Mesin Pencacah Rumput https://mesinpencacahrumput.com Jual Mesin Pencacah Rumput - Alat Cacah Rumput Terlengkap dan Terbaru 2019 Thu, 24 Oct 2019 09:24:46 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.4 Pakan Kelinci Pedaging yang Sehat,Efisien,Ga Ribet https://mesinpencacahrumput.com/pakan-kelinci-pedaging/ Mon, 07 Oct 2019 04:29:28 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1345 Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan,tentang pakan kelinci pedaging supaya kelinci Anda selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Kuy slide! Jenis makanan yang diberikan pada seekor kelinci,bahan dan kualitas makanan,begitu mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan dan perkembangan kelinci ternakan ataupun kelinci hias seperti kelinci anggora. Pakan kelinci pedaging yang sehat adalah biji-bijian,umbi-umbian,hay,atau pelet sebagai makanan […]

The post Pakan Kelinci Pedaging yang Sehat,Efisien,Ga Ribet appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan,tentang pakan kelinci pedaging supaya kelinci Anda selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Kuy slide!
Jenis makanan yang diberikan pada seekor kelinci,bahan dan kualitas makanan,begitu mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan dan perkembangan kelinci ternakan ataupun kelinci hias seperti kelinci anggora.
Pakan kelinci pedaging yang sehat adalah biji-bijian,umbi-umbian,hay,atau pelet sebagai makanan tambahan. Berikut adalah pakan kelinci pedaging yang sehat untuk kelinci ternakan ataupun kelinci peliharaan.

Pakan kelinci pedaging yang baik

kumpulan-kelinci

Pakan kelinci pedaging yang baik adalah yang bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan kelinci yang dibudidayakan. Sebagian peternak kelinci mungkin akan mengatakan bahwa ternak kelinci itu mudah karena pakannya dapat diperoleh dari bahan-bahan disekitar rumah.

Namun, peternak pemula yang masih awam mungkin masih belum jelas dengan apa yang dimaksudkan tersebut. Oleh karena itu, perlu diperjelas lagi apa pakan yang baik untuk ternak kelinci pedaging yang dipelihara.

Kelinci memang dapat dapat diberi pakan dengan mudah, tetapi syaratnya adalah bahwa si pemelihara benar-benar tahu apa yang dibutuhkan kelinci miliknya tersebut.

Terlebih kelinci membutuhkan asupan gizi yang seimbang agar dapat tumbuh optimal dan siap dipanen ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, berikut ini adalah pakan yang baik untuk kelinci pedaging yang anda pelihara.

1. Rerumputan

Kelinci rupanya mudah diberi pakan. Pakan pertama yang baik untuk diberikan kepada kelinci bisa berupa rerumputan. Pakan yang berupa rerumputan ini dapat diperoleh dengan mudah di sekitar sawah yang ditanami palawija.

Selain mudah ditemukan, gizi yang terkandung didalam rerumputan tersebut juga baik untuk mendukung pertumbuhan kelinci. Kelinci yang diberi pakan berupa rerumputan tidak akan mengalami semacam alergi yang disebut “gudiken” sebab kandungan gizi pada rerumputan aman bagi kulit kelinci.

2. Daun Lagetang

Daun lagetang atau yang juga dikenal sebagai daun lagetan yaitu merupakan jenis pakan kelinci pedaging yang kedua. Dan juga daun lagetan ini sudah dikenal banyak kalangan peternak kelinci untuk dijadikan pakan kelinci pedaging yang mereka ternakkan. Salah satu keistimewaan daun lagetan ini adalah memiliki aroma yang wangi, tetapi tetap disukai oleh kelinci.

3. Daun Kangkung

kelinci-pedaging

Ada prosedur khusus yang harus dipatuhi jika anda ingin menggunakan daun kangkung sebagai pakan kelinci pedaging milik anda. Yaitu, sebelum diberikan kepada kelinci, daun kangkung harus dikeringkan atau dilayukan terlebih dahulu.

Sebab, kadar air yang banyak pada daun kangkung dapat mengakibatkan kelinci sakit mencret dan air kencingnya berbau pesing. Itulah alasan harus dilakukan proses pelayuan daun terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada kelinci yang dipelihara.

4. Daun Ubi Jalar

Daun ubi jalar memiliki kesamaan prosedur dengan penggunaan daun kangkung jika ingin diberian terhadap kelinci.Serta daun ubi jalar juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga juga perlu dilayukan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kelinci.

5. Daun Pisang

Daun pisang terkadang diberikan terhadap kelinci pedaging apabila terjadi tanda-tanda kekurangan serat pada kelinci yang dipelihara.

Hal ini dikarenakan daun pisang memiliki kandungan serat yang banyak sehingga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan pada kelinci yang dipelihara.

6. Daun Singkong

pakan-kelinci-pedaging

Kalau daun pisang digunakan ketika kelinci kekurangan serat, maka daun singkong diberikan kepada kelinci ketika kelinci mulai bosan dengan pakan yang biasanya.

Daun singkong ini bisa digunakan sebagai pakan selingan saja, bukannya pakan utama. Salah satu alasannya adalah kelinci tidak terlalu suka dengan pakan berupa daun singkong ini.

7. Sayuran Hijau

pakan-kelinci-pedaging

Makanan sayuran yang baik serta sehat untuk kelinci yaitu: Wortel,kol,kangkung,lobak,sawi,daun singkong,daun kembang sepatu,daun turi,daun lamtoro,daun ubi jalar,daun kacang panjang,daun kacang tanah,talas,batang jagung,daun pepaya,rerumputan dan yang lainnya.

Tetapi perlu diperhatikan makanan hijau tersebut tidak mengandung pestisida. Rumput yang bisa diberikan untuk kelinci yaitu rumput dari jenis rumput lunak seperti rumput kalamenta,jampang,grinting dan cakar ayam.

8.Hay atau  Rumput Awetan

hay-sehat

Makanan yang sehat untuk kelinci yaitu hay. Hay adalah rumput yang diawetkan dan dipotong sebelum berbunga. Agar gizi dalam rumput tersebut tidak hilang,maka rumput dikeringkan dan untuk mempertinggi serat kasarnya.

Kelinci membutuhkan makanan yang memiliki serat tinggi. Diantaranya yaitu hay. Hay mempunyai serat tinggi dan bisa membantu mengatasi masalah pencernaan pada kelinci dan mencegah terjadinya masalah hairball di usus. Serta hay juga dapat mengurangi kemungkinan masalah gigi tonggos pada kelinci.

9. Umbi-Umbian

Umbian-umbian yang sehat adalah singkong,wortel,uwi,ganyong,talas dan ubi jalar untuk makanan tambahan kelinci. Pastikan juga umbi-umbian tidak mengandung pestisida.

Jenis makanan kelinci yang satu ini sangat identik dengan kelinci atau populer karena banyak ditampilkan di film atau kartun tentang kelinci yang suka makan wortel.

10. Biji-Bijian

Biji-bijian yang baik yaitu biji bunga matahari,kedelai,padi,jagung,gandum,kacang tanah dan kacang hijau yang berfungsi sebagai makanan penguat untuk kelinci,khusunya untuk kelinci yang sedang hamil dan menyusui. Jenis makanan kelinci ini mudah untuk didapat.

Sebelum dikasihkan,sebaiknya biji-bijian tersebut ditumbuk ataupun digiling terlebih dahulu. Satu ekor kelinci dapat diberi dengan takar sekitar 200-300 gram biji-bijian per hari.

11. Konsentrat atau Pelet

Jenis makanan kelinci ini memiliki fungsi pelet bagi kelinci yaitu untuk meningkatkan nilai gizi dan juga dapat mempermudah bagi kita dalam penyediaan pakan kelinci.

Pelet diberikan cuma sebagai makanan tambahan saja dan penguat setelah sayuran dan hay yaitu sebagai makanan utama. Perlu diperhatikan bahwa jika pemberian pelet terlalu banyak bisa mengganggu kesehatan kelinci.

Cara Membuat Konsentrat Pakan Kelinci Pedaging

Pelet kelinci adalah merupakan salah satu konsetrat yang diperlukan kelinci . Apakah konsentrat itu? konsentrat adalah bahan pakan dengan nutrisi tinggi yang didalamnya mencakup tanaman bijian dan residu dari proses industri bijian serta bahan lain untuk konsumsi manusia.

Pelet biasanya terbuat dari bagian dari bekatul padi halus,tepung jagung/tepung terigu,tetes tebu, garam dan lain-lain. Untuk kebutuhan serat bisa ditambah hay yang diremukan.

Kebutuhan pelet bagi kelinci harus diperhatikan jumlah kebutuhannya :

  • Kelinci dewasa antara 100-140 gram
  • Untuk kelinci hamil 160-200 gram
  • Sedangkan kelinci umur 2,5 – 4 bulan < 70 gram

Pemberian pelet tidak boleh berlebihan sebab dapat berakibat kegemukan pada kelinci, hal ini akan menganggu kesehatan kelinci iu sendiri. Apabila terjadi kegemukan atau diabetes maka kelinci perlu melakukan diet atau kelinci di umbar diluar kandang biar beraktifitas sehingga kelinci mengeluarkan tinja sesering mungkin.

Dibawah Ini Contoh Komposisi Pelet:

A.Pelet Tanpa Rumput

  • Ampas tahu 50%
  • Bekatul 40%
  • Tepung jagung giling 9%
  • Mineral ( garam yodium ) 0,5%
  • Arang aktif (arang batok kelapa/karbon norit ) 0,5%

B.Pelet dengan Rumput

  • Bungkil kelapa 9%
  • Bekatul 50%
  • Tepung jagung giling 10%
  • Bungkil keledai 20%
  • Rumput kering 10%
  • Premix 0,5%
  • Arang aktif (arang batok kelapa/karbon norit ) 0,5%

Berikut Komposisi Pelet Sederhana Dari Sebuah Literatur :

  1. Kelinci yg sedang dalam masa pertumbuhan,
  • Jagung Giling 62.5%
  • Bungkil Kedele 15%
  • Dedak Halus 20%
  • Tepung Tulang 1%
  • Garam 1.5%
  1. Penggemukan (Kelinci pedaging)
  • Jagung Giling 42%
  • Bungkil Kedele 25%
  • Dedak Halus 30%
  • Tepung Tulang 1.5%
  • Garam 1.5%
  1. Induk Produktif
  • Jagung Giling 52%
  • Bungkil Kedele 12.5%
  • Dedak Halus 22.5%
  • Tepung Tulang 1.5%
  • Garam 1.5%

Pada saat ini, pelet kelinci merupakan makanan alternatif bagi pemelihara yang mungkin malas atau enggan untuk mencari rumput dan hijauan yang terkadang sulit di dapatkan. Apalagi untuk pemelihara kelinci hias yang mungkin punya kesibukan lain selain mengurusi kelinci.

Mulanya Pelet kelinci merupakan konsentrat kandungan gizi yang di butuhkan oleh kelinci dalam bentuk yang lebih sederhana. Sehingga pelet ini mudah disimpan dan tahan lama. Namun, banyak orang yang mengeluhkan tingkat harga pelet kelinci yang relatif mahal.

Sesuai dengan rencana yang diusung oleh Komunitas hobby kelinci ( Rabbit Hobbies Community Palembang), akan mencoba mensolusikan dengan cara membuat sendiri pelet kelinci berbiaya murah. Minimal anggota komunitas ini mempunyai pengetahuan tentang cara membuat pelet, yang mungkin bisa menjadi bekal jika dikemudian hari ingin terjun ke bisnis pelet.

Membuat Sendiri Pelet Pakan Kelinci Pedaging Berkualitas

Bahan-bahan:

  1. Ampas Tahu (Bisa di ganti dengan tepung kedelai)
  2. Bekatul (dedak Halus)
  3. Tepung Jagung
  4. Mineral dan garam yodium
  5. Arang aktif
  6. Rumput kering (Jika ada)
  7.     Air bersih

Peralatan yang dibutuhkan:

Bak plastik (untuk mencampur adonan pelet)

  1. Sendok / centong
  2. Panci kukus
  3. Kompor
  4. Penggiling ikan/daging
  5. Plastik bening
  6. Panggangan/Oven (jika ada, kalau cuaca panas gunakan sinar matahari untuk menjemur)

Cara Pembuatan:

1.Campur adonan pelet berupa ampas tahu yang masih hangat sebesar 15% dengan tepung jagung 50% Bekatul atau dedak halus 20% Tepung mineral + garam  yodium 5% Arang  aktif  1% rumput kering 9%. Jika rumput tidak ada maka komposisi di tambahkan pada tepung jagung.

2.Adonan di campur rata menggunakan pelarut air hingga menyatu sepenuhnya menjadi adonan pada bak pelastik.

3.Setelah yakin merata, kukus adonan pada panci dengan suhu yang tinggi selama 30 menit. Warna adonan akan berubah menjadi lebih tua.

4.Selagi panas, cetak adonan pada alat penggilingan daging sehingga akan membentuk adonan memanjang.

5.Keringkan adonan dengan oven, jika tidak ada bisa di jemur hingga benar-benar kering dengan alas pelastik.

Bahan Makanan Kelinci yang Sehat dan Seimbang

Seekor kelinci membutuhkan asupan yang pas untuk menunjang pertumbuhan dan mencegah kemungkinan munculnya penyakit pada kelinci. Kelinci yang baik serta sehat diberikan bahan makanan seimbang dapat hidup rata-rata 5-12 tahun

Pola makan yang salah,dapat membuat kelinci menderita penyakit cardiovaskar. Jangan diberikan terus-menerus sayuran,sebab pada dasarnya makanan utama kelinci yaitu rumput dan hay.

Jadwal Pemberian Pakan Kelinci

Pemberian makanan kelinci harus teratur setiap harinya,terutama untuk kelinci ternak atau pedaging. Keteraturan dalam pemberian makan kelinci harus lebih diperhatikan daripada jumlah pemberiannya.

Pakan kelinci dapat diberikan 2-3 kali sehari. Kelinci yang dikenal sebagai binatang malam,sehingga volume dalam pemberian makanan kelinci terbanyak dapat anda berikan pada sore atau malam hari.

Sekitar jam 8 pagi,kandang kelinci harus sudah dibersihkan,pastikan juga tidak ada kotoran yang menempel di lantai-lantai kandang kelinci.

Jam 10 pagi,pemberian makan pertama yaitu berupa biji-bijian yang sudah dilembutkan,umbi-umbian dan pelet.

Jam 1 siang,pemberian makanan berupa rumput atau hijauan lainnya. Volumenya sekitar 0,5 kg per satu ekor bagi kelinci dewasa.

Jam 6 sore,pemberian makanan  berupa rumput atau hijauan lainnya yang juga banyak mengandung serat kasar dengan kapasitas 1 kg atau kurang lebih per satu ekor kelinci dewasa.

Pemberian makanan pada malam hari harus lebih banyak karena untuk memenuhi kebutuhan makan kelinci sepanjang malam.

Penyakit Kelinci dan Cara Mencegah Serta Mengobatinya

Kelinci jiga bisa terserang penyakit,ada sekitar 10 penyakit kelinci yang sering menyerang kelinci kita. Apa saja? Yuk cari tahu dibawah ini!

1. Penyakit Scabies pada Kelinci

Penyakit kelinci yang pertama ialah scabies atau scabiosis, penyakit ini berasal dari kutu sarcoptis scabi, tungau psoroptes cuniculi dan kutu haemodipsus ventricosus. Jenis parasit ini cukup berbahaya serta banyak mengakibatkan kegagalan peternak kelinci. Selain itu scabies juga memilik sifat menular. Bukan tidak hanya sesama kelinci namun juga dapat menular ke manusia.

Jadi bila kelinci kamu diserang oleh ketiga parasit  di atas sebaiknya langsung diobati. Sebab jika tidak secepatnya ditangani mereka akan terus menghisap cairan kulit kelinci dan mengakibatkan si kelinci merasakan gatal-gatal lalu digaruk sampai membentuk kudis atau kurap.

Berikut gejala kelinci yang terserang scabies:.

  • Bulu kelinci rontok akibat sering digaruk-garuk.
  • Akan membentuk koreng, gudik, kudis kurab bahkan cairan seperti nanah.
  • Kelinci sering kegatalan.

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Cara mengatasi scabies: Pertama pisahkan dari kandang (isolasi) supaya tidak menular ke teman-temannya lalu cukur bulunya di daerah yang terserang scabies kemudian dicuci dan dilap sampai kering. Jika sudah bersih oleskan dengan obat kudis seperti scabicidcream.

Salep tersebut dapat kalian beli di toko hewan, kira-kira harganya 40.000-50.000. Lakukan cara tersebut sampai betul-betul sembuh baru boleh disatukan lagi dengan yang lainnya. Untuk mencegahnya jaga kebersihan kandang selalu jangan sampai lembap, buang kotoran secara rutin.

2. Penyakit Pilek

Penyakit ini memang terlihat sangat diremehkan, tapi efeknya sangat fatal. Karena pilek bisa menular kepada kelinci lainnya, apalagi jika kandang kelinci tidak terkena sinar matahari sama sekali. Penyebab pilek biasanya sebab bakteri atau virus, sama seperti manusia kalau pilek juga karena bakteri atau virus.

Ciri-ciri kelinci yang sedang pilek yaitu hidungnya sering mengeluarkan lendir. Cara mengatasinya sangat mudah kok, kalian cuma perlu menyemprotkan larutan antiseptik pada hidungnya, kemudian diobati dengan antibiotik seperti Anticold dan Panicilin.

3. Penyakit Cacingan

Ternyata cacingan tidak hanya menyerang manusia tapi kelinci juga dapat cacingan loh. Cacingan (Pinworm) pada kelinci disebabkan karena memberikan makanan atau minuman yang kotor dan terdapat telur cacingnya sehingga saat dimakan telur cacing tersebut akan terbawa masuk dan hidup di usus belakangnya.

Ukurannya berbeda-beda namun yang sering terjadi biasanya dia mempunyai panjang kira-kira 2.5 cm. Gejala dari cacingan adalah:

  • Tubuh kelinci kurus walaupun sudah banyak makan.
  • Kurang agresif, lemas dan mukanya pucat.
  • Nafsu makan menurun
  • Dan suka menggaruk lubang duburnya (pantat)

Untuk mengobatinya, cukup berikan obat cacing secara teratur hingga kelinci sembuh serta jangan lupa rajin-rajinlah membersihkan kandang serta menjaga kebersihan makanan dan minumannya.

4. Penyakit Kelinci “Sembelit/Impaction”

Sembelit berarti susah buang air besar atau tersumbatnya saluran lambung dan caecum, setelah itu akan mempengaruhi sistem pencernaannya. Alasan utama terserang Impaction adalah karena stres tingkat tinggi, makanan yang terlalu banyak tanpa diseimbangi dengan asupan minuman yang cukup dan kurang memakan makanan hijau seperti sayuran dan rumput.

Nah maka dari itu supaya dia tidak terserang sembelit sebaiknya banyak diberi air minum dan makanan yang berserat serta sering-sering dikeluarkan dari kandangnya biar tidak penat di dalam kandang terus.

5. Kanker Telinga

Penyakit kelinci yang kelima yaitu kanker telinga, bisa terjadi karena adanya kutu yang menyerang permukaan kulit telinga bagian dalam.

Kelinci Kamu yang terserang penyakit ini ditandai dengan gatal-gatal di bagian telinga, lalu si kelinci akan sering mengggosok-gosokkan daun telinganya dan menggeleng-gelengkan kepalanya sampai telinganya menjadi kemerah-merahan.

Penyakit ini juga sangat berbahaya jadi secepatnya untuk mengobatinya. Kamu cukup membeli obat salep pembasmi kutu di pet shop lalu oleskan pada telinga kelinci yang terserang penyakit kanker.

Demikian artikel tentang pakan kelinci pedaging yang dapat saya bagikan kepada Anda,mudah-mudahan dapat membantu Anda. TERIMA KASIH

The post Pakan Kelinci Pedaging yang Sehat,Efisien,Ga Ribet appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Rumput Makanan Kelinci yang Efisien bagi Anda yang Tidak Mau Boros https://mesinpencacahrumput.com/rumput-makanan-kelinci/ Mon, 07 Oct 2019 04:27:01 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1334 Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang rumput makanan kelinci yang mudah didapat,efisien bagi Anda yang tidak mau boros. Kuy simak penjelasanya. Salah satu faktor terpenting dalam memelihara atau beternak kelinci adalah makanan. Makanan berfungsi sebagai energi yang dapat membantu pertumbuhan kelinci. Apabila makanan yang diberikan pada kelinci bagus, maka ia akan tumbuh  dengan […]

The post Rumput Makanan Kelinci yang Efisien bagi Anda yang Tidak Mau Boros appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang rumput makanan kelinci yang mudah didapat,efisien bagi Anda yang tidak mau boros. Kuy simak penjelasanya.
Salah satu faktor terpenting dalam memelihara atau beternak kelinci adalah makanan. Makanan berfungsi sebagai energi yang dapat membantu pertumbuhan kelinci.

Apabila makanan yang diberikan pada kelinci bagus, maka ia akan tumbuh  dengan sehat dan cepat besar. Sebaliknya apabila makanan yang Anda berikan mengandung gizi serta nutrisi buruk, dapat membahayakan kesehatan kelinci Anda.

Oleh sebab itu bagi Anda yang baru saja memelihara kelinci tidak boleh sembarangan memberikan jenis makanan untuknya. Anda harus banyak mencari referensi atau sumber informasi mengenai jenis-jenis makanan kelinci yang bagus buat pertumbuhannya.

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa ada banyak sekali jenis-jenis pakan untuk kelinci. Tapi yang paling kami rekomendasikan adalah rumput makanan kelinci. Mengapa demikian? Sebab kelinci sendiri merupakan binatang herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan.

Sehingga di habitat aslinya, kelinci tidak memakan makanan seperti pelet atau buatan. Melainkan memakan rumput-rumputan, buah-buahan, sayur-sayuran atau tumbuhan lainnya yang alami.

Selain itu rumput juga mengandung protein dan mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Sehingga cocok buat kelinci hamil dan anak kelinci.

Ditambah sumber pasokan serat yang sangat bagus buat memperlancar pencernaan kelinci sehingga kelinci tumbuh dengan sehat. Sebaliknya apabila kelinci kekurangan serat, dia akan mudah terkena penyakit dan gangguan pencernaan.

Pandangan Peternak Tentang Makanan Kelinci

Walaupun demikian ternyata tidak semua jenis rumput boleh dijadikan bahan pakan kelinci. Karena ada sebagian peternak yang beranggapan kalau seluruh hewan herbivora memakan jenis rumput yang sama.

Contohnya, sapi dan kambing memakan jenis rumput yang sama atau sapi dan kerbau. Padahal pendapat tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Perlu Anda ketahui bahwa kambing sapi maupun kerbau memiliki sistem pencernaan yang tidak sama alias berbeda dengan kelinci. Dilihat dari postur tubuhnya saja sudah beda, kelinci lebih kecil dibandingkan sapi. Masa, jenis makanannya mau disamakan?

