikan arwana juga dipercaya membawa rejeki bagi orang yang membudidayakannya.

Ternak Ikan Kakap

Ikan kakap mempunyai potensi pasar yang bagus, kebanyakan peminatnya adalah masnyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke atas. Hal ini karena harga semangkuk kepala ikan kakap dapat mencapai Rp.75.000 hingga Rp.150.000.

Akan tetapi jangan hanya di lihat dari harganya saja, karena sampai saat ini kebutuhan ikan kakap untuk memenuhi permintaan pasar masih sangat kurang. Jika anda serius ingin beternak , anda dapat berkonsultasi dengan hotel atau restoran terdekat untuk memasarakan jenis bisnis ini juga utuk menambah relasi.

Ternak Burung Puyuh dan Di Ambil Telurnya

Untuk mebudidayakan burung puyuh sebaiknya anda lakukan di daerah yang jauh dari pemukiman warga, karena polusi yang di hasilkan dari hewan ternak ini sangat menyengat. Selain telur burung puyuh yang di jual, anda juga dapat membudidayakan burung puyuh untuk dijual kembali. Karena permintaan bibit burung puyuh sampai saat ini masih sangat banyak.

Ternak Ulat Sutra

Pada umumnya jenis ternak ini di budidayakan pada daerah dataran tinggi yang mempunyai suhu udara yang dingin. Harga jual dari sutra yang dihasilkan cukup mahal. Pasar dari hasil budidaya ulat sutra sangat luas sekali mulai dari pasar lokal hingga menjangkau pasar internasional.

Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan : Ternak Belatung

Belatung merupaka salah satu obat mujarab untuk penyandang penyakit diabetes. Untuk mengkonsumsinya biasanya akan  di kombinasikan menjadi sebuah pil oleh para pakar obat. Selain menjadi obat diabetes, belatung juga di manfaatkan menjadi pakan burung dan ikan yang permintaanya masih sangat banyak di negara kita.

Ternak Burung Walet

Ternak paling gampang adalah ternak burung walet, anda hanya perlu menyiapkan gedung dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan seperti alat khusus untuk memanggil burung walet. Setelah itu anda hanya tinggal menunggu sampai air liur dari burung walet siap untuk di panen.

Untuk informasi saja harga jual sarang walet per kilo mencapai Rp.14.000.000 juta, tetapi modal dari bisnis ternak walet juga sangat besar. Tantangan memulai usaha ini tidak hanya pada modal uang saja namun juga terhadap lengkungan warga sekitar. Perlu dilakukan perjanjian perjanjian tertentu agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar.


Itulah 27 jenis hewan ternak yang menguntungkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya memerlukan kerja keras dan cerdas, serta tak lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekian dari saya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

The post Usaha Ternak yang Paling Menguntungkan appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
16 Cara Menghilangkan Rumput Liar dengan Ampuh https://mesinpencacahrumput.com/cara-menghilangkan-rumput-liar/ Wed, 19 Jun 2019 14:48:08 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=848 Halo, berjumpa lagi dengan saya, di kesempatan kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara menghilangkan rumput liar atau gulma. Bagi teman teman yang menggeluti pekerjaan di bidang pertanian dan perkebunan mungkin sudah tidak asing lagi mendengan kata gulma. Bagi para petani gulma merupakan tanaman pembawa sial, bagaimana tidak, setiap tanaman ini muncul […]

The post 16 Cara Menghilangkan Rumput Liar dengan Ampuh appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo, berjumpa lagi dengan saya, di kesempatan kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara menghilangkan rumput liar atau gulma. Bagi teman teman yang menggeluti pekerjaan di bidang pertanian dan perkebunan mungkin sudah tidak asing lagi mendengan kata gulma.

Bagi para petani gulma merupakan tanaman pembawa sial, bagaimana tidak, setiap tanaman ini muncul di lahan mereka maka tanaman mereka akan banyak mati karena unsur hara yang ada di tanah habis di serap oleh gulma. Maka dari itu tanaman ini di sebut tanaman pengganggu karena selalu mengganggu pertumbuhan tanaman para petani.

Tidak hanya mengganggu saja tanaman ini juga sangat sulit untuk di basmi. Setiap ladang sudah di bersihkan dari rumput liar, maka beberapa hari kemudian rumput liar akan tumbuh lagi, Ini terjadi karena pembersihan hanya di lakukan hanya dengan di mencabut rumput yang terlihat dan akarnya masih banyak yang tertinggal di dalam tanah.

Cara Menghilangkan Rumput Liar

Nah, untuk itu jika anda masih bingung bagaimana cara mengatisnya. Sebaiknya anda membaca artikel ini, karena artikel ini memberikan solusi atau lebih tepatnya cara untuk menghiangkan rumput liar atau gulma sampai ke akar akarnya. Akan tetapi alangkah leih baiknya kita mengenal tentang gulma terlebih dahulu.

Mengenal Rumput Liar atau Gulma

cara menghilangkan rumput liar

Rumput liar atau gulma merupakan tumbuhan yang kehadirannya selalu tidak diinginkan oleh para petani di lahan pertanian karena dapat menurunkan hasil panen yang harus dicapai oleh tanaman produksi dan pendapatan petani juga akan turut menurun.

Batasan gulma bersifat teknis dan plastis. Teknis, karena berkaitan dengan proses produksi dari suatu tanaman pertanian. Keberadaan gulma dapat menurunkan hasil pertanian karena mengganggu pertumbuhan tanaman produksi melalui kompetisi dalam menyerap .unsur hara.

Plastis, karena batasan gulma tidak mengikat suatu spesies tumbuhan. Di tingkatan tertentu, tanaman berguna dapat berubah menjadi gulma. Begitu juga sebaliknya, tumbuhan yang biasanya dianggap sebagai gulma juga dapat dianggap tidak mengganggu. Contohnya, kedelai yang tumbuh di sela-sela pertanaman monokultur jagung dapat dianggap sebagai gulma.

Namun pada sistem tumpang sari dua jenis tanaman ini merupakan tanaman utama. Walau begitu, ada juga beberapa jenis tumbuhan dikenal sebagai gulma utama, seperti rumput teki dan alang-alang.

16 Cara Menghilangkan Rumput Liar dengan Mudah

cara menghilangkan rumput liar

1. Air Panas

Cara pertama yang dapat anda cobauntuk membasmi gulma adalah dengan menggunakan air mendidih, karena cara ini di klaim dapat mematikan rumput liar atau gulma. Ketika anda sedang merebus sayuran atau mie instan , air sisa rebusan tadi jangan di buang terlebih dahulu, Tetapi siramlah ke tempat di mana rumput liar biasa tumbuh.

Biasanya rumput liar akan layu dan mati jika terkena siraman air panas, karena air mendidih akan melehkan permukaan gulma dan merusaknya. Tentunya hal ini bukanlah hal yang sulit untuk anda lakukan dan tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini.