Maka dari itu ada beberapa jenis rumput yang dilarang untuk dijadikan pakan kelinci. Biasanya rumput-rumput tersebut memiliki tekstur yang kasar dan keras serta rasanya tidak enak. Lalu rumput apa saja yang bisa dimakan kelinci dan bagus buat pertumbuhannya?

Jenis Rumput Makanan Kelinci yang Bagus

rumput-makanan-kelinci

Rumput pakan kelinci yang bagus yaitu yang bertekstur lembut, bergizi dan bernutrisi tinggi. So, pastikan kawan-kawan yang sedang memelihara kelinci memilih jenis rumput yang tepat agar cepat besar dan cepat panen. Di bawah ini rumput-rumput yang kami rekomendasikan untuk anda:

Hijauan

Termasuk pakan kelinci hijauan di antaranya rumput lapangan, daun kacang panjang, daun lamtoro, daun duri, daun kembang sepatu, daun ubi jalar, daun pepaya, daun jakung, dan daun kacang tanah.

Sisa-sisa atau limbah sayuran seperti wortel, selada, kangkung, kol, sawi, caisim, atau daun singkong juga termasuk dalam pakan jenis ini.

Cara pemberiannya yakni pakan hijau segar diberikan secukupnya setelah dilayukan.  Pelayuan ini ditujukan agar supaya kadar air dalam pakan hijau segar berkurang.

Bila hal ini tidak dilakukan, urine kelinci bisa berbau serta menyengat, menyebabkan mencret, perut kelinci gembung, gatal-gatal dan scabies, serta dapat mengakibatkan kematian pada kelinci budi daya karena keracunan.

1. Rumput Odot untuk Pakan Kelinci

rumput-odot

Jenis pertama adalah rumput odot. Di Amerika rumput jenis ini begitu terkenal serta sudah lama digunakan untuk makanan domba atau kambing, karena memang di dalamnya terkandung protein yang cukup baik hingga 12-14%. Sekarang rumput odot sudah banyak ditemukan di Indonesia dan banyak pula yang menanamnya.

Jika kawan-kawan sedang memelihara kelinci, tidak ada salahnya mencoba pakan rumput odot. Karena urat daunnya halus, tekstur lembut, tidak berbulu dan tidak kasar. Selain itu pertumbuhan rumputnya juga cepat, biar mudah mencarinya kalian bisa memelihara sendiri di samping rumah.

Ciri-cirinya tinggi maksimal hanya 1 meter, batangnya tetap pendek meskipun sudah besar. Lalu jarak antara ruas cuma 2 sampai 4 cm. Ada bulunya tapi halus, jadi seperti tidak berbulu. Lihat gambar di atas, biar lebih jelas.

2. Pakan Rumput Timothy untuk Kelinci

Kata orang-orang rumput Timothy adalah pakan terbaik untuk kelinci dibandingkan rumput hijau lainnya. Timothy ini sejenis rumput lapangan yang di bagian atasnya ada ekor kucing di saat berbunga.

Keunggulan dari rumput Timothy yaitu berserat cukup, protein dan mineral tinggi. Sehingga tidak menimbulkan masalah pada pencernaan kelinci. Selain itu teksturnya juga lembut tidak merusak sistem pencernaannya.

3. Rumput Pakan Kelinci Sintrong

Jenis yang ketiga adalah rumput sintrong. Juga biasa dipakai untuk bahan makanan pokok kelinci, meskipun oleh masyarakat sering dianggap pengganggu.

Padahal sangat bagus buat pekan kelinci, rumput ini tumbuh liar di wilayah terbuka bersama rumput-rumput lainnya.
Namun jika kalian ingin menjadikan rumput ini sebagai pakan kelinci, sebaiknya dilayukan dahulu karena di dalamnya terkandung kadar air dan getah yang tinggi. Jika tertarik, silahkan cari di daerah sawah, pekarangan, kebun atau area sekitar rumah Anda.

4. Rumput Legetan

Rumput legetan atau dalam bahasa Jawa rumput wedusan adalah makanan kesukaan kelinci. Sama seperti rumput sintrong, dia tumbuh di alam bebas seperti di kebun atau di sawah.

makanan-kelinci

Menurut pengalaman di sini, kalau kelinci diberikan rumput ini, maka sedikit menemukan masalah pada air kencing, ginjal serta pencernaannya. Yang jelas baik bagi pembentukan pertumbuhan gigi kelinci serta kesehatannya.

5. Jenis Rumput Alfalfa Makanan Kelinci

Rumput Alfalfa memiliki nama latin Medicago sativa L. Maaf bukan bermaksud SARA, kalau kalian orang Islam tentu kenal dengan tanaman ini. Karena ada di Quran surat an-naba.

Ya, tanaman Ini mengandung protein 18,9% dan zat alkalin yang dapat menetralkan keasaman tubuh. Tentu saja rumput paling tua di dunia ini dapat dijadikan pakan untuk kelinci. Bahkan kata orang-orang dapat meningkatkan produksi susu induk kelinci.

6. Jenis Rumput Bandotan

Rumput bandotan juga bisa diberikan pada kelinci. Namun sebagian  kelinci tidak menyukai rumput ini bila diberi terlalu banyak. Jadi saya sarankan kalian mencampurkan dengan jenis rumput lainnya, entah dengan rumput odot maupun timothy.

Untuk mencarinya cukup mudah, biasanya rumput bandotan tumbuh di sekitar rumah rumah Kamu. Memiliki bunga yang kecil-kecil. Kalau orang dahulu memanfaatkan rumput bandotan sebagai herbal.

7. Rumput Gulma Tegalan

Rumput gulma banyak dijumpai di kebun atau pinggiran sawah. Sama seperti jenis sintrong, rumput gulma atau sering disebut tegalan ini mengandung banyak serat yang sangat bagus untuk kelinci. Tanpa ragu-ragu kalian dapat langsung mencari rumput jenis gulma di sekitar Anda dan diberikan pada kelinci.

8. Rumput Hay atau Rumput Kering untuk kelinci

jenis-makanan-kelinci

Kawan-kawan kami menaruh rumput Hay ke daftar yang paling akhir bukan berarti jenis yang paling buruk. Tapi justru malah sebaliknya, rumput hay mempunyai makna rumput kering. Jadi sebenarnya ini bukan jenis rumput kayak di atas melainkan rumput-rumput yang sudah dikeringkan.

Terkadang rumput Hay terbuat dari rumput jerami, Alfalfa atau Timothy. Rumput Hay cocok bagi semua jenis kelinci baik kelinci pedaging maupun kelinci hias berbulu lebat.

Bahkan 80% itu makanan utamanya yaitu rumput Hay dan sisanya 20% makanan tambahan semisal pelet, buah dan sayur. Khasiatnya sangat banyak, yang jelas mengandung serat yang cukup bagus, dapat menyehatkan bulu kelinci dan pertumbuhannya.

Dari kedelapan rumput di atas sebenarnya masih banyak lagi rumput-rumput lapangan yang bisa dijadikan pakan kelinci. Ada jenis rumput patikan kebo, jombang, dandelion.

Bagi daun daunan, biasa memakai daun pohon indigofera, kelor, gamal, turi, daun pepaya dan lain lain. Kemudian makanan apa saja yang tidak boleh diberikan kepada kelinci?

Baiklah sebelum saya close saya ingin menyebutkan beberapa daftar makanan yang tidak boleh diberikan kepada kelinci. Ialah rumput alang-alang, rumput gajah, rumput setria atau jenis rumput lainnya yang bertekstur kasar berbulu lebat. Tidak cocok untuk  sistem pencernaan kelinci.

Salah satu hal wajib bagi peternak jika ingin menekuni usaha ternak kelinci yakni mengetahui pakan kelinci terbaik dan cara pemberiannya.  Hal ini sangat diperlukan supaya pertumbuhan kelinci normal serta hasil budi daya lebih optimal.

Pakan di habitat aslinya, kelinci mengonsumsi biji-bijian, rumput-rumputan, serta daun-daunan sehingga kelinci yang dipelihara perlu mendapatkan pakan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dalam pakannya, kelinci memerlukan zat-zat makanan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Di sini kami akan mengulas pakan yang disenangi kelinci, bahan utamanya mudah ditemukan, bernilai ekonomis rendah, serta mengandung zat makanan yang dibutuhkan oleh kelinci.

9. Air Susu Induk

Air susu induk merupakan pakan alami terbaik karena memiliki zat paling lengkap serta cocok dan tepat untuk anak kelinci yang masih menyusu.

Nutrisi air susu induk lebih bagus jika dibandingkan dengan susu sapi, air susu induk memiliki kandungan bahan kering lebih banyak dua kali lipat, lemak dan protein empat kali lebih besar, abu / mineral lebih banyak tiga kali lipat. Selain itu, laktosa cuma satu per enam (1/6) dari air susu sapi.

10. Biji-Bijian

biji-bijian

Pakan kelinci yang berbentuk biji-bijian kayak jagung, padi, gandum, kedelai, kacang tanah, serta kacang hijau. Pakan biji-bijian ini termasuk dalam salah satu pakan terbaik kelinci karena pakan jenis ini mempunyai protein tinggi.

Jika harga cukup mahal, kita dapat menggantinya dengan pakan alternatif seperti bungkil kelapa, dedak, bekatul, bungkil tahu, atau bungkil kacang tanah.

Cara pemberian jenis pakan ini sebaiknya ditumbuk terlebih dahulu, setelah itu baru diberikan ke kelinci sebanyak 150-250 gram per ekor dalam satu hari.

11. Jerami Kering

Jerami kering adalah salah satu pakan serat kasar yang dapat mencegah gigi kelinci tumbuh lebih cepat. Pakan jenis ini dapat menjadi pilihan baik untuk kelinci.

Beberapa Jenis Tanaman yang Bisa di Gunakan Sebagai Pakan Kelinci (Bay):

Bahan Protein (%) Lemak (%)
Daun Lamtoro 12 6,5
Rumput Kalamenta 10,26 1,46
Daun Kacang Tanah 16,59 2,90
Daun Pisang 16,81 5,90
Daun Dadap 27,15 2,91
Daun Turi Merah 31,68 7,05
Daun Duri Putih 40,62 5,65
Jerami Jagung 5,57 1,25
Rumput Jampang 8,29 1,01
Rumput Cakar Ayam 8,44 1,47
Rumput Ginting 8,67 1,22
Jerami Padi 9,83 2,15

 

12. Umbi-Umbian

Selain itu, umbi-umbian adalah salah satu alternatif pakan kelinci terbaik. Jenis pakan ini termasuk di antaranya talas, ubi jalar, singkong rebus, serta jenis umbi-umbian lainnya. Pakan jenis umbi-umbian juga oleh peternak kelinci sebagai pakan tambahan.

13. Konsentrat

Pakan konsentrat berguna untuk meningkatkan nilai gizi dan penguat pakan pokok kelinci yang berupa hijauan. Keuntungan jenis pakan ini yakni mudah didapatkan di pasaran.

Pakan konsentrat ini terdiri dari komposisi pelet atau pakan pabrikan, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioca, dan bungkil kacang tanah. Bila nutrisi dalam pelet sudah mencukupi kebutuhan kelinci, pakan hijauan tidak perlu lagi diberikan.

Cara membuat makanan konsentrat kelinci begitu mudah,bahkan kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Bahan-Bahan Pembuatan Makanan Alternatif Kelinci:

  • Bungkil yang terdapat pada kelapa
  • Sama seperti diatas yaitu bungkil dari kedelai
  • Tepung mineral
  • Dedak (Dedak kalo orang Jawa bilang) bekatul atau bisa juga dengan dedak yang sudah halus

Jika semua bahan sudah siap maka proses membuatnya seperti dibawah ini

  1. Untuk takarannya kamu bisa mengukur sesuai kebutuhan kamu yah! Contohnya 1 kilogram pakan alternatif akan membutuhkan 500 gram dedak,200 gram bungkil kelapa,200 gram bungkil kedelai,dan 100 gram tepung mineralnya.
  2. Bila bahan-bahan tersebut sudah didapatkan,maka kamu bisa langsung mencampurkannya dalam satu wadah dan berikan sedikit tambahan air agar lebih mudah disatukan bahannya.
  3. Aduk-aduk campuran dari bahan-bahan yang sudah dimasukkan sampai merata yah!
  4. Jika bahan-bahannya sudah diaduk hingga menyatu dengan merata,kamu bisa langsung memberikannya pada kelinci pedaging dan kelinci hias. Tidak hanya kelinci hias dan kelinci pedaging saja lho! Tetapi bisa diberikan ke kelinci lainnya.

Bahan lainnya bisa menggunakan dengan:

  • Bahan bekatul
  • Biji-bijian
  • Tepung jagung
  • Serta bahan lainnya yang mengandung serat tinggi

Untuk banyak sedikitnya pakan kelinci,sudah dibahas diatas bahwa ini tergantung dari jumlah kelinci kamu,makan sesuaikan saja sesuai porsinya. Biasanya untuk kelinci yamh umurnya dewasa bisa berikan pakan sekitar 100-140 gram,untuk kelinci yang sedang hamil bisa berikan 160-200 gram.

Tetapi jika kelinci masih berumur 2-4 bulan. Kamu bisa mengurangi porsi dari 70 gram,lebih baik dalam pemberian pakan pada kelinci,kamu menyesuaikan dengan jadwal pemberian makannya per harinya.

Alat-alatnya cukup sederhana kok,kamu bisa membuatnya dengan bak plastik untuk mencampurkan adonannya,untuk alat lainnya bisa gunakan sendok,panci,kompor.

Cara Pembuatannya

  1. Mencampurkan semua bahan yang sudah siap
  2. Gunakan aitr agar dalm pencampurannya merata dan menyatu pada bak plastik
  3. Jika sudah merata,kamu bisa mengukus adonan dengan panci selama kuarang lebih 30 menit atau bisa dilihat dengan perubahan warnanya.
  4. Jika warnanya sudah berubah dan suhunya masih panas,tinggal melakukan pencetakan adonan dengan menggunakan penggilingan mie hingga membentuk adonan yang memanjang.
  5. Lalu gunakan oven untuk mengeringkan adonannya yang sudah dibentuk-bentuk tadi,kalau tidak ada oven kamu bisa menjemurnya dalam beberapa hari,untuk penjemurannya lebih baik di alas yang bersih agar benar-benar kering adonannya.
  6. Pakan alternatif siap diberikan pada kelinci.

Nahh,itulah beberapa cara dalam pembuatan pakan alternatif untuk kelinci hias,kelinci pedaging,dan kelinci jenis lainnya. Gunakan cara itu jika dalam kondisi darurat,tidak baik diberikan secara berlebihan. Karena semua yang berlebih itu tidak baik

 Kesimpulan

Ada beberapa jenis pakan kelinci terbaik, bisa sebagai pakan pokok seperti hijauan, pakan tambahan ataupun sebagai makanan alternatif. Beberapa pakan sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Demikian artikel kali ini tentang rumput makanan kelinci yang mudah-mudahan dapat menambah wawasan Anda. Sekian yang dapat saya sampaikan,semoga artikel rumput makanan kelinci ini dapat membantu Anda dalam merawat kelinci. Terima kasih dan sampai jumpa.

The post Rumput Makanan Kelinci yang Efisien bagi Anda yang Tidak Mau Boros appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Memperindah Rumah dengan Cara Menanam Rumput Gajah Mini https://mesinpencacahrumput.com/cara-menanam-rumput-gajah-mini/ Fri, 04 Oct 2019 08:32:24 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1318 Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara menanam rumput gajah mini yang dapat memperindah eksterior rumah Anda. Kuy caranya dibawah. Belakangan ini dalam dunia interior design begitu ngetrend,yang namanya konsep rumah minimalis,dengan berbagai ornamennya yang serba minimalis. Mungkin hal ini terinspirasi dengan semakin sedikitnya lahan untuk tempat tinggal disekitar Anda. Saat ini […]

The post Memperindah Rumah dengan Cara Menanam Rumput Gajah Mini appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara menanam rumput gajah mini yang dapat memperindah eksterior rumah Anda. Kuy caranya dibawah.

Belakangan ini dalam dunia interior design begitu ngetrend,yang namanya konsep rumah minimalis,dengan berbagai ornamennya yang serba minimalis. Mungkin hal ini terinspirasi dengan semakin sedikitnya lahan untuk tempat tinggal disekitar Anda.

Saat ini rupanya banyak yang lagi memperbincangkan rumput gajah mini yang lagi ngetrend dan paling disoroti pada dunia interior serta eksterior design.

Rumput gajah mini ini menjadi salah satu inspirasi sebagai hiasan paling cantik untuk model rumah minimalis dan beberapa ornamen yang juga serba minimalis.

Karena biasanya rumah minimalis memiliki lahan atau taman yang terbatas sehingga memilih rumput gajah mini adalah salah satu solusi unik. Banyak orang yang menganggap bahwa menanam rumput gajah mini ini sangat sulit dan harus memerlukan tehnik khusus.

Padahal cara penanaman rumput gajah mini ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, di samping proses yang di gunakan juga sangat sederhana, Anda juga tidak perlu kerepotan dalam merawat rumput gajah mini.

Rumput gajah mini populer dimanfaatkan oleh pemilik rumah-rumah minimalis dengan pekarangan terbatas. Dengan adanya rumput gajah mini, pekarangan sempitpun akan terlihat lebih sejuk dan indah juga bisa dijadikan pakan ternak.

Cara penanaman yang ini sangat mudah ini justru bisa memberikan keuntungan tersendiri. Dilihat dari namanya saja sudah jelas menunjukkan fisik tanaman yang juga mini sehingga membuat banyak orang penasaran dan tentunya Anda pun juga dapat menanamnya sendiri dengan mudah.

Bagi Anda yang sudah penasaran dan ingin tahu lebih jelas tentang rumput gajah mini ini maka langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Nilai Unggul Dari Rumput Gajah Mini

Beragam rumput, seperti rumput gajah biasa, manila, peking, babat, swiss, golf, atau rap bisa dijadikan pilihan tanaman yang bisa menghijaukan hamparan taman di rumahmu.

Salah satunya yaitu rumput gajah mini ukuran daunnya lebih kecil dari rumput gajah biasa. Kelebihan jenis rumput ini, diantaranya, dapat memotong biaya pemangkasan. Tidak heran bila rumput gajah mini kini semakin dijadikan pilihan banyak orang.

Rumput gajah mini mempunyai karakter unik, dilihat dari pola pertumbuhannya. Jenis rumput gajah mini memiliki daya tarik tersendiri bagi para penanamnya. Salah satu nya adalah efek asri yang terlihat di rumah kita ketika menanam rumput cantik tersebut.

Selain itu rumput gajah mini memiliki bentuk daun yang kecil sehingga Anda tidak akan kerepotan dan tidak memakan waktu banyak untuk perawatannya.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Cukup Mudah

Salah satu ornament di dalam rumah minimalis yaitu adanya rumput taman yang menghiasi pekarangan belakang rumah maupun halaman depan rumah minimalis Anda.

Jenis rumput taman yang sedang ngetrend saat ini yaitu rumput gajah mini. Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam rumput gajah mini,berikut gambar jenis rumput gajah mini.

cara-menanam-rumput-gajah-mini

Dari namanya saja sudah jelas kalo rumput ini berbentuk mini,sangat cocok dengan konsep rumah minimalis Kamu bukan ? Kegiatan menanam ini tidaklah sesusah Anda membangun rumah. Cukup luangkan waktu sejenak dan ikuti cara menanam rumput gajah mini dari saya hehehe.

Rumput gajah mini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para designer eksterior rumah untuk menambah kesan asri pada rumah hunian. Daunnya yang kecil meminimalisir perawatan,sehingga tidak merepotkan atau menyita banyak waktu Anda.

Anda bisa mendapatkan rumput gajah mini tersebut dengan merogoh kocek cukup 15.000 hingga 20.000 per meter perseginya. Cukup murah bukan dibandingkan dengan hasilnya yang dapat menjadikan rumah Anda lebih asri dan hijau jauh dari kesan gersang.

Hal Yang Di Perhatikan Sebelum Penanaman

  1. Lakukan penanaman ketika musim penghujan. Ini bertujuan agar rumput gajah mini mendapatkan suplay air yang maksimal, karena rumput ini termasuk jenis tanaman hias yang sangat membutuhkan air.
  2. Jangan melakukan penanaman di tanah yang tandus dan gersang. Namun jika Anda hanya memiliki tanah tandus dan gersang Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan pupuk terlebih dahulu dan diamkan selama seminggu. Hal ini bertujuan agar tanah memiliki cukup nutrisi untuk menjaga pertumbuhan rumput gajah mini. Setelah itu baru gemburkan tanah Anda.
  3. Pastikan mendapatkan cahaya matahari yang cukup tetapi tidak berlebihan. Hal ini bertujuan agar daun rumput gajah mini tumbuh lebat kesamping lalu menjuntai ke bawah. Jika rumput gajah mini tidak begitu mendapat cahaya maka hasil daun nya akan memanjang ke atas serta tidak bisa indah.

Persiapkan Lahan Untuk Media Tanam

taman-rumah

Lahan yang baik untuk penanaman rumput gajah mini adalah tanah yang tidak tandus dan gersang. Jika Anda memiliki media tanam yang tandus dan gersang, sebelum Anda melakukan penanaman maka lakukan pemupukan terlebih dahulu ke tanah dan diamkan selama seminggu.

Ini bertujuan supaya tanah memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput gajah mini setelah masa tanam. Setelah mendapatkan media tanam yang sesuai maka lakukan penggemburan dengan alat cangkul.

Efektifnya penggemburan tanah dapat di lakukan sedalam 5-10 cm dan ratakan kembali jika sudah selesai di lakukan penggemburan.

Namun jika Kamu tidak memiliki cukup luas lahan untuk di jadikan media tanam rumput gajah mini, Anda dapat menanam rumput gajah mini dengan cara mengurungnya terlebih dahulu dengan tanah yang Anda ambil dari pekarangan atau kebun rumah Anda. Atau Anda juga dapat membeli tanah yang khusus di gunakan untuk menanam tanaman, seperti tanah merah dan latosol.

14. Langkah Praktis Cara Menanam Rumput Gajah Mini

eksterior-rumah

Ini adalah sedikit dari langkah-langkah cara menanam rumput gajah mini,berikut akan kami jabarkan caranya dibawah ini. Alat dan bahan yang dipakai,alat dan bahannya adalah rumput gajah mini, pasir, tanah merah, pacul atau sekop semen, dan papan kayu.

1. Gemburkan Tanah

Persiapan tanah ,pertama-tama, kelupaslah tanah dasar yang masih keras dan berumput liar, menggunakan pacul. Ratakan tanah, buatlah agar ketinggian tanah dasar ini semakin rendah ke arah lubang air.

Ini bertujuan agar air yang digunakan untuk menyiram atau air hujan tidak akan menggenang di atas rumput, yang bisa mengakibatkan rumput membusuk.

Gemburkan terlebih dahulu tanah dengan cara dicangkul sedalam kurang lebih 5 hingga 10 cm serta ratakan kembali tanah tersebut. Keluarkan batu di dalam tanah ,ambillah semua akar-akar rumput liar yang masih tertinggal, agar rumput liar tidak tumbuh lagi. Pisahkan juga batu-batu yang ada supaya tak mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini nantinya.

2. Berikan Pupuk Kandang

Jika tanah halaman rumah Anda terlalu gersang serta tandus,sebaiknya berikan dahulu pupuk kandang untuk menjaga nutrisi tanah dan diamkan selama 1 minggu sebelum memulai menanam.

3. Waktu Memulai Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Periode memulai cara menanam rumput gajah mini,sebaiknya di saat musim hujan. Agar rumput yang baru ditanam mendapat suplay air yang cukup banyak.

4. Beli Rumput Gajah Mini di Tukang Taman

Minta atau belilah rumput gajah mini di tukang taman atau penjual bunga disekitar rumah Anda,harganya bervariasi  dari 15.000 hingga 20.000 tergantung tempat Anda membeli.

5. Menyobek Rumput Agar Menjadi Kecil

Cara menanam rumput gajah mini berikutnya yaitu menyobek rumput yang sudah Anda beli agar menjadi kecil dengan ukuran sekitar 3 hingga 5 cm.

6. Menanam Potongan Rumput Gajah Mini

Tanamlah potongan-potongan kecil rumput gajah mini tadi hingga akarnya tertutup tanah,tanamlah dengan pola zig zag agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

7. Memperkuat Jalinan Akar

Untuk memperkuat jalinan akar dengan tanah,dapat dilakukan dengan cara memukul pelan rumput gajah mini agar akar rumput benar-benar melekat di dalam tanah.

8. Meratakan Posisi Rumput

Cara menanam rumput gajah mini selanjutnya adalah meratakan posisi rumput dengan tanah dan dengan cara menindihnya dengan balok kayu,kemudian setelah rata dengan permukaan tanah,balok kayu bisa diangkat kembali.

9. Menancapkan Sedikit Perakaran Ketah

Setelah lahan siap,langkah berikutnya cara menanam rumput gajah mini yaitu dengan menancapkan sedikit perakaran ketah,berikan tekanan agar akar terikat tanah,Anda dapat mengurug sedikit sela sela tanaman dengan tanah supaya tanaman tidak tergeser.

cara-menanam-rumput-gajah-miniTambahkan juga pupuk urea dan juga NPK,jika memangg diperlukan. Pemupukan dapat dimulai 2 minggu sejak rumput gajah mini ditanam. Cara menanam rumput gajah mini ini bertujuan,agar merangsang pertumbuhan rumput lebih pesat.

10. Siram dengan Rutin 

Siramilah dengan rutin sehari 2 kali setiap pagi serta sore hari,untuk mempercepat pertumbuhan rumput gajah mini. Disarankan untuk menyiraminya menggunakan gembor atau semprotan halus.

11. Mengantisipasi Gangguan Hewan

Jika disekitar rumput gajah mini Anda banyak ayam yang berkeliaran, Anda dapat mengantisipasinya dengan menutup rumput gajah mini tersebut dengan daun kelapa atau blarak agar tidak dicakar ayam. Namun setelah umur tanam mencapai 7 hari blarak tersebut dapat diambil kembali.

12. Sistem Pencahayaan

Cara menanam rumput gajah mini juga erat kaitannya dengan sistem pencahayaan yang cukup untuk rumput. Jika rumput kurang mendapat pasokan sinar matahari,maka rumput gajah mini akan tumbuh memanjang dan hal itu tentunya bukanlah yang diharapkan.

13. Pertumbuhan Gulma

Menanam rumput gajah mini adalah dengan memperhatikan pertumbuhan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini Anda. Segera cabut gulma tersebut hingga ke akarnya agar tidak mengganggu.

14. Menghindarkan dari Pejalan Kaki

Cara merawat rumput gajah mini selanjutnya adalah dengan menghindarkan sebisa mungkin dari pejalan kaki penghuni rumah maupun tamu rumah Anda.

Rumput gajah mini yang sering terinjak kaki,akan mempengaruhi pertumbuhan,dan membuat rumput tidak tumbuh seragam,tentu hal ini bukanlah keinginan Anda.

Langkah awal cara menanam rumput gajah mini supaya sempurna adalah hindari pijakan kaki,menunggu perakaran sempurna.

Jika memang lahan rumput gajah mini Anda tidak bisa terhindar dari kases pejalan kaki,antisipasi hal tersebut dengan memberikan pijakan batu sebagai tempat lewat pejalan kaki agar tidak menginjak rumput gajah mini Anda. Cara menanam rumput gajah mini agar terhindar dari pijakan,dapat Anda lihat pada gambar berikut ini :

cara-menanam-rumput-gajah-mini

Bagaimana ? mudah bukan melakukan aktivitas ini sendiri. Umumnya jika Anda menanam 1 meter rumput gajah mini,maka bibit tersebut akan berkembang meluas hingga 2 bahkan 3 meter lahan yang Anda sediakan.

Anda bisa menanam rumput gajah mini bersama keluarga tercinta. Disaat hari libur berkebun bersama anggota keluarga,menjadi cara mudah untuk mempererat hubungan emosional antar anggota keluarga.

Perawatan Rumput Gajah Mini

Proses selanjutnya adalah merawat bibit rumput gajah mini yang telah di tanam. Pertama berikan pupuk NPK ke tanaman rumput gajah mini setelah dua minggu masa tanam.

Tujuan di berikan pupuk ini untuk merangsang jaringan tumbuh rumput gajah mini sehingga Anda mendapatkan hasil yang sempurna nantinya.

Selain memberikan pupuk, imbangi dengan penyiraman yang teratur pagi dan sore. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa rumput gajah mini adalah tanaman yang sangat bergantung pada air.

Jika di butuhkan pasanglah pagar sementara selama masa tumbuh rumput gajah mini, ini bertujuan agar tidak ada hewan seperti ayam yang memakan rumput gajah mini.

Proses pengurungan dengan pagar ini hanya lakukan hingga 7 hari saja setelah itu Anda lepas. Selain air, cahaya matahari yang cukup juga menjadi faktor penting bagi masa tumbuh yang baik bagi rumput gajah mini.

Pantau terus perkembangan tumbuh rumput gajah mini, jika Anda mendapatkan ada rumput gajah mini terserang gulma maka cabut hingga akar rumput yang terserang gulma tersebut. Ini bertujuan agar tidak menular ke rumput yang lain.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya tambahkan pijakan kaki untuk lewat supaya rumput gajah mini tidak terinjak-injak.

Keunggulan Rumput Gajah Mini

Ada daya tarik tersendiri yang di munculkan oleh rumput gajah mini ini dan terlebih bagi para designer yang sering menangani bagian eksterior rumah untuk memberikan kesan yang asri pada rumah hunian tersebut.

Bentuk daunnya yang berukuran kecil sangat meminimalisir perawatannnya sehingga tidak akan membuat Anda kerepotan dalam mengurus rumput jenis ini.

Untuk mendapatkan rumput mini sekilas memang terlihat murah adalah dibanderol dengan harga yang hanya Rp. 15.000,- sampai Rp.20.000,- saja namun harga itu hanya untuk setiap meter perseginya. Jadi jika dikalikan dengan beberapa meter persegi lagi tentunya sangat mahal sekali bukan?

Tentunya akan lebih hemat jika Anda membuatnya sendiri. Proses penanaman rumput gajah mini ini memang sangat mudah sekali serta Anda juga dapat mengerjakannya sendiri.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana langkah langkah penanaman rumput gajah ini maka dapat langsung saja menyimak ulasan dibawah ini.

10. Manfaat Rumput Gajah Untuk Kesehatan Manusia

Rumput gajah merupakan sejenis rumput yang banyak tumbuh subur di tanah – tanah lapang. Bahkan rumput ini bisa tumbuh tanpa ditanam. Sebagaimana rumput banyak yang mengangap keberadaan rumput ini hanya sebagai penganggu saja.

Namun sejak ada beberapa artikel yang membahas tentang manfaat tersembunyi dibalik rumput gajah maka perlahan banyak yang menjadikan rumput ini untuk di budidayakan. Ciri – ciri dari rumput gajah adalah ukurannya yang besar dan memiliki daun yang panjang.

Rumput gajah banyak di manfaatkan di bidang kesehatan karena kandungan didalam rumput gajah diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kalium senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, otot tubuh serta sistem pencernaan.
  • Kalsium didalam tubuh berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Beta karotin baik untuk melawan radika bebas karena mengandung banyak antioksidan didalamnya.

Itulah beberapa senyawa yang terkandung didalam rumput gajah. Adapun kegunaan rumput gajah di bidang kesehatan dapat mengatasi penyakit seperti :

1.Paru – paru

Penyakit paru – paru berhubungan dengan sistem pernafasan. Dimana ciri – ciri dari penyakit paru – paru ini ditandai dengan sulit untuk bernafas serta sebagian merasakan sakit saat mengambil nafas dan mengeluarkannya. Banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit paru – paru beberapa diantaranya merokok, mandi malam dan virus.

Untuk menyembuhkan penyakit paru – paru dapat di obati dengan obat tradisional yang berasal dari rumput gajah. Anda tinggal memeras daun rumput gajah dengan air lalu diminum airnya secara rutin.

2. Kandung kemih

Infeksi saluran kandung kemih bisa terjadi karena kebiasaan menahan buang air kecil dan membersihkan bagian intim dari belakang ke depan. Cara yang baik untuk membersihkan organ intim yaitu dari depan ke belakang begitu seterusnya jangan di bolak balik.

Menggobati infeksi saluran kandung kemih bisa dilakukan dengan cara herbal. Pengobatan herbal memang lebih di pilih karena aman dari efek samping.

Salah satu pengobatan herbal yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit kandung kemih adalah dengan minum rebusan sari rumput gajah secara teratur.

3. Sakit perut saat datang bulan

Masa datang bulan hanya dialami oleh wanita yang normalnya terjadi setiap satu bulan sekali. Datang bulan ditandai dengan luruhnya sel telur didalam rahim sebab tidak terjadinya pembuahan.

Kadang selama masa datang bulan beberapa wanita mengalami gangguan seperti emosi yang naik turun, sakit perut yang hebat dan jerawat. Namun yang paling menjadi perhatian adalah sakit perut yang terjadi selama datang bulan berlansung.

Ada beberapa sebab terjadinya kram di perut dan ini bisa diatasi secara alami dengan ramuan herbal dari rumput gajah. Jadi Anda bisa meminum ramuan ini untuk mengatasi sakit perut saat datang bulan.

4. Insomnia

Manfaat dari rumput gajah selanjutnya yaitu untuk mengatasi gangguan sulit tidur pada malam hari yang disebut insomnia. Insomnia dapat terjadi pada siapa saja dan ini erat kaitannya dengan keadaan psikolois seseorang.

Selain mengatasi insomnia dengan minum rebusan dari rumput gajah Anda juga perlu menenangkan pikiran dan membebaskan diri dari keterikatan yang terasa.

5. Stres

Stres dapat terjadi akibat beban pikiran secara lahir dan batin. penyakit stres sebenarnya hanyalah masalah pengendalian diri. Karena bagaimanapun juga tubuh yang terserang stres terus menerus justru akan membahayakan kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.

Serta stres membuat sebagai fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik. Adapun jika Anda masih kesulitan untuk mengatasi stres yang dialami maka cobalah untuk minum rebusan daun rumput gajah.

Demikian Artikel tentang cara menanam rumput gajah mini,semoga membantu Anda yang ingin memperindah rumah. Sekian dan Terima kasih.

 

The post Memperindah Rumah dengan Cara Menanam Rumput Gajah Mini appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Penggemukan Sapi Limosin dengan Kualitas Tinggi https://mesinpencacahrumput.com/cara-penggemukan-sapi-limosin/ Fri, 04 Oct 2019 08:31:39 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1304 Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu serta menjelaskan cara penggemukan sapi limosin yang mudah,efisien dan ga ribet. Kuy cari tahu dibawah ini. Indonesia adalah salah satu dari banyak negara yang kaya dengan berbagai macam hewan ternak. Suasana alam yang cenderung asri serta banyaknya lahan dan pakan menjadi beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya hewan ternak yang dikembangkan […]

The post Cara Penggemukan Sapi Limosin dengan Kualitas Tinggi appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu serta menjelaskan cara penggemukan sapi limosin yang mudah,efisien dan ga ribet. Kuy cari tahu dibawah ini.

Indonesia adalah salah satu dari banyak negara yang kaya dengan berbagai macam hewan ternak. Suasana alam yang cenderung asri serta banyaknya lahan dan pakan menjadi beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya hewan ternak yang dikembangkan di Indonesia.
Salah satu binatang ternak yang dikembangkan oleh banyak peternak di Indonesia adalah sapi limosin. Sapi limosin adalah binatang ternak yang dapat menghasilkan banyak keuntungan bagi pemiliknya.
Beberapa diantaranya sapi limosin bisa diambil susunya untuk dijadikan minuman olahan, sementara daging dan kulitnya dapat diambil sebagai bahan makanan manusia dan diolah menjadi kerajinan tangan salah satunya tas kulit sapi.

Selain itu, pada pertanian yang masih memanfaatkan tenaga tradisional, sapi termasuk salah satu alat transpotasi untuk menarik gerobak ataupun membajak sawah.

Sapi limosin mempunyai harga yang sangat tinggi dan kualitas dagingnya memang tidak dapat diragukan lagi. Akan tetapi, secara umum budidaya sapi limosin di Indonesia masih sedikit.

Banyak peternak yang menjalankan usaha berternak sapi limosin yang ia punyai dengan cara tradisional dan hanya dijadikan sebagai kerja sambilan saja dan bukan menjadi fokus utamanya.
Sementara itu pertumbuhan penduduk di Indonesia kita semakin meningkat sehingga jumlah permintaan dan kebutuhan daging juga meningkat, terutama daging sapi limosin.

Oleh karena itu jumlah produksi daging sapi limosin sampai saat ini masih belum dapat memenuhi jumlah kebutuhan masyarakat, akan daging dan akhirnya pemerintah akan melakukan impor dan semacamnya yang akan membuat harga daging sapi juga terpengaruh.

Dengan kata lain, apabila kita dapat memenuhi kebutuhan sapi limosin secara mandiri, maka akan ada lebih banyak dana yang bisa diserap oleh masyarakat kita secara langsung dan tentunya akan lebih bermanfaat.

10 Cara Penggemukan Sapi Limosin Cepat dan Alami

kebutuhan-pakan-sapi-potong-per-hari

Walaupun banyak peternak yang bekerja dengan mengembang biakkan sapi limosin sebagai jenis sapi pilihan yang ingin mereka kembangkan, tidak semua orang berhasil dalam menggemukkan sapi limosin yang mereka miliki karena tidak mengetahui cara penggemukan sapi limosin dengan benar.

Hal tersebut disebabkan karena ketidak tahuan mereka tentang bagaimana melakukan penggemukan sapi limosin yang efektif serta efisienKebanyakan hanya tertuju pada pemberian banyak pakan saja, tetapi mengabaikan faktor-faktor lainnya yang juga berperan dalam proses penggemukan sapi limosin.

Oleh karena itu, penting bagi para peternak untuk mengetahui bagaimana cara menggemukkan sapi limosin yang baik serta benar. Cara penggemukan sapi limosin yang benar secara prinsip tidak hanya tertuju pada pemberian pakan yang banyak saja.

Sekilas tentang Cara Penggemukan Sapi Limosin

cara-penggemukan-sapi-limosin

Sapi limosin adalah salah satu jenis sapi yang berasal dari Bos Turus. Jenis sapi ini dikembangkan pertama kalinya di negara Perancis. Sapi limosin adalah tipe sapi pedaging dengan otot-otot yang lebih baik dari berbagai macam jenis sapi yang telah ada di Indonesia.

Dari segi fisiknya, warna bulu sapi limosin cenderung berwarna coklat tua, dengan lutut kebawah serta ambing berwarna putih. Bentuk badannya cenderung besar, padat, panjang, dan kompak. Ciri-ciri yang lain di antaranya sapi ini tidak memiliki tanduk, badannya bagus, besar dan memiliki pantat yang lebar dan besar.

Secara dasarnya, sapi limosin yaitu salah satu sapi yang memiliki kemampuan pertumbuhan yang sangat cepat. Hal itu disebabkan karena sapi limosin adalah sapi yang asalnya dari wilayah beriklim dingin.

Badannya besar, mempunyai kemampuan menambah konsumsi di luar kebutuhan yang tinggi, serta memiliki volume rumen yang juga besar. Oleh karena itulah sapi limosin mampu tumbuh dengan kekar panjang serta juga cepat. Lalu, bagaimanakah cara penggemukan sapi limosin yang tepat?

1. Mencari pakan dengan kandungan gizi yang cukup

jenis-pakan-sapi

Pakan yaitu salah satu hal yang penting dalam memastikan pertumbuhan sapi dapat berlangsung dengan sempurna. Supaya sapi limosin dapat tumbuh dengan baik, maka diperlukan pakan yang memiliki kandungan gizi yang cukup untuk kebutuhan sapi.  Kandungan gizi yang dimaksud adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.
Pakan juga harus berada dalam keadaan yang baik dan tidak bibit penyakit tercemar kotoran yang bisa merusak pakan tersebut.

2. Mencari pakan yang cocok

Kadang kala, meskipun pakan bergizi sudah diberikan, sapi limosin enggan memakan makanan tersebutAda banyak hal yang menyebabkan kejadian itu dapat terjadi, salah satu faktornya adalah sapi merasa tidak cocok atau tidak nyaman dengan makanan tersebut.

Oleh karena itu peternak sapi limosin juga harus mencari pakan yang cocok bagi sapi limosin yang mereka pelihara, terutama dalam masa-masa penggemukan sapi mereka.

3. Mencari pakan di waktu yang tepat

Pakan yang baik adalah pakan yang bebas dari telur cacing atau bibit penyakit lainnya. Untuk memastikan bahwa pakan yang diberikan pada sapi limosin bebas dari penyakit atau telur cacing serta semacamnya.

Maka waktu yang tepat untuk mencari pakan sapi limosin yaitu pada siang hari atau sore hari karena pada saat-saat tersebut biasanya tidak terdapat telur cacing yang ditetaskan oleh induk cacing, bila pun ada, kemungkinan bahwa telur tersebut sudah mati lebih tinggi bila dibandingkan pada saat-saat yang lain.

4. Memberikan vitamin

Vitamin yaitu salah satu nutrisi penting yang dapat membuat sapi limosin tumbuh dengan sempurna. Selain memberikan pakan yang banyak dan juga cukup, maka peternak sapi limosin sebaiknya juga memberikan vitamin dalam jangka waktu tertentu.

Untuk membantu memperkuat tubuh sapi limosin yang mungkin rawan sakit pada saat-saat tertentu dan di sisi lain, dapat menambah asupan gizi yang ia miliki.

5. Memberikan pakan hijau

Pakan hijau yaitu jenis pakan yang sangat baik untuk sapi terutama pada masa penggemukan. Jenis pakan hijau yang dapat diberikan pada sapi limosin misalnya rumput, siratro, lamtoro, gamal, centro, jerami dan lain sebagainya.

Pengertian pakan hijau adalah salah satu jenis pakan yang dapat dijadikan sebagai pakan utama bagi sapi limosin yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Supaya gizi yang didapatkan tidak berkurang kualitasnya, maka pakan yang diberikan pada sapi limosin haruslah pakan yang baru dalam arti bukan pakan yang sudah berumur tiga hari atau lebih yang berpeluang besar sudah banyak nutrisi yang hilang darinya.

Rumput gajah yaitu salah satu jenis pakan hijau yang baik untuk sapi limosin. Selain rumput gajah makanan lain seperti bongkol pisang atau pakan hijau lainnya juga baik untuk menggemukkan sapi dengan cepat.  Sehingga setelah usianya 3 tahun sapi limosin sudah siap untuk dikonsumsi dalam bentuk daging.

6. Memberikan pakan konsentrat

Dilihat dari sistem pencernaannya, sapi digolongkan hewan ruminansia karena memiliki tiga tahapan pencernaan, yaitu pencernaan mekanis dalam mulut dengan bantuan air ludah (saliva), secara fermentatif dalam rumen dengan bantuan mikrobia rumen dan secara enzimatis setelah melewati rumen.

Beberapa temuan dari penelitian pada proses pencernaan sapi menunjukkan bahwa penggemukan dengan mengandalkan pakan berupa pakan hijauan saja kurang memberikan hasil yang optimal dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama bila dibandingkan dengan penggunaan konsentrat

Dengan demikian cara mempercepat penggemukan yaitu dengan mengkombinasikan antara pakan hijau dengan konsentrat.

Konsentrat yang digunakan dapat berasal dari berbagai macam jenis, misalnya ampas tahu, ampas tebu, bekatul, dedak, kulit biji kedelai, dan lain sebagainya. Konsentrat diberikan lebih dahulu untuk memberi pakan mikrobia yang ada di dalam rumen. 

Dengan demikian, ketika pakan hijau masuk ke dalam rumen mikrobia rumen telah siap dan aktif untuk mencerna pakan hijau. Dengan demikian pencernaan sapi akan lebih efektif dalam mengekstrak nutrisi yang terkandung dalam pakan hijau yang ia makan.

7. Memberikan makan di waktu yang tepat

Memberikan pakan sapi limosin tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Baik dari segi jenis, jumlah, ataupun waktu, semuanya harus dipikirkan dengan matang.

Agar pertumbuhan sapi terjadi dengan sempurna, maka pemberian pakan dapat dilakukan pada pukul 8 pagi, 12 siang, dan 5 sore, tiga kali dalam sehari agar sapi Anda memiliki banyak makanan yang masuk ke dalam tubuhnya dan cukup untuk proses memamah biak yang akan ia lakukan nantinya.

8. Membuatkan kandang yang baik

Supaya sapi limosin dapat berkembang dengan sempurna, maka kandang yang baik juga sangat diperlukan. Kandang yang baik seharusnya memiliki ruang tersendiri untuk masing-masing sapi kira-kira sebesar 2,5 x 1,5 meter. Bila perlu, peternak dapat membuat satu kandang untuk satu sapi sehingga tidak akan terjadi kompetisi untuk mendapatkan pakan.

Selain itu dengan membatasi ruang gerak sapi, maka energi yang diperoleh dari pakan akan digunakan untuk aktivitas pokoknya saja dan produksi daging tidak hilang karena sapi banyak bergerak.

Dibandingkan dengan satu kandang untuk banyak sapi, satu kandang bagi sapi memang membutuhkan lebih banyak biaya tetapi membuat pertumbuhan sapi sama-sama cepatnya.

9. Melakukan vaksinasi

Supaya sapi limosin bebas dari potensi sakit karena virus, maka salah satu langkah yang dapat dilakukan sejak awal menjadi bakalan sapi adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap bakal sapi limosin tersebut. Vaksinasi dapat dilakukan oleh mantri hewan yang ada di daerah terdekat.

10. Memberikan jamu anti cacing

Berdasarkan pengalaman beberapa peternak sapi limosin yang sukses, supaya sapi limosin terbebas dari cacing parasit yang ada di dalamnya, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan ramuan tradisional atau jamu seperti contohnya temu ireng untuk membunuh cacing-cacing parasit yang ada di tubuh sapi.