2. Garam

Rumput liar yang sering muncu di kebun atau di jalan setapak sekitar rumah anda sulit di hilangkan ?, solusinya anda dapat memanfaatkan garam. Garam adalah bahan alami yang aman dan mudah sekali di dapat baik di rumah (dapur) maupun membelinya di warung.

Selain itu penggunaan garam juga tidak menimbulkan bau menyengat tidak seperti bahan kimia lainnya.Cara penggunaannya juga sangat mudah, anda hanya tinggal menaburkan garam ke tempat rumput liar tumbuh, usahakan jangan sampai mengenai tanaman anda.

Jangan lupa untuk menaburkan air atau jika anda malas anda dapar menunggu hujan turun untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Di sini garam berfungsi menyerap kandungan air pada rumput liar, jadi gulam lama kelaman akan mengering dan mati, begitu juga dengan tanaman anda jika sampai terkena taburan garam tadi.

3. Campuran Air Kelapa dan Ragi Tape

Cara ke tiga menghilangkan rumput liar adalah dengan mencampurkan air kelapa dan ragi tape. Cairan ini di klaim lebih manjur dan cocok untuk gulma yang tipe besar dan sulit untuk di basmi seperti alng alang.

Bahan bahan yang perlu anda siapkan adalah :

  • 2 liter air kelapa,
  • 60 gram detergen,
  • 25 butir ragi tape
  • 1,5 kg pupuk urea dan 1/4 kg garam.

Langkah pembuatan :

  1. Pertama tama masukan air kelapa terlebih dahulu ke dalam ember atau wadah lainnya, masukan ragi dan pupuk urea ke dalam ember untuk di campur dengan air kelapa.
  2. Aduk hingga rata dan menyatu, terakhir masukan garam garam dan detergen secara sedikit demi sedikit secara perlahan lahan.
  3. Jangan lupa untuk terus mengas=duk sampai tercampur semua, kemudian air campuran di masukkan ke dalam tempat tertutup seperti jerigen atau lainya. Simpan selama kurang lebih selama 12 jam.

4. Boraks

Gulma yang tumbuh di celah celah beton di luar rumah amda dapat di atasi dengan menggunakan boraks, caranya dengan mencapur boraks dengan sedikit air lalu menaburkan boraks ke semua tempat atau celah di mana rumput liar tersebut tumbuh. Cara ini akan membunuh mereka dan tidak akan memiliki celah untuk berkembang bika lagi.

Penggunaan ini sudah terbukti. Selain itu tidak hanya rumput liar saja yang akan pergi, para serangga sperti semut dan rayap juga akan menjauhi rumah anda dan tidak akan memasukinya. Tetapi anda juga harus berhati-hati, ketika menabur boraks jangan sampai terkena tanaman anda, karena mereka juga dapat maracuni bagi tanaman lainnya

5. Bahan Kimia

Jika anda ingin membasmi rumput liar dengan cara cepat dan sampai tuntas hingga ke akar-akarnya. cobalah untuk menggunakan herbisida. Untuk informasi, herbisida merupakan produk yang brguna memberantas gulma yang sering di gunakan untuk kebutuhan pertanian. Produk herbisida banyak dijual di toko tanaman dan pertanian.

Cara kerja dari herbisida adalah meracuni rumput liar dengan masuk melewati daun dan meresap hingga akar rumput liar. Rumput liar yang sudah terkontaminasi herbisida akan mati dengan sendirinya. Biasanya, rumput liar tidak akan tumbuh lagi jika anda menggunakan herbisida ini. Kalau pun tumbuh kembali,butuh waktu yang lama pasca terkena herbisida.

6. Cuka

Selain itu, cuka yang bisa ditemukan di dapur juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi rumput liar di rumah. Asam asetat yang terkandung dalam cuka 5% merupakan zat yang menyebalkan bagi daun tanaman. Zat ini dapat merusak tanaman muda dengan akar yang belum dewasa, meskipun hanya menggulung gulma dengan kekeringan.

Cukup campurkan cuka dengan sabun cuci piring secara merata dan semprotkan pada gulma yang menggangu. Kandungan aetic acid pada cuka akan mematikan gulma secara perlahan tapi pasti dan sabun cuci akan membuat cuka melekat pada dedaunan.

Pastikan Anda menutupi tanaman lain sebelum melakukan penyemprotan, karena cuka adalah pembasmi gulma yang efektif. Jauhkan semprotan Anda pada target dengan melepas bagian bawah botol soda plastik 2 liter, dan letakkan di atas rumput liar. Semprotkan cuka ke dalam mulut botol, yang akan mencegahnya memercik pada sayuran Anda.

7. Herbisida Buatan Sendiri

Cara lain yang patut di coba untuk mengatasi serangan gulma adalah dengan cara membuat herbisida sendiri. Bahan bahan yang perlu anda siapkan.

  • Bensin 1 liter
  • Solar 1 liter,
  • Garam 1 liter,
  • Pupuk Urea 1 kg, dan
  • sabun colek 1 kg

Cara pembuatan :

  1. Pertama tama campurkan terlebih dahulu bensin. Solar dalam satu wadah,
  2. Lalu campurkan garam, pupuk urea dan sabun colek wadah lain.
  3. Campurkan kedua cairan itu secara perlahan di wadah yang berisikan bensin dan solar tambahkan sedikit demi sedikit cairan garam , pupuk dan sabun jangan lupa aduk hingga tercampur rata semua nya.

Anda dapat menggunakannya dengan cara menyemprotkan herbisida ke gulma. Cara penggunaannya, siapkan air dan alat semprot , tambahkan cairan herbisida yang telah di buat tadi dengan perbandingan air dan herbisida 2:1 . Semprotkan herbisida dengan hati hati pada rumput yang telah tumbuh besar dan tua.

8. Koran

Koran juga dapat di gunakan untuk membasmi gulma, karena koran dapat menghalangi sinar matahari dan oksigen untuk mencapai tanah, cara ini akan menyiksa dan melumpuhkan gulma yang telah tumbuh, serta mencegah pertumbuhan baru.

Caranya yaitu simpan koran dalam 10 lembar lapisan lalu basahi koran untuk menahannya dan tutup dengan satu atau dua inci mulsa. Jika gulma mulai tumbuh di mulsa, tambahkan lebih banyak lapisan yang pada akhirnya akan membusuk dan menyuburkan tanah.

9. Botol

Ketika anda menggunakan herbisida untuk membunuh gulma di kebun Anda, Anda perlu berhati-hati untuk tidak menyemprot dan membunuh tanaman anda sendiri.

Untuk mengisolasi rumput yang ingin anda bunuh, potonglah botol minuman soda ukuran 2 liter menjadi dua bagian dan letakkan potongan bagian atas  ke gulma yang ingin anda semprot. Kemudian arahkan tongkat penyemprot pompa Anda melalui bukaan biasa di bagian atas botol dan semprotkan.