Ada banyak jenis jamu anti cacing yang bisa membantu tumbuh kembang sapi limosin selain temu ireng, misalnya ramuan kunyit, temu lawak, atau telur ayam kampung. Semua jenis jamu tersebut dapat diberikan tiap tiga bulan sekali sebagai salah satu asupan tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sapi.

Selain beberapa informasi diatas, berikut ini terdapat panduan visual yang memudahkan anda untuk mengerti cara pembentukan sapi limosin

Itulah beberapa cara penggemukan sapi limosin yang dapat diterapkan oleh para peternak untuk menggemukkan sapinya dengan cepat dan juga tepat. Dengan demikian sapi limosin akan siap panen setelah berusia 3 tahun.

Cara Penggemukan Sapi Dengan Kereman :

cara-penggemukan-sapi-limosin

  • Sapi dikandangkan
  • Pakan dan air minum tidak di batasi
  • Pakan hijauan dan konsentrat
  • Sapi tidak dipekerjakan
  • Pemberian obat cacing serta supplement untuk meningkatkan nafsu makan serta daya tahan tubuh.
  • Lama penggemukan dilakukan selama 100 hari.

Pada umumnya cara penggemukan sapi berlangsung lama untuk sekali periode serta cukup memakan waktu serta biaya. Melalui pemeliharaan yang tepat dan benar, sehingga mampu menyingkat waktu hanya 100 hari. Dengan pemberian pakan serta supplement yang tepat mampu membantu pertumbuhan sapi secara optimal.

Suplemen yang baik harus berasal dari bahan organik. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak yaitu suplemen organik yang mengandung 5 bakteri baik yang mampu memercepat pertumbuhan sapi mencapai bobot yang maksimal.

Manajemen Kandang Sapi Limosin

Fungsi kandang sapi potong sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan serta membatasi ruang gerak sapi agar terjadi penimbunan daging dan lemak. Pesyaratan kandang sapi potong meliputi sebagai berikut:

  • Kandang sapi potong harus jauh dari pemukiman
  • Kandang sapi potong harus lebih tinggi dari jalan mencegah adanya genangan air
  • Terdapat tempat pembuangan limbah, ventilasi cukup
  • Sumber air mudah didapat
  • Konstruksi kandang sapi potong harus kuat dan kokoh

Tipe kandang sapi potong yang efektif adalah kandang ganda. Terdiri dari 2 baris sapi saling berhadapan, diantaranya di buat gang untuk memudahkan pemberian pakan dengan jarak 1,5 meter.

Pencegahan dan Pengobatan Agen Penyakit

Dalam dunia peternakan tidak lepas dengan namanya penyakit. Mulai dari penyakit yang mudah di tangani sampai dengan menyebabkan kematian. Pengendalian penyakit terutama dengan menjaga kesehatan sehingga tidak menimbulkan kerugian.

Tindakan pencegahan penyakit meliputi :

  • Menjaga kebersihan serta peralatan kandang sapi potong, serta memandikan sapi.
  • Karantina sapi yang sakit dan yang sakit secepatnya di obati supaya tidak menular.
  • Usahakan lantai kandang sapi potong selalu kering.
  • Kontrol rutin kesehatan sapi dan vaksinasi.

Berikut beberapa jenis penyakit pada sapi:

cara-penggemukan-sapi-limosin

Kembung

Kembung tersumbatnya saluran gas sehingga sistem pencernaan tidak lancar dan bagian perut membesar. Jika tidak segera di tangani menyebabkan kematian.

Dapat dicegah dengan tidak memberikan pakan rumput yang basah. Untuk mengeluarkan gas berikan minyak kelapa dan penicillin atau cara di trocar tusuk lambung sebelah kiri (harus petugas vet).

Dengan pemberian rutin SOC GDM akan membuat saluran percernaan menjadi lancar karena asupan nutrisi dapat terserap sempurna oleh tubuh ternak.

Kudis

Kudis Penyakit zoonosis yang menular ke manusia. Pada umumnya sapi terlihat gatal-gatal dan menggigit bagian tubuh, menggosokkan tubuh, bulu rontok, timbul bercak berwarna abu-abu pada tubuh. Harus dilakukan sanitasi kandang sapi potong dan karantina ternak sakit.

Untuk pengobatan cukur bulu lalu kerok bagian kulit bersihkan dengan air hangat atau gunakan oli bekas + belerang lalu oles. Setelah itu oleskan SOC GDM pada kulit yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bulu lebih cepat dan bulu baru lebih mengkilap.

Cacingan

Cacingan pada sapi kurus, nafsu makan turun, mata sayu, hidung dan mulut kering, diare, bulu kusam. Usahakan kandang sapi potong jangan terlalu lembab dan sisa makanan jangan terlalu lama di dalam kandang.

Berikan obat cacing secara rutin biasanya di beri albendazol (harus petugas vet). Itulah cara penggemukan sapi limosin secara organik hanya dalam 100 hari.

Demikian Artikel tentang cara penggemukan sapi limosin yang dapat saya berikan kepada Anda,mudah-mudahan dapat membantu dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

 

 

The post Cara Penggemukan Sapi Limosin dengan Kualitas Tinggi appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Penggemukan Kambing untuk Meningkatkan Harga Jual https://mesinpencacahrumput.com/cara-penggemukan-kambing/ Fri, 04 Oct 2019 08:30:19 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1294 Pada Artikel kali ini saya akan membahas dan memberi tahu tentang cara penggemukan kambing. Bagi yang peternak kambing, kuy baca artikel ini agar usaha Anda sukses dan maju. Cara penggemukan kambing bisa Anda lakukan pada saat kambing berumur 4 sampai 8 bulan. Dimana pada usia tersebut sangat efektif untuk meningkatkan berat badan atau bobot ternak […]

The post Cara Penggemukan Kambing untuk Meningkatkan Harga Jual appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada Artikel kali ini saya akan membahas dan memberi tahu tentang cara penggemukan kambing. Bagi yang peternak kambing, kuy baca artikel ini agar usaha Anda sukses dan maju.

Cara penggemukan kambing bisa Anda lakukan pada saat kambing berumur 4 sampai 8 bulan. Dimana pada usia tersebut sangat efektif untuk meningkatkan berat badan atau bobot ternak kambing. Proses pembesaran daging kambing dan pertumbuhannya bisa dimaksimalkan selama 3 bulan.

Ternak kambing dengan pola penggemukan ini adalah peluang bisnis yang bagus dan mempunyai prospek yang cerah.Cara penggemukan kambing bisa Anda lakukan tanpa harus mengarit tanama hijau untuk pakan, mengembalakan kambing, dan pada masa penggemukan ini kotoran kambing Anda tidak bau sama sekali.

Sebelum Anda melakukan program penggemukan kambing, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan, yaitu :

Tempat dan Lokasi

Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan dalam menentukan tempat cara penggemukan kambing.

  • Pastikan tempat dalam kondisi teduh/tidak terkena matahari langsung,tetapi masih ada sinar matahari sedikit yang masuk ke kandang.
  • Sirkulasi udara yang lancar,sehingga hewan ternak Anda selalu mendapatkan pasokan udara yang segar.
  • Jaga suasana tetap tenang,usahakan lokasi jauh dari suara bising,keramaian dan hal-hal yang dapat membuat hewan ternak menjadi stres.
  • Menjaga kondisi lingkungan tetap bersih,dengan bersihnya lingkungan akan memberikan dampak positif pada hewan ternak Anda.

Kandang Kambing

cara-penggemukan-kambing

Kandang adalah faktor penting dalam melakukan usaha cara penggemukan kambing. Karena kandang menjadi tempat tinggal kambing setiap harinya.

Ada syarat membuat kandang kambing , mempunyai beberapa standar kelayakan yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan fatal dalam pemeliharaan ternak kambing.

Sebaiknya kandang kambing berbentuk panggung,memiliki penampungan feses,mempunyai penampungan urin,ada tempat untuk meletakkan pakan dan air minum. Jika semua sistem kandang tersebut diterapkan dengan benar maka akan memiliki manfaat.

Adanya penampungan feses dan urin nantinya bisa dijadikan pupuk organik yang murah namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan pupuk kimia. Menaruh tempat makan dan air minum yang baik akan memudahkan pemberian pakan pada kambing.

Ukuran kandang dalam penggemukan kambing hendaknya menyesuaikan dengan jumlah kambing yang akan Kamu ternakkan.

Misalnya jika Anda memelihara 10 ekor kambing maka diburuhkan kandang dengan ukuran 3 m x 1,5 m dengan lebar dibagi dua,bagian luar dan dalam atau untuk tempat makan dan tempat minum.

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit yaitu salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya dalam penggemukan kambing. Sebab pemilihan bibit hendaknya Anda lakukan dengan benar. Karena akan berpengaruh terhadap proses penggemukan kambing.

Semakin unggul bibit yang Kamu pilih semakin besar keuntungan dalam berhasilnya proses penggemukan kambing. Berikut akan kita berikan beberapa ciri bibit kambing terbaik.

  • Anda bisa melihat melalui postur tubuh kambing,yaitu kambing mempunyai leher yang panjang,kaki terlihat panjang,perut tidak tampak buncit,bagian punggung rata/tidak cekung dan badan tampak panjang.
  • Melalui gerakannya. Bibit kambing yang baik memiliki pergerakan yang cukup lincah. Kamu bisa lakukan tes simpel untuk melakukan uji gerakan kambing. Pada saat kambing dalam posisi duduk Anda bisa mendekati kambing tersebut dan kambing akan berdiri. Apabila pada saat berdiri kambing bergerak lambat maka kambing tersebut kurang sehat. Akan tetapi bila kambing bergerak sigap maka kambing tersebut sehat.
  • Kamu dapat melihat fisik kambing,bibit kambing yang baik mempunyai fisik yang sehat. Mata tampak cerah dan tidak sayu,hidung tidak mengeluarkan lendir,bulu bersih,halus dan tidak kusam,tidak ada luka atau penyakit kulit,dan anus tidak menunjukkan tanda mencret.

Pemeliharaan Kambing

Proses pemeliharaan cara penggemukan kambing adalah proses yang paling lama. Namun lebih lama jika Anda memelihara ternak kambing biasa. Proses pemeliharaan yang betul akan meningkatkan penggemukan kambing secara cepat. Proses pemeliharaan ini meliputi antara lain :

  • Pemberiaan makan dan minum. Pada umumnya makanan kambing yaitu rumput,sedangkan untuk proses penggemukan,pakan yang bisa Anda pakai adalah fermentasi padi,jerami ataupun gedebog pisang. Bahan-bahan tersebut mudah Anda dapatkan. Pemberian pakan hendaknya dilakukan secara teratur dan sediakan air minum secukupnya.
  • Pemeliharaan kesehatan kambing,dengan pola makan menggunakan makanan proses amoniasi maka daya tahan kambing akan lebih kuat. Tidak mudah sakit dan terserang virus maupun bakteri. Ini adalah keuntungan lebih yang dihasilkan peternak dengan memberikan pakan fermentasi. Pemberian fermentasi yang teratur diharapkan pertumbuhan serta penggemukan kambing bisa sesuai target yaitu sekitar 4 kg/minggu atau dalam 3 bulan Anda sudah bisa memanen kambing Anda.
  • Menjaga kebersihan kandang. Kebersihan kandang akan memberikan dampak yang positif,maka Anda diwajibkan untuk selalu membersihkan kandang ternak kambing secara rutin. Jika dibutuhkan lakukan 1 kali seminggu,Anda jangan khawatir kotoran kambing tidak akan menimbulkan bau. Karena sudah diberikan pakan fermentasi. Mandikan ternak kambing Anda 1 kali dalam sebulan. Agar kambing terlihat bersih dan jika dijual harganya akan lebih mahal.

Pakan Fermentasi untuk Membantu Penggemukan Kambing

Fermentasi pakan adalah proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan ternak hijauan (pakan serat) bisa disimpan dan bertahan dalam kurun waktu lama.

Sedangkan amoniasi merupakan cara pengolahan kimia untuk meningkatkan kadar cerna bahan pakan hijauan (berserat) serta kadar protein dengan menggunakan amoniak (NH3) sebagai bahan kimia. Pakan ternak fermentasi ini biasa diberikan pada binatang ternak ruminansia seperti kambing, sapi dan kerbau.

Tujuan utama cara membuat pakan kambing fermentasi pada hewan ternak supaya saat menyimpan pakan ternak yang tersedia dalam jumlah banyak bisa bertahan lama tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang ada pada pakan tersebut. Sehingga hal ini sangat membantu peternak kambing dalam memberi pakan hijaun (serat) di saat musim kemarau.

Kelebihan Fermentasi Pakan Kambing Untuk Beternak

cara-penggemukan-kambing

Dibandingkan dengan pakan alami yang kita berikan langsung pada kambing ternak,cara membuat pakan kambing fermentasi mempuyai beberapa kelebihan. Diantaranya adalah:

  • Dapat memperbaiki sistem pencernaan pada kambing
  • Bisa meningkatkan produksi susu pada kambing, terutama pada kambing etawa
  • Membuat kambing ternak cepat gemuk atau bertambah berat badannya secara alami dan sehat
  • Pakan fermentasi dapat disimpan sesuai dengan kebutuhan (pakan ternak dapat bertahan lama mengurangi jumlah kandungan nutrisi)
  • Dapat mempercepat petumbuhan sebab pakan ternak fermentasi terdapat nutrisi penambah nafsu makan
  • Daging ternak kambing menjadi lebih rendah kolesterol serta tidak prengus
  • Membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh pada kambing ternak
  • Dapat mengurangi amoniak atau bau kotoran hewan yang tidak enak sehingga dapat mengurangi pencemaran udara lingkungan
  • Kotoran ternak kambing yang diolah menjadi pupuk memiliki kualitas yanng lebih unggul
  • Urine pada kambing lebih sedikit dan dapat digunakan sebagai biogas alami, sehingga pemeliharaan ternak kambing lebih mudah

Pemberian pakan fermentasi terhadap hewan ternak khususnya pada kambing memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Hal ini terlihat pada kualitas daging kambing serta harga jual yang mengalami peningkatan secara drastis. Kualitas kambing yang semakin baik akan berbanding lurus dengan harga jual. Sehingga mampu untuk mendongkrak omset penjualan kambing ternak.

Kelemahan Pakan Fermentasi Kambing

Tahukah Anda, apa saja dampak negatif cara membuat pakan kambing fermentasi pada ternak kambing? Pakan fermentasi merupakan pakan hijauan dan bahan lainnya yang difermentasi menggunakan mikroorganisme untuk menghasilkan energi dan nutrisi yang lebih berkualitas.

Bahan-bahan yang biasa difermentasi adalah hijauan, limbah pertanian seperti daun singkong, jerami padi, dan sebagainya. Fermentasi pakan jerami menjadi salah satu solusi bagi peternak untuk menyediakan pakan yang dapat diawetkan untuk mengantisipasi kekurangan pakan di saat jumlah yang tersedia di lahan sedikit.

Cara membuat pakan kambing fermentasi menghasil fermentasi yang memiliki komposisi nutrisi yang berbeda daripada bahan pakan sebelum difermentasi. Pada proses fermentasi pakan kambing terjadi penambahan sejumlah energi dan juga nutrisi lainnya yang sebelumnya tidak tersedia dalam hijauan.

Dalam dunia peternakan sendiri, fermentasi bahan pakan kambing bertujuan menyediakan pakan kambing di saat hijauan sulit didapatkan, menambah nilai nutrisi kambing sehingga lebih komplit, serta mengawetkan bahan pakan hijauan yang berlimpah di saat hujan.

Akan tetapi, dampak negatif pakan fermentasi ini pun tidak bisa Anda abaikan. Respirasi anaerobik merupakan pakan alternatif yang merupakan hasil olahan teknologi pakan ternak untuk menghasilkan pakan dengan energi yang lebih tinggi dan bernutrisi. Pakan fermentasi digunakan untuk pengganti hijauan yang sangat minim di saat musim kemarau.

Makanan ternak fermentasi sebenarnya sangat menguntungkan bagi peternak karena menjadi solusi untuk ketersediaan pakan di saat masa-masa sulit untuk mendapatkan pakan. Namun, pemberian pakan fermentasi yang terus-menerus juga sangat merugikan ternak.

Dampaknya

Beberapa hal yang terjadi akibat pemberian pakan fermentasi yang diberikan secara terus-menerus di antaranya kambing mengalami defisiensi nutrisi, kambing menjadi semakin kurus, pertumbuhan kambing terlambat, bahkan kambing bisa terkena penyakit yang disebabkan defisiensi nutrisi pakan.

Nutrisi, vitamin dan mineral yang lengkap sangat dibutuhkan oleh kambing untuk memicu pertumbuhannya dan juga produksi susu pada kambing. Terkadang, peternak hanya asal menerapkan hal baru yang instan dan sangat mudah untuk menjalankan usaha ternak kambing.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Fermentasi Pakan Kambing

Dalam pembuatan pakan fermentasi untuk kambing ternak, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan. Apa saja alat serta bahan untuk membuat pakan fermentasi kambing ternak itu, berikut ini ulasannya:

  1. Pisau pemotong atau cacah atau bisa juga golok digunakan untuk memotong bahan pakan yang akan difermentasi.
  2. Terpal, tong besar atau plastik besar digunakan sebagai tempat menampung bahan fermentasi yag telah di potong-potong.
  3. Gedebog pisang dan jerami juga bisa merupakan bahan alami yang digunakan sebagai bahan utama membuat fermentasi pakan kambing. Kebutuhan bahan alami ini adalah 80%.
  4. Tetesan air tebu atau gula pasir dan garam.
  5. Suplemen probiotik (suplemen yang umum digunakan yaitu probiotik SOC-HCS.
  6. Dedak atau bekatul bisa juga ditambah dengan ampas tahu kebutuhannya ialah 20%. Diman komposisinya 15% untuk ampas tahu dan 5% untuk dedak atau bekatul.
  7. Air secukupnya.

BAHAN DAN UKURAN:

  1. 1000 kg atau dapat juga dikira-kira sekitar 5-8 ikat jerami padi , dipilih yang sudah kering, kemudian dicacah panjang 5 cm, tujuan pencacahan jerami ini untuk memudahkan terjadinya proses fermentasi dan ketika nanti pakan fermentasi sudah siap diberikan ke kambing, ternak kambing akan mudah memakan dan mengunyahnya. Cara mudah untuk mencacah jerami dalam jumlah banyak, idealnya menggunakan mesin pencacah rumput jerami.
  1. 20-25 Lt, tetes atau molase jika tidak ada dapat diganti gula yang dilarutkan. Penggunaan larutan gula memang lebih mahal dibandingkan dengan tetes tebu, namun untuk jangka panjangnya akan lebih aman menggunakan larutan gula jawa atau gula aren.
  1. 1 botol probiotik ( jenis dan merknya sangat beragam, silahkan gunakan sesuai pilihan anda masing-masing )
  1. 250-300 Lt. Air untuk melarutkan probiotik dan tetes
  1. Bekatul atau dedak padi sebanyak 30 kg

PERALATAN:

  1. Tempat untuk fermentasi jerami bisa berupa tembok semen, bis semen, drum plastik, plastik bening, silahkan disesuai dengan kemampuan dana dan jumlah ternak
  2. Alat pemotong berupa mesin pencacah rumput jerami atau sabit atau sejenisnya
  3. Ember atau timba, gembor, terpal plastik atau karung plastik

Cara Pembuatan Fermentasi Pakan Kambing Ternak

cara-penggemukan-kambing

Gedebog pisang merupakan limbah yang pemanfaatannya kurang maksimal. Sebagian besar batang pisang hanya dipotong-potong dan dibiarkan membusuk.

Pemanfaatannya masih sangat minimal, paling hanya digunakan sebagai penancap pada pertunjukan wayang kulit, sebagai kembang mayang pada upacara pernikahan, bendungan pinggiran sungai supaya air tidak meluap, untuk dibuat kapal-kapalan oleh anak-anak, pembungkus karbit pada pengimbuan buah-buahan, dan lain-lain.

Bagaimana kalau gedebog pisang digunakan sebagai pakan ternak?
fermentasi-dari-gedebog-pisang

Masalahnya kalau sudah di kandang mungkin berbeda dengan di laborat. Kambing atau dombanya mau nggak makan batang pisang, kalaupun mau baik ndak untuk kesehatan dan pertumbuhan kambing dan dombanya.

Penelitian Gedebog Pisang

cara-membuat-pakan-fermentasi-kambing

Batang pisang untuk kambing, domba atau sapi, ada  juga penelitian yang membahas soal penggunaan gedebog pisang untuk dijadikan pakan kambing atau domba. Dalam pemanfaatannya sebagai ransum pakan kambing dan domba, gedebog pisang ini harus ditambahkan bahan-bahan lain. Bahan tambahan dapat berupa jagung, dedak padi, dan molases.

Untuk bahan tambahan dalam penelitian ini nanti saya ada diparagraf selanjutnya. Penambahan ini supaya kualitas ransum menjadi lebih baik. Mengingat gedebog pisang mempunyai banyak kekurangan dalam kualitas ransumnya.

Kandungan airnya yang tinggi, serat kasarnya yang sulit dicerna, karbohidrat yang sulit terlarut, protein kasar yang rendah dan mudah busuk tentunya.

Batang pisang memiliki kandungan nutrisi bahan kering (BK) 7,5%, protein kasar(PK) 5,9%, serat kasar(SK) 26,6% dan lemak kasar(LK) 2,2%.

Tepung bonggol pisang mengandung pati (karbohidrat) sebesar 66,2%, serat kasar 10,23%, protein 5,88%, dan lignin 33,51%. Kandungan lignin pada batang pisang ini tinggi, jadi hal ini bisa berpengaruh terhadap kinerja mikroba dalam mencerna makanan.

Ciri-Ciri Fermentasi Pakan Kambing yang Anda Buat Sudah Jadi

Setelah Anda membuat pakan fermentasi, sebaiknya kita mengecek dulu sebelum pakan tersebut diberikan pada kambing ternak. Apakah pakan kambing fermentasi yang Anda bikin sudah jadi atau belum. Nah untuk mengetahui pakan fermentasi yang kita buat sudah jadi dapat dilihat dari:

  • Suhu bahan yang kita buat pakan fermentasi meningkat atau istilah menjadi hangat saat kita pegang. Yang semula gedeboknya dingin menjadi sedikit hangat.
  • Yang kedua terlihat ada perubahan warna pada bahan fermentasi yang kita buat.
  • Terakhir, bahan fermentasi yang semua kaku menjadi lapuk/empuk atau lunak.

Cara Memberikan Fermentasi Pakan Kambing pada  Ternak

pakan-hijauan

Setelah pakan fermentasi yang kita buat jadi (mempunyai ciri-ciri sesuai dengan fermentasi pakan ternak yang sudah jadi), sekarang kita sudah bisa memberikan pakan tersebut pada kambing ternak. Berikut ini merupakan cara supaya hewan ternak mau memakan pakan fermentasi yang telah kita buat. Diantara caranya yaitu:

  • Sebelum kita memberikan pakan fermentasi pada kambing ternak, pakan fermentasi di angin-anginkan terlebih dulu sekitar 15 menit. Hal ini bertujuan supaya pakan fermentasi tidak lembab saat dimakan kambing ternak. Ketika pakan lembab bisa memungkinkan kambing ternak tidak menyukainya bahkan tidak mau memakannya.
  • Pakan fermentasi sangat baik diberikan kambing ternak pada waktu pagi dan sore hari setelah kambing memakan makanan alami (hijaun daun-daun atau rumput). Hal ini bertujuan agar kambing tidak kaget dengan pakan fermentasi yang kita berikan.
  • Selama pakan fermentasi  yang kita buat tidak terkena cahaya matahari ataupun hujan secara langsung, pakan kambing fermentasi menggunakan SOC dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang cara penggemukan kambing yang dapat saya berikan atau sharing kepada Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dari awal sampai akhir.

The post Cara Penggemukan Kambing untuk Meningkatkan Harga Jual appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Jenis Pakan Sapi yang Penting untuk Meningkatkan Harga Jual https://mesinpencacahrumput.com/jenis-pakan-sapi/ Fri, 04 Oct 2019 08:28:05 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1286 Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan tentang jenis pakan sapi yang berkualitas dan membuat sapi gemuk. Kuy cari tahu dibawah ini! Tahukah Anda bahwa orang sekarang berusaha atau berinvestasi ternak,ntah ternak sapi,kambing,domba maupun kerbau. Bisnis ini memang menghasilkan untung yang besar, coba Anda bayangkan hanya beternak namun menghasilkan uang yang banyak,menarik bukan […]

The post Jenis Pakan Sapi yang Penting untuk Meningkatkan Harga Jual appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>

Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan tentang jenis pakan sapi yang berkualitas dan membuat sapi gemuk. Kuy cari tahu dibawah ini!

Tahukah Anda bahwa orang sekarang berusaha atau berinvestasi ternak,ntah ternak sapi,kambing,domba maupun kerbau. Bisnis ini memang menghasilkan untung yang besar, coba Anda bayangkan hanya beternak namun menghasilkan uang yang banyak,menarik bukan ?

Tetapi ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar usaha Anda ini berjalan lancar dan sukses serta tidak kalah akan persaingan pasar yang begitu ketat. Bagaimana caranya agar usaha kita tidak kalah saing ? Yaitu dengan memperhatikan hal penting ini. Cari tahu di bawah ini !

Peternakan, khususnya yang berfokus pada penggemukan sapi potong adalah jenis usaha yang menggiurkan. Maka tak heran jika banyak orang serta perusahaan besar yang terjun ke industri ternak hewan ruminansia ini. Demi bisa bertahan dalam persaingan itu, kualitas dan kuantitas produk menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan.

Pakan adalah kunci utama untuk menjaga kualitas serta kuantitas produksi. Jenis pakan sapi yang baik dengan komposisi nutrisi seimbang dan tingkat kecernaan tinggi akan membuat sapi potong dan hewan ruminansia lainnya cepat gemuk dan memiliki daging yang kualitasnya baik.

Dan jenis pakan sapi memilliki definisi sebagai bahan yang dapat dimakan, disukai, dapat dicerna, tidak menimbulkan penyakit, serta bermanfaat bagi hewan ternak. Ada banyak jenis pakan sapi yang bisa diberikan pada ternak sapi potong.

Secara garis besar,jenis pakan sapi potong dapat digolongkan jadi 3, yaitu pakan hijauan, pakan konsentrat, dan pakan tambahan. Dari pada Anda penasaran,kuy bacalah artikel ini dari awal sampai akhir dan jangan di close sebelum selesai membaca supaya menambah wawasan Anda.

Jenis Pakan Ternak dan Kandungan Nutrisinya

jenis-pakan-sapi

Jenis pakan sapi demi kesuksesan usaha peternakan sapi Anda. Bagi seorang peternak, bisa dikatakan sukses ketika berhasil membangun peternakan yang besar, memiliki hewan ternak yang banyak, dan memiliki hasil yang besar pula dari sana. Apakah Anda juga demikian?

Memang untuk beternak tidaklah semudah yang dilihat. Butuh pengetahuan, pengalaman, dan ketekunan serta keuletan sejati sebagai peternak dan memberikan yang terbaik pada peternakan yang dimilikinya. Dengannya, Anda dapat menjalankan peternakan dengan lebih baik, berkembang dengan pesat dan mendapatkan hasil seperti yang Anda dan peternak lain inginkan.

Terlepas dari pengalaman yang dimiliki, bagi seorang peternak ulung atau sudah berpengalaman maupun peternak pemula, satu hal yang tidak dapat dinomor duakan adalah pengetahuan tentang jenis pakan sapi ternak. Karena hal ini sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak Anda.

Dengan pengetahuan jenis pakan sapi yang tepat, maka peternak dapat fokus pada apa yang ingin ditingkatkan, ingin mempercepat pertumbuhan hewan ternak, penggemukan, atau memaksimalkan dan menjaga kualitas dari hasil hewan ternak tersebut.

Bahan Pakan Ternak

Memang banyak jenis bahan makanan yang dapat digunakan sebagai jenis pakan sapi ternak. Tetapi secara umum, bahan pakan ternak dibagi menjadi 5 jenis, pakan kasar, pakan penguat/ konsentrat, mineral, vitamin, dan pakan tambahan.

1. Pakan Kasar

Pakan kasar adalah pakan yang bervolume besar namun berat dari setiap unit volume-nya rendah. Makanan yang tergolong pakan kasar dapat berasal dari hijauan, antara lain:

  • Rumput, dapat menggunakan rumput lapangan, rumput tanaman, rumput grinting, rumput benggala, rumput kolonjono, rumput tuton.
  • Daun leguminos.
  • Sisa hasil panen seperti jerami, baik jerami padi, jerami kedelai, jerami jagung, maupun jerami kacang tanah.

Pakan ternak yang berasal dari hijauan mempunyai kandungan serat kasar sekitar 18% tetapi memiliki kandungan energi yang rendah. Hijauan yang menjadi sumber nutrisi yang baik yaitu hijauan yang mengandung protein kasar sebanyak 20 % total bahan kering seperti leguminosa/ kacang – kacangan.

Sedangkan, pakan dari sisa hasil panen seperti jerami, hanya mempunyai kandungan protein kasar sekitar 3 – 4 % bahan kering. Dari pakan hijau – hijauan yang berasal dari daun dan rumput yang berkualitas, hewan ternak seperti sapi hanya dapat berproduksi 70% dari kemampuan seharusnya.

Namun bagaimanapun juga, pakan kasar sangat diperlukan untuk hewan ternak ruminansia karena memiliki serat kasar tinggi yang dibutuhkan untuk merangsang rumen serta menentukan kadar lemak susu pada hewan ternak.

Jenis Rumput Unggulan Untuk Pakan Ternak Hijauan

jenis-pakan-sapi

1) Rumput Gajah

Rumput gajah toleran terhadap berbagai macam jenis tanah. Dan juga rumput gajah bisa tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi, yang tahan terhadap lingkungan sedang, serta curah hujan yang cukup, suka dengan tanah lempung yang subur, tetapi tidak tahan terhadap genangan.

2) Rumput Benggala

Rumput jenis ini memiliki ciri – ciri bersifat perennial, batangnya kuat dan tegak, serta membentuk rumpun dengan akar membentuk serabut dalam. Memiliki bunga berwarna hijau atau keunguan.

Rumput benggala tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi 0 – 1200 meter di atas permukaan laut.

3) Rumput Raja

Pengembangan rumput raja biasanya dilakukan dengan stek batang atau pols dan mampu tumbuh dengan baik pada daerah dengan tanah yang ringan sampai berat. Rumput raja mampu hidup dan tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian 0 – 3000 meter di atas permukaan air laut dengan curah hujan tahunan sebesar 1000 meter atau lebih.

Ciri – ciri rumput raja antara lain, berdaun tunggal, batang berbentuk persegi dan silindris, berakar serabut, dan tumbuh di daerah yang kering. Memiliki struktur daun yang kasar, batang keras dan tebal. Bentuk daunnya panjang, dengan permukaan daun yang luas.

4) Rumput Meksiko

Seperti namanya, rumput ini berasal dari Mexico, Amerika Latin dan Amerika Tengah. Yang dapat hidup di daerah tropis yang basah dan juga di daerah subtropis dengan tanah berair. Serta memiliki ciri daun yang lebih lebar dari rumput jenis lain, dengan panjang daun sekitar 1,5 meter dan memiliki lebar daun sekitar 10 centimeter.

Rumput meksiko dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki tanah dengan struktru sedang ataupun berat, dengan ketinggian sampai 1200 meter di atas permukaan air laut. Serta curah hujan 2000 meter per tahunnya.

5) Rumput Setaria

Rumput setaria dan sering juga dikenal dengan nama Rumput Golden Timothy yang berasal dari Afrika dan memiliki siklus hidup parenial. Cirinya tumbuh membentuk rumpun yang kuat dan lebat, dengan daun yang lebar dan sedikit berbulu pada bagian permukaan atasnya.

Rumput Setaria kalau sudah berumur cukup dewasa, maka dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 180 centimeter. Mempunyai karakter yang tahan terhadap lingkungan kering maupun bergenang. Bisa hidup pada dataran dengan ketinggian 1000 kaki, dengan curah hujan 25 inchi/ tahunnya.

Oh ya, untuk mempermudah pemberian pakan rumput sapi, sebaiknya menggunakan mesin pencacah aneka rumput supaya mengecilkan ukuran rumput. Manfaatnya sapi akan mudah mencerna rumput yang akan dimakan.

2. Pakan Penguat (Konsentrat)

jenis-pakan-sapi

Pakan penguat atau disebut juga konsentrat adalah pakan ternak yang memiliki kandungan serat kasar rendah, dibawah 18%. Nutrisi utama dari pakan konsentrat berupa energi dan protein. Ada dua perbedaan konsentrat, yakni konsentrat untuk sumber energi dan sebagai sumber protein.

Konsentrat sumber energi adalah konsentrat yang mempunyai kadar protein kurang dari 20%. Sebaliknya, konsentrat sumber protein adalah konsentrat yang mempunyai kadar protein di atas 20%.

Konsentrat merupakan suatu bahan pakan ternak yang diberikan bersamaan dengan bahan pakan ternak lainnya  supaya meningkatkan kandungan gizi pakan ternak yang dicampurkan sebagai pakan pelengkap.

Perternak sapi perah, agar dapat menjaga produksi susu sapi, pakan ternak yang diberikan harus sebagian besar dari pakan ternak konsentrat. Karena sapi yang hanya diberikan pakan ternak dari hijauan akan memproduksi susu 30% lebih rendah dibandingkan sapi yang diberikan pakan ternak hijauan yang juga ditambahkan dengan pemberian pakan ternak konsentrat.

Karena, sapi tidak mampu menampung pakan kasar sesuai dengan energi yang dibutuhkan. Sebabnya, untuk mencukupi energi, maka diperlukanlah tambahan pakan konsentrat. Pakan konsentrat bisa berasal,

Dari Hewan:

  • Tepung daging
  • Pati daging dan tulang
  • Serbuk darah
  •  Abuk bulu
  • Powder cacing
  • Hasil sampingan pengolahan ikan, yaitu tepung ikan
  • Alhasil sampingan pengolahan susu seperti lemak susu dan bubuk susu skim.

Untuk pakan ternak konsentrat yang berasal dari hewan ditandai dengan protein kualitas tinggi yang jumlahnya relatif banyak, dan kandungan mineral yang cukup tinggi juga. Mengandung protein lebih dari 47%, mineral Ca lebih dari 1%, P lebih dari 1,5%, serta serat kasar kurang dari 2,5%.

Dari Tumbuhan:

  • Hasil panen pertanian seperti kedelai, kacang hijau, jagung, serta yang lainnya.
  • Sisa industri pertanian seperti bungkil kelapa/ kelapa sawit, bungkil wijen, bungkil kedelai, biji palm, biji karet, ampas tahu, dedak sekam padi, serta yang lainnya.

Pakan ternak konsentrat mempunyai kandungan energi dan protein yang tinggi. Kelompok yang memiliki kandungan terbanyak seperti jagung, biji – bijian, sorghum, yang SE dan TDN yang tinggi, serat kasar yang rendah, kandungan protein kasar sedang, serta kandungan mineral yang bervariasi.

Pakan ternak konsentrat yang berasal dari tumbuhan mempunyai kandungan protein 47%, mineral Ca kurang dari 1%, P kurang dari 1,5 %, dan serat kasar yang lebih dari 2,5%. pakan ayam legund juga,

Supaya dapat sesuai sasaran yang diinginkan, maka penggunaan pakan ternak konsentrat harus memperhatikan 2 hal berikut ini:

  • Pemberian pakan ternak konsentrat harus memperhatikan kebutuhan nutrisi hewan ternak, jangan sampai pemberian pakan ternak konsentrat terlalu berlebihan sebab konsentrat hanyalah penguat atau pakan tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saja.
  • Memberikan pakan ternak konsentrat harus sesuai dengan imbangan jumlah produksinya, susu ataupun daging.

Cara Membuat Konsentrat

Konsetrat adalah campuran dari beberapa bahan pakan untuk me­lengkapi kekurangan gizi dari kebutuhan pakan sapi potong per hari. Bahan pakan kosentrat atau suplemen pelengkap yang bisa diberikan pada ternak sapi antara lain : dedak  padi, bungkil kelapa, jagung giling, bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kecap dan lain-lain.

Campuran bahan pakan kon­sentrat yang diberikan pada ternak tergantung kepada harga  dan ketersediaan akan pakan di sekitar lokasi usaha peng­­gemukan ternak sapi. Dari berbagai hasil penelitian beberapa formulasi pakan  kon­sentrat yang dapat diberikan pada kebutuhan pakan sapi potong per hari diantaranya adalah :

Cam­puran 70 % dedak padi serta 30% bungkil kelapa, kemudian ditambahkan dengan 0,5 % tepung tulang dan 1 % garam dapur.

Komposisi 2 bagian dedak ditambah 1 bagian bungkil kelapa + 1 bagian jagung. Selanjutnya ditambahkan tepung tulang serta garam dapur sebanyak 1 – 2 % kedalam  campuran pakan  tersebut. Perpaduan 70 % dedak padi + 25 % bungkil kelapa + 5% jagung giling lalu ditambahkan 1% tepung tulang dan garam dapur.

3. Pakan Fermentasi

cara-ternak-sapi-potong

Pakan fementasi adalah hasil dari proses amoniasi, atau sering juga disebut sebagai peragian/ pemerana. Tujuan pembuatan pakan fermentasi yaitu untuk memaksimalkan pengawetan kandungan gizi pada pakan hijauan ataupun bahan pakan lainnya agar dapat disimpan dalam waktu yang lama dan tanpa mengurangi jumlah nutrisinya.

Hal ini sangat penting,sehingga pada saat musim sulit dalam mendapatkan pakan sapi,pakan fermentasi sangatlah perlu dibutuhkan.

Kebutuhan gizi serta nutrisi yang tercukupi, maka banyak efek positif yang didapatkan. Kualitas binatang ternak yang semakin baik yang sudah pasti akan berdampak pada nilai jual hewan ternak.

Dengan menggunakan metode fermentasi, maka penyediaan pakan ternak akan lebih hemat. Adapun ciri – ciri dari pakan fermentasi yang sudah jadi, seperti ada peningkatan suhu, ada perubahan warna, dan menjadi lebih lapuk/ empuk.

Untuk tahu lebih lengkap tentang pakan ternak fermentasi, bagaimana cara membuat pakan ternak fermentasi sendiri, serta bagaimana pula cara tepat memberikannya pada hewan ternak Anda, bisa kunjungi artikel Fermentasi Pakan Ternak.

4. Mineral

Mineral atau zat – zat garam sangat dibutuhkan untuk hewan ternak perah. Zat anorganik contohnya : Kalsium, Kalium, Zat besi, Fosfat, Natrium, Magnesium, dan yang lainnya adalah macam – macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh hewan ternak.

Tambahan mineral memang dibutuhkan sebagai tambahan pada beberapa pakan ternak, tetapi tidak semua, karena sebagian besar mineral tersebut dapat diperoleh dari bahan – bahan makanan ternak yang diberikan. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui kandungan dari pakan ternak yang diberikan, apakah sudah mencukupi kebutuhan mineral binatang ternak atau tidak.

5. Vitamin

Vitamin sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan, serta menjaga fungsi alami dari sistem tubuh hewan ternak. Ada dua 2 kelompok vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh binatang ternak, yaitu vitamin yang larut dalam air diantaranya vitamin B kompleks, B6, B12, C, biotin, kholin, inondol, niacin. Serta vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin, A, D, E, dan K.

Memang vitamin hanya sedikit yang dibutuhkan, tetapi hal ini sama sekali tidak boleh diabaikan karena tidak semua bahan pakan ternak mengandung vitamin yang lengkap, mengingat resiko dari hewan ternak yang jika kekurangan vitamin maka dapat mengakibatkan tubuh hewan ternak lemah, sakit – sakitan, dan bahkan kematian. Tentu hal tersebut akan merugikan Anda bukan?

6. Pakan Tambahan

kebutuhan-pakan-sapi-potong-per-hari

Adalah pakan yang digunakan hanya sebagai tambahan dan bukanlah untuk konsumsi pokok bagi hewan ternak. Pakan tambahan yang dimaksudkan yaitu produk yang tidak bernutrisi, namun berguna untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit, ataupun menyembuhkan hewan ternak. Diantaranya, antibiotik, anti toksin, obat cacing, hormon, dan yang lainnya.

Pada pemberian antibiotik sendiri, dimaksudkan untuk memodifikasi keseimbangan bakteri yang berada dalam saluran pencernaan binatang ternak. Keseimbangan antara bakteri yang menguntungkan dengan bakteri yang merugikan akan mencegah terjadinya penurunan produksi ternak.

Demikian Artikel kali ini yang dapat saya bagikan kepada Anda,mudah-mudahan dapat membantu menemukn solusi atau menyelesaikan masalah yang sedang Anda alami. Support dan ikuti saya selalu,supaya anda bisa selalu membaca artikel saya selanjutnya.

Serta jangan lupa berikan saran,komentar,kritik tentang artikel jenis pakan sapi ini agar saya dapat memperbaikinya sehingga membuat anda nyaman saat membaca artikel saya. Sekian dan Terima kasih.

The post Jenis Pakan Sapi yang Penting untuk Meningkatkan Harga Jual appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Fermentasi Pakan Sapi yang Mudah, Efisien https://mesinpencacahrumput.com/cara-fermentasi-pakan-sapi/ Thu, 26 Sep 2019 13:37:03 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1277 Pada artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara fermentasi pakan sapi yang mudah,efisien,berkualitas dan ga ribet. Kuy baca informasinya! Fermentasi pakan adalah proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan ternak hijauan (pakan serat) bisa disimpan dan bertahan dalam kurun waktu lama. Sedangkan amoniasi merupakan cara pengolahan kimia untuk […]

The post Cara Fermentasi Pakan Sapi yang Mudah, Efisien appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara fermentasi pakan sapi yang mudah,efisien,berkualitas dan ga ribet. Kuy baca informasinya!

Fermentasi pakan adalah proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan ternak hijauan (pakan serat) bisa disimpan dan bertahan dalam kurun waktu lama.

Sedangkan amoniasi merupakan cara pengolahan kimia untuk meningkatkan kadar cernar bahan pakan hijauan (berserat) serta kadar protein dengan menggunakan amoniak (NH3) sebagai bahan kimia. Pakan ternak fermentasi ini biasa diberikan pada hewan ternak ruminansia seperti kambing, sapi dan kerbau.

Tujuan utama cara fermentasi pakan sapi pada hewan ruminansia supaya saat menyimpan pakan ternak yang tersedia dalam jumlah banyak bisa bertahan lama tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang ada pada pakan tersebut. Sehingga hal ini sangat membantu peternak kambing dalam memberi pakan hijaun (serat) di saat musim kemarau.

Kelebihan Fermentasi Pakan Sapi Untuk Beternak

cara-fermentasi-pakan-sapi

Dibandingkan dengan pakan alami yang kita berikan langsung pada sapi ternak,cara fermentasi pakan sapi mempuyai beberapa kelebihan. Diantaranya adalah:

  • Dapat memperbaiki sistem pencernaan pada sapi
  • Bisa meningkatkan produksi susu pada sapi
  • Membuat sapi ternak cepat gemuk atau bertambah berat badannya secara alami dan sehat
  • Pakan fermentasi dapat disimpan sesuai dengan kebutuhan (pakan ternak dapat bertahan lama mengurangi jumlah kandungan nutrisi)
  • Dapat mempercepat petumbuhan sebab pakan ternak fermentasi terdapat nutrisi penambah nafsu makan
  • Daging ternak sapi menjadi lebih rendah kolesterol serta tidak prengus
  • Membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh pada sapi ternak
  • Dapat mengurangi amoniak atau bau kotoran hewan yang tidak enak sehingga dapat mengurangi pencemaran udara lingkungan
  • Kotoran ternak sapi yang diolah menjadi pupuk memiliki kualitas yanng lebih unggul
  • Urine pada sapi lebih sedikit dan dapat digunakan sebagai biogas alami, sehingga pemeliharaan ternak kambing lebih mudah

Pemberian pakan fermentasi terhadap hewan ternak khususnya pada sapi memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Hal ini terlihat pada kualitas daging sapi serta harga jual yang mengalami peningkatan secara drastis. Kualitas sapi yang semakin baik akan berbanding lurus dengan harga jual. Sehingga mampu untuk mendongkrak omset penjualan sapi ternak.

Kelemahan Pakan Fermentasi Sapi

Tahukah Anda, apa saja dampak negatif cara fermentasi pakan sapi pada ternak sapi? Pakan fermentasi merupakan pakan hijauan dan bahan lainnya yang difermentasi menggunakan mikroorganisme untuk menghasilkan energi dan nutrisi yang lebih berkualitas.

Bahan-bahan yang biasa difermentasi adalah hijauan, limbah pertanian seperti daun singkong, jerami padi, dan sebagainya. Fermentasi pakan jerami menjadi salah satu solusi bagi peternak untuk menyediakan pakan yang dapat diawetkan untuk mengantisipasi kekurangan pakan di saat jumlah yang tersedia di lahan sedikit.

Cara fermentasi pakan sapi menghasil fermentasi yang memiliki komposisi nutrisi yang berbeda daripada bahan pakan sebelum difermentasi. Pada proses fermentasi pakan sapi terjadi penambahan sejumlah energi dan juga nutrisi lainnya yang sebelumnya tidak tersedia dalam hijauan.

Dalam dunia peternakan sendiri, fermentasi bahan pakan sapi bertujuan menyediakan pakan sapi di saat hijauan sulit didapatkan, menambah nilai nutrisi sapi sehingga lebih komplit, serta mengawetkan bahan pakan hijauan yang berlimpah di saat hujan.