Setelah semprotan selesai, ambil botol dan lanjutkan ke target gulma Anda berikutnya. Selalu kenakan kacamata dan sarung tangan saat menyemprotkan bahan kimia di kebun.

10. Sabun Mandi

Sabun mandi yang setiap hari kita pakai ternyata dapat di gunakan untuk menghilangkan rumput liar, tapi tahukah kalian selain dapat untuk membersihkan kotoran dan mencuci piring, sabun juga dapat membasmi gulma.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat mencampurnya dengan dengan air cuka secukupnya, untuk memudahkan pengaplikasiannya anda dapat menggunakan alat penyemprot, lalu semprotkan sabun ke rumput liar yang mengganggu.

Rumput liar atau gulma yang sudah terkena semprotabn tadi biasanya akan terlihat mengkilap, jadi anda dengan mudah untuk membedakan mana yang sudah dan mana yang belum di semprot.

11. Pemutih

Apakah rumput liar tumbuh subur di sekitar rumah anda, celah celah jalan setapak, dan tembok Anda? Maka cobalah menuangkan sedikit pemutih murni di atasnya. Selang satu atau dua hari, Anda dapat menariknya dengan mudah dan tentu saja pemutih akan mencegahtanaman liar tersebut datang kembali.

Berhati-hatilah agar tidak menggunakan pemutih sembarangan.

12. Corn Gluten Meal

Produk sampingan dari jagung ini dapat menghentikan benih dari tumbuhan yang akan menjadi gulma. Karena mereka dapat mencegah perkecambahan pada gulma. Caranya : sebarkan corn gluten meal ke sekitar tanaman liar yang tumbuh atau setelah Anda menanam bibit dan pencangkokan ditanam di tanah.

13. Vodka

Selain untuk di minum ternyata vodka juga dapat di gunakan sebagai pembasmi rumput liar atau gulma dengan cepat dan mudah. Caranya: campurkan 1 ons (30 mililiter) vodka, beberapa tetes sabun cuci piring, dan 2 gelas air ke dalam botol semprot.

Pengaplikasiannya adalah semprotkan vodka pada daun gulma sampai campurannya habis. Oleskan pada siang hari yang cerah untuk rumput liar yang tumbuh di bawah sinar matahari langsung, karena alkohol dapat memecah kutikula yang menutupi daun, membuat mereka rentan terhadap dehidrasi di bawah sinar matahari.

Cara ini tidak akan berhasil jika di gunakan di tempat yang teduh.

14. Cara Menghilangkan Rumput Liar : Belerang

Bagi anda yang tinggal di dekat gunung yang menghasilkan belerang bersenanglah karena anda dapat memanfaatkan belerang untuk membasmi rumput liar, karena belerang dapat di gunakan sebagai salah satu campuran utama untuk ramuan pembasmi rumput liar.

Bahan bahan yang di perlukan :

  • siapkan 4 liter air,
  • garam 2 kg ,
  • cuka 2 botol kecil dan
  • belerang 3 ons.

Cara membuat nya adalah dengan merebus semua bahan kecuali cuka, aduk hingga merata , jika sudah mendidih angkat lalu masukan cuka nya dan masukan ke dalam jerigen atau botol ukuran besar , biarkan selama 12 jam agar herbisida alami  dapat bekerja dengan maksimal untuk membasmi gula.

15. Bensin

Salah satu cara membasmi rumput liar di kebun adalah dengan memanfaatkan bensin. Campurkan bensin dengan garam, pupuk urea, serta sabun cuci secara merata kedalam botol semprot dan semprotkan pada gulma yang hendak dibasmi.

Satu hal yang perlu anda ingat ketika menggunakan metode ini yaitu sifat bensin yang keras bisa merusak tanaman lain dan mencemari tanah.

16. Mulsa

Cara terakhir untuk menjaga halaman Anda dari tanaman liar adalah dengan menutupi tanah Anda dengan mulsa organik atau sintetis yang dapat menghalangi sinar matahari. Mulsa organik dalam beberapa bulan dapat memperbaiki struktur tanah dan menambah nutrisi.

Mulsa sintetis berbahan kertas atau plastik dapat bertahan beberapa musim, tetapi tidak akan membantu membangun kembali kondisi tanah kalau terjadi kekeringan. Perhatikan membuat mulsa dibawah ini:

  • Basahi tanah sebelum Anda meletakkan lapisan-lapisan kertas, yang akan mencegah kertas terlepas saat anda bekerja.
  • Tutupi tanah yang terkena sinar matahari untuk mencegah gulma.
  • Sebarkan mulsa 2 hingga 4 inci untuk membasmi gulma (tanaman liar) dan mempertahankan kelembapan.

Cara Menghilangkan Rumput Liar : Contoh Rumput Liar

cara menghilangkan rumput liar

Anting Anting

Rumput ini memiliki ciri ciri daun berbentuk bulat dan lonjong. Letaknya berseling dengan ujung pada pangkal yang lancip, juga memiliki ujung yang bergerigi. Daun anting anting memilki panjang mencapai 8 cm dan lebar mencapai 3,5 cm. Rumput ating anting sering muncul di sekitar rumah maupun di sawah atau kebun.

Alang Alang

Alang alang atau ilalang (Imperata Cylindrica Raesuch) dikenal dalam bahasa inggris sebagai bladygrass, congograss, speargrass, dan secara umum satin tail. Adalah jenis rumput yang memiliki daun tajam yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian maupun pekarangan.

Ilalang memiliki ciri daunnya panjang seperti pita, tumbuh tegak dengan tinggi 0.5 – 1.5 m, berbatang padat, beruas, bertunas panjang, dan bersisik dengan pucuknya yang meruncing seperti duri, serta berumur panjang.

Putri Malu

Putri malu memiliki nama latin Mimosa Pudica adalah rumput liar yang termasuk anggota anggota suku polong polongan yang mudah di kenali karena daunnya yang jika anda sentuh akan menguncup atau layu dengan sendirinya secara cepat.

Jenis rumput ini memiliki ciri ciri batang yang berduri tajam, jika disentuh maka daunnya menutup, batangnya berwarna merah saat masih muda dan hijau saat tua, daun bagian atas berwarna hijau sedangkan bagian bawah berwarna merah kecoklatan.


Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai artikel yang membahas tentang cara menghilangkan rumput liar dengan mudah yang terjamin 100% bekerja. Semoga dengan membacanya ilmu dan wawasan anda dapat bertambah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

The post 16 Cara Menghilangkan Rumput Liar dengan Ampuh appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Macam Macam Rumput di Sekitar Rumah https://mesinpencacahrumput.com/macam-macam-rumput/ Mon, 17 Jun 2019 13:16:00 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=837 Halo bertemu lagi dengan saya, pada kesempatan ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang macam macam rumput. Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu banyak tentang banyaknya macam macam rumput yang tumbuh di negara indonesia. Berbagai macam rumput tumbuh di tanah Nusantara, hal ini di karenakan tanah kita yang sangat subur dan memiliki iklim tropis […]

The post Macam Macam Rumput di Sekitar Rumah appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo bertemu lagi dengan saya, pada kesempatan ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang macam macam rumput. Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu banyak tentang banyaknya macam macam rumput yang tumbuh di negara indonesia.