Akan tetapi, dampak negatif pakan fermentasi ini pun tidak bisa Anda abaikan. Respirasi anaerobik merupakan pakan alternatif yang merupakan hasil olahan teknologi pakan ternak untuk menghasilkan pakan dengan energi yang lebih tinggi dan bernutrisi. Pakan fermentasi digunakan untuk pengganti hijauan yang sangat minim di saat musim kemarau.

Makanan ternak fermentasi sebenarnya sangat menguntungkan bagi peternak karena menjadi solusi untuk ketersediaan pakan di saat masa-masa sulit untuk mendapatkan pakan. Namun, pemberian pakan fermentasi yang terus-menerus juga sangat merugikan ternak.

Dampaknya

Beberapa hal yang terjadi akibat pemberian pakan fermentasi yang diberikan secara terus-menerus di antaranya sapi mengalami defisiensi nutrisi,sapi menjadi semakin kurus, pertumbuhan sapi terlambat, bahkan kambing bisa terkena penyakit yang disebabkan defisiensi nutrisi pakan.

Nutrisi, vitamin dan mineral yang lengkap sangat dibutuhkan oleh sapi untuk memicu pertumbuhannya dan juga produksi susu pada sapi. Terkadang, peternak hanya asal menerapkan hal baru yang instan dan sangat mudah untuk menjalankan usaha ternak sapi.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Fermentasi Pakan Sapi

Dalam cara fermentasi pakan sapi, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan. Apa saja alat serta bahan untuk membuat pakan fermentasi sapi ternak itu, berikut ini ulasannya:

  1. Pisau pemotong atau cacah atau bisa juga golok digunakan untuk memotong bahan pakan yang akan difermentasi.
  2. Terpal, tong besar atau plastik besar digunakan sebagai tempat menampung bahan fermentasi yag telah di potong-potong.
  3. Gedebog pisang dan jerami juga bisa merupakan bahan alami yang digunakan sebagai bahan utama membuat fermentasi pakan kambing. Kebutuhan bahan alami ini adalah 80%.
  4. Tetesan air tebu atau gula pasir dan garam.
  5. Suplemen probiotik (suplemen yang umum digunakan yaitu probiotik SOC-HCS.
  6. Dedak atau bekatul bisa juga ditambah dengan ampas tahu kebutuhannya ialah 20%. Diman komposisinya 15% untuk ampas tahu dan 5% untuk dedak atau bekatul.
  7. Air secukupnya.

BAHAN DAN UKURAN:

  1. 1000 kg atau dapat juga dikira-kira sekitar 5-8 ikat jerami padi , dipilih yang sudah kering, kemudian dicacah panjang 5 cm, tujuan pencacahan jerami ini untuk memudahkan terjadinya proses fermentasi dan ketika nanti pakan fermentasi sudah siap diberikan ke kambing, ternak kambing akan mudah memakan dan mengunyahnya. Cara mudah untuk mencacah jerami dalam jumlah banyak, idealnya menggunakan mesin pencacah rumput jerami.
  1. 20-25 Lt, tetes atau molase jika tidak ada dapat diganti gula yang dilarutkan. Penggunaan larutan gula memang lebih mahal dibandingkan dengan tetes tebu, namun untuk jangka panjangnya akan lebih aman menggunakan larutan gula jawa atau gula aren.
  1. 1 botol probiotik ( jenis dan merknya sangat beragam, silahkan gunakan sesuai pilihan anda masing-masing )
  1. 250-300 Lt. Air untuk melarutkan probiotik dan tetes
  1. Bekatul atau dedak padi sebanyak 30 kg

PERALATAN:

  1. Tempat untuk fermentasi jerami bisa berupa tembok semen, bis semen, drum plastik, plastik bening, silahkan disesuai dengan kemampuan dana dan jumlah ternak
  2. Alat pemotong berupa mesin pencacah rumput jerami atau sabit atau sejenisnya
  3. Ember atau timba, gembor, terpal plastik atau karung plastik

Cara Pembuatan Fermentasi Pakan Sapi Ternak

pakan-sapi

Gedebog pisang merupakan limbah yang pemanfaatannya kurang maksimal. Sebagian besar batang pisang hanya dipotong-potong dan dibiarkan membusuk.

Pemanfaatannya masih sangat minimal, paling hanya digunakan sebagai penancap pada pertunjukan wayang kulit, sebagai kembang mayang pada upacara pernikahan, bendungan pinggiran sungai supaya air tidak meluap, untuk dibuat kapal-kapalan oleh anak-anak, pembungkus karbit pada pengimbuan buah-buahan, dan lain-lain.

Bagaimana kalau gedebog pisang digunakan sebagai pakan ternak?
fermentasi-dari-gedebog-pisang

Masalahnya kalau sudah di kandang mungkin berbeda dengan di laborat. Sapi dan kambing mau nggak makan batang pisang, kalaupun mau baik ndak untuk kesehatan dan pertumbuhan sapi dan kambing.

Penelitian gedebog pisang

cara-fermentasi-pakan-sapi

Batang pisang untuk kambing, domba atau sapi, ada  juga penelitian yang membahas soal penggunaan gedebog pisang untuk dijadikan pakan sapi dan kambing. Dalam pemanfaatannya sebagai ransum pakan sapi dan kambing, gedebog pisang ini harus ditambahkan bahan-bahan lain. Bahan tambahan dapat berupa jagung, dedak padi, dan molases.

Untuk bahan tambahan dalam penelitian ini nanti saya ada diparagraf selanjutnya. Penambahan ini supaya kualitas ransum menjadi lebih baik. Mengingat gedebog pisang mempunyai banyak kekurangan dalam kualitas ransumnya.

Kandungan airnya yang tinggi, serat kasarnya yang sulit dicerna, karbohidrat yang sulit terlarut, protein kasar yang rendah dan mudah busuk tentunya.

Batang pisang memiliki kandungan nutrisi bahan kering (BK) 7,5%, protein kasar(PK) 5,9%, serat kasar(SK) 26,6% dan lemak kasar(LK) 2,2%.

Tepung bonggol pisang mengandung pati (karbohidrat) sebesar 66,2%, serat kasar 10,23%, protein 5,88%, dan lignin 33,51%. Kandungan lignin pada batang pisang ini tinggi, jadi hal ini bisa berpengaruh terhadap kinerja mikroba dalam mencerna makanan.

Bagaimana penelitian ini dilakukan?

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah kandungan protein kasar serta serat kasar dari ransum pakan sapi dan kambing yang bahan utamanya adalah gedebog pisang. Bahan-bahan tambahan yang digunakan sebagai bahan ransum adalah dedak padi, tepung jagung, tepung kepala udang, molases, urea dan mineral mix.

Jumlah komposisi dari masing-masing bahan tersebut ada di tabel di bawah:

Bahan Ransum
Komposisi %
Batang Pisang
50
Dedak Padi
25
Tepung Jagung
2,5
Kepala Udang
5
Molases
5
Urea
1,5
Mineral Mix
1
Jumlah
100%

Penjabarannya

Dengan komposisi ransum seperti diatas, didapat ransum dengan protein kasar sebesar 11,21 ± 1,38 % dan serat kasar (SK) 20,91 ± 2,10 %. Angka setelah tanda ± menunjukkan tingkat kesalahan dalam pengukuran. Jadi nilai protein kasarnya dapat 11,21 + 1,38 = 12,59 % atau 11,21 – 1,38 = 9,83 %.

Memang seperti itu aturannya. Untuk yang lemak kasarnya bisa dihitung sendiri ya. Ransum yang dipersiapkan ada empat ransum dengan komposisinya persis seperti di atas. Makanan pra-saji yang pertama (P0) tidak disilase.

Pakan jadi yang kedua (P1) disilase dengan lama waktu pemeraman 7 hari, ransum ketiga (P2) disilase dengan lama waktu pemeraman 14 hari, dan ransum keempat (P3) waktu pemeramannya 21 hari. Batang/gedebog pisang dipotong kecil-kecil sekitar 2-5 cm. Setelah itu gedebog pisang dijemur menggunakan sinar matahari selama 3-7 hari.

Akan tetapi tidak disebutkan berapa jumlah kadar air akhir daari gedebog pisangnya. Batang pisang yang sudah dilayukan dicampur dengan bahan-bahan tambahan. Pencampurannya dilakukan dengan cara bertahap.

Batang pisang dicampur dengan dedak padi terlebih dahulu dicampur diaduk sampai merata, baru kemudian dicampur dengan tepung jagung. Begitu seterusnya sampai semua bahan tercampur dengan homogen atau merata.

Campuran tadi dimasukkan dalam kantong plastik dipadatkan dan ditutup rapat, disimpan dalam keadaan tanpa oksigen dan diletakkan ditempat yang teduh. Lama waktu pemeraman sebagaimana yang saya jelaskan pada paragraf di atas, ada ransum yang tidak diperam, diperam 7 hari, 14 hari dan 21 hari.

Hasilnya

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini hanya informasi megenai kandungan protein kasar dan serat kasar dari masing – masing ransum. Karena memang itu tujuan dari peneliti. Ringkasan Protein Kasar dan Serat kasar:

Ransum 1 (P0) Protein Kasar (Pk) 11,21 ± 1,38 %  serta Serat Kasar (SK) 20,91 ± 2,10 %. Bagian makanan 2 (P1) Protein Kasar (Pk) 9,95 ± 0,58 %  dan Serat Kasar (SK) 21,52 ± 1,35 %. Susunan makanan 3 (P2) Protein Kasar (Pk) 10,57± 0,71 %  dan Serat Kasar (SK) 13,93 ± 0,95 %. Bahan makanan  4 (P3) Protein Kasar (Pk) 11,01± 0,28 %  dan Serat Kasar (SK) 14,68 ± 1,41 %.

Kesimpulannya

Kalau dilihat dari hasil tersebut, jumlah kandungan protein kasar ransum menurun pada minggu pertama yaitu nilainya ada di ransum 2. Kemudian nilai PK nya naik sedikit pada minggu kedua yang ditunjukkan oleh ransum 3.

Hingga akhirnya nilai PK pada minggu ke tiga, yaitu ransum 4 nilainya hampir persis dengan nilai protein kasar awal ransum yang tidak disilase atau diperam.

Pada ransum 2, nilai protein kasarnya menurun, sebab pada fase minggu pertama 7 hari, bakteri clostridia (bakteri merugikan) masih bekerja. Bakteri tersebut mengubah asam amino menjadi amonia sehingga kandungan protein kasarnya menurun.

Pada minggu ke 2 (ransum 3) dan minggu ke3 (ransum4) jumlah bakteri asam laktat mulai bertambah sehingga kandungan asam yang dihasilkan dapat menekan aktifitas bakteri clostridia.

Hal ini secara tidak langsung meningkatkan jumlah yang termuat protein ransum sebab bakteri asam laktat itu sendiri merupakan protein sel tungggal. Semakin banyak jumlah bakteri asam laktat semakin banyak nilai protein kasar ransum.

Untuk serat kasarnya, nilainya semakin menurun. Nilai serat kasar ransum batang pisang menurun drastis dari minggu ke dua 14 hari (ransum 3).

Ciri-Ciri Fermentasi Pakan Sapi yang Anda Buat Sudah Jadi

Setelah Anda membuat pakan fermentasi, sebaiknya kita mengecek dulu sebelum pakan tersebut diberikan pada sapi ternak. Apakah pakan sapi fermentasi yang Anda bikin sudah jadi atau belum. Nah untuk mengetahui pakan fermentasi yang kita buat sudah jadi dapat dilihat dari:

  • Suhu bahan yang kita buat pakan fermentasi meningkat atau istilah menjadi hangat saat kita pegang. Yang semula gedeboknya dingin menjadi sedikit hangat.
  • Yang kedua terlihat ada perubahan warna pada bahan fermentasi yang kita buat.
  • Terakhir, bahan fermentasi yang semua kaku menjadi lapuk/empuk atau lunak.

Cara Memberikan Fermentasi Pakan Sapi pada  Ternak

kebutuhan-pakan-sapi-potong-per-hari

Setelah pakan fermentasi yang kita buat jadi (mempunyai ciri-ciri sesuai dengan fermentasi pakan ternak yang sudah jadi), sekarang kita sudah bisa memberikan pakan tersebut pada kambing ternak. Berikut ini merupakan cara supaya hewan ternak mau memakan pakan fermentasi yang telah kita buat. Diantara caranya yaitu:

  • Sebelum kita memberikan pakan fermentasi pada sapi ternak, pakan fermentasi di angin-anginkan terlebih dulu sekitar 15 menit. Hal ini bertujuan supaya pakan fermentasi tidak lembab saat dimakan sapi ternak. Ketika pakan lembab bisa memungkinkan sapi ternak tidak menyukainya bahkan tidak mau memakannya.
  • Pakan fermentasi sangat baik diberikan sapi ternak pada waktu pagi dan sore hari setelah sapi memakan makanan alami (hijaun daun-daun atau rumput). Hal ini bertujuan agar sapi tidak kaget dengan pakan fermentasi yang kita berikan.
  • Selama pakan fermentasi  yang kita buat tidak terkena cahaya matahari ataupun hujan secara langsung, pakan kambing fermentasi menggunakan SOC dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang cara fermentasi pakan sapi yang dapat saya berikan atau sharing kepada Anda. Mudah-mudahan dapat membantu menemukan solusi atau menyelesaikan masalah yang sedang Anda alami sekarang ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dari awal sampai akhir.

The post Cara Fermentasi Pakan Sapi yang Mudah, Efisien appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Mudah dan Efisien https://mesinpencacahrumput.com/cara-membuat-pakan-kambing-fermentasi/ Wed, 25 Sep 2019 12:29:16 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1259 Pada artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara membuat pakan kambing fermentasi yang mudah,efisien dan ga ribet. Kuy baca informasinya! Fermentasi pakan adalah proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan ternak hijauan (pakan serat) bisa disimpan dan bertahan dalam kurun waktu lama. Sedangkan amoniasi merupakan cara pengolahan kimia […]

The post Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Mudah dan Efisien appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara membuat pakan kambing fermentasi yang mudah,efisien dan ga ribet. Kuy baca informasinya!

Fermentasi pakan adalah proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan ternak hijauan (pakan serat) bisa disimpan dan bertahan dalam kurun waktu lama.

Sedangkan amoniasi merupakan cara pengolahan kimia untuk meningkatkan kadar cerna bahan pakan hijauan (berserat) serta kadar protein dengan menggunakan amoniak (NH3) sebagai bahan kimia. Pakan ternak fermentasi ini biasa diberikan pada hewan ternak ruminansia seperti kambing, sapi dan kerbau.

Tujuan utama cara membuat pakan kambing fermentasi pada hewan ternak supaya saat menyimpan pakan ternak yang tersedia dalam jumlah banyak bisa bertahan lama tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang ada pada pakan tersebut. Sehingga hal ini sangat membantu peternak kambing dalam memberi pakan hijaun (serat) di saat musim kemarau.

Kelebihan Fermentasi Pakan Kambing Untuk Beternak

cara-membuat-pakan-fermentasi-kambing

Dibandingkan dengan pakan alami yang kita berikan langsung pada kambing ternak,cara membuat pakan kambing fermentasi mempuyai beberapa kelebihan. Diantaranya adalah:

  • Dapat memperbaiki sistem pencernaan pada kambing
  • Bisa meningkatkan produksi susu pada kambing, terutama pada kambing etawa
  • Membuat kambing ternak cepat gemuk atau bertambah berat badannya secara alami dan sehat
  • Pakan fermentasi dapat disimpan sesuai dengan kebutuhan (pakan ternak dapat bertahan lama mengurangi jumlah kandungan nutrisi)
  • Dapat mempercepat petumbuhan sebab pakan ternak fermentasi terdapat nutrisi penambah nafsu makan
  • Daging ternak kambing menjadi lebih rendah kolesterol serta tidak prengus
  • Membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh pada kambing ternak
  • Dapat mengurangi amoniak atau bau kotoran hewan yang tidak enak sehingga dapat mengurangi pencemaran udara lingkungan
  • Kotoran ternak kambing yang diolah menjadi pupuk memiliki kualitas yanng lebih unggul
  • Urine pada kambing lebih sedikit dan dapat digunakan sebagai biogas alami, sehingga pemeliharaan ternak kambing lebih mudah

Pemberian pakan fermentasi terhadap hewan ternak khususnya pada kambing memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Hal ini terlihat pada kualitas daging kambing serta harga jual yang mengalami peningkatan secara drastis. Kualitas kambing yang semakin baik akan berbanding lurus dengan harga jual. Sehingga mampu untuk mendongkrak omset penjualan kambing ternak.

Kelemahan Pakan Fermentasi Kambing

Tahukah Anda, apa saja dampak negatif cara membuat pakan kambing fermentasi pada ternak kambing? Pakan fermentasi merupakan pakan hijauan dan bahan lainnya yang difermentasi menggunakan mikroorganisme untuk menghasilkan energi dan nutrisi yang lebih berkualitas.

Bahan-bahan yang biasa difermentasi adalah hijauan, limbah pertanian seperti daun singkong, jerami padi, dan sebagainya. Fermentasi pakan jerami menjadi salah satu solusi bagi peternak untuk menyediakan pakan yang dapat diawetkan untuk mengantisipasi kekurangan pakan di saat jumlah yang tersedia di lahan sedikit.

Cara membuat pakan kambing fermentasi menghasil fermentasi yang memiliki komposisi nutrisi yang berbeda daripada bahan pakan sebelum difermentasi. Pada proses fermentasi pakan kambing terjadi penambahan sejumlah energi dan juga nutrisi lainnya yang sebelumnya tidak tersedia dalam hijauan.

Dalam dunia peternakan sendiri, fermentasi bahan pakan kambing bertujuan menyediakan pakan kambing di saat hijauan sulit didapatkan, menambah nilai nutrisi kambing sehingga lebih komplit, serta mengawetkan bahan pakan hijauan yang berlimpah di saat hujan.

Akan tetapi, dampak negatif pakan fermentasi ini pun tidak bisa Anda abaikan. Respirasi anaerobik merupakan pakan alternatif yang merupakan hasil olahan teknologi pakan ternak untuk menghasilkan pakan dengan energi yang lebih tinggi dan bernutrisi. Pakan fermentasi digunakan untuk pengganti hijauan yang sangat minim di saat musim kemarau.

Makanan ternak fermentasi sebenarnya sangat menguntungkan bagi peternak karena menjadi solusi untuk ketersediaan pakan di saat masa-masa sulit untuk mendapatkan pakan. Namun, pemberian pakan fermentasi yang terus-menerus juga sangat merugikan ternak.

Dampaknya

Beberapa hal yang terjadi akibat pemberian pakan fermentasi yang diberikan secara terus-menerus di antaranya kambing mengalami defisiensi nutrisi, kambing menjadi semakin kurus, pertumbuhan kambing terlambat, bahkan kambing bisa terkena penyakit yang disebabkan defisiensi nutrisi pakan.

Nutrisi, vitamin dan mineral yang lengkap sangat dibutuhkan oleh kambing untuk memicu pertumbuhannya dan juga produksi susu pada kambing. Terkadang, peternak hanya asal menerapkan hal baru yang instan dan sangat mudah untuk menjalankan usaha ternak kambing.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Fermentasi Pakan Kambing

Dalam pembuatan pakan fermentasi untuk kambing ternak, kita membutuhkan beberapa alat dan bahan. Apa saja alat serta bahan untuk membuat pakan fermentasi kambing ternak itu, berikut ini ulasannya:

  1. Pisau pemotong atau cacah atau bisa juga golok digunakan untuk memotong bahan pakan yang akan difermentasi.
  2. Terpal, tong besar atau plastik besar digunakan sebagai tempat menampung bahan fermentasi yag telah di potong-potong.
  3. Gedebog pisang dan jerami juga bisa merupakan bahan alami yang digunakan sebagai bahan utama membuat fermentasi pakan kambing. Kebutuhan bahan alami ini adalah 80%.
  4. Tetesan air tebu atau gula pasir dan garam.
  5. Suplemen probiotik (suplemen yang umum digunakan yaitu probiotik SOC-HCS.
  6. Dedak atau bekatul bisa juga ditambah dengan ampas tahu kebutuhannya ialah 20%. Diman komposisinya 15% untuk ampas tahu dan 5% untuk dedak atau bekatul.
  7. Air secukupnya.

BAHAN DAN UKURAN:

  1. 1000 kg atau dapat juga dikira-kira sekitar 5-8 ikat jerami padi , dipilih yang sudah kering, kemudian dicacah panjang 5 cm, tujuan pencacahan jerami ini untuk memudahkan terjadinya proses fermentasi dan ketika nanti pakan fermentasi sudah siap diberikan ke kambing, ternak kambing akan mudah memakan dan mengunyahnya. Cara mudah untuk mencacah jerami dalam jumlah banyak, idealnya menggunakan mesin pencacah rumput jerami.
  1. 20-25 Lt, tetes atau molase jika tidak ada dapat diganti gula yang dilarutkan. Penggunaan larutan gula memang lebih mahal dibandingkan dengan tetes tebu, namun untuk jangka panjangnya akan lebih aman menggunakan larutan gula jawa atau gula aren.
  1. 1 botol probiotik ( jenis dan merknya sangat beragam, silahkan gunakan sesuai pilihan anda masing-masing )
  1. 250-300 Lt. Air untuk melarutkan probiotik dan tetes
  1. Bekatul atau dedak padi sebanyak 30 kg

PERALATAN:

  1. Tempat untuk fermentasi jerami bisa berupa tembok semen, bis semen, drum plastik, plastik bening, silahkan disesuai dengan kemampuan dana dan jumlah ternak
  2. Alat pemotong berupa mesin pencacah rumput jerami atau sabit atau sejenisnya
  3. Ember atau timba, gembor, terpal plastik atau karung plastik

Cara Pembuatan Fermentasi Pakan Kambing Ternak

cara-membuat-pakan-fermentasi-kambing

Gedebog pisang merupakan limbah yang pemanfaatannya kurang maksimal. Sebagian besar batang pisang hanya dipotong-potong dan dibiarkan membusuk.

Pemanfaatannya masih sangat minimal, paling hanya digunakan sebagai penancap pada pertunjukan wayang kulit, sebagai kembang mayang pada upacara pernikahan, bendungan pinggiran sungai supaya air tidak meluap, untuk dibuat kapal-kapalan oleh anak-anak, pembungkus karbit pada pengimbuan buah-buahan, dan lain-lain.

Bagaimana kalau gedebog pisang digunakan sebagai pakan ternak?
fermentasi-dari-gedebog-pisang

Masalahnya kalau sudah di kandang mungkin berbeda dengan di laborat. Kambing atau dombanya mau nggak makan batang pisang, kalaupun mau baik ndak untuk kesehatan dan pertumbuhan kambing dan dombanya.

Penelitian gedebog pisang

cara-membuat-pakan-fermentasi-kambing

Batang pisang untuk kambing, domba atau sapi, ada  juga penelitian yang membahas soal penggunaan gedebog pisang untuk dijadikan pakan kambing atau domba. Dalam pemanfaatannya sebagai ransum pakan kambing dan domba, gedebog pisang ini harus ditambahkan bahan-bahan lain. Bahan tambahan dapat berupa jagung, dedak padi, dan molases.

Untuk bahan tambahan dalam penelitian ini nanti saya ada diparagraf selanjutnya. Penambahan ini supaya kualitas ransum menjadi lebih baik. Mengingat gedebog pisang mempunyai banyak kekurangan dalam kualitas ransumnya.

Kandungan airnya yang tinggi, serat kasarnya yang sulit dicerna, karbohidrat yang sulit terlarut, protein kasar yang rendah dan mudah busuk tentunya.

Batang pisang memiliki kandungan nutrisi bahan kering (BK) 7,5%, protein kasar(PK) 5,9%, serat kasar(SK) 26,6% dan lemak kasar(LK) 2,2%.

Tepung bonggol pisang mengandung pati (karbohidrat) sebesar 66,2%, serat kasar 10,23%, protein 5,88%, dan lignin 33,51%. Kandungan lignin pada batang pisang ini tinggi, jadi hal ini bisa berpengaruh terhadap kinerja mikroba dalam mencerna makanan.

Bagaimana penelitian ini dilakukan?

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah kandungan protein kasar serta serat kasar dari ransum pakan kambing dan domba yang bahan utamanya adalah gedebog pisang. Bahan-bahan tambahan yang digunakan sebagai bahan ransum adalah dedak padi, tepung jagung, tepung kepala udang, molases, urea dan mineral mix.

Jumlah komposisi dari masing-masing bahan tersebut ada di tabel di bawah:

Bahan Ransum
Komposisi %
Batang Pisang
50
Dedak Padi
25
Tepung Jagung
2,5
Kepala Udang
5
Molases
5
Urea
1,5
Mineral Mix
1
Jumlah
100%

Penjabarannya

Dengan komposisi ransum seperti diatas, didapat ransum dengan protein kasar sebesar 11,21 ± 1,38 % dan serat kasar (SK) 20,91 ± 2,10 %. Angka setelah tanda ± menunjukkan tingkat kesalahan dalam pengukuran. Jadi nilai protein kasarnya dapat 11,21 + 1,38 = 12,59 % atau 11,21 – 1,38 = 9,83 %.

Memang seperti itu aturannya. Untuk yang lemak kasarnya bisa dihitung sendiri ya. Ransum yang dipersiapkan ada empat ransum dengan komposisinya persis seperti di atas. Makanan pra-saji yang pertama (P0) tidak disilase.

Pakan jadi yang kedua (P1) disilase dengan lama waktu pemeraman 7 hari, ransum ketiga (P2) disilase dengan lama waktu pemeraman 14 hari, dan ransum keempat (P3) waktu pemeramannya 21 hari. Batang/gedebog pisang dipotong kecil-kecil sekitar 2-5 cm. Setelah itu gedebog pisang dijemur menggunakan sinar matahari selama 3-7 hari.

Akan tetapi tidak disebutkan berapa jumlah kadar air akhir daari gedebog pisangnya. Batang pisang yang sudah dilayukan dicampur dengan bahan-bahan tambahan. Pencampurannya dilakukan dengan cara bertahap.

Batang pisang dicampur dengan dedak padi terlebih dahulu dicampur diaduk sampai merata, baru kemudian dicampur dengan tepung jagung. Begitu seterusnya sampai semua bahan tercampur dengan homogen atau merata.

Campuran tadi dimasukkan dalam kantong plastik dipadatkan dan ditutup rapat, disimpan dalam keadaan tanpa oksigen dan diletakkan ditempat yang teduh. Lama waktu pemeraman sebagaimana yang saya jelaskan pada paragraf di atas, ada ransum yang tidak diperam, diperam 7 hari, 14 hari dan 21 hari.

Hasilnya

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini hanya informasi megenai kandungan protein kasar dan serat kasar dari masing – masing ransum. Karena memang itu tujuan dari peneliti. Ringkasan Protein Kasar dan Serat kasar:

Ransum 1 (P0) Protein Kasar (Pk) 11,21 ± 1,38 %  serta Serat Kasar (SK) 20,91 ± 2,10 %. Bagian makanan 2 (P1) Protein Kasar (Pk) 9,95 ± 0,58 %  dan Serat Kasar (SK) 21,52 ± 1,35 %. Susunan makanan 3 (P2) Protein Kasar (Pk) 10,57± 0,71 %  dan Serat Kasar (SK) 13,93 ± 0,95 %. Bahan makanan  4 (P3) Protein Kasar (Pk) 11,01± 0,28 %  dan Serat Kasar (SK) 14,68 ± 1,41 %.

Kesimpulannya

Kalau dilihat dari hasil tersebut, jumlah kandungan protein kasar ransum menurun pada minggu pertama yaitu nilainya ada di ransum 2. Kemudian nilai PK nya naik sedikit pada minggu kedua yang ditunjukkan oleh ransum 3.

Hingga akhirnya nilai PK pada minggu ke tiga, yaitu ransum 4 nilainya hampir persis dengan nilai protein kasar awal ransum yang tidak disilase atau diperam.

Pada ransum 2, nilai protein kasarnya menurun, sebab pada fase minggu pertama 7 hari, bakteri clostridia (bakteri merugikan) masih bekerja. Bakteri tersebut mengubah asam amino menjadi amonia sehingga kandungan protein kasarnya menurun.

Pada minggu ke 2 (ransum 3) dan minggu ke3 (ransum4) jumlah bakteri asam laktat mulai bertambah sehingga kandungan asam yang dihasilkan dapat menekan aktifitas bakteri clostridia.

Hal ini secara tidak langsung meningkatkan jumlah kandungan protein ransum sebab bakteri asam laktat itu sendiri merupakan protein sel tungggal. Semakin banyak jumlah bakteri asam laktat semakin banyak nilai protein kasar ransum.

Untuk serat kasarnya, nilainya semakin menurun. Nilai serat kasar ransum batang pisang menurun drastis dari minggu ke dua 14 hari (ransum 3).

Ciri-Ciri Fermentasi Pakan Kambing yang Anda Buat Sudah Jadi

Setelah Anda membuat pakan fermentasi, sebaiknya kita mengecek dulu sebelum pakan tersebut diberikan pada kambing ternak. Apakah pakan kambing fermentasi yang Anda bikin sudah jadi atau belum. Nah untuk mengetahui pakan fermentasi yang kita buat sudah jadi dapat dilihat dari:

  • Suhu bahan yang kita buat pakan fermentasi meningkat atau istilah menjadi hangat saat kita pegang. Yang semula gedeboknya dingin menjadi sedikit hangat.
  • Yang kedua terlihat ada perubahan warna pada bahan fermentasi yang kita buat.
  • Terakhir, bahan fermentasi yang semua kaku menjadi lapuk/empuk atau lunak.

Cara Memberikan Fermentasi Pakan Kambing pada  Ternak

pakan-hijauan

Setelah pakan fermentasi yang kita buat jadi (mempunyai ciri-ciri sesuai dengan fermentasi pakan ternak yang sudah jadi), sekarang kita sudah bisa memberikan pakan tersebut pada kambing ternak. Berikut ini merupakan cara supaya hewan ternak mau memakan pakan fermentasi yang telah kita buat. Diantara caranya yaitu:

  • Sebelum kita memberikan pakan fermentasi pada kambing ternak, pakan fermentasi di angin-anginkan terlebih dulu sekitar 15 menit. Hal ini bertujuan supaya pakan fermentasi tidak lembab saat dimakan kambing ternak. Ketika pakan lembab bisa memungkinkan kambing ternak tidak menyukainya bahkan tidak mau memakannya.
  • Pakan fermentasi sangat baik diberikan kambing ternak pada waktu pagi dan sore hari setelah kambing memakan makanan alami (hijaun daun-daun atau rumput). Hal ini bertujuan agar kambing tidak kaget dengan pakan fermentasi yang kita berikan.
  • Selama pakan fermentasi  yang kita buat tidak terkena cahaya matahari ataupun hujan secara langsung, pakan kambing fermentasi menggunakan SOC dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang cara membuat pakan kambing fermentasi yang dapat saya berikan atau sharing kepada Anda. Mudah-mudahan dapat membantu menemukan solusi atau menyelesaikan masalah yang sedang Anda alami sekarang ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dari awal sampai akhir.

The post Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi Mudah dan Efisien appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Kebutuhan Pakan Sapi Potong Per Hari yang Perlu di Perhatikan Agar Tidak Rugi https://mesinpencacahrumput.com/kebutuhan-pakan-sapi-potong-per-hari/ Tue, 24 Sep 2019 14:38:56 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1241 Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan,tentang kebutuhan pakan sapi potong per hari supaya Anda mengetahui biaya yang dikeluarkan agar tidak rugi. Menghitung pengeluaran dan pemasukkan memang sangat penting supaya kita tahu usaha yang di jalankan tersebut menghasilkan untung atau malah buntung,terutama penghitungan kebutuhan pakan sapi potong per hari. Kuy cari tahu informasinya dibawah ini […]

The post Kebutuhan Pakan Sapi Potong Per Hari yang Perlu di Perhatikan Agar Tidak Rugi appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan,tentang kebutuhan pakan sapi potong per hari supaya Anda mengetahui biaya yang dikeluarkan agar tidak rugi.

Menghitung pengeluaran dan pemasukkan memang sangat penting supaya kita tahu usaha yang di jalankan tersebut menghasilkan untung atau malah buntung,terutama penghitungan kebutuhan pakan sapi potong per hari. Kuy cari tahu informasinya dibawah ini !

Produktivitas ternak dipenga­ruhi oleh faktor lingkungan sampai 70% dan faktor genetik hanya sekitar 30%.Diantara faktor lingkungan tersebut, aspek pakan mempunyai pengaruh paling besar yaitu sekitar 60%.

Hal ini memperlihatkan bahwa walaupun keunggulan genetik ternak tinggi, namun apabila kebutuhan pakan sapi potong per hari tidak memenuhi persyaratan kuantitas dan kualitas, maka produksi yang tinggi tidak akan tercapai.

Disamping pengaruhnya yang begitu besar terhadap produksi ternak, pengaruh pakan juga merupakan biaya produksi yang terbesar dalam usaha peternakan. Biaya pakan ini bisa mencapai 60 – 80% dari keseluruhan biaya produksi.

Tujuan pemberian pakan dalam suatu usaha penggemukan sapi potong yaitu untuk memperoleh pertambahan bobot badan secara maksimal. Dengan demikian dibutuhkannya pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan ternak baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

Syarat Pakan Ternak

kebutuhan-pakan-sapi-potong-per-hari

– Hendaknya cukup mengandung zat tinggi yang diperlukan tubuh yaitu : protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

– Disukai ternak (palatabilitas tinggi)

– Bersih dan tidak tercemari kotoran atau bibit penyakit.

– Tidak boleh dalam keadaan rusak (busuk,bercendawan)

–  Sebaiknya tidak mengandung barang-barang yang bersuhu rendah (contohnya embun pagi hari yang dapat menyebabkan sakit kembung/kejang perut pada ternak.

Jenis Pakan Ternak Pakan Hijauan

kandang-sapi

Bahan pakan utama ternak sapi penggemukan yaitu dalam bentuk hijauan yaitu berasal dari rumput unggul, rumput lokal dan leguminosa. Beberapa contoh hijauan pakan unggul antara lain rumput yang bisa dibudidayakan adalah rumput gajah, rumput raja, rumput setaria, rumput meksiko dan lain-lainnya.

Sedangkan hijauan pakan unggul berupa daun-daunan yaitu leguminosa  (kacang-kacangan seperti centro, siratro, lamtoro/petai cina dan gamal). Hasil sampingan tanam­an pertanian yang dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan pakan sapi potong per hari adalah brangkasan kacang tanah, kacang kedele, pucuk jagung muda dan lain-lain.

Hijauan pakan unggul berupa rumput potong :

–   Umumnya berusia panjang, tum­buh mem­bentuk rumpun setinggi 60 -150 cm bahkan lebih.

–   Berdaun lebat dan sistem per­akarannya luas sehingga relatif tahan kering.

–   Tumbuh baik pada dataran tinggi sampai rendah.

–   Dapat diperbanyak dengan biji, pols (sobekan rumput) dan stek batang dengan jarak 40 -60 cm, sebaiknya ditanam pada awal musim hujan.

–   Panen (pemotongan/defoliasi) pertama dilakukan saat ber­usia kurang lebih 2 bulan. Pemotongan berikutnya dilaku­kan setiap satu setengah bulan dengan tinggi pemotongan 10 – 15 cm dari permukaan tanah.

–   Pemupukan awal pada saat pengolahan tanah dengan takaran 10 ton pupuk kandang 50 kg KCL dan 50 kg TSP per hektar. Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah 3 kali pemotongan  dengan dosis yang sama. Sedangkan urea diberikan pada saat tanaman berusia 2 minggu sebanyak 50 kg/ha.

Penyedian Pakan Hijaun Setiap Tahun

Selama ini pohon lamtoro digunakan sebagai tanaman pagar, tanaman pelindung, kayu akar, pupuk hijau. Dan pencegah erosi serta daunnya dapat dimanfaatkan sebagai hijauan pakan bagi ternak yang diberikan dalambentuk segar.

Daun lamtoro bisa diberikan 40 % dari hijauan pakan dan dalam pemberiannya dicampur dengan hijauan lain. Lamtoro dipanen setelah berusia 6-9 bulan dengan cara pemangkasan. Lamtoro  bisa ditanam dengan jarak 0,5 – 1 m.

Pada penggemukan sapi dengan cara kereman dimana ternak dikandangkan terus menerus sangat membutuhkan ketersediaan hijauan dalam jumlah cukup  dan memiliki nilai gizi yang baik.

Sehingga dalam kebutuhan pakan sapi potong per hari, pemberian rum­put lapangan saja sudah tidak memungkinkan lagi meng­ingat ketersediaanya sangat dipengaruhi musim serta semakin terbatasnya pada penggembalaan, disamping itu nilai gizi rumput lapangan yang sangat rendah.

Sebagai jalan pintas penyediaan pakan hijauan sepanjang tahun dianjurkan dengan menanam hijauan pakan ternak dengan sistem 3 (tiga) strata. Sistim tiga strata merupakan suatu pola tanam hijauan pakan ternak yang diperuntukan untuk menyediakan pakan sepanjang tahun. Susunan 3 strata yang dimaksud adalah :

Strata -1 : terdiri dari tanaman rumput potong (rumput gajah/Pennisetum pupureum), Panicum maxcimum, Andropogon gayamus, SetariaSp dan lain-lain.
tingkat -2 : komposisi dari tanaman hortikultura/tanaman pangan.
Stratum -3 : terbentuk dari legum pohon (sengon, waru, lamtoro, gamal) selain sebagai pakan pada musim kemarau panjang,tanaman tersebut jugadapat digunakan sebagai tanaman pelindung dan pagar kebun maupun kayubakar.

Pakan Penguat (Konsentrat)

konsentrat-sapi-potong

Konsetrat adalah campuran dari beberapa bahan pakan untuk me­lengkapi kekurangan gizi dari kebutuhan pakan sapi potong per hari. Bahan pakan kosentrat atau suplemen pelengkap yang dapat diberikan pada ternak sapi antara lain : dedak  padi, bungkil kelapa, jagung giling, bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kecap dan lain-lain.

Campuran bahan pakan kon­sentrat yang diberikan pada ternak tergantung kepada harga  dan ketersediaan akan pakan di sekitar lokasi usaha peng­­gemukan ternak sapi. Dari berbagai hasil penelitian beberapa formulasi pakan  kon­sentrat yang dapat diberikan pada kebutuhan pakan sapi potong per hari diantaranya adalah :

Cam­puran 70 % dedak padi serta 30% bungkil kelapa, kemudian ditambahkan dengan 0,5 % tepung tulang dan 1 % garam dapur.

Komposisi 2 bagian dedak ditambah 1 bagian bungkil kelapa + 1 bagian jagung. Selanjutnya ditambahkan tepung tulang serta garam dapur sebanyak 1 – 2 % kedalam  campuran pakan  tersebut. Perpaduan 70 % dedak padi + 25 % bungkil kelapa + 5% jagung giling lalu ditambahkan 1% tepung tulang dan garam dapur.

Pakan Ternak Instan,Pakan yang dianjurkan oleh Ahli Nutrisi Pakan

kebutuhan-pakan-sapi-potong-per-hari

Jika sapi diberikan pakan basah berupa hijauan atau rumput rumputan maka jumlah yang diperlukan lebih banyak karena masih mengandung banyak air dalam pakannya.

Sekarang ini kebanyakan peternak menggantukan pakannya pada pakan hijauan atau rumput rumputan. Berikut ini yaitu cara menghitung kebutuhan pakan sapi berupa pakan rumput.

Cara menghitung kebutuhan pakan sapi potong per hari adalah idealnya 1 hektar ada berapa ekor, maka perlu di hitung terlebih dulu berapa kebutuhan sapinya.

Jika kita memelihara sekitar 10 ekor sapi yang beratnya 400 kg, maka keperluan pakan atau rumput per ekor sapi adalah 10% dari berat badan sapi atau 10% x 400 kg = 40 kg. Kebutuhan pakan rumput untuk 10 ekor sapi = 40 kg x 10 ekor sapi = 400 kg.

Wah jika dihitung ternyata kebutuhan pakan sapi potong per hari,pakan hijauan untuk sapi banyak juga ya. Pakan tersebut harus dipenuhi setiap hari agar performa kebutuhan pakan sapi bisa terpenuhi, jika kebutuhan pakan sapi potong per hari kurang dari itu maka penambahan bobot badan bisa menurun tidak sesuai dengan targetnya.

Nah jika kondisi ini tidak sesuai yang diharapkan maka kondisi ternak tidak akan maksimal sehingga akan mempengaruhi harga jual ternak sapi.

Melihat kondisi tersebut kami melakukan penelitian yang panjang dan akhirnya menemukan formula pakan yang tepat untuk sapi, domba, kambing. Nutrisi pakan yang kita bikin sudah sangat lengkap sehingga mampu meningkat bobot pakan dengan cepat. Kadar proximat pakan kami yaitu mengandung Protein kasar 14.20%, TDN 70%.

Keunggulan Pakan Ternak Instan :

  1. Komposisi pakannya sudah sangat lengkap;
  2. Nutrisinya pasti tidak berubah ubah;
  3. Pakan ini terbuat dari bahan pakan kering sehingga kadar airnya rendah jadi bisa disimpan dalam waktu yang lebih panjang;
  4. dan pakan ini siap saji sehingga sangat memperingkas operasionalnya;
  5. Memberikan solusi agar ternak tidak tergantung dengan rumput sehingga tidak disibukkan dengan kegiatan ngarit;
  6. Kenaikan bobot badan bisa lebih cepat dan terukur;
  7. Jelas lebih praktis dan simple, sehingga bisa mengurangi beban biaya operasional

Cara menghitung kebutuhan pakan sapi potong per hari dapat disesuaikan dengan berat sapi sekitar 4 % dari berat badannya. Untuk menunjang serta menjaga kesehatan sapi dan menjaga nafsu makan sapi, juga diperlukan adanya suplemen maupun vitamin. Dan tidak perlu khawatir bahwa pakan ternak instan sudah  mengandung nutrisi yang sangat lengkap ditambah juga suplemen dan vitamin lainnya.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan tentang  dunia peternakan menjadikan kemudahan informasi dalam cara mengelola peternakan yang lebih mudah.

Usaha peternakan sapi sangat terbuka lebar dan biasanya akan mencapai hasil yang maksimal menjelang Hari Raya Idul Adha. Berapapun harga yang dijual akan laku seiring dengan tingginya permintaan dipasar.

Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan pada ternak sapi penggemukan di­arah­kan untuk mencapai per­t­umbuhan bobot badan yang setinggi–setingginya adalah wak­tu relatif singkat. Untuk itu pem­berian  disesuaikan dengan kebutuhan ternak baik dari segi kuantitas maupun nilai gizinya.

Pakan hijauan diberikan pada sapi sebanyak 10 – 12 % dan pakan konsentrat 1 – 2 %an dari bobot badan ternak. Pemberian  hijauan dapat dilakukan 3 kali sehari yaitu pada pukul 08.00 pagi, 12.00 siang dan pukul 17.00 sore hari, sedangkan pakan kosentrat diberikan pagi hari sebe­lum pemberian hijauan.

Keter­sediaan air minum bagi ternak sapi adalah hal yang tidak kalah penting diperhatikan.Kebutuhan air minum bagi sapi sebanyak 20 – 40 liter/ekor/hari, namun sebaiknya diberikan secara ad libitum (tidak terbatas).

Cara penyajian pakan hijauan pada ternak sebaiknya dicincang pendek-pendek supaya lebih mudah dikon­sumsi. Kemudian hasil cincangan rumput dibagi menjadi 6  bagian (untuk pagi 1 bagian, siang 2 bagian dan sore sebanyak 3 bagian.

Pemanfaatan Limbah Kelapa Sawit Sebagai Pakan Ternak

Limbah kelapa sawit serta bahan tambahan sebagai sumber bahan baku pakan sapi potong antara lain: (1) pelepah sawit, (2) solid sawit, (3) rumput raja, (4) rumput alam, (5) dedak padi, (6) urea, (7) molases/tetes tebu.

Lumpur sawit/solid sawit yang merupakan hasil samping pabrik kelapa sawit dan tidak semua pabrik dapat menghasilkan lumpur sawit ini. Lumpur sawit ini karena merupakan hasil samping yang hanya dibuang begitu saja di perkebunan kelapa sawit.

Bungkil inti sawit juga bisa didapat dari pabrik kelapa sawit, tetapi untuk sumber serat­nya dapat memanfaatkan limbah perkebunan kelapa sawit, yaitu pelepah kelapa sawit yang dikupas terlebih dahulu kulitnya selanjutnya dicacah menggunakan mesin pencacah atau chopper. Siapkan bahan tambahan sumber mineral yaitu seperti garam.

Untuk merangkap bahan-bahan baku pakan tersebut menjadi makanan cepat saji  yang disesuaikan dengan tujuan pemberian pakan untuk perbibitan atau penggemukan sapi potong. Dalam menyusun formula pakan harus diperhitungkan nutrisi masing-masing bahan dan jumlah pemberian pakan sejumlah 3,5% bahan kering dari berat hidup. Formulasi pakan dapat dibuat sebagai berikut:

Formula I (F1)  komposisi bahan baku pakan adalah sebagai berikut: pelepah sawit (20%), rumput raja (20%), solid sawit (40%), bungkil inti sawit (20%) dan tambahan urea, molases, dan garam secukupnya,
susunan II (F2) dengan komposisi bahan baku pakan antara lain: rumput raja (40%), solid sawit (60%), dan tambahan urea, molases, dan garam secukupnya.

Pakan diberikan dalam bentuk segar. Untuk mendapatkan jumlah pemberian pakan sejumlah 3,5% bahan kering dari berat hidup, maka selama (1 bulan dilakukan penyesuaian pakan atau adaptasi pakan perlakuan setiap saat setelah penimbangan ternak.