Berbagai macam rumput tumbuh di tanah Nusantara, hal ini di karenakan tanah kita yang sangat subur dan memiliki iklim tropis yang cocok di tumbuhi oleh tumbuh tumbuhan baik itu tumbuhan liar maupun tumbuhan yang di tanam para petani.

Teman teman yang saya banggakan , mungkin bagi kalian yang tinggal di pedesaaan atau daerah pegunungan sudah tahu banyak mengenai tentang berbagai jenis dan macam rumput tetapi bagi teman teman yang tinggal di tengah kota pasti hanya mengetahui beberapa.

Hal ini dikarenakan di kota sudah tidak ada hutan maupun tempat untuk tumbuhnya rerumputan, kalaupun ada itu hanya ada di halaman rumah atau taman kota, itupun tumbuhnya di tanam bukan alami dan jenisnya hanya rumput hias.

Maka dari itu, dengan menbaca artikel ini teman teman dapat menambah wawasan dan ilmu yang mengenai tentang berbagai macam jenis rumput yang ada di Indonesia

 

Mengenal Macam Macam Rumput

Rumput merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok monokotil yang mempunyai daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput biasanya tumbuh secara liar maupun ditanam untuk di jadikan hiasan, obat, dan pakan ternak.

Akan tetapi rumput yang tumbuh secara liar atau tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu proses pertumbuhan tanaman utama ,sehingga sering di sebut dengan rumput penggangu atau gulma.

Beberapa contoh rumput yang biasa di tanam di Indonesia adalah rumput jepang, golf, gajah mini, teki, alang alang, dan odot. Berikut Penjelasannya.

Rumput Alang alang

Ilalang atau alang alang(Imperata Cylindrica Raesuch) atau juga dikenal dalam bahasa inggris sebagai congograss, bladygrass, speargrass, dan secara umum satin tail. Merupakan sejenis rumput berdaun tajam yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian tetapi juga memiliki khasiat herba.

Ilalang memiliki ciri daun yang panjang seperti pita, tumbuh tegak dengan tinggi 0.5 – 1.5 m, berbatang padat, beruas, bertunas panjang, dan berbulu halus (menyebabkan gatal) dengan pucuknya yang meruncing seperti duri, serta berumur panjang.

Bunga ilalang merupakan bunga majemuk, yaitu dengan letak bulir bunga yang bersusun. Pada bagian atas terdapat bunga sempurna dan di bawah adalah bunga mandul. Panjang anak bulir sekitar 3-4 mm dan pangkalnya terdapat rambut halus yang panjang dan padat dengan warna putih.

Akar tanaman ilalang merupakan akar berjenis rimpang yang menjalar,dan berbuku buku, keras dan liat serta memiliki warna putih. Selain itu meskipun ilalang sering dianggap gulma tanaman liar ini memliki benyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat ilalang bagi kesehatan tubuh adalah mengobati kencing batu, sariawan, hipertensi akibat ginjal, diare, asma.radang paru paru, prostat, mimisan, keputihan,meluruhkan kencing, demam, panas dalam, dan lain lain.

Macam Macam Rumput Alang Alang yang Berkerabat :
  • Imperata brasiliensis
  • brevifolia
  • conferta
  • contracta

Rumput Jepang

Tumbuhan adalah salah satu macam rumput yang sudah dikenal sebagai  rumput hias yang indah. Tanaman ini sangat populer di kalangan masyarakat dan mungkin juga anda menggunakannya untuk mempercantik taman yang ada di rumah anda.

Biasanya rumput ini di tanam dengan tujuan untuk menutupi tanah yang kosong yang tidak atau belum di tumbuhi tumbuhan dan juga untuk menambah keindahan taman agar tampak hijau dan asri.

Walaupun mempunyai nama rumput jepang, tumbuhan ini tidaklah berasal dari Jepang. Nama ini di dapatkan di karenakan kebiasan orang indonesia untuk membedakan jenis tanaman berdasarkan ukurannya agar mudah diingat.

Jika di bandingkan dengan jenis rumput hias lainnya rumput jepang bisa membuat taman menjadi terlihat lebih rapi, selain itu rumput ini sangat baik untuk menyerap genangan air, sehingga pada saat hujan lebat sekalipun anda tidak akan menemui genangan air pada taman anda.

Ciri ciri rumput jepang yaitu :

  • memiliki daun yang berwana hijau kecil seperti jarum,
  • tingginya hanya mencapai 3-5 cm,
  • tumbuh bergerombol atau rapat.

Meskipun perawatan rumput jepang tergolong mudah, rumput ini tetap membutuhkan pupuk (urea) yang di berikan setiap dua minggu sekali dan disiram setiap pagi. Karena pertumbuhannya yang lambat jadi tidak perlu sering sering memangkasnya, cukup sebulan sekali.

Putri Malu

Tumbuhan liar ini memiliki nama latin Mimosa Pudica adalah perdu pendek anggota suku polong polongan yang mudah di kenali karena daunnya jika anda sentuh akan menguncup atau layu dengan sendirinya secara cepat.

Jenis rumput ini memiliki ciri ciri batang yang berduri tajam, jika disentuh maka daunnya menutup, batangnya berwarna merah saat masih muda dan hijau saat tua, daun bagian atas berwarna hijau sedangkan bagian bawah berwarna merah kecoklatan.

Yang jelas macam rumput ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian, karena putri malu tumbuh di mana mana. Putri malu dapat tumbuh di daerah yang kering dan berpasir. Putri malu dapat kita jumpai di pinggir sungai, pekarangan rumah, pinggir selokan, dan ladang.

Selain itu putri malu yang termasuk dalam jenis gulma ini memiliki manfaat herba kesehatan tubuh yaitu menyembuhkan luka penderita diabetes, batuk, luka, hepatitis, kesehatan hati, insomnia, pendarahan, demam, melancarkan saluran kemih, mencegah disentri, bisa ular dan lainnya

Rumput Gajah Mini

MACAM MACAM RUMPUT

Tumbuhan ini adalah salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai hiasan di taman. Nama latinnya adalah Pennisettum Purperium Schamach. Tanaman ini adalah versi mini dari rumput gajah. Sesuai namanya ukurannya lebih kecil dari tanaman asli biasanya, karena digunakan untuk taman.

Rumput gajah mini memiliki keunggulan yaitu harganya yang murah, selain itu jenis rumput hias ini tahan lama dan kuat di imjak, Jadi tumbuhan ini sangatlah cocok untuk di gunakan untuk menghiasi taman yang sering di lewati oleh banyak orang.