Untuk memudahkan dan meng­efisiensikan teknologi pe­man­faatan limbah kelapa sawit sebagai pakan ternak, perlu dibentuk kelompok atau unit pengelola pakan ternak skala kelompok. Tujuan dibentuknya unit pengelola pakan ternak ini untuk mendapatkan harga pakan yang lebih murah dibandingkan bila setiap petani ternak meng­adakan bahan baku pakan ternak sendiri-sendiri.

Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Sapi Agar Tidak Rugi

kebutuhan-pakan-sapi-potong-per-hsri

Cara menghitung kebutuhan pakan sapi potong per hari agar dapat tercukupi kebutuhan untuk ransum ternak, bisa kita estimasi biaya yang akan dikeluarkan oleh seorang peternak. Walau kadang didalam penerapannya estimasi bisa naik dan turun, tetapi harapannya tidak melenceng jauh dari prediksi yang sudah direncanakan agar tidak ada kerugian.

Terjun dalam usaha bisnis peternakan tentunya memerlukan sebuah ketelitian dan juga kesabaran. Peternak harus mempelajari serta mempunyai pengetahuan lengkap mengenai bisnis sapi dengan semua keperluannya. Strategi bisnis dalam beternak agar bisa sukses dalam pembibitan, perawatan dari mulai proses pemberian pakan sampai perawatan kandangnya.

Rumput adalah jenis makanan utama dari hijauan yang sangat disukai oleh ternak sapi. Jenis rumput yang saat ini bagus sebagai pakan ternak adalah Rumput Gajah.

Kelebihan dari jenis rumput ini karena produksinya tinggi yang bisa mencapai 250 ton per hektar dalam setahun. Kadar protein yang  cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jenis rumput lain. Rumput ini juga tahan terhadap kekeringan.

Pada Musim Kemarau Akan Kesulitan Mencari Pakan, Pakai Pakan Ternak Instan Saja

Beberapa pertanyaan yang sering timbul untuk memulai usaha peternakan sapi diantaranya : berapa kebutuhan pakan sapi potong per hari ? Berapa jumlah pakan yang bisa untuk dikonsumsi sapi ?. Didalam proses pemberian pakan sapi tidak boleh berlebihan, sebab sapi tidak akan makan apabila sudah kenyang, dan pakan yang tidak dimakan hanya akan menjadi sisa pakan.

Pemberian pakan secara berlebihan juga bisa menambah tingginya biaya produksi yang dikeluarkan peternak. Hal ini tentu akan menjadi pemborosan yang berakibat keuntungan peternak juga akan semakin berkurang. Secara keseluruhan kebutuhan pakan sapi sangat berkaitan dengan bobot tubuh ternak itu sendiri.

Cara menghitung kebutuhan pakan sapi potong per hari berdasarkan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh sapi. Secara garis besar kebutuhan pakan sapi adalah 4% dari beratbadan diperoleh dari sumber pakan kering maupun hijauan.

Berikut gambaran kebutuhan pakan sapi untuk setiap harinya

Kebutuhan dengan PK(Protein Kasar) = 14,19 % dan TDN(Total Digestible Nutrient) = 70 %

Keperluan BK (Bahan Kering) = 4% dari Bobot Badan sapi

Jika Bobot Badan sapi = 400 kg

Maka keperluan sapi = 4% x 400 kg = 16 kg BK

Jika imbangan Hijauan : Konsentrat atau sulemen tambahan = 60 : 40 maka,

H : 60 % x 14 kg BK  = 7,2 kg BK bahan kering

K : 40 % x 14 kg BK  = 4,8 kg BK Konsentrat atau suplemen tambahan

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang kebutuhan pakan sapi potong per hari yang dapat saya berikan atau sharing kepada Anda. Mudah-mudahan dapat membantu menyelesaikan masalah atau kesulitan yang Anda alami.

Terima kasih atas apresiasinya,karena Anda saya akan semangat lahgi dalam membuat artikel yang sekiranya dapat membantu Anda dalam menemukan solusi. Dan maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda. Sekian,  Wassalammualaikum Wr.Wb.

The post Kebutuhan Pakan Sapi Potong Per Hari yang Perlu di Perhatikan Agar Tidak Rugi appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Budidaya Kambing Jawa Modern yang Menguntungkan bagi Pemula https://mesinpencacahrumput.com/budidaya-kambing-jawa/ Mon, 23 Sep 2019 10:31:06 +0000 https://mesinpencacahrumput.com/?p=1236 Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara budidaya kambing jawa yang mudah,efisien dan menguntungkan. Kuy cari tahu carannya dibawah! Usaha budidaya kambing Jawa sekarang masih banyak yang bersifat usaha sampingan dan dilakukan secara tradisional,sebab orang kurang tahu ilmu tentang budidaya kambing Jawa. Hal ini sangat disayangkan,mengingat peluang usaha budidaya kambing Jawa masih […]

The post Budidaya Kambing Jawa Modern yang Menguntungkan bagi Pemula appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>
Pada Artikel kali ini saya akan memberitahu dan menjelaskan cara budidaya kambing jawa yang mudah,efisien dan menguntungkan. Kuy cari tahu carannya dibawah!

Usaha budidaya kambing Jawa sekarang masih banyak yang bersifat usaha sampingan dan dilakukan secara tradisional,sebab orang kurang tahu ilmu tentang budidaya kambing Jawa. Hal ini sangat disayangkan,mengingat peluang usaha budidaya kambing Jawa masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan.

Kambing adalah salah satu hewan pemamah biak,yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Budidaya kambing jawa merupakan salah satu mata pencaharian pokok bagi sebagian masyarakat,hal ini disebabkan karena permintaan pasar akan daging kambing terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dibandingkan dengan budidaya jenis hewan pedaging lainnya seperti sapi,kerbau maupun ayam pedaging. Pemeliharaan juga mudah,sebab kambing jawa terbilang hewan pemakan rerumputan atau daun-daunan.

Kali ini kami akan mengajak Anda,untuk membahas bagaimana budidaya kambing jawa. Sumber dan informasi yang kami dapatkan langsung dari peternak di wilayah jawa dan sekitarnya. Selengkapnya silahkan Anda baca berikut metode dan cara budidaya kambing jawa modern.

Sistem Pemeliharaan Budidaya Kambing Jawa Modern

Kali ini kami akan mengajak Anda,untuk membahas bagaimana budidaya kambing jawa. Sumber dan informasi yang kami dapatkan langsung dari peternak di wilayah jawa dan sekitarnya. Selengkapnya silahkan Anda baca berikut metode dan cara budidaya kambing jawa modern.

1. Cara Pemilihan Bibit Kambing

budidaya-kambing-jawa

Hal pertama dalam budidaya kambing jawa yang harus Anda lakukan yaitu menemukan bibit dari varietas kambing jawa unggulan agar hasil budidaya kambing sesuai dengan harapan.

Beberapa ciri-ciri bibit unggul jantan adalah bentuk tubuhnya besar serta sehat dan terbebas dari berbagai penyakit,bulu kambing jantan terlihat mengkilat,berbadan panjang,berkaki lurus,gagah,atraktiff serta memiliki nafsu kawin yang besar dengan buah zakar yang normal tidak ada kelainan tertentu.

Sedangkan untuk menentukan indukan betina dalam budidaya kambing jawa dapat dilihat dari ciri-ciri fisik berbadan sehat,berbulu bersih serta terlihat mengkilat,bentuk badan tidak terlalu gemuk,puting susu kambing betina normal,halus dan kenyal,serta terbebas dari berbagai macam penyakit.

2. Pakan Budidaya Kambing Jawa

jenis-pakan-kambing

Budidaya kambing jawa juga tidak lepas dari tahap pemberian pakan kambing. Pakan kambing terbagi menjadi 2 jenis,yaitu pakan ramban atau dedaunan serta pakan konsentrat atau vitamin kambing.

Beberapa jenis daun yang biasa dijadikan pakan dalam budidaya kambing jawa adalah daun lamtoro,daun nangka, daun ketela pohon,daun pepaya,dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan jenis pakan konsentrat dalam budidaya kambing jawa adalah pakan yang dibuat dari bekatul atau dedak padi. Dalam pembuatan pakan budidaya kambing diperlukan inovasi supaya pemenuhan gizi dapat optimal.

Teknik Pembuatan Fermentasi Pakan Kambing

Fermentasi pakan kambing dapat didapatkan dari sisa pertanian dan limbah organik disekeliling kita. Sisa limbah pertanian atau industri pengelolaan pertanian yang dapat difermentasi dan digunakan sebagai pakan dasar pada kambing yaitu kulit kopi,kulit kakao,kulit markisa,kulit nanas,jerami,dan masih banyak lagi.

Berikut tips membuat,alat serta bahan yang digunakan untuk fermentasi pakan kambing dengan bahan dasar jerami padi.

Bahan Fermentasi Pakan Kambing:

  • 100 kg jerami padi
  • 0,5 kg molases
  • 1 liter suplemen organik cair GDM spesialis ternak
  • Air secukupnya

Alat Fermentasi Pakan Kambing:

  • Pisau/alat pemecah jerami
  • Drum/wadah penutup
  • Bak/wadah terbuka

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing:

  1. Cuci jerami dengan air mengalir.Ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang bisa mengganggu proses fermentasi pakan.
  2. Kering anginkan jerami hingga dirasa kadar airnya sedikit berkuarang dan terhindar dari kotoran-kotoran yang dapat menggangu proses fermentasi.
  3. Cacah kasar jerami padi berukuran 8-10 cm.Jangan cacah jerami terlalu kecil,karena ukuran yang terlalu kecil dapat menurunkan nafsu makan kambing.
  4. Masukkan  jerami kedalam bak/wadah terbuka yang cukup besar.
  5. Tambahkan Molases atau pengganti gula,1 liter suplemen organik cair GDM spesialis ternak,dan air secukupnya.
  6. Aduk-aduk hingga dirasa jerami dan bahan tambahan telah tercampur merata.
  7. Masukkan kedalam wadah tertutup,kemudian simpan dan diamkan selama satu minggu.
  8. Setelah satu minggu,pakan fermentasi sudah dapat digunakan.

Pada proses fermentasi pakan kambing,peran bakteri sangatlah penting. Tanpa adanya bakteri yang berfungsi membantu proses fermentasi,maka fermentasi tidak akan berhasil.

Penggunaan  suplemen organik cair  yang memiliki 5 jenis bakteri baik sangat berfungsi untuk membantu proses fermentasi pakan kambing.Jenis bakteri yang terkandung dalam suplemen organik cair GDM spesialis ternak adalah Bacillus brevis,Bacillus pumillus,Bacillus mycoides,Pseudomonas alcaligenes,dan Micrococcus roseus.

Kelima bakteri ini sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan fermentasi dari berbagai bahan oraganik,seperti jerami,kulit singking,biji kakao,dan lainnya.

3. Cara Mengawinkan Kambing

Sebaiknya Anda memulai membeli indukan kambing jawa pada saat usianya menginjak umur 10 hingga 12 bulan pada kambing betina,serta usia 1 tahun pada kambing jantan. Hal ini dimaksudkan  karena pada usia tersebut adalah usia kambing mulai memasuki musim kawin.

Budidaya kambing jawa dalam periode ini harus Anda perhatikan apakah kambing betina sudah terlihat gelisah,terjadi pembengkakan pda alat kelamin (basah,hangat,dan berwarna kemerahan) serta sering menggerakkan ekornya maka inilah pertanda musim kawin tiba.

Terlebih lagi bila nafsu makan kambing jawa betina berkurang,serta diam saja ketika dinaiki oleh kambing jantan. Umumnya kedaan kambing betina dengan ciri tersebut berlangsung selama 30 jam,sedangkan siklus kambing minta kawin berkisar antara 15 hingga 17 hari.

Masukkan kambing jawa jantan serta kambing jawa betina di dalam kandang yang sama untuk kawin. Sebaiknya hal ini dilakukan 12 jam setelah tanda kambing betina mulai birahi,tujuannya adalah agar proses kawin lebih mudah serta dapat mengurangi resiko kegagalan kawin pada kambing.

Pada saat kambing betina mulai hamil,hal yang perlu Anda perhatikan,yaitu pastikan budidaya kambing jawa tersebut mendapatkan asupan pakan yang cukup. Agar anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Tingkatkan penggunaan konsentrat 2 kali lipat lebih banyak,dibanding biasanya.

Ciri-ciri dari budidaya kambing jawa betina yang hendak melahirkan adalah:

  • Kaki kambing sering digaruk ketanah dan terlihat gelisah
  • Pinggul kambing betina terlihat mengendur
  • Nafsu makan kambing menurun serta sering mengembik
  • Terjadi pembengkakan alat kelamin,serta mengeluarkan cairan kolostrum

4. Pemeliharaan Anak Kambing

Setelah anak kambing lahir,langkah selanjutnya dari budidaya kambing adalah proses merawat anak kambing yang baru saja dilahirkan tersebut. Dekatkan anak kambing pada induknya agar mau menyusui,namun jika anak kambing enggan menyusu maka Anda harus memberinya susu buatan.

Untuk membuatkan susu buatan pada anak kambing dapat dibuat dengan bahan susu putih,gula pasir,serta satu butir telur,ketiga bahan tersebut dicampurkan dalam gelas yang sudah berisi air masak. Susu buatan tersebut diberikan kepada anak kambing setiap pagi dan sore hingga anak kambing mau menyusu induknya sendiri.

Biasanya anak kambing menyusu berlangsung selama 2 hingga 3 bulan,namun jika anak kambing tidak dipaksa untuk disapih,maka anak kambing dapat menyusu indukannya bahkan sampai menginjak usia 5 hingga 6 bulan.

5. Perawatan Kandang

budidaya-kambing-jawa

Kebersihan dan sanitasi kandang merupakan hal terpenting dalam budidaya kambing jawa agar kambing tidak mudah terserang penyakit yang dapat mengganggu proses pertumbuhan kambing jawa itu sendiri.

Kandang kambing harusnya terbuat dari bahan baku yang kokoh,terdapat ventilasi udara yang cukup,atap untuk mencegah kambing kehujanan,tempat makan dan minum yang mudah dijangkau kambing,serta menjaga kebersihan kandang dari kotoran kambing.

1. Syarat Kandang Kambing

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat kandang kambing. Diantaranya yaitu:

  • Tempat cukup tinggi dan terhindar dari genangan air
  • Jaraknya cukup jauh dari rumah dan sumur
  • Mendapatkan cukup sinar matahari
  • Terhindar dari tiupan angin langsung(terutama pada malam hari).

2. Ukuran Kandang Kambing

Ukuran kandang kambing yang diperlukan untuk usaha ternak kambing modern sangat hemat,karena tidak perlu terlalu besar. Sehingga dapat menghemat tempat dan biaya pembuatan kandang.

Ukuran kandang kambing adalah tiga kali satu setengah meter untuk 10 ekor kambing. Kandang pada peternakan kambing modern tidak memerlukan ukuran yang besar,hal ini dikarenakan pakan yang diberikan sangat menghemat ruang.

Selain ukurannya yang berbeda,pemeliharaan kebersihan kandang kambing juga dirasa lebih mudah.Kebersihan kandang kambing dirasa mudah karena didukung oleh bentuk kandang yang kecil dengan lantai panggung.

Ukuran kandang kambing yang relatif kecil dengan populasi maksimal akan mengurangi ruang gerak dan aktivitas pada ternak kambing.

Hal itu bermanfaat pada transformasi pakan menjadi cadangan energi berupa daging,lemak,dan sedikit yang menjadi kotoran. Sehingga tidak banyak pakan kambing yang terbuang karena aktivitas gerak,yang otomatis bisa mempercepat penggemukan pada kambing.

3. Perawatan Kandang Kambing

Perawatan kandang kambing wajib harus dilakukan pada budidaya kambing modern. Semua bagian pada kandang kambing harus dibersihkan secara rutin. Seperti membersihkan lantai kandang,kokopan tempat makan kambing serta memperbaiki sesegera mungkin jika terdapat bagian kerusakan pada kandang kambing.

Jenis kandang kambing yang direkomendasikan yaitu jenis kandang panggung. Jenis kandang panggung memiliki keunggulan:

  • Kebersihan kandang lebih terjaga,karena kotoran dan air kencing jatuh ke bawah.
  • Kandang kering sehingga penyakit yang disebabkan oleh parasit dan jamur tidak mudah
  • Terhindar dari serangan hewan liar,seperti anjing dan lainnya.

6. Panen Kambing Jawa

Keberhasilan budidaya kambing jawa juga ditentukan oleh pangsa pasar. Jika Kamu memasarkan pada warung kambing guling,maka biasanya kambing jawa sudah dapat dipanen pada usia 8-12 bulan.

Sedangkan jika pasar Anda adalah musim idul adha,maka sebaiknya budidaya kambing jawa Anda mulai dipanen pada saat usia kambing mencapai umur 1 tahun lebih agar sesuai dengan kriteria kambing untuk kurban.

Untuk waktu yang benar menjual kambing adalah disaat bobot badan kambing sudah tidak bisa bertambah lagi (berat maksimal) agar nilai jualnya tinggi karena dagingnya juga banyak.Kambing diusia 1-1,5 tahun berat tubuhnya sudah tidak dapat bertambah lagi (kambing normal tidak kurus),jadi saat umur tersebut sangat ideal untuk menjualnya.

Oleh karena itu,sangat mudah untuk menjalankan budidaya kambing jawa yang baik dan benar supaya mencapai  hasil produksi yang maksimal,segerauntuk memulai usaha ini,saya ingatkan lagi bahwa permintaan daging kambing,dan susu kambing selalu mengalami kenaikan.Dan perternakan di Negara kita mampu menjawab hal itu,solusinya pemerintah melakukan ekspor daging.

7. Manajemen Pemasaran Budidaya Kambing Jawa

budidaya-kambing-jawa

Banyak hal yang bisa dilakukan saat ini untuk memasarkan budidaya kambing jawa dari mulai memasarkan langsung kepasar hewan samapai memasarkannya di media online atau sosial media. Akan tetapi,bagaimana sebenarnya cara pemasaran ternak kambing yang baik dan benar?

Tentunya pemasaran kambing jawa atau semua produk jualan yang kita miliki harus didasari dengan kejujuran dan tidak saling merugikan,itulah kunci utama dalam menjalankan usaha yang berkelanjutan.Lalu apa itu saja kiatnya? Tentunya tidak,ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam melakukan pemasaran ternak  kambing yang bisa diterapkan dalam usaha ternak kambing yang kita jalankan.

1.Pemasaran Kambing di Pasar Kambing

Pemasaran kambing yang dilakukan dipasar kambing memang merupakan pemasaran yang umum dan cenderung terkesan kuno.Akan tetapi,pemasaran jenis ini merupakan pemasaran yang sangat efektif,mengingat pasarkambing merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli kambing secara langsung.

Bahkan di pasar kambing,pembeli bisa melihat langsung jenis dan ukuran kambing yang ia butuhkan.Akan tetapi, kelemahan pemasaran di tempat ini adalah jangkauan pasar yang hanya sebatas wilayah kecamatan dan regional kabupaten.

2.Pemasaran  Ternak Kambing menggunakan Media Instagaram

Instagaram merupakan media sosial yang sekarang sudah begitu populer di kalangan masyarakat.Biasanya Instagram digunakan oleh kalangan muda mudi dalam bersosialisasi.Sebagai pengusaha ternak,kita tentunya juga bisa menggunakan instagram untuk memasararkan produk ternak kambing kita.

Bahkan jika kita memasarkan produk kita melalui Instagram,maka kita tidak perlu mengeluarkan niaya iklan. Kita hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet serta follower instagram.

3.Pemasaran Ternak Kambing Menggunakan Youtube

Pemasaran budidaya kambing jawa melalui Youtube tentunya merupakan pemasaran yang cenderung lebih canggih dari yang lainnya,karena Youtube semua orang bisa melihat produk yang kita miliki. Akan tetapi,jenis pemasaran ternak kambing menggunakan Youtube cenderung sulit dan membutuhkan keterampilan yang tinggi.

Apabila anda dapat melakukannya,maka pemasaran dengan cara menggunakan Youtube akan membantu anda menjangkau wilayah yang luas bahkan Nasional dan Internasional,karena Youtune bersifat publik.

4.Pemasaran Ternak Kambing dengan Door To Door

Pemasaran ternak kambing dengan cara door to door merupakan pemasaran yang sangat efektif. Tetapi,pemasaran dengan menggunakan cara ini memerlukan waktu yang panjang dan keberanian serta keuletan.

Tetapi perlu diingat,sebagai peternak dan pengusaha ternak kambing tentunya diharus  kita datang dari satu rumah ke rumah lainnya.Kita cukup mendatangi rumah makan rumah makan yang menyediakan olahan kambing sebagai menunya.Kita bisa memilih memasarkan ke warung makan yang sudah memiliki nama atau rumah makan yang masih berskala sedang.

5.Pemasaran Ternak Kambing melalui Iklan di Pinggir Jalan

Tentunya ini juga masih merupakan ide yang sangat sederhana jika kita ingin memperluas jangkauan pemasaran ternak kambing.Akan tetapi,langkah ini cukup efektif unutuk dapat meningkatkan penjualan ternak kambing milik kita.

Dengan memasang iklan berupa spanduk dipinggir jalan akan memberikan informasi bagi orang yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu akan keberadaan usaha kambing kita.

Jika suatu saat orang yang melihat iklan kita butuh  kambing untuk kegiatan akikah atau qurban,maka tentulah mereka akan teringat untuk menghubungi kita.Karena telah melihat iklan usaha ternak kambing milik kita.

8. Manajemen Penghitungan Keuntungan Budidaya Kambing Jawa

kambing-sehat

Menghitung hasil keuntungan budidaya kambing jawa memang wajib dilakukan agar kita mengetahui apakah dari usaha budidaya kambing jawa kita itu menghasilkan untung atau malah buntung.Berikut dibawah ini saya akan jabarkan cara menghitung keuntungan ternak kambing.

  • Bibit kambing anakan sebanyak 10 ekor=Rp 2.000.000
  • Pembuatan kandang sederhana dan peralatan tambahan=Rp 3.000.000
  • Jenis pakan tumbuhan hijau per bulan=Rp 60.000 x 9 bulan=Rp 540.000
  • Pemberian pakan tambahan konsentrat per bulan=Rp 120.000 x 9 bulan=Rp 1.080.000

Total pengeluaran=Rp 6.620.000

Keuntungan usaha budidaya kambing jawa begitu menjanjikan  dan sangat mengejutkan serta menggiurkan lho!Analisanya sebagai berikut:

  • Harga penjualan kambing=Rp 1.300.000,00
  • Untung=Rp 13.000.000-Rp 6.620.000=Rp 6.380.000,00

Perkiraannya selama 1 periode perawatan budidaya kambing jawa selama 9 bulan Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 6.380.000,00.Ini masih perkiraan kasar belum dihitung jika kambing betina melahirkan anak,sebab selama satu tahun sekali,pada umumnya kambing betina akan melahirkan anak.

Demikian, Artikel tentang budidaya kambing jawa yang bisa saya bagikan kepada Anda,mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda yang ingin sukses dengan  cara budidaya kambing jawa. TERIMA KASIH

 

 

 

The post Budidaya Kambing Jawa Modern yang Menguntungkan bagi Pemula appeared first on Mesin Pencacah Rumput.

]]>