Ciri khas dari rumput gajah mini adalah pola alur pertumbuhannya. Daunnya bukannya tumbuh ke atas malah tumbuh menyamping. Tetapi rumput ini juga mempunyai kekurangan, yaitu tekstur daunnya kasar dan ukuran daunnya yang cukup besar. Juga pertumbuhannya yang sangat cepat.

Perawatan juga harus sering sering di lakukan yaitu dengan memotongnya karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Penyiaraman tidak harus sering hanya seminggu sekali kecali musim kemarau.

Macam Macam Rumput Gajah Mini :
  • Gajah Mini Biasa
  • Mini varigata
  • Besar

Rumput Grinting

Tanaman yang memiliki nama latin CynodonDactylon merupakan tumbuhan yang mempunyai keunggulan berupa kekuatan dalam bertahan hidup berlebih daripada jenis rumput liar lainnya seperti teki, ilalang, gajah dan lainnya.

Bahkan rumput grinting mampu hidup di musim kemarau sekalipun walaupun dengan tanah tandus masih mampu bertahan hidup dengan mengurangi jumlah daunnya. Saat terkena mesin pembajak dan di garu juga masih hidup selama akarnya masih  tertanam di tanah.

Tidak seperti rumput liar lainnya rumput grinting tidak di sukai oleh para hewan ternak, walapun begitu rumput ini tetap di sukai para petani karena memiliki manfaat sebagai pelindung erosi di tanah miring, ini di karenakan akarnya yang serabut dan membuat tanah menjadi padat sulit runtuh

Awalnya grinting merupakan tumbuhan pantai namun dengan berjalannya waktu perkembangannya menyebar ke semua tempat hingga daerah pertanuan. Meskipun begitu yang namanya gula ya tetaplah tanaman yang mengganggu bahkan untuk membasminya perlu tenaga ekstra .

Rumput Golf

Sesuai dengan namanya dari rumput ini di pakai untuk menutupi tanah yang ada di lapangan golf, akan tetapi dengan seiring dengan berkembangnya zaman sekarang mulai di gunakan untuk hiasan taman di rumah.

Perawatan dan penanaman yang harus di lakukan untuk rumput golf tidaklah mudah, ini di karenakan membutuhkan resapan yang baik berupa tumpukan pasir, ijuk, batu, serta pipa untuk pengairan dari bawah permukaan tanah.

Selain itu, rumput golf ini juga membutuhkan sinar matahari penuh yaitu 100%. Di sarankan rumput golf juga tidak terlalu sering diinjak, karena dapat menyebabkan kerusakan pada rumput. Dan pemangkasan di lakukan setiap dua minggu sekali.

Macam Macam Rumput Golf :
  • Bermuda Grass
  • Bent Grass
  • Zoysia Grass
  • Rye Grass

Rumput Teki

Suket teki atau dengan nama latin Cyperus Rotundus L adalah gulma pertanian yang sangat sering di temui di lahan terbuka. Di luar negeri rumput teki dikenal dengan nama nutgrass. Tanaman ini sangat adaptif dan karena itu menjadi gulma yang sulit untuk di kendalikan.

Rumput teki biasa kita jumpai di pekarangan, pinggir jalan, pinggir sungai, ladang, lapangan dan di banyak tempat lainnya. Nutgrass dapat tumbuh di hampir berbagai jenis kondisi tanah dengan ketinggian 1 – 1000 m di atas permukaan laut. Bahkan juga dapat tumbuh di dasar laut.

Daun rumput teki berwarna hijau , daunnya sejajar dan di bagian tepi rata, berbentuk pita dan daunnya berjumlah 4-10 helai. Permukaan daun berwarna hijau mengkilap dengan panjang 10-60 cm, dan lebar 2-6 cm. Tinggi teki 10-75 cm dengan batang berbentuk segitiga.

Umbi teki memiliki bentuk kerucut yang besar di pangkalnya, berwarna cokelat, berambut halus kecoklatan, wangi, panjangnya 5-10 cm dengan diameter 5-10 cm, dan berumpun.

Walaupun dianggap sebagai gulma teki punya banyak manfaat bagi kesehatan yaitu antinaymuk, antikejang, penurun panas, obat kencing batu, pembeku darah saat luka, obat ginjalmenurunkan kolesterol, gangguan pencernaan, melancarkan siklus menstruasi, diabetes, dan lain lain.

Macam Macam Rumput Golongan Teki :
  • Cyperus difformis L
  • Fimbristylis miliacea
  • Bolboschoenus maritimusCyperus iria L
  • Cyperus rotundus L
  • Fimbristylis dichotoma ( L.) Vahl

Rumput Peking

Rumput peking adalah tanaman yang tahan terhadap cuaca dingin, nah jika rumah yang anda tempati merupakan daerah yang dingin seperti di Wonosobo. tanaman ini adalah pilihan yang cocok untuk di tanam di taman anda karena rumput ini tahan terhadap cuaca dingin.

Untuk ciri ciri dari rumput peking hampir sama dengan rumput jepang yang membedakan hanyalah tumbuhnya yang jarang. Biasanya daun pada rumput peking akan berubah menguning bagian bawahnya jika sudah sangat lebat, hal ini di sebabkan karena tidak terkena cahaya matahari.

Jadi jika ingin taman anda selalu terlihat indah, anda harus sering sering memangkasnya jika rumput ini sudah mulai tumbuh lebat karena jika tidak warnanya akan berubah menjadi kuning.

Rumput Gajah / Kolonjono

rumput gajah

Elephant grass (dalam bahasa inggris) dengan nama ilmiah Pennisetum Purpureum adalah jenis jenis rumput liar yang berukuran besar bernutrisi tinggi yang biasanya sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing, dan gajah, di bahasa Jawa tanaman ini disebut “Kolonjono”.

Batang dari rumput gajah juga bisa di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan fiber serat. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan lebih menyukai tanah basah. Kolonjono banyak di budidayakan di Afrika karena tahan cuaca panas. Di Jawa  banyak di tanam untuk pakan ternak.

Karakteristik dari rumput gajah adalah tumbuh tegak lurus, merumpun lebat, tinggi mencapai 7 m, berbatang tebal dan keras, daun panjang, dan berbunga seperti es lilin. Tanaman ini tumbuh subur di permukaan tanah dengan ketinggian 2000 m di atas permukaan laut.

Kolonjono di budidayakan untuk pakan ternak. Untuk penggemukan sapi dengan diperlukan rumput sebanyak 1,5-0,8 % bahan kering dari bobot sapi yang di gemukkan.

Jadi jika sapinya 200 kg maka rumput segar yang di butuhkan mengandung 21 bahan kering. Yaitu 200 x 0.5 / 100 x 1kg = 1 kg bahan kering atau 4.8 kg rumput gajah segar. Namun karena selalu ada bagian yang tidak dimakan maka di tambah 5% atau menjadi 5.05 kg rumput gajah segar.

Macam Macam Rumput Gajah Untuk Pakan Ternak :
  • Gajah Taiwan
  • Afrika
  • Odol

Sambiloto

Sambiloto (Andrographis Paniculata ) merupakan salah satu rumput liar banyak tumbuh di Indonesia. Di berbagai daerah tamanan ini mempunyai banyak nama yaitu sambilata, ampadu tanah, sambiloto, ki pait, bidara, andiloto, ki oray, dan pepaitan.

Andiloto di duga berasal dari Asia Tropika, penyebarannya dari india meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung malaya, kemudian di temukan di Jawa. Tanaman ini tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 m dari permukaan laut.

Rumput pepaitan tumbuh baik dengan curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat celcius. Sambiloto adalah tanaman perdu yang biasa hidup di sawah, kebun, atau hutan. Akar rumput ini adalah akar tunggang, mempunyai batang berkayu dan bentuknya bulat atau segi empat.

Daunnya adalah daun tunggal dan letaknya saling berhadapan. Bentuknya seperti pedang (lanset) sampai bentuk lidah tombak dengan bagian tepi daun merata dan permukaanya halus. Bunga tanaman ini adalah majemuk dan tumbunya dari ketiak daun.

Tanaman sambiloto dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, malaria, kencing manis, gejala hepatitis, diare, tifoid, radang paru, sakit gigi, diabetes, bronkhitis, menurunkan tekanan darah, tifus, dan lain sebagainya. Sesuai namanya (pepaitan) sambiloto saat di jadikan obat rasanya sangat pahit.

Rumput Mutiara

Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar herba yang termasuk dalam famili Rubiaceae dan di kenal dengan nama daerah rumput siku siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan. Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang lembab, dikebun, halaman rumah, pinggir jalan dan selokan.

Katepan berpenampakan tegak atau condong, sering bercabang mulai dari pangkal batangnya dengan tinggi 0.05 – 0.6 m. Batang rumput ini bersegi empat, gundul atau dengan sisik yang pendek dengan tebal 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai hjau keabu abuan.

Daunnya relatif kecil dengan panjang 2–5 cm, ujungnya runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik kecil sepanjang tepi daun dengan tangkai yang sangat pendek, dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.

Akar tanaman herba ini merupakan akar tunggang dengan garis tengah rata rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang.

Herba dari tanaman ini memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai antidemam, antiradang, antibakteri, diuretik, peluruh demam dan toksin, pelancar peredaran darah, antikanker, antitukak peptik, antidisentri, obat setelah bersalin, obat ganguan pencernaan.


Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel yang membahas tentang mengenal macam macam rumput yang ada di sekitar kita, semoga dapat menambah ilmu dan wawasan teman teman sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

 

The post Macam Macam Rumput di Sekitar Rumah appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Ternak Sapi : Bisnis yang Menjanjikan https://mesinpencacahrumput.com/cara-ternak-sapi/ Sat, 15 Jun 2019 04:43:37 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=823 Halo, bertemu lagi dengan saya pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara ternak sapi agar menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi teman-teman yang ingin mencobanya atau memang benar-benar mau menjalaninya. Beternak sapi bukanlah hal yang mudah, maka dari itu anda bisa belajar dahulu dengan membaca artikel ini. Untuk memulai beternak sapi sebagai ladang […]

The post Cara Ternak Sapi : Bisnis yang Menjanjikan appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Halo, bertemu lagi dengan saya pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara ternak sapi agar menjadi ladang bisnis yang menguntungkan bagi teman-teman yang ingin mencobanya atau memang benar-benar mau menjalaninya. Beternak sapi bukanlah hal yang mudah, maka dari itu anda bisa belajar dahulu dengan membaca artikel ini.

Untuk memulai beternak sapi sebagai ladang bisnis bukanlah perkara yamg mudah, di perlukan keahlian khusus, ketelitian, dan kesabaran yang baik. Hal ini di karenakan sapi membutuhkan perhatian dan perawatan intensif, oleh karena itu banyak lulusan sarjana peternakan yang menekuni jurusannya untuk menjadi seorang peternak sapi.

Usaha ternak sapi berbeda dengan usaha ternak lainnya seperti ternak kambing, ayam, burung, cacing, kelinci, kroto ngangkrang, dan lainnya. Mengurus ternak sapi membutuhkan tenaga ekstra jadi ternak sapi bukanlah usaha ternak yang mudah.

Bagi anda yang tidak mempunyai bekal ilmu pengetahuan maupun sarjana peternakan sama sekali di bidang peternakan sapi, tetapi anda ingin melakukan usaha ternak sapi. Jika benar-benar ingin anda harus punya niat dan keseriusan yang kuat.

Hal itu di buktikan dengan cara menambah wawasan wawasan cara untuk beternak sapi dan mempelajari berbagai trik yang bisa di lakukan untuk memulai usaha peternakan.

Mengenal Sapi

CARA TERNAK SAPI

Sapi merupakan hewan ternak dari anggota suku Bovidae dan anak suku Bovinae. Hewan ini biasanya digunakan untuk membajak sawah dan dinamakan “Lembu”. Di pelihara untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia. Hasil sampingannya seperti kulit, jeroan, tanduk, dan kotorannya juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia.

Di beberapa tempat, sapi di manfaatkan sebagai penggerak alat transportasi, mengolah lahan tanam (bajak sawah), dan alat industri lain (seperti peremas tebu). Karena banyak kegunaannya ini, hewan ini telah menjadi bagian dari berbagai kebudayaan manusia sejak lama.

Sapi ternak merupakan keturunan dari jenis liar yang dikenal sebagai Auerochse atau Urochse, yang dalam bahasa Jerman berarti “sapi kuno”, nama ilmiah : Bos primigenius. Di Eropa sejak tahun 1627 Sapi liar sudah punah. Namun, terdapat beberapa spesies sapi liar lain yang keturunannya di domestikasi, termasuk sapi bali yang juga di ternakkan di Indonesia.

Cara Ternak Sapi 

Persaingan pasar ekonomi yang ketat membuat sapi menjadi bahan baku pokok untuk rebutan, hewan ternak sapi lokal bersaing dengan sapi impor. Sehingga para peternak sapi lokal harus berhadapan dengan berbagai macam ancaman pasar.

Maka dari itu, para peternak sapi selain pandai dalam beternak juga  harus mempunyai pengetahuan yang luas agar dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada pada saat bisnis ternak sapi sedang dijalankan.

Untuk teman teman yang masih bingung dan takut untuk memulai usaha ternak sapi, berikut ini ada beberapa langkah awal yang harus di ikuti bagi para pemula untuk memulai atau menjalankan usaha ternak sapi.

Jenis Jenis Sapi

Setelah teman teman mengetahui informasi tentang dana yang di butuhkan dan mendapatkan banyak relasi dengan sesama peternak sapi sekarang kita pindah ke langkah nomor dua yaitu memilih jenis sapi yang akan di budidayakan.

Sapi Brahman

Sapi ini merupakan sapi keturuna Zebu yang berasal dari India (sapi impor). Ciri khas dari sapi Brahman adalah memiliki punuk besar dan berkulit nggelamber atau longgar, gelambir terdapat dibawah leher sampai perut. Mempunyai telinga panjang menggantung dan berujung runcing. Sapi ini adalah tipe sapi potong terbaik dan di gemari para peternak di Indonesia

Sapi Limousin

Hewan ternak ini juga termasuk impor karena berasal dari Perancis. Dan sapi limousin dapat bertahan hidup di berbagai iklim salah satunya iklim tropis seperti Indonesia. Hewan ini memiliki bulu berwana cokelat. Ciri cirinya adalah memiliki tubuh yang panjang, besar, dan berotot padat.

Sapi jenis ini memiliki keunggulan pertumbuhan yang cepat dengan daging yang banyak sehingga peternak sapi menyukai sapi ini dan dijadikan sebagai sapi pedaging.

Sapi Metal

Berasal dari daerah Simme, salah satu wilayah di negara Swiss. Dengan berkembangnya budidaya sapi metal, kini dapat di jumpai di berbagai negara lain, seperti Amerika Serikat dan Australia, termasuk Indonesia. Juga termasuk dalam jenis sapi perah pedaging. Karena sifatnya yang cenderung jinak, maka banyak para peternak lokal yang ternak dalam porsi besar.

Sapi Bali

Jenis ini memiliki ciri-ciri  bulu berwarna merah dan bulu warna putih pada kaki mulai lutut ke bawah dan pada pantat, punggungnya mempunyai garis warna hitam atau garis belut. Keunggulan dari sapi ini adalah dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan baru.

Sapi Madura

Ini mempunyai ciri ciri tubuh berwarna merah dan kuning dan memiliki punuk. Pertumbuhan sapi jenis ini termasuk lambat dan mengalami proses pertumbuhan berat badan lumayan lama tetapi cocok dalam bisnis peternakan karena juga menambah keuntungan.

Langkah Langkah Cara Ternak Sapi

Persiapan Dana atau Modal

Untuk memulai usaha ternak sapi anda membutuhkan modal yang tidak sedikit dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk merawatnya. Jadi bagi anda yang ingin memulai usaha ternak sapi harus mempunyai modal yang cukup untuk melakukan usaha ternak sapi. Jangan lupa untuk membangun relasi agar bisnis anda mampu berkembang.

Kita coba untuk melakukan perhitungan modal secara kasar :

  • Pembelian bibit sapi harganya sekitar Rp 7 sampai 8.000.000 juta/ekor, membeli 5 ekor sapi jadi harganya Rp 40.000.000 juta.
  • Membuat kandang sapi seharga Rp 6.500.000 .
  • Alat kebutuhan ternak seperti tempat minum, ember, terpal, ayakan, sorokan, dan peralatan lainnya senilai Rp 900.000
  • Lahan atau tanah, jika tidak memiliki lahan anda juga bisa menyewa lahan seharga 3.500.000/tahun

Jadi kira kira modal yang harus anda keluarkan adalah sekitar Rp 50.900.000 juta.

Syarat Pemilihan Bibit

Setelah teman teman sudah mengetahui jenis jenis sapi ternak pedaging di atas dan sudah mantap dengan pilihan sapi yang ingin anda ternak, ada beberapa hal yang harus d iperhatikan karena dalam membeli atau memilih bibit sapi tidak boleh sembarang pilh. Sapi anda juga harus harus memnuhi syarat sebagai berikut :

  • Jenis kelamin jantan
  • Bibit minimal berumur 2,5 tahun
  • Bulu halus dan pandangan mata bersinar cerah
  • Bentuk tubuh panjang, bulat dan lebar, panjang tubuh minimal 170 cm, tinggi pundak 135 cm ke atas, dan lingkar dada 133 cm ke atas.
  • Sapi dalam keadaan sehat
  • Kotoran bersih atau normal

Membangun Kandang

CARA TERNAK SAPI

Jika sekarang anda sudah memahami syarat syarat dalam membeli bibit sapi, sekarang adalah saatnya untuk menyiapkan lokasi kandang sapi sapi anda yang akan di jadikan usaha ternak. Luas kandang sapi harus sesuai dengan kebutuhan atau kapasitas sapi yang akan di budidayakan.

Kandang sapi yang ideal adalah kandang yang memiliki jarak dari rumah peternak minimal 10 meter dan jauh dari pemukiman penduduk. Harus mendapatkan sinar matahari yang cukup, mudah di jangkau, dekat lahan pertanian (kalau bisa), ada halamannya. Biaya pembuatan kandang kira kira mencapai Rp 6.500.000 juta (harga bisa berbeda tergantung bahan).

Sebelum pembuatan kandang di mulai anda harus menentukan tipe kandang apa yang ingin anda bangun. Pada umumnya ada dua tipe kandang yaitu kandang kelompok dan kandang individu. Kandang kelompok adalah kandang di mana sapi  diletakkan berjejer tanpa pembatas sedangkan individu menempati kandang sendiri dengan gerak terbatas.

Agar pertumbuhan lebih cepat, di anjurkan anda membangun kandang sapi dengan tipe individu. Karena pertumbuhan akan lebih cepat, hal ini terjadi karena sapi tidak rebutan pakan dan mempunyai ruang gerak terbatas. Sehingga energi sapi yang  di gunakan sedikit dan terfokus dalam produksi daging. Untuk kandang kelompok berkebalikan dengan kandang individu.

Ukuran kandang sapi individu yang ideal adalah 1,5 X 2 dan 2,5 x 2 meter untuk satu ekor sapi jantan. Sedangkan untuk satu ekor sapi betina dewasa ukurannya 1,8 x 2 meter. Dan ukuran ideal untuk seekor betis adalah 1,5 x 1 meter, dan untuk sapi anakan berukuran 1,5 X 1 meter.

 

Langkah Cara Ternak Sapi : Pemberian Pakan

Pakan adalah kebutuhan bahan yang dikonsumsi ternak setiap hari yang di dalamnya mengandung energi dan zat bergizi. Dapat di artikan juga sebagai bahan yang dicerna oleh seekor hewan yang mampu menyajikan unsur hara atau nutrien. Pakan memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang ternak.

Berdasarkan kondisi fisioloigis dan sistem pencernaannya, sapi digolongkan hewan ruminansia, karena pencernaannya melalui tiga proses, yaitu secara mekanis dalam mulut dengan bantuan air liur, dan di fermentasi secara rumen dengan bantuan mikrobia rumen dan enzimatis setelah melewati rumen.

Pemberian pakan dengan cara tertentu pada ternak sapi bertujuan untuk mempercepat proses penggemukan sapi, karena peternak pada dasarnya ingin mendorong pertumbuhan dan perkembangan sapi dengan cepat.

Penelitian menunjukkan bahwa penggemukan dengan hijauan saja, cara ini di nilai kurang efektif dan memerlukan waktu yang  lama. Cara efektif mempercepat penggemukan adalah dengan metode pakan kombinasi antara hijauan dan konsentrat.

Konsentrat yang digunakan adalah ampas tahu, ampas bir, ampas tebu, bekatul, kulit nanas, kulit kacang kedelai dan buatan pabrik pakan. Konsentrat harus di berikan lebih dahulu untuk memberi pakan mikrobia rumen, sehingga ketika pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen telah siap dan aktif mencerna hijauan.

Kebutuhan pakan kering sapi adalah 2,5% berat badannya. Hijauan tersebut adalah damen, daun jagung, dan rumput liar sebagai pakan berkualitas rendah dan rumput gajah, rumput odot sebagai pakan berkualitas tinggi.

Kualitas pakan tersebut di tentukan berdasarkan tinggi rendahnya kandungan nutrisi (zat pakan) dan kadar serat kasar. Pakan hijauan yang mempunyai kualitas rendah banyak mengandung serat kasar yang bersifat susah untuk dicerna karena terdapat zat kayu yang sulit larut oleh enzim pencernaan.

Guna meningkatkan pertumbuhan bobot harian pada sapi, meningkatkan daya tahan tubuh ternak, mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran. Pupuk organik cair yang mengandung mineral mineral harus di berikan untuk pertumbuhan ternak, seperti Bioboost, Nasa, Biogan dan lainnya serta dilengkapi protein dan lemak nabati.

 

Perawatan Kandang

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah kebersihan kandang. Bersihkan kandang setiap hari dan jaga agar kandang tetap kering dan bersih untuk menghindari berbagai virus dan penyakit yang menyerang sapi.Berikan lubang udara agar terdapat sirkulasi udara yang baik bagi sapi.

Jangan lupa untuk membuat atap yang teduh  sampai luar kandang (halaman luar) agar tidak terkena cipratan air hujan, hal itu dapat menyebabkan kandang sapi kotor, lembab, bau, dan mudah menjadi sarang bakteri, virus, kuman penyakit.

Kotoran sapi yang telah Anda bersihkan dari kandang, sebaiknya jangan dibuang begitu saja. Olah kotoran tersebut untuk dijadikan pupuk kompos yang baik bagi tanah, dan bisa dijadikan sebagai produk pemasukan Anda.Pengolahan pupuk kompos cukup sederhana jika Anda memiliki niat untuk mengolah dan tidak menyia-nyiakannya.

Tempat makan dan minum sapi jangan sampai kosong. Harus dilakukan pengecekan rutin pada tempat minum, jika airnya kotor maka harus segera diganti dengan yang bersih.Pisahkan dan beri jarak antara tempat makan dan tempat minum agar air tidak tumpah ke tempat makan, atau air kotor karena makanan yang mengendap di tempat minum.

Langkah Cara Ternak Sapi : Perawatan Sapi

Perawatan sapi harus di lakukan secara rutin dan kandang sapi juga harus selalu terlihat bersih, karena kandang yang kotor akan menyebabkan datangnya bebagai penyakit pada sapi. Sapi juga harus selalu di perhatikan kesehatannya jangan sampai ada gerak gerik aneh pada sap andai, jika sampai sapi tidak sehat itu akan mengurangi nilai jual pada sapi anda.

Untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang ternak anda, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu melakukan karantina pada setiap sapi baru yang akan dimasukkan ke dalam kandang. Tidak hanya itu saja, vaksinasi juga    di perlukan untuk menjaga kekebalan tubuh sapi, kemudian memberikan obat cacing.

Jangan lupa untuk selalu memprhatikan kebersihan sapi ternak anda usahakan minimal sapi di mandikan 1 dalam 1 bulan agar supaya tetap terlihat bersih dan sehat, serta bulunya tidak terlihat kumal. Dan pembeli akan tertarik untuk membelinya

Pemeliharaan dan perawatan sapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus bersabar, apalagi jika beternak sapi dengan jumlah yang banyak, harus membutuhkan banyak tenaga (orang). Setelah 4-5 tahun (dewasa) sapi siap dipasarkan, dan itu adalah saatnya untuk mulai menghitung keuangan, keuntungan dan merencanakan untuk bisnis ternak sapi Anda ke depannya.

 

Cara Ternak Sapi : Harga Penjualan Sapi

CARA TERNAK SAPI

Jika sapi sapi anda sudah berumur cukup atau dewasa maka sapi anda sudah siap untuk di jual. Agar keuntungan yang di dapatkan lebih besar saya sarankan sapi anda di jual saat saat hari besar tiba, seperti hari besar agama Islam : Hari Raya Idul Adha dan bulan Ramadhan. Pada hari besar harga penjualan sapi dapat meningkat banyak daripada di jual pada hari biasa.

Berikut ini adalah contoh tabel harga jual sapi pada tahun 2017.

Daftar Harga Sapi Kurban per Tahun 2017 / 1438 H
Kelas  Bulan Juni 2017 (Rp)  Juli 2017 (Rp)  Agustus 2017 (Rp)
A  / 200-250 Kg 17.500.000 18.000.000 19.000.000
B / 251-300 Kg 19.500.000 20.000.000 21.000.000
C / 301-350 Kg 22.500.000 23.000.000 24.000.000
D / 351-400 Kg 24.000.000 25.000.000 26.000.000
E / 401-450 Kg 26.000.000 27.000.000 28.000.000

 

UPDATE Daftar Harga Sapi Kurban per Tahun 2017 / 1438 H
Kelas Bulan Agustus 2017 (Rp)
A 19.000.000,-
B 21.000.000,-
C 24.000.000,-
D 26.000.000,-
E 28.000.000
F 31.000.000,-
G 34.000.000,-
SUPER 37.000.000,-

Harga yang fantastis bukan, maka dari itu jika ingin mendapatkan keuntungna lebih banyak sebaiknya melakukan penjualan sapi di Hari Raya Idul Adha.

 

Bagian Bagian Sapi Yang di Manfaatkan

  1. Daging Sapi : bagian ini adalah bagian yang paling di gemari masyarakat, mereka biasanya memasaknya secara langsung, contohnya rendang. Atau bisa juga di buat oalahan lain seperti daging kornet, bakso, sosis, abon, dan masih banyak lagi.
  2. Susu : dapat di minum langsung atau di olah menjadi UHT dan Pasteurisasi. Olahan lainnya adalah pai susu, keju, es krim, dodol susu, dan lainnya.
  3. Kotoran : bagian ini di manfaatkan para petani sebagai pupuk untuk tanaman mereka.
  4.  Tulang : biasa di buat masakan sup tulang sapi, seperti sup tulang iga sapi. Bahkan juga bisa di buat menjadi kerajinan.
  5. Kulit : bagian ini dapat di buat menjadi kerupuk, rambak, pakainan, salah satu bahan membuat bedug atau kendang.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai artikel yang menjelaskan tentang cara ternak sapi, semoga dengan membaca artikel ini akan menambah ilmu dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

The post Cara Ternak Sapi : Bisnis yang Menjanjikan appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>